Bener juga sie mbah.... tp, knp bukan d kota besar y.... louncingnya.Suryaputra wrote: Sun Jan 01, 2023 14:10Klo saya pikir ya mbah..
Just personal thought aja..
Ban bergaransi gini mereka jg "belum" bisa penetrasi besar2an, karena:
- mereka lg test pasar untuk melihat rasio penjualan vs warranty claim
- klo dah maju dan jual added value spt itu, gak bisa mundur lagi
- for financial safety; cara spt itu yg relatif aman untuk ngejaga expektasi customer dan warranty claim ratio
![]()
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Udah kalah dengan merk besar lainnya.. Garansi seperti yg disebutkan itu sebenernya masih kalah sama garansi toko seperti B-quik.. B-quik menggaransi ban selama 2tahun kalau cacat pabrik diganti & kalau ban bocor gratis tambal dioutlet cabang manapun. Dapet gratis balancing & rotasi per 6 bulan. Isi nitrogen gratis sepuasnya. Dengan ban merk apapun yg dijual B-quik. Jadi yg digaransi primewell sebenernya garansi yg nanggung, tapi ya bolehlah sebagai aftersales awal.doko86 wrote: Wed Jan 04, 2023 8:12Bener juga sie mbah.... tp, knp bukan d kota besar y.... louncingnya.Suryaputra wrote: Sun Jan 01, 2023 14:10Klo saya pikir ya mbah..
Just personal thought aja..
Ban bergaransi gini mereka jg "belum" bisa penetrasi besar2an, karena:
- mereka lg test pasar untuk melihat rasio penjualan vs warranty claim
- klo dah maju dan jual added value spt itu, gak bisa mundur lagi
- for financial safety; cara spt itu yg relatif aman untuk ngejaga expektasi customer dan warranty claim ratio
![]()
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Om, kalau falken sincera sn832i vs dunlop sp1 touring
Rekomend yg mana?
Renc mau ganti 2 ban belakang (champiro eco) yg sdh hbs masa baktinya.... 73 rb sm 50 rb an
Rekomend yg mana?
Renc mau ganti 2 ban belakang (champiro eco) yg sdh hbs masa baktinya.... 73 rb sm 50 rb an
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
dunlop sp1 touring udah prnh makai di yaris bakpaodoko86 wrote: Wed Jan 04, 2023 9:28 Om, kalau falken sincera sn832i vs dunlop sp1 touring
Rekomend yg mana?
Renc mau ganti 2 ban belakang (champiro eco) yg sdh hbs masa baktinya.... 73 rb sm 50 rb an
masih bagusan bawaan std nya BS potenza
lupa pakai potenza brp wktu itu wkwkwk
tapi oem potenza bawaan yaris bakpao 2010
dunlop sp1 touring itu lbh bising dan gak nemu plusnya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh

Last edited by Haharian on Wed Jan 04, 2023 20:28, edited 4 times in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Stick ke 225 60 r18 aja, spy massa nya relatif sama.Haharian wrote: Wed Jan 04, 2023 19:35 Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh![]()
Std test bule itu lbh tinggi, apalagi di sana jalan tol nya punya speed limit lbh tinggi, jd expektasi mereka jg lbh tinggi dan power gede2

Klo di Indonesia itu at least punya sidewall yg kuat, karena jalan nya bnyk ranjau.
Sidewall jg udah 2ply dgn size segini.
Dunlop LM705 saya pikir ok koq, untuk kondisi lalin indonesia, dgn batas speed aman di Tol jalan basah 80-90 kph.
Krn ban apapun bisa aquaplanning, krn namanya surface tension itu udh gak mandang ban basah atau sekelas UHP sekalipun pasti bisa kena, klo udh kelewat batas genangan air nya <-- only God knows, just drive carefully aja
Yg penting jaga kecepatan optimal, sesuaikan tekanan ban, dijaga dengan value yg sama (jika size ban oem dan load index nya sama).
