BACKGROUND:
Beli mobil ini boleh dibilang karena terpaksa. Awal tahun 2022 sediain budget untuk ganti mobil sebenernya hanya 1, yaitu mobil istri yg ane jg uda review di thread satunya lg (review bercampur curhat karena drama beli mobilnya sukses bikin ane hipertensi).
Kenapa terpaksa? jadi beli mobil ini semata2 hanya gara2 ortu harus operasi, sehingga harus memiliki mobil yg row 2 nya cukup friendly biar nanti bisa bolak-balik ke rs untuk fisioterapi dan rehabilitasi pasca operasi. Nengok ke garasi, lho ni mobil di garasi kok row 2 nya menyedihkan semua

Setelah brainstorming sama menkeu, kesimpulannya ya mau gamau kayaknya harus beli mobil lg. Setelah bobok celengan ayam dan nguras dompet sampe koin 100 perak terakhir, akhirnya diputuskan untuk ambil mobil dengan syarat yg cukup simpel yaitu row kedua luas, captain seat, dan akses keluar masuk mobil mudah.
Beberapa opsi langsung kena coret macem innivi disil kebanggaan warga SM karena tinggi jadi sulit naek turun. Opsi pertama adalah alphard 2nd gen yg welcab. Dlu pas nenek sakit, kebetulan keluarga pernah punya biar mobilitas beliau mudah. Tp uda dijual dari brp tahun lalu. Untuk tahun 2012an masuk budget sih tp kalo dipikir2 lg ambil mobkas pasti akan buang waktu dan biaya untuk perbaikan lg, sedangkan mobil butuh lumayan cepat. Jd opsi ini dicoret.
Opsi kedua sienta welcab, tp kebentur harga yg 400an dan jg kalo ane ga salah dapet info ini spot order. Jadi akhirnya dicoret jg.
Mau buyback fortie vrz ane yg dibeli mertua kok kayak menjilat ludah sendiri dan ga bisa move on ya? (Nggak deng sebenernya karena lebih tinggi lg dari innipi disil

Mikir2 lg mobil <300jt, baru, row 2 luas, akses mudah, dan captain seat akhirnya mengerucut ke si hyundae stargeser ini.
Begitu bulat keputusan, butuh proses 3 hari sampe spk. Hari pertama nyari unit TD, kebetulan ada di sowrum Hyundae deket rumah, hari kedua berburu diskon, hari ketiga SPK.
SPK akhir nov dapet diskon 25jt dan potongan toped lagi hampir 3 jt. Agak nyesel sih ternyata awal des diskon bisa sampe 32jt blm pengajuan. Tp yawda lah emang rejekinya dapet disc cuma segitu gawsa diambil pusing dan disyukuri aja. 5 hari setelah transfer duid, mobilnya akhirnya dikirim juga. Mobil kebetulan redi stok hampir semua warna. Warna yg dipilih silver biar kalo kotor ga keliatan, trus ga niat dicoating segala macem jadi pilih warna paling gampang dirawat. Lain2 yg didapat dari pembelian ini standar aja, kaca film, apar, dan plat sementara 1 bulan.
EXTERIOR Exterior mau dilihat dari segi manapun, ga ada yg bisa dibilang istimewa. Bagian depan ada positioning lamp (apa drl ya ga gitu perhatiin) yg memanjang dari headlamp kiri ke kanan. Macam wuling Air EV lah. Headlamp pake LED, foglamp gatau led apa bukan
Siluet samping biasa aja, next
Nah lampu belakang ini mengingatkan ane sama pesawat X-wing (kalo ga salah) yg dipunya rebel alliance di film starwars. Not bad.
Ban pake kumho solus ukuran 205/55/16. Yg bisa ane katakan ya road noisenya cukup baik. Grip? Aquaplanning? Bleh, boro2 ngerasain ginian, orang asal pake ni mobil di tol aja paling jalan 70-80km, maklum bawa orang sakit.
Model dashboard bisa diliat sendiri disini. Not bad KECUALI itu housing speedo n HU yg jenong kayak ikan louhan. Tempat penyimpanan? Super banyak. Laci ada 2 (walaupun yg 1 hampir ga guna karena super pendek, paling cuma bisa masuk kunci2 rumah atau kartu. Laci kedua ga gitu gede, tp bisa simpen apar bawaan. Dari console ac penumpang depan sampe housing HU dan stir ada 2 layer bertingkat yg bisa digunakan buat taro hp, dompet, dll. Malah ini yg paling saya demen dari ni mobil.
Console tengah ada tuas transmisi yg mirip cheap version dari crv turbo, rem tangan modal otot (real man use his muscle

