Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
wah berani juga dibawah harga plat merah apa tidak takut di panggil kaya kasus vivo ya?
Antara pertamax nya telat turun ato bsk super nya naik lagi
Tp turbo nya lebi murah dibanding nitro +, gantian gpp mungkin haha
Turbo kayanya emang selalu lebih murah dari nitro + om. Harga turbo biasanya deket2 ma vpower. Biar ron 95 vs 98, tp butt-o-meter ane ngerasa lebih enak yg ron 95
Hehe maksudnya skrg lg gantian 1-1 ada yg lebi murah om, biasakan plat merah lebi murah semua
Tp kl diitung2 tanggung beli vpower, dan kl nitro+ kan dapet 3 poin wkwkw
Antara pertamax nya telat turun ato bsk super nya naik lagi
Tp turbo nya lebi murah dibanding nitro +, gantian gpp mungkin haha
Turbo kayanya emang selalu lebih murah dari nitro + om. Harga turbo biasanya deket2 ma vpower. Biar ron 95 vs 98, tp butt-o-meter ane ngerasa lebih enak yg ron 95
Hehe maksudnya skrg lg gantian 1-1 ada yg lebi murah om, biasakan plat merah lebi murah semua
Tp kl diitung2 tanggung beli vpower, dan kl nitro+ kan dapet 3 poin wkwkw
Iya sih om, tp mobil ane requirementnya 95 cukup, yawda lah isi 95 aja. Apalg dipake daily. Lumayan selisihnya bwat makan nasi rames di warteg
Syauqi wrote: Sat Oct 01, 2022 4:59
Barusan isi pertalite untuk Agya 1000cc m/t di spbu abdul muis, sekitar jam 7 pagi.
Terakhir ngisi bensin tanggal 17 september di spbu yg sama & pompa yang sama juga. Total trip mid 439,5km isi full pertalite sampe mau luber 26,54L (ada yg muncrat keluar, tapi yaudh abaikan saja).
Fuel cons: 439,5 : 26,54 = 16,56 km/l
Sedikit diatas ekspektasi saya, karena minggu lalu sempet kena macet parah di tanah abang - satrio (8km @70menit) & kemarin macet di thamrin (8km @40menit).
Untuk fuelcons saya simpulkan ngga ada perubahan dengan saat pertalite masih 7650, utk tenaga sy juga ga merasakan perubahan.
Setelah 15 hari & 390KM, akhirnya agya saya refuel lagi. Kali ini refuel di SPBU Margonda, dengan bahan bakar yang lagi-lagi pertalite. Total trip semenjak refuel di SPBU Abdul Muis 1 Oktober 2022 adalah 390.2 KM dengan jumlah liter bensin 25.62L (full hampir luber).
390.2 : 25.62 = 15.23 KM/L
Sesuai ekspektasi, berhubung sekitar tanggal 4 & 6 Oktober kena macet parah di sudirman, jarak 10KM ditempuh 110 Menit & esoknya 10KM dalam waktu 50 menit. Setiap hari sabtu pagi sembari otw lari pagi mobil selalu saya geber gaspol pula.
Kesimpulan saya setelah 2X refuel ini, pertalite yang diisukan boros hingga hampir 50% tidak terbukti di mobil saya. Untuk tenaga saya juga tidak merasakan ada perubahan.
Okeh jadi kembali lagi saya lakukan refuel setelah 14 hari & 341.3KM semenjak terakhir kali refuel. Kali ini refuel di SPBU Abdul Muis, dengan bahan bakar yang tentu saja pertalite. Isi full tank dengan kondisi meteran bensin ada di level 2/8 adalah sebanyak 21.6L (full hampir luber).
341.3 : 21.6 = 15.8 Km/L
Sesuai ekspektasi saya dengan rute yang mostly merambat dalam kota khas jakarta & sempet juga dibawa jkt - serpong PP via toll. Setiap hari sabtu pagi sembari otw lari pagi saya juga sempet geber mobilnya.