Jgn over atau under tekanan ban yg direkomendasikan jg.
Di luar toleransi 9-10%
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Dlu crv rm 2.0 saya dptnya ST30. Ni ban berisik pake banget sih kalo uda mau mulai tipis. Tp lumayan awet. Saya ganti ban di odo 40rb masih boleh dikata sisa 30-40%an. Diganti gara2 dengung ternyata ban abis sebelah gara2 ane ga pernah rotasi.Haharian wrote: Wed Jan 04, 2023 19:35 Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh![]()
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kalo 235/55/18 memang sidewall belum 2 ply kah om?Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 23:03
Stick ke 225 60 r18 aja, spy massa nya relatif sama.
Std test bule itu lbh tinggi, apalagi di sana jalan tol nya punya speed limit lbh tinggi, jd expektasi mereka jg lbh tinggi dan power gede2![]()
Klo di Indonesia itu at least punya sidewall yg kuat, karena jalan nya bnyk ranjau.
Sidewall jg udah 2ply dgn size segini.
Dunlop LM705 saya pikir ok koq, untuk kondisi lalin indonesia, dgn batas speed aman di Tol jalan basah 80-90 kph.
Krn ban apapun bisa aquaplanning, krn namanya surface tension itu udh gak mandang ban basah atau sekelas UHP sekalipun pasti bisa kena, klo udh kelewat batas genangan air nya <-- only God knows, just drive carefully aja
Yg penting jaga kecepatan optimal, sesuaikan tekanan ban, dijaga dengan value yg sama (jika size ban oem dan load index nya sama).
Jgn over atau under tekanan ban yg direkomendasikan jg.
Di luar toleransi 9-10%
Kemarin kepikiran pake uk ini krn kalo dihitung size berdasarkan acuan tyrecalculatir, selisih nya cuma beda kurbleb 1cm, sementara ban nya keliatan lebih tipis lebih sporty gitu
Emang bener om mereka lebih detail, cuma kan mereka ga ngetes nya di jalan kita yang di kota aja banyak lubang dan poldur yang ga kirakira heheh

Berarti untuk mobil yang makanan nya cipali yang sejuta ranjau, sepertinya brand brand yang kurang meyakinkan dipinggirin dulu ya om? LM705 tetap pilihan terbaik ya?
Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Iya om r17 kayaknya dapetnya itu, ban yang underrated sepertinya soalnya di mari jarang yang ngomongin. Terus waktu itu ganti apa om?kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 0:35
Dlu crv rm 2.0 saya dptnya ST30. Ni ban berisik pake banget sih kalo uda mau mulai tipis. Tp lumayan awet. Saya ganti ban di odo 40rb masih boleh dikata sisa 30-40%an. Diganti gara2 dengung ternyata ban abis sebelah gara2 ane ga pernah rotasi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 0:59Kalo 235/55/18 memang sidewall belum 2 ply kah om?Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 23:03
Stick ke 225 60 r18 aja, spy massa nya relatif sama.
Std test bule itu lbh tinggi, apalagi di sana jalan tol nya punya speed limit lbh tinggi, jd expektasi mereka jg lbh tinggi dan power gede2![]()
Klo di Indonesia itu at least punya sidewall yg kuat, karena jalan nya bnyk ranjau.
Sidewall jg udah 2ply dgn size segini.
Dunlop LM705 saya pikir ok koq, untuk kondisi lalin indonesia, dgn batas speed aman di Tol jalan basah 80-90 kph.
Krn ban apapun bisa aquaplanning, krn namanya surface tension itu udh gak mandang ban basah atau sekelas UHP sekalipun pasti bisa kena, klo udh kelewat batas genangan air nya <-- only God knows, just drive carefully aja
Yg penting jaga kecepatan optimal, sesuaikan tekanan ban, dijaga dengan value yg sama (jika size ban oem dan load index nya sama).
Jgn over atau under tekanan ban yg direkomendasikan jg.
