Walaupun begitu, review kali ini tetap objektif kok

Hype mobil ini bisa dibilang di luar ekspektasi internal Toyota. Awalnya udah expect penurunan demand di awal dan selanjutnya bisa naik secara linier. Ternyata bukannya turun malah naik dan 80% demand adalah tipe Hybrid. Padahal rencana awal produksi Hybrid hanya 30% karena bahan baku baterenya susah.
Thanks to socmed, sekarang edukasi customer tentang mobil hybrid gak sesusah dulu. Hampir semua pemesan tipe hybrid mengaku mereka first time beli hybrid ya Zenix ini. Malah sekarang marketing diarahin untuk push customer beli yang bensin aja soalnya ready.
Skip skip, 21 Nov world premiere, 24 Nov kunci udah di tangan. Cukup bangga rasanya jadi pemakai Zenix pertama di jalan selain unit pre-production (padahal mobil ini bukan punya saya juga). Lucunya saya dateng launch Zenix di dealer tanggal 25 nya udah naik Zenix. Alhasil semua customer yang dateng dan sales2 ngelongo liat mobil yang saya bawa

Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)
Exterior
Gak usah berbusa2 saya jelasin karena semua orang juga udah tau Kijang baru kayak apa hahaha. Dari depan, Zenix keliatan jauh lebih berotot dan kekar dari Reborn. Bentuk grillnya mirip Corolla Cross tapi diperbesar 120%. Lampu dan bentuk overall bumper masih mirip Reborn. Buat tipe Modellista ada add-on bodykit yang bikin tambah ceper, tapi hebatnya sampe hari ini belum pernah gasruk.
Kalo diliat kap mobil ini memang gede dan tinggi banget padahal mesinnya rendah di bawah. Konon sih wading depth nya tinggi tapi saya belum pernah ceburin ke banjir. Kap tinggi ini bikin road presence Zenix jadi lebih mahal dan gagah di jalan

Velgnya pakai ukuran 18” dengan model mirip Alphard ANH20 yang bikin kesan mewah. Warnanya sangat bagus, Toyota bilangnya Super Chrome. Cuma sayangnya bannya terlalu tipis dan offsetnya terlalu masuk. Di belakang saya agak mixed feeling. Di satu sisi ini bagian yang paling bisa diterima di eksteriornya, dan tetap mewah karena mirip RAV4 (menurut saya gak mirip Rush ah, netizen doang). Di sisi lain emang rame banget bagian belakangnya. Emblem aja ada 5 biji. Belum lagi bumper honeycomb palsu sama add-on Modellista yang gondrong. Tapi ngeliat modifan Modellista di Japan, emang biasanya rame jadi termaafkan lah.
Soal pintu bagasi voice command : ini fitur useless sekali. Dari Nov saya pake baru berhasil gak sampai 5 kali dan sudah sekali berhasil bikin saya malu2in karena kayak ngomong sendiri di parkiran yang ramai