Kesimpulan saya setelah 3X refuel ini, pertalite yang diisukan boros hingga hampir 50% BENAR-BENAR TIDAK TERBUKTI di mobil saya. Untuk soal tenaga saya juga tidak merasakan perubahan. Mungkin jelas akan lebih baik fuelcons & tenaganya kalo pake cap kerang / ijo, tapi saya rasa segini aja udah cukup deh
Karena dirasa hasil yg sebelumnya terlalu irit di angka 1:71 yg mungkin cara pengukuran saya salah, maka saya coba untuk test kembali dengan metode full to full dengan semua parameter sama seperti kemarin, hasil test konsumsi BBM Jenis Shell Super adalah sebagai berikut.
Kilometer awal pengetesan.
tmp-cam-5173934500699249287.jpg
Kilometer akhir pengetesan ketika di isi Pertalite hingga full.
tmp-cam-3881352298185226056.jpg
Karena saya baru foto ketika sampai dirumah dan jarak dari rumah ke SPBU 2km maka angka kilometer akhir dikurangi 2km.
sintoni wrote: Thu Nov 03, 2022 12:38
Ane selalu pake Pertalite emang jg ga ada ngerasain yg berbeda sih.
Konsumsi BBM ya mirip2 apa.
Kalau tenaga emang jarang ngebut tapi harusnya gitu2 jg.
Biasa lha om yg bilang pertalite hrg baru 2x lbh boros lha, kadang sampe bilang biasa seminggu habis skr cm 3hr ( gak msk akal ), biasa nya org2 yg "benci pemerintah".
Kl dibilang kualitas pertalite dibawah spbu swasta mngkin ya msh diterima dan sbenernya bebas2 aja sih org mau isi plat merah atau swasta namanya jg pasar bebas.
Tp skr spertinya byk yg balik ke pertalite lg krn ya lbh murah hrgnya
t105erd wrote: Thu Nov 03, 2022 21:23
Test ulang konsumsi BBM Jupiter Z1 2014
Karena dirasa hasil yg sebelumnya terlalu irit di angka 1:71 yg mungkin cara pengukuran saya salah, maka saya coba untuk test kembali dengan metode full to full dengan semua parameter sama seperti kemarin, hasil test konsumsi BBM Jenis Shell Super adalah sebagai berikut.
Kilometer awal pengetesan.
tmp-cam-5173934500699249287.jpg
Kilometer akhir pengetesan ketika di isi Pertalite hingga full.
tmp-cam-3881352298185226056.jpg
Karena saya baru foto ketika sampai dirumah dan jarak dari rumah ke SPBU 2km maka angka kilometer akhir dikurangi 2km.
t105erd wrote: Thu Nov 03, 2022 21:23
Test ulang konsumsi BBM Jupiter Z1 2014
Karena dirasa hasil yg sebelumnya terlalu irit di angka 1:71 yg mungkin cara pengukuran saya salah, maka saya coba untuk test kembali dengan metode full to full dengan semua parameter sama seperti kemarin, hasil test konsumsi BBM Jenis Shell Super adalah sebagai berikut.
Kilometer awal pengetesan.
tmp-cam-5173934500699249287.jpg
Kilometer akhir pengetesan ketika di isi Pertalite hingga full.
tmp-cam-3881352298185226056.jpg
Karena saya baru foto ketika sampai dirumah dan jarak dari rumah ke SPBU 2km maka angka kilometer akhir dikurangi 2km.
t105erd wrote: Thu Nov 03, 2022 21:23
Test ulang konsumsi BBM Jupiter Z1 2014
Karena dirasa hasil yg sebelumnya terlalu irit di angka 1:71 yg mungkin cara pengukuran saya salah, maka saya coba untuk test kembali dengan metode full to full dengan semua parameter sama seperti kemarin, hasil test konsumsi BBM Jenis Shell Super adalah sebagai berikut.