Di luar toleransi 9-10%
Kemarin kepikiran pake uk ini krn kalo dihitung size berdasarkan acuan tyrecalculatir, selisih nya cuma beda kurbleb 1cm, sementara ban nya keliatan lebih tipis lebih sporty gitu
Emang bener om mereka lebih detail, cuma kan mereka ga ngetes nya di jalan kita yang di kota aja banyak lubang dan poldur yang ga kirakira heheh![]()
Berarti untuk mobil yang makanan nya cipali yang sejuta ranjau, sepertinya brand brand yang kurang meyakinkan dipinggirin dulu ya om? LM705 tetap pilihan terbaik ya?
Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 0:59Kalo 235/55/18 memang sidewall belum 2 ply kah om?Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 23:03
Stick ke 225 60 r18 aja, spy massa nya relatif sama.
Std test bule itu lbh tinggi, apalagi di sana jalan tol nya punya speed limit lbh tinggi, jd expektasi mereka jg lbh tinggi dan power gede2![]()
Klo di Indonesia itu at least punya sidewall yg kuat, karena jalan nya bnyk ranjau.
Sidewall jg udah 2ply dgn size segini.
Dunlop LM705 saya pikir ok koq, untuk kondisi lalin indonesia, dgn batas speed aman di Tol jalan basah 80-90 kph.
Krn ban apapun bisa aquaplanning, krn namanya surface tension itu udh gak mandang ban basah atau sekelas UHP sekalipun pasti bisa kena, klo udh kelewat batas genangan air nya <-- only God knows, just drive carefully aja
Yg penting jaga kecepatan optimal, sesuaikan tekanan ban, dijaga dengan value yg sama (jika size ban oem dan load index nya sama).
Jgn over atau under tekanan ban yg direkomendasikan jg.
Di luar toleransi 9-10%
Kemarin kepikiran pake uk ini krn kalo dihitung size berdasarkan acuan tyrecalculatir, selisih nya cuma beda kurbleb 1cm, sementara ban nya keliatan lebih tipis lebih sporty gitu
Emang bener om mereka lebih detail, cuma kan mereka ga ngetes nya di jalan kita yang di kota aja banyak lubang dan poldur yang ga kirakira heheh![]()
Berarti untuk mobil yang makanan nya cipali yang sejuta ranjau, sepertinya brand brand yang kurang meyakinkan dipinggirin dulu ya om? LM705 tetap pilihan terbaik ya?
Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah

Lm705 r17 dan ke atas dah 2 ply.
Klo mbah gak masalah lbh tipis 1cm (impactnya ke less comfort) ya sikat aja.
Last edited by Suryaputra on Thu Jan 05, 2023 1:55, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Saya pernah pakai lm705 d hatchback, oke2 saja om. Tipikal ban touring saja.Haharian wrote: Wed Jan 04, 2023 19:35 Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh![]()
Untuk savero suv sedang pakai juga, menggantikan continental lx2 dan ban sebelumnya lg Dunlop ST30.
Urusan grip, conti paling oke. St 30 paling mehh... Kalau masalah senyap/bisingnya, savero suv sama st30 sama aja tingkat bisingnya.
Masalah 1 ply vs 2 ply juga gausah pusing om, yg penting ban dijaga aja tekanannya sesuai yg di pintu. Beli tire gauge yg harganya bukan <50 ribuan. Cek 1 bulan 1-2x pas pagi masih dingin, kalau harus tambah ke bengkel yg nempuhnya beberapa KM, pas sampe bengkel tambahin masing2 ban +1 atau +2 psi dr yg tertera di pintu (perlu ditambah dikit dr yg di pintu karena ban mulai panas, bacaan ga sesuai pas dingin).