Lain-lain : pintu mobil juga tergolong lumayan tebal dan berat, gak kaleng-kaleng. Kualitas cat juga lumayan meningkat dari Reborn.
Overall desainnya cukup main aman dan gak aneh-aneh. Bahkan desainnya kayaknya lebih keliatan mahal dibanding ANF menurut saya. Saran saya pilih warna item aja, selain hemat 3 juta juga nyamarin bodykit gondrong+overfender, lebih keliatan elegan juga.
Exterior : 8/10
Interior Begitu masuk, langsung terasa kalau pintunya lumayan berat dan firm. Doortrimnya sih modelnya biasa aja, beda dengan doortrim Reborn yang bentuknya agak ajaib bikin tangan nekuk2. Yang punya Zenix ini lebih ergonomis. Bahan lumayan kokoh tapi fit and finish agak mengecewakan, bahan kulit doortrim kayak kulit sintetis murahan. Dashboardnya 80% mirip Voxy, bahkan letak tuas transmisi dan speedonya sama persis. Menurut saya desain dashnya juga biasa aja gak aneh2, beda sama pas liat Reborn 2015 lalu wow interiornya beda banget sama sebelumnya. Plusnya, semua gampang dioperasikan dan feelnya cukup mewah. Dashboard sebagian soft touch dan bahan hard plasticnya lumayan tebal juga. Sayangnya sama kayak doortrim, fit and finishnya wawew. Itu kolom shifter pernah berapa kali kesenggol goyang hahaha.
Soal fitur, di dash kulkas mininya ilang. Sayang sih buat mobil harga segini ya. Plusnya, di kanan kiri sekarang ada cupholder. Semua tipe dapet ac auto digital dan electric parking brake. Head unitnya agak mengecewakan, pengoperasiannya susah. Tapi soal suara boleh diacungi jempol, menurut saya setara dengan Camry lama yang non JBL. Udah ada Android Auto dan Apple Carplay juga yang di saya gak kepake.
Nah yang keren, instrumennya sekarang digital kayak Voxy. Hebatnya sampai tipe G Hybrid pun masih dapet speedo model ini. Displaynya sih cuma ada 2 tipe, tapi udah cukup keren lah. Tapi buat pengguna Innova kebanyakan kayaknya ya males ngutak atiknya. Setir persis Voxy dan udah ada paddleshift.
Jok depan dua-duanya masih manual, agak turnoff karena spec Thai yang pernah saya coba udah electric, ditambah lagi spec India ada memory dan cooler seat. Berita baiknya joknya jauh, jauh banget malah lebih ergonomis dari Reborn. Lebih empuk, supportnya lebih baik, headrestnya lebih enak, dan semua-muanya improve dari Reborn. Di bawah jok ada batere yang ventilasinya ada di kiri. Penempatan batere di sini sih biar batere lebih cepet dingin, memudahkan maintenance (filter battery hybrid) dan penggantian batere. Pindah ke baris kedua, langsung keliatan wow banget ada dua jok electric yang ada footrestnya. Langsung berasa naik Alphard. Ditambah lagi di belakang ada RSE individual yang lumayan bisa dipake browsing dan nonton YT. Jarak sliding pun bisa jauh banget ke belakang (apakah sama dengan tipe G/V?) menghasilkan ruang kaki yang luas banget.
Tapi apakah seenak itu?
Well gak juga sih, ada beberapa point kekurangan. Pertama, slidingnya masih manual, kayaknya biar awet digeser2 sama penumpang baris ke-3. Kedua, meja lipat yang ada di Reborn hilang, padahal lebih enak meja di situ karena saya sering meeting on the go. Ketiga (yang paling annoying) ada gundukan batere di bawah jok depan jadi kaki kita gak bisa full masuk ke bawah jok depan pas posisi footrest dinaikin. Dan ada satu point lagi yang lucu, di tipe V one touch slidenya nubruk RSE depan. Ini lagi dicari solusinya sama TAM karena emang TAM yang masang di PDC. Mobil ini keluar pabrik TMMIN gak pake RSE, Modellista pack, voice command backdoor, alarm, ionizer, etc.
Selain itu di belakang juga ada panoramic sunroof, ambient light, dan pengaturan AC. Panonya sih gak panas ya kalo dibuka shadenya, beda sama sunroof mobil lain yang udah ditutup shadenya aja masih panas bener.
Pindah baris ke-3, gak banyak yang dikomen disini. Hebatnya mobil ini, baris ke-3nya lega banget bahkan bisa ber3 dengan nyaman. Ruang kaki juga masih luas dan kaki gak nggantung. Bisa direcline juga. Yang banyak dikomen netizen sih handle grip bar belakang udah gak model retract ya. Itu soalnya biar bisa dipake pegangan naik ke baris ke3 meskipun sebenernya uda dikasi pegangan di bawah. Reborn model retract karena baris ke2nya one touch tumble, ruang masuk baris ke3 nya lebih lega. Bagasinya juga nambah luas lumayan dari Reborn. Ada ruang kecil juga di bawah lantai bagasi yang praktis buat simpen sepatu dan toolbox. Baris ke3 pun bisa direbahin rata lantai. Yang disayangkan ya baris ke2nya gak bisa dilipet, jadi ya udah spacenya terbatas di rebahin baris ke3 aja. Mengecewakan buat Kijang yang dulu iklannya bisa masuk bak mandi

