ohh gitu ya. soalnya kalau nyari ori skrng saya bingung yang mana, mau ambil "copotan" nanti takut di tipu.. kalau ori di honda mahal sekali.. gak masuk budget untuk mobil udah tua om.. rekomendasi nya gmna ya?maastricht889 wrote: Sun Jan 08, 2023 8:42Msh mau dipake long term kah? Kl iya cari genuine ori om. Lbh mahal memang pasti, tapi feelnya kaya mobil baru lagi dr presisi sama feedback setirnya.javieroargubi wrote: Sun Jan 08, 2023 7:09 saya ada jazz gd3 mau ganti racksteer.. yang coba merk heiker itu apa sudah tau durability nya bagaimana selama ini? bengkel yang bisa bongkar kaki2 tapi tahan lama dimana ya suhu2? saya pernah ke *antra kakikaki di lebak bulus tapi bener bener enggak awet
Saya bbrp kali "servis" steer rack nggak pernah puas. Feel setirnya jadi ngga enak, ga bs bener lah pokoknya.
Kl mau yg oke, bar2 motorsport di BSD oke. Saya nov kmrn ganti cv joint, bushing2 tie rod-lower arm dkk hasilnya baik. Tp steer rack belum krn masih oke di mobil saya
Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Hrv saya lagi g bisa d stater, 6 bulan lalu di benerin dinamo stater nya, sekarang penyakitnya kambuh lagi. Ada rekomendasi toko onderdil Honda sekitar Serpong yg harganya ok?
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
btw workshop nya mbah marmut dimana ye? iseng search garasi 58 uda permanently closed
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
ijin sharing & bangunkan trit ya um chz....
ingin sharing sikit
jadi cewe oe punya hrv RU tipe E taun 2016 tuh (early batch), odo sampe saat ini masih 25rb, kapan lalu doi ngeluh mulu kok kaki" glodakan & bunyi" jadi bikin risih klo nyetir
karena glodakan dan doi biasanya ke beres oonda, akirnya melipir lah ke kesitu. setelah komplen & cek" akirnya divonis sama beres klo bushing lower arm ud kaput, faktor usia yg sudah 7 tahun jadi karetnya ud oblak bgt. di toel dikit ud geser
di beres SA menyarankan utk ganti assy lower arm (complete w/ bushing) yang baru. 1.5jt/pcs, karena biar seimbang & ga bolak balik jadi kanan kiri ya kurleb 3jt belom ppn & jasa pasang.
akirnya oe sarankan kenapa ga ke spesialis aja, siapa tau ada solusi lain
oe refer ke honda camp pramuka tuh
nahh, tadi siang ud melipir kesana. setelah cek ricek akirnya ada 2 item yang mesti diganti (link stabil & bushing lower arm) dan 1 utk ditambah (karet stopper). kenapa ditambah karena memang honda sendiri nambahin sbg bagian dari improvement, biar makin sip. dah gitu enaknya spesialis ya gausa ganti assy, cuma bushing tok saja
udah beresin 3 barang tsb & ganti kiri kanan, memang kerasa bedanya
stir kerasa lebi padet feelnya, dan hi speed itu memang kerasa lebih napak depannya. ditambah stopper jg, jadi klo lewat jalan gelombang tuh kerasa lebi solid.
untung kg ke beres, bisa" nambah boncos krn ganti assy doang belom tentu selesai masalahnya
parts list:
- bushing lower arm 550k/pcs = 1.1jt
- stopper 150k/pcs = 300k
- linkstabil 235k/pcs = 470k
jasa pasang + press bushing = 1jt
total 2.8jt, pengerjaan total 3 jam (lama karena antri utk press bushing, sptnya pakai jasa 3rd party)
sempet nanya ke orang honda camp kenapa parts di beres mahal, katanya, itu parts kena pajak & mesti bayar royalti ke HPM jg (entah pajak apa). narsumnya SA ex-beres honda, yg disitu ud kerja 10 taun.
sekian.....
ingin sharing sikit
jadi cewe oe punya hrv RU tipe E taun 2016 tuh (early batch), odo sampe saat ini masih 25rb, kapan lalu doi ngeluh mulu kok kaki" glodakan & bunyi" jadi bikin risih klo nyetir
karena glodakan dan doi biasanya ke beres oonda, akirnya melipir lah ke kesitu. setelah komplen & cek" akirnya divonis sama beres klo bushing lower arm ud kaput, faktor usia yg sudah 7 tahun jadi karetnya ud oblak bgt. di toel dikit ud geser
di beres SA menyarankan utk ganti assy lower arm (complete w/ bushing) yang baru. 1.5jt/pcs, karena biar seimbang & ga bolak balik jadi kanan kiri ya kurleb 3jt belom ppn & jasa pasang.
akirnya oe sarankan kenapa ga ke spesialis aja, siapa tau ada solusi lain
oe refer ke honda camp pramuka tuh
nahh, tadi siang ud melipir kesana. setelah cek ricek akirnya ada 2 item yang mesti diganti (link stabil & bushing lower arm) dan 1 utk ditambah (karet stopper). kenapa ditambah karena memang honda sendiri nambahin sbg bagian dari improvement, biar makin sip. dah gitu enaknya spesialis ya gausa ganti assy, cuma bushing tok saja
udah beresin 3 barang tsb & ganti kiri kanan, memang kerasa bedanya

stir kerasa lebi padet feelnya, dan hi speed itu memang kerasa lebih napak depannya. ditambah stopper jg, jadi klo lewat jalan gelombang tuh kerasa lebi solid.
untung kg ke beres, bisa" nambah boncos krn ganti assy doang belom tentu selesai masalahnya

parts list:
- bushing lower arm 550k/pcs = 1.1jt
- stopper 150k/pcs = 300k
- linkstabil 235k/pcs = 470k
jasa pasang + press bushing = 1jt
total 2.8jt, pengerjaan total 3 jam (lama karena antri utk press bushing, sptnya pakai jasa 3rd party)
sempet nanya ke orang honda camp kenapa parts di beres mahal, katanya, itu parts kena pajak & mesti bayar royalti ke HPM jg (entah pajak apa). narsumnya SA ex-beres honda, yg disitu ud kerja 10 taun.
sekian.....