Kilometer awal pengetesan.
tmp-cam-5173934500699249287.jpg
Kilometer akhir pengetesan ketika di isi Pertalite hingga full.
tmp-cam-3881352298185226056.jpg
Karena saya baru foto ketika sampai dirumah dan jarak dari rumah ke SPBU 2km maka angka kilometer akhir dikurangi 2km.
Nah angka ini lebih masuk akal dari yg kemarin, next konsumsi rerata pertlite.
Rerata konsumsi bbm menggunakan pertalite
tmp-cam-1534080720223363139.jpg
Hasilnya adalah
(72.827 - 72.624)/3.2
203/3.2 = 63.43 km/l
Ga tau kenapa lebih irit pakai Pertalite, mungkin motor ini emang lebih cocok ke pertalite karena kompresi standarnya masih 9.5:1
Betul om. Makanya di supra 125, pakai premium saya bisa tembus 1:55. Gas pol rem dol. Gak sekolah dah tangan kanan.
Dan feeling saya tarikan waktu pakai premium lebih enteng daripada waktu pakai pertamax
t105erd wrote: Thu Nov 03, 2022 21:23
Test ulang konsumsi BBM Jupiter Z1 2014
Karena dirasa hasil yg sebelumnya terlalu irit di angka 1:71 yg mungkin cara pengukuran saya salah, maka saya coba untuk test kembali dengan metode full to full dengan semua parameter sama seperti kemarin, hasil test konsumsi BBM Jenis Shell Super adalah sebagai berikut.
Kilometer awal pengetesan.
tmp-cam-5173934500699249287.jpg
Kilometer akhir pengetesan ketika di isi Pertalite hingga full.
tmp-cam-3881352298185226056.jpg
Karena saya baru foto ketika sampai dirumah dan jarak dari rumah ke SPBU 2km maka angka kilometer akhir dikurangi 2km.
Nah angka ini lebih masuk akal dari yg kemarin, next konsumsi rerata pertlite.
Rerata konsumsi bbm menggunakan pertalite
tmp-cam-1534080720223363139.jpg
Hasilnya adalah
(72.827 - 72.624)/3.2
203/3.2 = 63.43 km/l
Ga tau kenapa lebih irit pakai Pertalite, mungkin motor ini emang lebih cocok ke pertalite karena kompresi standarnya masih 9.5:1
Betul om. Makanya di supra 125, pakai premium saya bisa tembus 1:55. Gas pol rem dol. Gak sekolah dah tangan kanan.
Dan feeling saya tarikan waktu pakai premium lebih enteng daripada waktu pakai pertamax
Emang harus di sesuaikan sama kendaraannya yah...
Kalo di satria f150 saya kalo pakai pertamax cuma 1:35 tapi kalo pakai shell super bisa sampe 1:42. Pindah dari satria ke jupiter z1 berasa bgt ngisi bensinya lebih irit hehe
t105erd wrote: Tue Jan 03, 2023 1:39
Emang harus di sesuaikan sama kendaraannya yah...
Kalo di satria f150 saya kalo pakai pertamax cuma 1:35 tapi kalo pakai shell super bisa sampe 1:42. Pindah dari satria ke jupiter z1 berasa bgt ngisi bensinya lebih irit hehe
Iya, om.
Tapi di saya malah kebalik tuh. Pakai Shell Super cuma dapat 1:45 paling irit, kalau pakai Pertamax, 1:45 itu udah paling boros.
Jangan disamain atuh Satria sama Jupi Z. Yang 1 sekali betot langsung hilang dari pandangan, yang 1 begitu dibetot masih kelihatan dari pandangan, tapi jembatan jadi rubuh
150 cc vs 115 cc, jelas jauh beda fuel cons-nya
t105erd wrote: Tue Jan 03, 2023 1:39
Emang harus di sesuaikan sama kendaraannya yah...
Kalo di satria f150 saya kalo pakai pertamax cuma 1:35 tapi kalo pakai shell super bisa sampe 1:42. Pindah dari satria ke jupiter z1 berasa bgt ngisi bensinya lebih irit hehe
Iya, om.