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Haha mantap om, yang om tulis sesuai memang dengan review bule2 itu, cuma ya ragu saya karena mereka ga merasakan pahitnya jalan indo omfannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 1:30
Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...![]()
Terus, kirakira apakah beda kualitas produksi ya si Acchiles bule dan Acchiles kita?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
klo pas panas bukannya ban malah mengembang mbah?josomba wrote: Thu Jan 05, 2023 1:54Saya pernah pakai lm705 d hatchback, oke2 saja om. Tipikal ban touring saja.Haharian wrote: Wed Jan 04, 2023 19:35 Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh![]()
Untuk savero suv sedang pakai juga, menggantikan continental lx2 dan ban sebelumnya lg Dunlop ST30.
Urusan grip, conti paling oke. St 30 paling mehh... Kalau masalah senyap/bisingnya, savero suv sama st30 sama aja tingkat bisingnya.
Masalah 1 ply vs 2 ply juga gausah pusing om, yg penting ban dijaga aja tekanannya sesuai yg di pintu. Beli tire gauge yg harganya bukan <50 ribuan. Cek 1 bulan 1-2x pas pagi masih dingin, kalau harus tambah ke bengkel yg nempuhnya beberapa KM, pas sampe bengkel tambahin masing2 ban +1 atau +2 psi dr yg tertera di pintu (perlu ditambah dikit dr yg di pintu karena ban mulai panas, bacaan ga sesuai pas dingin).
![]()
soalnya tekanan ban yg ada di pilar pintu yg direkomen itu kan ketika masih dingin,
karena ketika panas, dia dah mengembang bbrp psi.
misal:
- tekanan yg direkomen dgn OEM size = 32 psi (ketika dingin)
- maka ketika panas terik melintasi tol jarak jauh jkt bandung misalnya, itu bisa naik sampai 2-3 psi,
apalagi klo pk angin biasa, lebih gede lagih naiknya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yaaaa iya, makanya kalau ngukur pas panas tekanannya dah keburu naik, harus lebihin dr yg di pintu dikit.Suryaputra wrote: Thu Jan 05, 2023 2:02
klo pas panas bukannya ban malah mengembang mbah?
soalnya tekanan ban yg ada di pilar pintu yg direkomen itu kan ketika masih dingin,
karena ketika panas, dia dah mengembang bbrp psi.
misal:
- tekanan yg direkomen dgn OEM size = 32 psi (ketika dingin)
- maka ketika panas terik melintasi tol jarak jauh jkt bandung misalnya, itu bisa naik sampai 2-3 psi,
apalagi klo pk angin biasa, lebih gede lagih naiknya
Misalkan
Tekanan di pintu mintanya 36
Pas pagi ngukur cuman 30
Bawa jalan 30-45 menit ke bengkel, pas d bengkel ukur lg jadi 32.
Kalau cuman mintanya tetep 36psi, besok pagi cek lagi palingan cuman 34.
Jadi baikan pas sampe bengkel mintanya 37-38.
Secara yg di pintu itu cold tire pressure.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
tyrereviews itu review kolektif jadi agak sulit statistiknya cuma berdasarkan kita ngisi berapa. dz102 ane pernah review di sono buset itu mah review ngarang bebas wkwkwkw kita nilai itu ban berapa. uda kayak kalo nonton film situs rottentomatoes. masalahnya mau kita liat yang road test mereka sendiri juga kebanyakan ban yang gak dijual disini.Haharian wrote: Wed Jan 04, 2023 19:35 Halo suhu suhu semua
Kebetulan saya baru ngangkat crv rm3 2.4 2014, udah rapihin kaki, service, dan tuneup, eh ternyata salahsatu pr nya juga ban Sportmax yang mulai berisik
Nah dari kemarin galau liat tulisan om-om disini, harga di tokoijo, dan review ban versi bule di tyrereviews.com
Untuk ukuran sepertinya sudah yakin diantara 225/60/18, 235/60/18, atau 235/55/18
Mobil ini proyeksinya pemakaian dakot (jkt) dan weekend lukot (pp cipali jkt-smg)
mau minta rekomendasi ban yang lowcost (budget kurleb 5 jeti utk 4 ban) tapi wet grip nya lumayan bagus dan longevity nya oke apa ya? Soalnya pernah punya pengalaman ga enak sama urusan air heheh, belum lagi tau sendiri jalan tol kita isinya lubang kasat mata semuah
Kalo baca review bule, lm705 agak kurang wet gripnya tapi suhu suhu disini sangat reccomend lm705
Direzza juga sama, di review bule kurang ngegrip di wet tapi suhu disini banyak yang bilang bagus juga
Sportmaxx kayaknya di toko ijo harganya ga ke reach yah
Mau ke GT Savero, di review bule udah masuk ke taraf ‘aman’ tapi suhu disini sangsi sama bagian sidewall nya
ST30 review bule oke, tapi kyknya di mari kurang diomongin ya
Accelera Iota ST68 kok agak sangsi sama longevity dan si brand itu sendiri ya
Achilles 838 juga sangsi sama si brand itu sendiri
Falken Ziex 914 di toko ijo agak jarang ya, terus takut kenapa napa susah cari yang bareng
Sama juga kyk GY yang range segitu sepertinya di toko Ijo agak susah
Sementara kalo ban mahal macam BFG adv touring, yoko, toyo, Conti UC, atau Micin mah gaakan kebeli heheh
Mohon arahan dan petuahnya ya suhu suhuku, soalnya bingung banget ini sementara mobil terus dipake lukot heheh![]()
BFG adv touring bukanya gak mahal om cuma 1.6 jutaan per pcs kalo liat online di ottoban (suggested retail price nya di web bfg juga segitu)


dunlop dan falken pengalaman saya memang murah... tapi dunlop kalo udah mulai ngintip2 deket twi berisik dan turun banget performanya. ntah deh ini yang baru macem LM705 / DZ102 gimana.
falken enak pas baru tapi cepet berkurang dan kalo udah berkurang relatif sama penurunan performanya kyk dunlop. dah gitu ze914 udah ada penggantinya ze310r.
tapi kalau gak mau mahal dan gak mau sulit cari bengkel ya balik ke sport maxx 050. di tokoijo liat sih masih 1.3 jutaan per pcs, gak mahal. soalnya yang lebih murah iota st68 atau gt savero. BFG sebenernya kl liat di web banyak jg loh itu yang jual kayaknya kalo jual micin pasti jual BFG soalnya 1 anak perusahaan.
pilihan lain ya BS Dueler HL33 tapi mahal bgt cuma BS sih kalo ban kayak toyota, performa biasa aja tapi super kuat dan long lasting


Last edited by ChZ on Thu Jan 05, 2023 2:56, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ganti hankook dynapro. Pas ganti sih langsung road noise berkurang signifikan tp rasanya mirip2 aja begitu tapak uda mulai <50%. Tp ni ban awet jg loh, pake 50rb sampe sebelum dijual masih sisa lumayan tebel.Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 1:03Iya om r17 kayaknya dapetnya itu, ban yang underrated sepertinya soalnya di mari jarang yang ngomongin. Terus waktu itu ganti apa om?kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 0:35
Dlu crv rm 2.0 saya dptnya ST30. Ni ban berisik pake banget sih kalo uda mau mulai tipis. Tp lumayan awet. Saya ganti ban di odo 40rb masih boleh dikata sisa 30-40%an. Diganti gara2 dengung ternyata ban abis sebelah gara2 ane ga pernah rotasi.
Ga pernah pake iota, tp kalo road noise ketolong sama konstruksi mobil om jg ga sih yg ladderframe. Biasanya ban berisik bakalan lebih kerasa di mobil2 monokok. Anyway, saya 2x pernah pake ban lokal merk duo A itu. Dua2nya nyerah si soal road noise. Kalo memang mau beli ban lokal, saya lebih prefer gt radial sih. Skrng mazda 2 saya pake gt radial, walaupun road noise mulai noticeable terutama di jalan beton, tp masih ga separah duo A. Kemaren pake A yg atr akhirnya saya jual gara2 ga tahan sama dengungnya. Masih sisa 5,5mm. Tp bener seperti kata om jg, tipe ban pasti memberikan performa dan kenyamanan yg beda2.fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 1:30Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 0:59Kalo 235/55/18 memang sidewall belum 2 ply kah om?Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 23:03
Stick ke 225 60 r18 aja, spy massa nya relatif sama.
Std test bule itu lbh tinggi, apalagi di sana jalan tol nya punya speed limit lbh tinggi, jd expektasi mereka jg lbh tinggi dan power gede2![]()
Klo di Indonesia itu at least punya sidewall yg kuat, karena jalan nya bnyk ranjau.
Sidewall jg udah 2ply dgn size segini.
Dunlop LM705 saya pikir ok koq, untuk kondisi lalin indonesia, dgn batas speed aman di Tol jalan basah 80-90 kph.
Krn ban apapun bisa aquaplanning, krn namanya surface tension itu udh gak mandang ban basah atau sekelas UHP sekalipun pasti bisa kena, klo udh kelewat batas genangan air nya <-- only God knows, just drive carefully aja
Yg penting jaga kecepatan optimal, sesuaikan tekanan ban, dijaga dengan value yg sama (jika size ban oem dan load index nya sama).
Jgn over atau under tekanan ban yg direkomendasikan jg.
Di luar toleransi 9-10%
Kemarin kepikiran pake uk ini krn kalo dihitung size berdasarkan acuan tyrecalculatir, selisih nya cuma beda kurbleb 1cm, sementara ban nya keliatan lebih tipis lebih sporty gitu
Emang bener om mereka lebih detail, cuma kan mereka ga ngetes nya di jalan kita yang di kota aja banyak lubang dan poldur yang ga kirakira heheh![]()
Berarti untuk mobil yang makanan nya cipali yang sejuta ranjau, sepertinya brand brand yang kurang meyakinkan dipinggirin dulu ya om? LM705 tetap pilihan terbaik ya?
Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kalau secara durasi pakai, berapa tahun pakai om? Walau masih tebel, tp pecah2 nda om?kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 2:53 - CUT -
Ganti hankook dynapro. Pas ganti sih langsung road noise berkurang signifikan tp rasanya mirip2 aja begitu tapak uda mulai <50%. Tp ni ban awet jg loh, pake 50rb sampe sebelum dijual masih sisa lumayan tebel.
- CUT -
si conti lx2 soalnya lebih jarang dipake, baru 3 tahun/30rb KM dah pecah2 padahal tapak tebel bener. Akhirnya ane ganti savero suv aja dah. Pakein conti ke mobil yg lebih sering dipake aja jadinya sekarang.



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Hoo iyajosomba wrote: Thu Jan 05, 2023 2:28Yaaaa iya, makanya kalau ngukur pas panas tekanannya dah keburu naik, harus lebihin dr yg di pintu dikit.Suryaputra wrote: Thu Jan 05, 2023 2:02
klo pas panas bukannya ban malah mengembang mbah?
soalnya tekanan ban yg ada di pilar pintu yg direkomen itu kan ketika masih dingin,
karena ketika panas, dia dah mengembang bbrp psi.
misal:
- tekanan yg direkomen dgn OEM size = 32 psi (ketika dingin)
- maka ketika panas terik melintasi tol jarak jauh jkt bandung misalnya, itu bisa naik sampai 2-3 psi,
apalagi klo pk angin biasa, lebih gede lagih naiknya
Misalkan
Tekanan di pintu mintanya 36
Pas pagi ngukur cuman 30
Bawa jalan 30-45 menit ke bengkel, pas d bengkel ukur lg jadi 32.
Kalau cuman mintanya tetep 36psi, besok pagi cek lagi palingan cuman 34.
Jadi baikan pas sampe bengkel mintanya 37-38.
Secara yg di pintu itu cold tire pressure.
![]()
Makanya pk nitro, jadi gap nya gak jauh

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Pake nitro juga sama aja om.. Namanya udara kena panas yg ngembang. Kalau ngisi angin diluar ya memang harus naikin 2psi daritarget yg pengen dicapai. Dah saya ulas kok itung2annya disini beberapa bulan lalu.. Suhu naik 1°C = pressure naik 0,17psi. Begitu pula kebalikannya. Pake nitrogen atau angin biasa sama ajah. Yg ngebedain durability tekanannya di dalem ban. Misal angin biasa 2 minggu turun 1psi, kalau nitrogen baru 3minggu turun 1psi.Suryaputra wrote: Thu Jan 05, 2023 3:17Hoo iyajosomba wrote: Thu Jan 05, 2023 2:28Yaaaa iya, makanya kalau ngukur pas panas tekanannya dah keburu naik, harus lebihin dr yg di pintu dikit.Suryaputra wrote: Thu Jan 05, 2023 2:02
klo pas panas bukannya ban malah mengembang mbah?
soalnya tekanan ban yg ada di pilar pintu yg direkomen itu kan ketika masih dingin,
karena ketika panas, dia dah mengembang bbrp psi.
misal:
- tekanan yg direkomen dgn OEM size = 32 psi (ketika dingin)
- maka ketika panas terik melintasi tol jarak jauh jkt bandung misalnya, itu bisa naik sampai 2-3 psi,
apalagi klo pk angin biasa, lebih gede lagih naiknya
Misalkan
Tekanan di pintu mintanya 36
Pas pagi ngukur cuman 30
Bawa jalan 30-45 menit ke bengkel, pas d bengkel ukur lg jadi 32.
Kalau cuman mintanya tetep 36psi, besok pagi cek lagi palingan cuman 34.
Jadi baikan pas sampe bengkel mintanya 37-38.
Secara yg di pintu itu cold tire pressure.
![]()
Makanya pk nitro, jadi gap nya gak jauh![]()

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Suryaputra wrote: Thu Jan 05, 2023 1:47Siaap terimakasih inputnya om, akan menjadi pertimbangan ilmunyaHaharian wrote: Thu Jan 05, 2023 0:59![]()
Lm705 r17 dan ke atas dah 2 ply.
Klo mbah gak masalah lbh tipis 1cm (impactnya ke less comfort) ya sikat aja.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
LM aman banget berarti ya om, ST30 berarti durable tapi agak berisik yajosomba wrote: Thu Jan 05, 2023 1:54Saya pernah pakai lm705 d hatchback, oke2 saja om. Tipikal ban touring saja.
Untuk savero suv sedang pakai juga, menggantikan continental lx2 dan ban sebelumnya lg Dunlop ST30.
Urusan grip, conti paling oke. St 30 paling mehh... Kalau masalah senyap/bisingnya, savero suv sama st30 sama aja tingkat bisingnya.
Masalah 1 ply vs 2 ply juga gausah pusing om, yg penting ban dijaga aja tekanannya sesuai yg di pintu. Beli tire gauge yg harganya bukan <50 ribuan. Cek 1 bulan 1-2x pas pagi masih dingin, kalau harus tambah ke bengkel yg nempuhnya beberapa KM, pas sampe bengkel tambahin masing2 ban +1 atau +2 psi dr yg tertera di pintu (perlu ditambah dikit dr yg di pintu karena ban mulai panas, bacaan ga sesuai pas dingin).
![]()
Review saveronya dong om.. terutama katanya sering getas di sidewall

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Nah ini diawicaksono99 wrote: Thu Jan 05, 2023 3:39 Pake nitro juga sama aja om.. Namanya udara kena panas yg ngembang. Kalau ngisi angin diluar ya memang harus naikin 2psi daritarget yg pengen dicapai. Dah saya ulas kok itung2annya disini beberapa bulan lalu.. Suhu naik 1°C = pressure naik 0,17psi. Begitu pula kebalikannya. Pake nitrogen atau angin biasa sama ajah. Yg ngebedain durability tekanannya di dalem ban. Misal angin biasa 2 minggu turun 1psi, kalau nitrogen baru 3minggu turun 1psi.![]()
Saya pas dulu pake nitro juga begini, dipake jalan 30 menit ke bengkel juga udah naik 1-2 PSI.
Sekarang balik angin biasa aja dah, biar bisa isi sendiri di rumah


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kayanya 3 tahunan ya om, sejauh saya liat ga ada pecah2 si om. Tekanan angin saya rutin cek tiap 2 minggu sekali.josomba wrote: Thu Jan 05, 2023 3:16Kalau secara durasi pakai, berapa tahun pakai om? Walau masih tebel, tp pecah2 nda om?kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 2:53 - CUT -
Ganti hankook dynapro. Pas ganti sih langsung road noise berkurang signifikan tp rasanya mirip2 aja begitu tapak uda mulai <50%. Tp ni ban awet jg loh, pake 50rb sampe sebelum dijual masih sisa lumayan tebel.
- CUT -
si conti lx2 soalnya lebih jarang dipake, baru 3 tahun/30rb KM dah pecah2 padahal tapak tebel bener. Akhirnya ane ganti savero suv aja dah. Pakein conti ke mobil yg lebih sering dipake aja jadinya sekarang.
![]()
![]()
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Iya om bener. Direzza review nya jelek banget banget saya sampe kaget makanya nanya disini. Yang bikin mikir adalah kok banyak gt yang bilang ban nya gaenak terutama di wet.ChZ wrote: Thu Jan 05, 2023 2:52tyrereviews itu review kolektif jadi agak sulit statistiknya cuma berdasarkan kita ngisi berapa. dz102 ane pernah review di sono buset itu mah review ngarang bebas wkwkwkw kita nilai itu ban berapa. uda kayak kalo nonton film situs rottentomatoes. masalahnya mau kita liat yang road test mereka sendiri juga kebanyakan ban yang gak dijual disini.
BFG adv touring bukanya gak mahal om cuma 1.6 jutaan per pcs kalo liat online di ottoban (suggested retail price nya di web bfg juga segitu)saya jg lagi ngincer ini sih, baru nyadar CRV ane keluaran 2018 tapi ini ban keluaran 5117 (akhir 2017) artinya ud 5 taun pantes dibawa udah kurang enak
apalagi brand yang dibawa BFG identik ban off-road harusnya kuat.
dunlop dan falken pengalaman saya memang murah... tapi dunlop kalo udah mulai ngintip2 deket twi berisik dan turun banget performanya. ntah deh ini yang baru macem LM705 / DZ102 gimana.
falken enak pas baru tapi cepet berkurang dan kalo udah berkurang relatif sama penurunan performanya kyk dunlop. dah gitu ze914 udah ada penggantinya ze310r.
tapi kalau gak mau mahal dan gak mau sulit cari bengkel ya balik ke sport maxx 050. di tokoijo liat sih masih 1.3 jutaan per pcs, gak mahal. soalnya yang lebih murah iota st68 atau gt savero. BFG sebenernya kl liat di web banyak jg loh itu yang jual kayaknya kalo jual micin pasti jual BFG soalnya 1 anak perusahaan.
pilihan lain ya BS Dueler HL33 tapi mahal bgt cuma BS sih kalo ban kayak toyota, performa biasa aja tapi super kuat dan long lastingnaik size aja 235/60 cari bekasan CRV turbo
![]()
Bfg adv touring review bule emang mantep bgt om. Cuma kalo 1,6 dikali 4 kan selisihnya lumayan om dan belum spooring jg
Kalo dunlop emang iya om banyak dimana mana, cuma ya di wet standar aja gitu. Kalo savero katanya di wet bagus cuma longevity nya yang di sangsikan dan reputasi brand nya juga tau sendiri laah
Kalo dueller mah udah ga ditanya om cuma lagilagi bujet berbicara.. anw kalo 235/60 harusnya aman dan enak ya om?