Overall buat interior, improvementnya jauh (banget) dibanding Reborn. Fit and finish yang saya bilang jelek juga sebenernya mendingan dari Reborn punya bokap yang pilar A nya udah renggang. Yang paling mengecewakan sih bagasinya aja, kebetulan saya sering bawa barang banyak dan gede soalnya.
Interior : 8/10
Driving
Nah bagian ini yang pastinya ditunggu-tunggu.
Masuk mobil, atur jok, start.. yak cuma keluar tulisan READY hahaha. Kuncinya sama persis kayak Reborn cuma beda emblem aja.
Mungkin saya mulai dari konsumsi bensin aja lah yang pasti pada penasaran.
Oke, dua kata buat mobil ini, IRIT BANGET. Gak paham lagi sebuah Kijang bisa seirit ini. Saya pikir dengan mesin 2.0 hybrid, harusnya gak beda jauh lah sama Lexus saya yang 2.5 hybrid. Ternyata bedanya jauh bener. Di dalam kota, yang mana mobil saya cuma dapat 15-17 km/l, Zenix ini bisa 25 km/l. Gila, irit banget. Corolla Cross pun kata temen saya gak seirit ini. Nah lucunya di tol malah lebih boros, saya cuma dapet sekitaran 23 km/l compared to Lexus saya yang 18-20km/l. Di bawah nanti coba saya jelasin alasannya. “Ah gak full to full, MIDnya salah kali tuh!”
Dari sepengalaman saya sih MID Lexus cuma selisih 0.1 km/l. Tapi oke lah kita coba jalan sampe bensinnya hampir habis sekalian ngetes range full tank. Kalo diisi full tank, range mobil ini pesimis emang cuma 700 km-an. Sama kayak Lexus saya range full tank 800 km-an padahal realnya sampe fuel light nyala bisa 1200+ km.
Isi bensinnya minimal 91 tapi saya pernah isi Pertalite no issue (gak tau ke depannya). Full tanknya rada lucu juga di manual book cuma 52 liter tapi salurannya panjang jadi bisa lebih hahaha.
Jalan keliling dalam kota, toll, sampe bolak balik BDG, di MID 23.1 km/l. Realnya 22.9 km/l. Well mobil ini super irit bahkan macet2an pun MID belum pernah nampang di bawah 14 km/l. Rangenya? Saya bisa 1200 km+ full tank sama kayak Lexus, entah kenapa yutuber gimmick itu cuma dapet 800an km.
Soal performa, mobil ini gak perlu diragukan juga. Tenaga kombinasi hampir 190 hp, body diet 200 kg dari Reborn, bisa dibayangin larinya kayak apa. Saya pernah tes batere full 0-100 dapet angka 9.1 detik. Om topeng itu di YT dapet 8.8 detik pake tipe G yang velgnya kecil. Top speed limited di angka 170, kalo dilepas limiternya saya yakin 220 pun tembus ini mobil.
Dan karena torsi instan dari motor listriknya, mobil ini jadi enak banget dipake jalan jauh di rute luar kota. Berapa kali saya jalan jauh naik ini, ditantangin Reborn/Fortuner/Pajero yang biasa jadi raja jalanan saya gaspol langsung ilang dari spion (kalo mereka gak lari di atas 170 ya). Byebye aja mah Reborn diesel remapan kalo ketemu Zenix. Di gerbang tol pun saya suka iseng gaspol sampe wheelspin hahaha. Kalo di Lexus saya nyetirnya jadi kayak kakek-kakek, di sini malah jadi kebut2an padahal sama2 hybrid.
Handling pun tidak mengecewakan di high speed. Meskipun “cuma” torsion beam kata netizen, handling mobil ini luar biasa untuk ukuran sebuah MPV especially sebuah Kijang. Kalo di Reborn mesti pasang ini itu biar handlingnya enak, di Zenix gak perlu. Standarnya udah enak banget. Pindah jalur highspeed is not an issue anymore. Lebih kayak nyetir Corolla kalo saya bilang.
Chassis and body controlnya juga sangat baik. Di floor pan bawah itu ada rib tambahan sebenernya buat reinforce untuk beban berat, tapi kayaknya malah bikin body tambah rigid dan handling membaik. Sebenernya sih gak bisa dibilang fun to drive juga karena feedback setirnya artificial banget, namanya juga MPV bukan sportscar. Tapi at least mobil ini terasa safe dan capable untuk highspeed cruising.
Satu hal yang merusak adalah bannya. Well mobil ini hampir 190 hp, tapi bannya dikasih eco-ecoan di tipe G dan V, gak kebayang itu secepet apa abis bannya kalo digaspol terus. Di Q dikasih Dunlop SP SportMaxx 050 yang oemnya RX270 dulu tapi tetep gak bisa keep up dengan power ini mobil. Yang mau ngebut pake G sama V harap ganti ban dulu.
Kenyamanan gimana?
Kalau yang biasa naik Reborn, naik ini one step diatasnya. Lebih enak, lebih senyap, lebih empuk, dan lebih semua-muanya. Netizen bilang 600 juta cuma dapet torsion beam pasti belum nyobain, rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30. Ya, senyaman itu menurut saya. Berapa kali juga saya bilang, independent suspension itu gak selalu lebih enak. Wuling independent dari Cortez juga menurut saya enakan ini yang torsion beam. Issuenya cuma 1, kalo diisi penuh agak ambles suspensinya. Saya pernah bawa 150 km/h lebih di dalem masih senyap dan penumpang masih tidur nyenyak.
Buat Q yang udah ada TSS, nyetirnya jadi santai banget karena ada ACC dan lane tracing. ACCnya juga bisa sampai stop jadi gak perlu ngerem. Sejauh ini saya hampir selalu pakai ACC dan lane tracingnya di tol. Auto brakenya juga gak terlalu sensitif kayak Mazda, baru 1x ngerem otomatis selama ini karena ada motor motong nyebrang jalan.
Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?
Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.
Driving : 9.5/10. Never expect Kijang to be this good.

Verdict
Apakah mobil ini masih sebuah Kijang?
Jawabannya yes. Mungkin mobil ini gak RWD, gak sasis tangga, bahkan gak bisa bawa bak mandi kayak Kijang Kapsul dulu. Tapi mobil ini masih sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Dulu Kijang masih rugged banget, karena orang belum terbiasa dengan mobil penumpang dan medan jalan masih jelek. Masuk ke generasi Innova, Kijang mulai berorientasi jadi mobil penumpang yang bisa medan jelek dan bisa handle tol juga. Sekarang di generasi Zenix, Kijang jadi mobil keluarga yang memenuhi kebutuhan roadtrip jarak jauh dan mobil penumpang yang nyaman.
Dan saya susah ngasih rekomen siapa yang cocok beli mobil ini. Karena kayaknya siapapun cocok. Dari temen-temen saya yang udah beli Zenix, latar belakangnya juga macem-macem. Dari anak muda under 30, karyawan biasa, pengusaha, juragan tanah, ibu rumah tangga, sampai anggota dewan.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.
Thank you!