Tapi di saya malah kebalik tuh. Pakai Shell Super cuma dapat 1:45 paling irit, kalau pakai Pertamax, 1:45 itu udah paling boros.
Jangan disamain atuh Satria sama Jupi Z. Yang 1 sekali betot langsung hilang dari pandangan, yang 1 begitu dibetot masih kelihatan dari pandangan, tapi jembatan jadi rubuh
150 cc vs 115 cc, jelas jauh beda fuel cons-nya
Satria kalo dalam kota rpm rendah sama aja lemot om, malah enakan naik Jupiter, cara menikmati satria emang harus shifting di redline sih, suara mesin dan tarikan atasnya nampol khas mesin over bore DOHC.
t105erd wrote: Tue Jan 03, 2023 1:39
Emang harus di sesuaikan sama kendaraannya yah...
Kalo di satria f150 saya kalo pakai pertamax cuma 1:35 tapi kalo pakai shell super bisa sampe 1:42. Pindah dari satria ke jupiter z1 berasa bgt ngisi bensinya lebih irit hehe
Iya, om.
Tapi di saya malah kebalik tuh. Pakai Shell Super cuma dapat 1:45 paling irit, kalau pakai Pertamax, 1:45 itu udah paling boros.
Jangan disamain atuh Satria sama Jupi Z. Yang 1 sekali betot langsung hilang dari pandangan, yang 1 begitu dibetot masih kelihatan dari pandangan, tapi jembatan jadi rubuh
150 cc vs 115 cc, jelas jauh beda fuel cons-nya
Satria kalo dalam kota rpm rendah sama aja lemot om, malah enakan naik Jupiter, cara menikmati satria emang harus shifting di redline sih, suara mesin dan tarikan atasnya nampol khas mesin over bore DOHC.
berarti menikmati satria harus di jalan kosong yak...
Tapi di saya malah kebalik tuh. Pakai Shell Super cuma dapat 1:45 paling irit, kalau pakai Pertamax, 1:45 itu udah paling boros.
Jangan disamain atuh Satria sama Jupi Z. Yang 1 sekali betot langsung hilang dari pandangan, yang 1 begitu dibetot masih kelihatan dari pandangan, tapi jembatan jadi rubuh
150 cc vs 115 cc, jelas jauh beda fuel cons-nya
Satria kalo dalam kota rpm rendah sama aja lemot om, malah enakan naik Jupiter, cara menikmati satria emang harus shifting di redline sih, suara mesin dan tarikan atasnya nampol khas mesin over bore DOHC.
berarti menikmati satria harus di jalan kosong yak...
Iya kalo macet/lalin padat mah sama aja kaya naik motor bebek
Fenomena itu menurut saya, memang karena margin atau profit dari bisnis SPBU eceran itu kecil sekali itu. Meskipun ada kepastian pasar yang cukup besar, biaya operasionalnya termasuk pajak penjualan, PBB-nya cukup tinggi. Sehingga makin memperkecil profit.
Kebijakan Pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan
listrik.
Ini juga dinilai menjadi "sunset" bagi bisnis SPBU Pertamina, dimana akan ada banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan BBM ke listrik.
Selain itu kawasan strategis di kota besar, seperti Jakarta dinilai kalah saing dengan SPBU asing.
Hal ini termasuk servis yang lebih baik pada SPBU asing, dibandingkan dengan SPBU Pertamina.
Fenomena itu menurut saya, memang karena margin atau profit dari bisnis SPBU eceran itu kecil sekali itu. Meskipun ada kepastian pasar yang cukup besar, biaya operasionalnya termasuk pajak penjualan, PBB-nya cukup tinggi. Sehingga makin memperkecil profit.
Kebijakan Pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan
listrik.
Ini juga dinilai menjadi "sunset" bagi bisnis SPBU Pertamina, dimana akan ada banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan BBM ke listrik.
Selain itu kawasan strategis di kota besar, seperti Jakarta dinilai kalah saing dengan SPBU asing.