HU bawaan interfacenya biasa aja, cenderung terlalu simpel. Tp isinya lengkap, bisa untuk setting blulink, apple carplay wireless. Android auto blm nyoba. Ada ga sih ya?
Speedometer digital kualitas gambar biasa, MID dan pengaturan mesin ada disini semua. Yg paling ketara kalo ganti drive mode warnanya berubah2. Tulisan angkanya masih model layar kalkulator.
Material seperti doortrim 95% hard plastic, softpad cuma di penyangga tangan di doortrim. Tp hard plastic ini buildnya lumayan solid. Buka tutup pintu doortrimnya ga meleyot2 kedalem saking tuh plastik tipis banget kayak di ciarpih rm saya dlu.
Yg bikin kelihatan modern sedikit ya ambient lightnya yg cukup terang dan banyak (sebenernya too much for my liking). Sayang warnanya ga bisa diganti2, hanya biru. Selera saya sendiri mending warna2 yg lebih soft macem orange bmw atau putih sekalian.
Masuk row kedua, bisa diliat masih cukup besar jarak lutut kaki ke jok depan kalo saya yg duduk (FYI: tinggi saya 173cm).
Oh iya, jok semua uda bahan leatheratte (ini kulit palsu kalo ga salah ya?) Bahannya cukup halus, ga panas. Cuma memang captain seatnya agak keras dan agak sempit kalo saya yg dudukin. Untuk penumpang belakang jg disediakan usb port 2 buah, biar ga berantem. Door trim juga bisa taruh minuman kemasan 1,5 liter diatas, dan dibawah bisa isi 2-3 botol yg 600cc
Di bangku kiri, ada meja yg bisa dilipat. Cukup solid n kokoh.
Row ketiga ane ga fotoin, soalnya ada kursi roda jadi males keluarin. Yg pasti sih ada power outlet 12V juga. Waktu TD sempet masuk row ketiga, seinget ane cukup proper kok untuk 2 orang dewasa. Akses masuk row ketiga ga terlalu sulit, memang kalo dibandingkan dengan alphard, hanya perlu usaha lebih jalan setengah nunduk aja mengingat emang roofnya ga tinggi.
IMPRESI BERKENDARA
Hmmm, ini saya agak bingung mulai darimana. Jujur aja, saya baru 3-4x bawa itu pun macet2an ke rs di daerah semanggi.
Mulai dari FC dulu aja, FC yg didapat sekarang 1:10 pake pertamax. Mobil lewat daerah macet trus dan sering jadi genset. Kelihatannya boros? Tp sebenernya irit kok, saya bawa macet2an wajar masih bisa 1:14. Sekarang dpt segitu kayaknya karena jd genset aja.
Puteran rpm bawah, berasa torsinya kurang banget. Power atasnya ga pernah nyoba jg sih karena seperti yg saya blg sebelumnya, ni mobil ga pernah jalan lewat dari 80kmh. Tp impresi ini agak sulit saya untuk objektif jg soalnya emang kebetulan mobil di rumah 2 merk M yg low rpm torquenya lumayan ngisi dan 1 lg 2000cc turbo dan jg figur tenaga si stargeser diatas kertas aja ga istimewa2 banget. Hanya 115PS, 143 Nm.
Ada 3 driving mode. Eco, normal, sport, sama smart. Jujur ane hampir ga ngerasain bedanya apa. Beda paling signifikan malah warna di speedometer digitalnya aja yg berubah.
Awal TD yg berasa paling signifikan adalah mobil ini cukup nyaman, lebih nyaman dari mobil2 di rumah yg uda kena tangan jahil ane. Duduk di baris kedua yg paling ane rasakan adalah kalo lewat poldur reboundnya terasa pas, ga mental mentul kayak mobil jepang yg pernah saya coba (well emang saya blm pernah coba mobil jepun sekelas stargeser yg gen sekarang sih, pernah yg gen sebelumnya). Menkeu dan ortu yg ngikut TD cocok dengan karakter peredaman yg seperti ini. Kurangnya memang kalo di jalan yg ga rata, agak sedikit berasa keras. Sebenernya bukan keras sih, tp lebih berasa firm aja.
Coba bawa mobil ini sendiri, kesan yg pertama didapat adalah setirnya terasa berbobot, ga kopong melompong kayak hondo2 sblm turbo. Tp feelnya berasa agak aneh, walaupun berbobot tp saya ga merasakan adanya konektivitas antara stir dan ban yg menapak ke aspal. Gimana ya jelasinnya, agak susah menjabarkan feelnya gmn tp pokoknya ni mobil berasa ga natural aja handlingnya. Yah tp mau ngomongin handling di mobil keluarga ga relevan jg sih.
FITUR
-Fitur smartsensenya cukup lengkap dan akurat, hanya ga ada adaptive cruise control aja, sama lane following assistnya kok ane nyoba sekali dia ga bisa mempertahankan tetep ditengah antara 2 garis putus2 ya. Jadi dia agak ke kiri sedikit tar ke kanan, trus uda condong ke kanan dia ke kiri lg. Jd ga bisa center gitu. Tp ini ane cuman nyoba sekali n macet2an. Mungkin nanti2 ane bakal coba lg di speed yg lebih tinggi.
-6 airbag
-immobilizer
-auto mirror folding saat kita ngexmdekat/menjauh dari mobil.
-blulink. Sedikit komplain mengenai blulink. Kalo input command dari hp (kunci pintu/buka pintu, nyalain mesin) ga langsung jalan. Nunggu ada kali 30 detik-1 menit. Fiturnya jadi ga berguna kecuali kunci hilang/ketinggalan. Ngomong2 soal kunci, karena uda ada blulink jadi remote cuma dikasi 1 dan 1 lg anak kunci aja.
VERDICT
Ni mobil cocok untuk keluarga dengan anak2 yg masih piyiks. Material interior walaupun 90% plastic tapi justru jadi keunggulan kalo menghadapi abuse dari anak2 kecil. Kalo softpad2 atau kulit justru ngeri robek atau dicoret2.
Fitur2 keamanan cukup lengkap, balon udara ada 6. Hasil ujicoba ncap asia dpt bintang 4. Cukup lah untuk mobil yg bakalan jarang banget lewat 100kmh. Crossed-finger aja ga dihajar 2 gajah di tol

Puas ga beli ni mobil? Hmmmm...jujur beli mobil ini agak terburu2. Ga sempet test drive mobil lain jadi agak susah ngomong. Kalo ngomong untuk pribadi sih ga bakalan beli mobil seperti ini karena ane masih berjiwa muda


karena Tp kalo pure menilai price to value sih ga nyesel sih.
It's not a beautiful one, but very useful indeed