Hal ini termasuk servis yang lebih baik pada SPBU asing, dibandingkan dengan SPBU Pertamina.
Ya ujung2nya sebelum P&L merah
Jadi mulai Pivot before it's too late ya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fenomena itu menurut saya, memang karena margin atau profit dari bisnis SPBU eceran itu kecil sekali itu. Meskipun ada kepastian pasar yang cukup besar, biaya operasionalnya termasuk pajak penjualan, PBB-nya cukup tinggi. Sehingga makin memperkecil profit.
Kebijakan Pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan
listrik.
Ini juga dinilai menjadi "sunset" bagi bisnis SPBU Pertamina, dimana akan ada banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan BBM ke listrik.
Selain itu kawasan strategis di kota besar, seperti Jakarta dinilai kalah saing dengan SPBU asing.
Hal ini termasuk servis yang lebih baik pada SPBU asing, dibandingkan dengan SPBU Pertamina.
Ya ujung2nya sebelum P&L merah
Jadi mulai Pivot before it's too late ya
Yes, sebelum Profit & Loss merah
memang sebaiknya jual dulu selagi
bisa dijual dengan harga yang bagus
wkwkwk. Kalau suatu saat nanti mobil listrik sudah banyak yang menggunakannya. Apakah bisa menjual SPBU tsb dengan harga yang bagus wkwkwk.
Herman7103 wrote: Sat Jan 07, 2023 13:55
Fenomena itu menurut saya, memang karena margin atau profit dari bisnis SPBU eceran itu kecil sekali itu. Meskipun ada kepastian pasar yang cukup besar, biaya operasionalnya termasuk pajak penjualan, PBB-nya cukup tinggi. Sehingga makin memperkecil profit.
Kebijakan Pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan
listrik.
Ini juga dinilai menjadi "sunset" bagi bisnis SPBU Pertamina, dimana akan ada banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan BBM ke listrik.
Selain itu kawasan strategis di kota besar, seperti Jakarta dinilai kalah saing dengan SPBU asing.
Hal ini termasuk servis yang lebih baik pada SPBU asing, dibandingkan dengan SPBU Pertamina.
Ya ujung2nya sebelum P&L merah
Jadi mulai Pivot before it's too late ya
Yes, sebelum Profit & Loss merah
memang sebaiknya jual dulu selagi
bisa dijual dengan harga yang bagus
wkwkwk. Kalau suatu saat nanti mobil listrik sudah banyak yang menggunakannya. Apakah bisa menjual SPBU tsb dengan harga yang bagus wkwkwk.
Kalo di luar jawa dimana spbu pelat merah ga ada saingan, sepertinya ga berlaku ya om?
Herman7103 wrote: Sat Jan 07, 2023 13:55
Fenomena itu menurut saya, memang karena margin atau profit dari bisnis SPBU eceran itu kecil sekali itu. Meskipun ada kepastian pasar yang cukup besar, biaya operasionalnya termasuk pajak penjualan, PBB-nya cukup tinggi. Sehingga makin memperkecil profit.
Kebijakan Pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan
listrik.
Ini juga dinilai menjadi "sunset" bagi bisnis SPBU Pertamina, dimana akan ada banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan BBM ke listrik.
Selain itu kawasan strategis di kota besar, seperti Jakarta dinilai kalah saing dengan SPBU asing.
Hal ini termasuk servis yang lebih baik pada SPBU asing, dibandingkan dengan SPBU Pertamina.
Ya ujung2nya sebelum P&L merah
Jadi mulai Pivot before it's too late ya
Yes, sebelum Profit & Loss merah
memang sebaiknya jual dulu selagi
bisa dijual dengan harga yang bagus
wkwkwk. Kalau suatu saat nanti mobil listrik sudah banyak yang menggunakannya. Apakah bisa menjual SPBU tsb dengan harga yang bagus wkwkwk.
Ganti jd SPKLU collab sama Miksu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri