2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kissutt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Nov 28, 2022 0:15
Location: Bekasi
Daily Vehicle: M2SKY

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by kissutt »

marmut wrote: Wed Dec 28, 2022 5:07
paktenso wrote: Tue Dec 27, 2022 2:46

Ooh siap thanks om josomba, karena baca2 disini kayanya perlu teknisi yg udah biasa sama mazda kalo mau ganti aki atau masang honeycomb yg di depan
:mky_01: :mky_01:


tidak butuh spesialis untuk kendaraan ini, hanya butuh teknisi/mekanik/monteur yang selalu melaksanakan s.o.p dalam menjalankan tugasnya.

contoh soal ;
saat tune up, menggunakan cairan yang semestinya untuk membersihkan MAF, MAP, serta throttle body valve.
mengencangkan murbaut yang krusial (lug nut, busi, baut throttle, baut intake) tidak dengan perasaan.
pasang honeycomb, musti buka bemper dan itu tidak terlalu sulit, hanya butuh teliti dan sabar.
mengganti aki selalu colok aki back up dulu ke port OBD supaya setelan jam, radio, power window tidak hilang. bukan dengan cara mesin nyala lalu aki dicabut, kecuali anda sudah siap dengan resikonya.

kalau ada yang bilang "selama ini saya tidak ada masalah kok sudah bertahun²....", owkay, tuh manusia² yang tiap hari makan nasi pake gorengan ama minumin bubuk sasetan ga pernah olahraga masi idup, kuat dan gemuk. mau niru kaya gitu?

sekian masukan dari nubi.
Om kalo untuk Flushing Oli Matic Mazda ada spesialisasi ga yah? atau semua bengkel yg punya alat flushing pasti bisa buat flushing oli matic mazda
Nanya beres di daerah Bekasi ga ada yg punya alat flushing euy..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

kendibocor wrote: Sun Jan 01, 2023 7:38 Kalo stir dari posisi netral trus dibelokkan ke kiri/kanan awalnya berasa kopong (sekitar 3-4cm) gitu apa bisa diperbaiki om dengan adjust rack n pinion? Pernah cek steering rack dibilang masih aman. Kalo adjust rack n pinion bisa sendiri atau harus ke bengkel ya om?
Wah berasa kopong, berarti gigi/pinion-nya terindikasi ada yg rontok ya (cmiiw mbah @Marmut or @Omnibus). Kalau mau coba2 adjust sendiri sebenarnya bisa aja, tp posisinya kudu agak akrobat dikit.

:big_biglaugh:
darrelund wrote: Sun Jan 01, 2023 6:49
ini tuh harus di adjust secara reguler (interval ganti oli), atau cuma di cek aja um?

atau gaperlu di adjust?
Ndak reguler, kalau dirasa terlalu ringan aja n mau coba bikin berat dikit om.

Kalau mobil dah berumur, asumsi ga ada pinion yg rontok, ada tendensi jarak antara rack n pinion-nya menjauh. Kalau yg ane rasain, pas gerakin setir cepet kiri-kanan, kek ada "celah"/"sela"
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: Mon Jan 02, 2023 10:03
kendibocor wrote: Sun Jan 01, 2023 7:38 Kalo stir dari posisi netral trus dibelokkan ke kiri/kanan awalnya berasa kopong (sekitar 3-4cm) gitu apa bisa diperbaiki om dengan adjust rack n pinion? Pernah cek steering rack dibilang masih aman. Kalo adjust rack n pinion bisa sendiri atau harus ke bengkel ya om?
Wah berasa kopong, berarti gigi/pinion-nya terindikasi ada yg rontok ya (cmiiw mbah @Marmut or @Omnibus). Kalau mau coba2 adjust sendiri sebenarnya bisa aja, tp posisinya kudu agak akrobat dikit.

:big_biglaugh:
darrelund wrote: Sun Jan 01, 2023 6:49
ini tuh harus di adjust secara reguler (interval ganti oli), atau cuma di cek aja um?

atau gaperlu di adjust?
Ndak reguler, kalau dirasa terlalu ringan aja n mau coba bikin berat dikit om.

Kalau mobil dah berumur, asumsi ga ada pinion yg rontok, ada tendensi jarak antara rack n pinion-nya menjauh. Kalau yg ane rasain, pas gerakin setir cepet kiri-kanan, kek ada "celah"/"sela"
imho mbah josomba,

berasa kopong di tengah bisa diperbaiki dr setelan free play atau tidak? itu tergantung.

kl kondisi gigi rack nya msh bagus artinya bisa dibetulkan dgn distel baut free play nya. berarti masalah timbul krn goncangan mungkin dia kendor atau bushing penekannya aus wajar jd celahnya sedikit bertambah.

sebaliknya, kl kondisi gigi rack nya udah gundul (akibat sering puter setir lg berhenti), udah rompal/chipped (akibat hajar lobang kenceng sambil nahan setir), aus ga merata (akibat kurang pelumas/grease), kemasukan benda asing (akibat karet boot sobek dibiarkan n kemasukan pasir/air) maka ga bisa beres dgn distel.

bagian yg kemakan duluan emang yg tengah alias ketika setir lurus. cara ngeceknya .....*











*bersambung.
gara2 ada kaum ngaku pinter gw jd males sharing beginian. ntar lg lah mbah
:mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

kissutt wrote: Mon Jan 02, 2023 8:41


Om kalo untuk Flushing Oli Matic Mazda ada spesialisasi ga yah? atau semua bengkel yg punya alat flushing pasti bisa buat flushing oli matic mazda
Nanya beres di daerah Bekasi ga ada yg punya alat flushing euy..


saya nggak tau masda bisa pakai atf changer (mesin) atau tidak, tapi saya dulu biasa pakai suction pump lalu fill dan running 10-15 km, lalu sedot kemudian isi, running lagi 10-15 km.
seperti itu sampai bening.

sekali sedot dengan metode the Omnibus way bisa keluar 4 liter.

kalau mau pakai metode drain dari bawah lalu fill juga bisa. sama saja buat hampir semua merk mobil, tergantung selera mau pakai cara apa.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by kendibocor »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 10:20
josomba wrote: Mon Jan 02, 2023 10:03
kendibocor wrote: Sun Jan 01, 2023 7:38 Kalo stir dari posisi netral trus dibelokkan ke kiri/kanan awalnya berasa kopong (sekitar 3-4cm) gitu apa bisa diperbaiki om dengan adjust rack n pinion? Pernah cek steering rack dibilang masih aman. Kalo adjust rack n pinion bisa sendiri atau harus ke bengkel ya om?
Wah berasa kopong, berarti gigi/pinion-nya terindikasi ada yg rontok ya (cmiiw mbah @Marmut or @Omnibus). Kalau mau coba2 adjust sendiri sebenarnya bisa aja, tp posisinya kudu agak akrobat dikit.

:big_biglaugh:
darrelund wrote: Sun Jan 01, 2023 6:49
ini tuh harus di adjust secara reguler (interval ganti oli), atau cuma di cek aja um?

atau gaperlu di adjust?
Ndak reguler, kalau dirasa terlalu ringan aja n mau coba bikin berat dikit om.

Kalau mobil dah berumur, asumsi ga ada pinion yg rontok, ada tendensi jarak antara rack n pinion-nya menjauh. Kalau yg ane rasain, pas gerakin setir cepet kiri-kanan, kek ada "celah"/"sela"
imho mbah josomba,

berasa kopong di tengah bisa diperbaiki dr setelan free play atau tidak? itu tergantung.

kl kondisi gigi rack nya msh bagus artinya bisa dibetulkan dgn distel baut free play nya. berarti masalah timbul krn goncangan mungkin dia kendor atau bushing penekannya aus wajar jd celahnya sedikit bertambah.

sebaliknya, kl kondisi gigi rack nya udah gundul (akibat sering puter setir lg berhenti), udah rompal/chipped (akibat hajar lobang kenceng sambil nahan setir), aus ga merata (akibat kurang pelumas/grease), kemasukan benda asing (akibat karet boot sobek dibiarkan n kemasukan pasir/air) maka ga bisa beres dgn distel.

bagian yg kemakan duluan emang yg tengah alias ketika setir lurus. cara ngeceknya .....*











*bersambung.
gara2 ada kaum ngaku pinter gw jd males sharing beginian. ntar lg lah mbah
:mky_01:
Share dong mbah untuk nambah pengetahuan nubie :big_love:
Ini mah kelas berat ane kayaknya ga sanggup buat DIY. Btw ane berasa kopong itu kalo lg stationary aja mbah, kalo lg jalan ga berasa sih. Gmn ya jelasin feelnya, agak susah.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 10:20
bagian yg kemakan duluan emang yg tengah alias ketika setir lurus. cara ngeceknya .....*




.... setirnya di ......*



























*terusin... janganterusin. terusin.... jangan terusin.....

lieur.... mending ngopi aja.
MaafKan
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Nov 08, 2022 10:26
Location: Tangsel
Daily Vehicle: Mazdut

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by MaafKan »

RCMN wrote: Wed Nov 09, 2022 3:20
MaafKan wrote: Wed Nov 09, 2022 2:26 Sungkem para suhu ane nubi,

Selama ini jadi silent reader aja buat belajar, tapi akhirnya kesampean buat minang Mazda 2 GT 2017 odo 40k. So far belum ada gejala sih, unitnya lumayan mulus, cuman memang mau sekalian di tune up secara odo udah lumayan. Ane butuh advice buat peremajaan, kondisinya skr :

1. Service record beres cuman sampe 2020 di 24k aja (terakhir oli mesin, filter, rem, tuneup), di bengkel umum terakhir service rutin di 38k pake kerang HX8 5w 30, ane pake 2mingguan belum ngerasain yg aneh2, mungkin suhu dimari ada yang pernah pake itu oli? rencana mau sekalian flush aja kalau ada yang lebih rekomen.
2. Rekomendasi oli matic, ini mobil setelah 2020 gk ada record pernah ganti oli matic kapan dan pake apa, di page2 belakang ada yg pake q8 auto mv sama aisin vi, harga lumayan jauh ternyata. Ini mobil bakal seringnya dipake weekend atau sometimes ke luar kota.
3. Kaki2 di cek kasat mata belum ada yg oblak atau rembes.

Mohon pencerahannya kalo emang ada yg perlu di cek lagi. Mungkin sekalian kalo ada bengkel rekomen yg biasa handle di sekitar tangsel.
Saya juga pakai M2 2017 tapi tipe R, dan servis selalu rutin di Beres, sih. Jadi maaf gak bisa bantu jawab no 1 & 2 ya.
Untuk no 3, soal kaki2, sudah coba dites lewatin polisi tidur? Biasanya suka bunyi kalau poldurnya agak tinggi tuh. Moga2 aman ya.

Yang menarik adalah mobil ini akan dipakai untuk weekend ya? Untuk sehari2 memang pakai mobil apa om?
Karena menurut saya mobil ini kurang nyaman dipakai weekend, agak sempit...
Thanks om masukannya, so far memang belum ada gejala gluduk2 sih, belum sempet ngecek kaki2 juga.
Iya om emang seringnya dipake weekend aja soalnya commute enakan motoran sama KRL/MRT.

kendibocor wrote: Wed Nov 09, 2022 4:59
MaafKan wrote: Wed Nov 09, 2022 2:26 Sungkem para suhu ane nubi,

Selama ini jadi silent reader aja buat belajar, tapi akhirnya kesampean buat minang Mazda 2 GT 2017 odo 40k. So far belum ada gejala sih, unitnya lumayan mulus, cuman memang mau sekalian di tune up secara odo udah lumayan. Ane butuh advice buat peremajaan, kondisinya skr :

1. Service record beres cuman sampe 2020 di 24k aja (terakhir oli mesin, filter, rem, tuneup), di bengkel umum terakhir service rutin di 38k pake kerang HX8 5w 30, ane pake 2mingguan belum ngerasain yg aneh2, mungkin suhu dimari ada yang pernah pake itu oli? rencana mau sekalian flush aja kalau ada yang lebih rekomen.
2. Rekomendasi oli matic, ini mobil setelah 2020 gk ada record pernah ganti oli matic kapan dan pake apa, di page2 belakang ada yg pake q8 auto mv sama aisin vi, harga lumayan jauh ternyata. Ini mobil bakal seringnya dipake weekend atau sometimes ke luar kota.
3. Kaki2 di cek kasat mata belum ada yg oblak atau rembes.

Mohon pencerahannya kalo emang ada yg perlu di cek lagi. Mungkin sekalian kalo ada bengkel rekomen yg biasa handle di sekitar tangsel.
2. Saran saya sih stay genuine aja om. Saya terakhir servis di beres odo 36rb an suruh tap n drain di beres. Cuman kepake 3 liter. Nanti rencana 20rb km lg baru mau kuras.
Siap thanks om sarannya, memang akhirnya tetep pake yg genuine meski gk ke beres.

josomba wrote: Wed Nov 09, 2022 9:30
MaafKan wrote: Wed Nov 09, 2022 2:26 Sungkem para suhu ane nubi,

Selama ini jadi silent reader aja buat belajar, tapi akhirnya kesampean buat minang Mazda 2 GT 2017 odo 40k. So far belum ada gejala sih, unitnya lumayan mulus, cuman memang mau sekalian di tune up secara odo udah lumayan. Ane butuh advice buat peremajaan, kondisinya skr :

1. Service record beres cuman sampe 2020 di 24k aja (terakhir oli mesin, filter, rem, tuneup), di bengkel umum terakhir service rutin di 38k pake kerang HX8 5w 30, ane pake 2mingguan belum ngerasain yg aneh2, mungkin suhu dimari ada yang pernah pake itu oli? rencana mau sekalian flush aja kalau ada yang lebih rekomen.
2. Rekomendasi oli matic, ini mobil setelah 2020 gk ada record pernah ganti oli matic kapan dan pake apa, di page2 belakang ada yg pake q8 auto mv sama aisin vi, harga lumayan jauh ternyata. Ini mobil bakal seringnya dipake weekend atau sometimes ke luar kota.
3. Kaki2 di cek kasat mata belum ada yg oblak atau rembes.

Mohon pencerahannya kalo emang ada yg perlu di cek lagi. Mungkin sekalian kalo ada bengkel rekomen yg biasa handle di sekitar tangsel.
1. Ke depan kalau mau ganti oli, lgsg ganti aja walau beda merk. Ndak perlu flush2 pake engine flush.

2. Kebalikan ama oli mesin, atf kalau ganti merk ada baiknya flush/2x ganti metode standard. Soalnya kalau atf cmn ganti metode standard (drain n refill), paling cuman kebuang setengahnya. Kalau males metode ini, ada baiknya stay oem seperti om kendibocor bilang.

Q8 atau aisin vi sama2 oke aja, disesuaikan budget saja om.
Siap thanks om masukannya, kemaren akhirnya di tune up sama ganti tensioner yg bocor + v-belt yg udah retak2.

Cuman sekarang malah ada isu di rem, ada bunyi "grek" abis lepas pedal rem kalo mobil sampe berhenti. Anehnya kalau ditanjakan normal, terakhir di cek masih bagus kampas nya sama udah ganti minyak rem jg. Kira2 itu kenapa ya om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

kendibocor wrote: Mon Jan 02, 2023 10:52
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 10:20
josomba wrote: Mon Jan 02, 2023 10:03

Wah berasa kopong, berarti gigi/pinion-nya terindikasi ada yg rontok ya (cmiiw mbah @Marmut or @Omnibus). Kalau mau coba2 adjust sendiri sebenarnya bisa aja, tp posisinya kudu agak akrobat dikit.

:big_biglaugh:



Ndak reguler, kalau dirasa terlalu ringan aja n mau coba bikin berat dikit om.

Kalau mobil dah berumur, asumsi ga ada pinion yg rontok, ada tendensi jarak antara rack n pinion-nya menjauh. Kalau yg ane rasain, pas gerakin setir cepet kiri-kanan, kek ada "celah"/"sela"
imho mbah josomba,

berasa kopong di tengah bisa diperbaiki dr setelan free play atau tidak? itu tergantung.

kl kondisi gigi rack nya msh bagus artinya bisa dibetulkan dgn distel baut free play nya. berarti masalah timbul krn goncangan mungkin dia kendor atau bushing penekannya aus wajar jd celahnya sedikit bertambah.

sebaliknya, kl kondisi gigi rack nya udah gundul (akibat sering puter setir lg berhenti), udah rompal/chipped (akibat hajar lobang kenceng sambil nahan setir), aus ga merata (akibat kurang pelumas/grease), kemasukan benda asing (akibat karet boot sobek dibiarkan n kemasukan pasir/air) maka ga bisa beres dgn distel.

bagian yg kemakan duluan emang yg tengah alias ketika setir lurus. cara ngeceknya .....*











*bersambung.
gara2 ada kaum ngaku pinter gw jd males sharing beginian. ntar lg lah mbah
:mky_01:
Share dong mbah untuk nambah pengetahuan nubie :big_love:
Ini mah kelas berat ane kayaknya ga sanggup buat DIY. Btw ane berasa kopong itu kalo lg stationary aja mbah, kalo lg jalan ga berasa sih. Gmn ya jelasin feelnya, agak susah.
hahaha oke lah kl msh ada yg mau dengerin omongan halu dr ai

kopongnya banyak ga? free play (bukan foreplay) itu pasti ada, yg ga boleh itu excessive free play alias terlalu banyak. batas maksimal free play itu 3 cm, hrs diukur pake penggaris atau mudahnya pake meteran tukang jahit tuh mbah.

sebelum kaum jeruk peres bin ngaku pinter ngoceh ttg batas wajar spt di kasus oil cons, nih ai pajang infonya (dan cara ngukurnya)


Image

kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
jd inget dulu ngana yg ngajarin cara nyetel nya

kita orang lgs skim read maen hajar coba ke si inofa jadul dl, ga ditandain dulu posisi bautnya, asem... lgs jd enteng seenteng isusu panter, mo balikin jd peret kaya bawaan , stengah mati bolak balik ngolong ga penting cuman buat fine tuning tu baut lucknut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 12:02
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
jd inget dulu ngana yg ngajarin cara nyetel nya

kita orang lgs skim read maen hajar coba ke si inofa jadul dl, ga ditandain dulu posisi bautnya, asem... lgs jd enteng seenteng isusu panter, mo balikin jd peret kaya bawaan , stengah mati bolak balik ngolong ga penting cuman buat fine tuning tu baut lucknut
naah tp kan ngana beda .... ngana jujur udah diajarin went south ya normal. yg ga normal kl ngana ga bisa trus sebut itu steering racknya DODOL. trus mau retur itu steering rack ke pabrik.

emangnya ciki yg melempem bisa retur ke pabrik. katanya ngaku pinter kok ga tau kl claim warranty itu ke BeRes.

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 12:38
DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 12:02
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
jd inget dulu ngana yg ngajarin cara nyetel nya

kita orang lgs skim read maen hajar coba ke si inofa jadul dl, ga ditandain dulu posisi bautnya, asem... lgs jd enteng seenteng isusu panter, mo balikin jd peret kaya bawaan , stengah mati bolak balik ngolong ga penting cuman buat fine tuning tu baut lucknut
naah tp kan ngana beda .... ngana jujur udah diajarin went south ya normal. yg ga normal kl ngana ga bisa trus sebut itu steering racknya DODOL. trus mau retur itu steering rack ke pabrik.

emangnya ciki yg melempem bisa retur ke pabrik. katanya ngaku pinter kok ga tau kl claim warranty itu ke BeRes.

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
gan, mo nanya nih, ente emang hobinya ngolong tp ketikannya kayak ibu2 tukang gosip ya? 😆

baru sekali ditanya, ga bisa jawab udah kaing2 takut ga dikira mbah lagi sama orang2.

dikonfrontir debat lgsg ga mau jawab, udahannya nyinyir2 kayak lambe turah, payah ente gan ditanya jawabannya ai ai udahannya kaing2 seharian 😆

ngmgin warranty claim, itu mobil nguap 1.5L/10k km ga mau diclaim aja ke bengkel resmi? kayanya mau pasang oct aja harus pake tabung aqua 1.5L tuh

atau biar cepet kasi pedagang aja jual stengah harga, hehe pisss
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

MaafKan wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
Siap thanks om masukannya, kemaren akhirnya di tune up sama ganti tensioner yg bocor + v-belt yg udah retak2.

Cuman sekarang malah ada isu di rem, ada bunyi "grek" abis lepas pedal rem kalo mobil sampe berhenti. Anehnya kalau ditanjakan normal, terakhir di cek masih bagus kampas nya sama udah ganti minyak rem jg. Kira2 itu kenapa ya om?
Itu bunyi grek grokk pas sampe berhenti emang bawaan orok om. Kalau mau ilang, brake pad diamplas, grease di titik2 brakepad dikasih lg. Tp yaaah ntar juga berapa minggu bunyi lagi. Haha.

Ni titik greasingnya
Screenshot_20230102_200930_Drive.jpg
Kalau saya anti-rattle brake grease, pake crc brake quiet.
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
hahaha oke lah kl msh ada yg mau dengerin omongan halu dr ai

kopongnya banyak ga? free play (bukan foreplay) itu pasti ada, yg ga boleh itu excessive free play alias terlalu banyak. batas maksimal free play itu 3 cm, hrs diukur pake penggaris atau mudahnya pake meteran tukang jahit tuh mbah.

sebelum kaum jeruk peres bin ngaku pinter ngoceh ttg batas wajar spt di kasus oil cons, nih ai pajang infonya (dan cara ngukurnya)


Image

kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
Wkwkwk, kita orang mah kalau ada ilmu baru dr ngana, ya kita pelajari bae lah mbah... Nah ini maksud kita orang gerakin kiri kanan secara cepet terus dirasa2 play/sela-nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

josomba wrote: Mon Jan 02, 2023 10:03
darrelund wrote: Sun Jan 01, 2023 6:49
ini tuh harus di adjust secara reguler (interval ganti oli), atau cuma di cek aja um?

atau gaperlu di adjust?
Ndak reguler, kalau dirasa terlalu ringan aja n mau coba bikin berat dikit om.

Kalau mobil dah berumur, asumsi ga ada pinion yg rontok, ada tendensi jarak antara rack n pinion-nya menjauh. Kalau yg ane rasain, pas gerakin setir cepet kiri-kanan, kek ada "celah"/"sela"
siappp um jo, thanks pencerahannya :big_exellent: :big_exellent:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by kendibocor »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24 hahaha oke lah kl msh ada yg mau dengerin omongan halu dr ai

kopongnya banyak ga? free play (bukan foreplay) itu pasti ada, yg ga boleh itu excessive free play alias terlalu banyak. batas maksimal free play itu 3 cm, hrs diukur pake penggaris atau mudahnya pake meteran tukang jahit tuh mbah.

sebelum kaum jeruk peres bin ngaku pinter ngoceh ttg batas wajar spt di kasus oil cons, nih ai pajang infonya (dan cara ngukurnya)


Image

kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
Kalo feeling ane sih berasanya ga banyak mbah kopongnya. Pertanyaan selanjutnya, kalo pake gambar yg dikasih, artinya pas digerakin ke kanan/kiri sekitar 3cm tp roda sama sekali ga bergerak artinya masih dalam batas normal ya mbah? Paling ane coba ngukur dlu nih mbah, kalo ga bisa baru minta bantuan yg ahli2 :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

MaafKan wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
-

Cuman sekarang malah ada isu di rem, ada bunyi "grek" abis lepas pedal rem kalo mobil sampe berhenti. Anehnya kalau ditanjakan normal, terakhir di cek masih bagus kampas nya sama udah ganti minyak rem jg. Kira2 itu kenapa ya om?


2017 odo 40rb km kan?

sudah pernah ganti brake pad? kalau belum, bisa jadi dari situ penyebabnya.
atau bisa juga dari permukaan rotor yang tidak rata. bisa langsung diintip dari sela² velg.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 02, 2023 13:27
MaafKan wrote: Mon Jan 02, 2023 11:24
-

Cuman sekarang malah ada isu di rem, ada bunyi "grek" abis lepas pedal rem kalo mobil sampe berhenti. Anehnya kalau ditanjakan normal, terakhir di cek masih bagus kampas nya sama udah ganti minyak rem jg. Kira2 itu kenapa ya om?


2017 odo 40rb km kan?

sudah pernah ganti brake pad? kalau belum, bisa jadi dari situ penyebabnya.
atau bisa juga dari permukaan rotor yang tidak rata. bisa langsung diintip dari sela² velg.
40 rb mah masi belom itu kampas nya mbah

kita orang aj d inofa ampe 70 atawa 80 rebu, hrv malah ampe 110 rebu

ngerem jgn sering2

:big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 13:43

40 rb mah masi belom itu kampas nya mbah

kita orang aj d inofa ampe 70 atawa 80 rebu, hrv malah ampe 110 rebu

ngerem jgn sering2

:big_weee: :big_weee: :big_weee:


bukan jarak tempuh masalahnya, tapi waktu tempuhnya.
5 tahun cuman 40rb km ya nggak wajar. kecuali pemuja odo rendah.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 12:48
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 12:38
DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 12:02

jd inget dulu ngana yg ngajarin cara nyetel nya

kita orang lgs skim read maen hajar coba ke si inofa jadul dl, ga ditandain dulu posisi bautnya, asem... lgs jd enteng seenteng isusu panter, mo balikin jd peret kaya bawaan , stengah mati bolak balik ngolong ga penting cuman buat fine tuning tu baut lucknut
naah tp kan ngana beda .... ngana jujur udah diajarin went south ya normal. yg ga normal kl ngana ga bisa trus sebut itu steering racknya DODOL. trus mau retur itu steering rack ke pabrik.

emangnya ciki yg melempem bisa retur ke pabrik. katanya ngaku pinter kok ga tau kl claim warranty itu ke BeRes.

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
gan, mo nanya nih, ente emang hobinya ngolong tp ketikannya kayak ibu2 tukang gosip ya? 😆

baru sekali ditanya, ga bisa jawab udah kaing2 takut ga dikira mbah lagi sama orang2.

dikonfrontir debat lgsg ga mau jawab, udahannya nyinyir2 kayak lambe turah, payah ente gan ditanya jawabannya ai ai udahannya kaing2 seharian 😆

ngmgin warranty claim, itu mobil nguap 1.5L/10k km ga mau diclaim aja ke bengkel resmi? kayanya mau pasang oct aja harus pake tabung aqua 1.5L tuh

atau biar cepet kasi pedagang aja jual stengah harga, hehe pisss
lu kan ngaku pinter gan. coba jawab brp oil consumption yg menurut lu wajar?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 13:43


mbah, lu orang inget jaman kita kecil dulu ada yang keliling bawa pikulan sambil teriak :

"ASAH PISO.... ASAH PISO...."

pada kemana yak sekarang?

:mky_03:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

marmut wrote: Mon Jan 02, 2023 14:20
DOHC wrote: Mon Jan 02, 2023 13:43


mbah, lu orang inget jaman kita kecil dulu ada yang keliling bawa pikulan sambil teriak :

"ASAH PISO.... ASAH PISO...."

pada kemana yak sekarang?

:mky_03:
Guntingnya mana? Kan "ASAH PISO GUNTINGGG"

[emo-yesno]
Image
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 14:16
Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 12:48
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 12:38

naah tp kan ngana beda .... ngana jujur udah diajarin went south ya normal. yg ga normal kl ngana ga bisa trus sebut itu steering racknya DODOL. trus mau retur itu steering rack ke pabrik.

emangnya ciki yg melempem bisa retur ke pabrik. katanya ngaku pinter kok ga tau kl claim warranty itu ke BeRes.

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
gan, mo nanya nih, ente emang hobinya ngolong tp ketikannya kayak ibu2 tukang gosip ya? 😆

baru sekali ditanya, ga bisa jawab udah kaing2 takut ga dikira mbah lagi sama orang2.

dikonfrontir debat lgsg ga mau jawab, udahannya nyinyir2 kayak lambe turah, payah ente gan ditanya jawabannya ai ai udahannya kaing2 seharian 😆

ngmgin warranty claim, itu mobil nguap 1.5L/10k km ga mau diclaim aja ke bengkel resmi? kayanya mau pasang oct aja harus pake tabung aqua 1.5L tuh

atau biar cepet kasi pedagang aja jual stengah harga, hehe pisss
lu kan ngaku pinter gan. coba jawab brp oil consumption yg menurut lu wajar?
ga ada yg ngaku pinter gan, justru ini nanya biar dapet pencerahan.

kalo dibaca di thread ranking oli, Part 15, halaman 28. disitu kan ente gan yg bilang excessive oil consumption batas wajarnya di 600ml/1000km

coba kita pake logika ya, anggep ada 1 mobil bermesin 2GD, penguapannya anggep aja masuk batas wajar yg ente blg gan, 500ml/1000km, dia ganti oli per 6 bulan/10000km,

berarti pas dia ganti oli, sisanya sisa 3 liter kalau misalnya terakhir ngisi 8L? kayak gitu bisa dianggep wajar gan? buat saya sih gak wajar gan, bisa rontok mesin jalan dengan kapasitas gak sampe setengah dari yang direkomendasikan manual book.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 14:35
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 14:16
Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 12:48

gan, mo nanya nih, ente emang hobinya ngolong tp ketikannya kayak ibu2 tukang gosip ya? 😆

baru sekali ditanya, ga bisa jawab udah kaing2 takut ga dikira mbah lagi sama orang2.

dikonfrontir debat lgsg ga mau jawab, udahannya nyinyir2 kayak lambe turah, payah ente gan ditanya jawabannya ai ai udahannya kaing2 seharian 😆

ngmgin warranty claim, itu mobil nguap 1.5L/10k km ga mau diclaim aja ke bengkel resmi? kayanya mau pasang oct aja harus pake tabung aqua 1.5L tuh

atau biar cepet kasi pedagang aja jual stengah harga, hehe pisss
lu kan ngaku pinter gan. coba jawab brp oil consumption yg menurut lu wajar?
ga ada yg ngaku pinter gan, justru ini nanya biar dapet pencerahan.

kalo dibaca di thread ranking oli, Part 15, halaman 28. disitu kan ente gan yg bilang excessive oil consumption batas wajarnya di 600ml/1000km

coba kita pake logika ya, anggep ada 1 mobil bermesin 2GD, penguapannya anggep aja masuk batas wajar yg ente blg gan, 500ml/1000km, dia ganti oli per 6 bulan/10000km,

berarti pas dia ganti oli, sisanya sisa 3 liter kalau misalnya terakhir ngisi 8L? kayak gitu bisa dianggep wajar gan? buat saya sih gak wajar gan, bisa rontok mesin jalan dengan kapasitas gak sampe setengah dari yang direkomendasikan manual book.
jangan cuma bacot gan kl ga ngerti. minimal lu gugel lah gan. nih gw kasih link gan

1. berapa oil cons yg bisa dibilang wajar

- https://www.valvoline.com/en-eur/unders ... nsumption/

0.05dL s/d 3dL per 1000km
alias 50 s/d 300mL per 1000km.

- https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine

0.1% s/d 0.5% dr fuel consumption per 1000km
alias utk mobil yg fuel cons nya 12.5kpl oil cons yg wajar 80mL s/d 400mL per 1000km.
kl fuel cons nya lbh boros katakan 10 kpl, oil cons wajar adalah 100mL s/d 500mL per 1000km.

- https://www.machinerylubrication.com/Re ... our-engine

nih veteran mekanik 35 tahun bilang the best dia ketemu mesin oil cons nya 1 quart per 4000 miles.
alias 147 mL per 1000km.

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

oil cons wajar: 40mL s/d 400mL per 1000km

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

cerita orang kehabisan oli krn oci terlalu panjang.
tp ga pernah terjadi di 2gd gw krn alasan ntar gw jelasin dibawah.

oil cons 2gd gw brp ganz? lu inget kan. trus oil cons 2gd lu brp tau ga? jangan2 lu ga tau ganz.


2. waktu gw ukur oil cons itu mobil pernah road trip ke bali dan gw jalan konstan 140-160 dgn waktu cukup lama. yg kemaren gw bilang sedotan turbo itu bukan boost pressure yg gede kaya lu bandingin sm turbo upgrade ganzzzz. maksud gw krn breather hose gw ga dibuang ke atmosfer alias msh nempel ke turbo oleh karenanya terjadi vacuum kencang dgn gw highway driving yg lama. kl lu spt org2 yg copot itu breather hose dan buang ke kolong mobil udah jelas oil cons lbh bagus.

3. yg lu sebut OCT gw nampung 1.5L itu benar2 statement konyol ganzzz. berarti lu ga ngerti kl efisiensi OCT ga ada yg 100% bisa nampung blowby gas yg mengandung oil vapor. trus oil vapor kemana? ya masuk ke lewat jalur air tract dan terbakar (tp bukan lewat ring piston ya gw udah bilang). wah jelek dong? tunggu dulu malih. inget itu mesin diesel ganzzzz emang minumnya oli. lu pasti tau kan solar suka disamain sm minyak dan bisa nelen bbm apapun minyak. minyak sawit aja bisa tuh biosol B30 yg lu pake. nah kl bio aja yg sifatnya asam lu mau pake sbg bbm knp takut kl oil vapor masuk ke air tract, justru bagus dpt oil film n krn oli gw ga pernah gw peres sampe dpt sari pait akhirnya semua jeroan jd bersih dr turbo, intercooler, TB. ga percaya? lu liat tuh foto silinder om wicaksono pake amsoil. lu liat tuh foto mbah marmut fortie om benz egr nya sebersih apa pake ams. itu semua kena sama oil vapor ams. itu breather hose dr pabriknya ditancepin ke turbo biar oil vapor kesitu lu kira engineer nya kurang kerjaan. n besi itu perlu oil film spy tahan lama ganzzz, kl dodol ga perlu dikasih oil film.

4. lu pasti berfikir gw top up 1.5L oli kl gw pake oci 10k kan? again blunder lu ganzzzz. top up itu cuma di tengah2 oci which is cuma 500-700mL sampe F di dipstick. sebab di ujung oci lu kan ganti oli ngapain lu top up lagi.
even gw pake oci 10k yg lu ledek2in 1.5L itu dan sisa 3L gw mau ketawa ganzzz. berarti lu ga tau kl 2gd full nya 7.5L dan kalaupun nguap 1.5L dlm 10k km msh sisa 6L di pan. DAN itu pun msh jauh diatas titik LOW di dipstick.

5. lu pernah ganti oli sendiri ga ganzzz? kl gw jaman ngebengkel dulu sampe skrg udah ratusan kali gw gantol sendiri (mobil pribadi n mobil customer). dan ga pernah sekalipun gw nemuin oil bekas yg volume nya ga menyusut. berani taruhan?

6. lu pernah tau ada lawsuit ttg excessive oil cons diluar negri? itu nguapnya 1L per 1000km ganz. gugel gih.


mindblowing kan ganzzzz?
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 15:23
Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 14:35
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 14:16

lu kan ngaku pinter gan. coba jawab brp oil consumption yg menurut lu wajar?
ga ada yg ngaku pinter gan, justru ini nanya biar dapet pencerahan.

kalo dibaca di thread ranking oli, Part 15, halaman 28. disitu kan ente gan yg bilang excessive oil consumption batas wajarnya di 600ml/1000km

coba kita pake logika ya, anggep ada 1 mobil bermesin 2GD, penguapannya anggep aja masuk batas wajar yg ente blg gan, 500ml/1000km, dia ganti oli per 6 bulan/10000km,

berarti pas dia ganti oli, sisanya sisa 3 liter kalau misalnya terakhir ngisi 8L? kayak gitu bisa dianggep wajar gan? buat saya sih gak wajar gan, bisa rontok mesin jalan dengan kapasitas gak sampe setengah dari yang direkomendasikan manual book.
jangan cuma bacot gan kl ga ngerti. minimal lu gugel lah gan. nih gw kasih link gan

1. berapa oil cons yg bisa dibilang wajar

- https://www.valvoline.com/en-eur/unders ... nsumption/

0.05dL s/d 3dL per 1000km
alias 50 s/d 300mL per 1000km.

- https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine

0.1% s/d 0.5% dr fuel consumption per 1000km
alias utk mobil yg fuel cons nya 12.5kpl oil cons yg wajar 80mL s/d 400mL per 1000km.
kl fuel cons nya lbh boros katakan 10 kpl, oil cons wajar adalah 100mL s/d 500mL per 1000km.

- https://www.machinerylubrication.com/Re ... our-engine

nih veteran mekanik 35 tahun bilang the best dia ketemu mesin oil cons nya 1 quart per 4000 miles.
alias 147 mL per 1000km.

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

oil cons wajar: 40mL s/d 400mL per 1000km

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

cerita orang kehabisan oli krn oci terlalu panjang.
tp ga pernah terjadi di 2gd gw krn alasan ntar gw jelasin dibawah.

oil cons 2gd gw brp ganz? lu inget kan. trus oil cons 2gd lu brp tau ga? jangan2 lu ga tau ganz.


2. waktu gw ukur oil cons itu mobil pernah road trip ke bali dan gw jalan konstan 140-160 dgn waktu cukup lama. yg kemaren gw bilang sedotan turbo itu bukan boost pressure yg gede kaya lu bandingin sm turbo upgrade ganzzzz. maksud gw krn breather hose gw ga dibuang ke atmosfer alias msh nempel ke turbo oleh karenanya terjadi vacuum kencang dgn gw highway driving yg lama. kl lu spt org2 yg copot itu breather hose dan buang ke kolong mobil udah jelas oil cons lbh bagus.

3. yg lu sebut OCT gw nampung 1.5L itu benar2 statement konyol ganzzz. berarti lu ga ngerti kl efisiensi OCT ga ada yg 100% bisa nampung blowby gas yg mengandung oil vapor. trus oil vapor kemana? ya masuk ke lewat jalur air tract dan terbakar (tp bukan lewat ring piston ya gw udah bilang). wah jelek dong? tunggu dulu malih. inget itu mesin diesel ganzzzz emang minumnya oli. lu pasti tau kan solar suka disamain sm minyak dan bisa nelen bbm apapun minyak. minyak sawit aja bisa tuh biosol B30 yg lu pake. nah kl bio aja yg sifatnya asam lu mau pake sbg bbm knp takut kl oil vapor masuk ke air tract, justru bagus dpt oil film n krn oli gw ga pernah gw peres sampe dpt sari pait akhirnya semua jeroan jd bersih dr turbo, intercooler, TB. ga percaya? lu liat tuh foto silinder om wicaksono pake amsoil. lu liat tuh foto mbah marmut fortie om benz egr nya sebersih apa pake ams. itu semua kena sama oil vapor ams. itu breather hose dr pabriknya ditancepin ke turbo biar oil vapor kesitu lu kira engineer nya kurang kerjaan. n besi itu perlu oil film spy tahan lama ganzzz, kl dodol ga perlu dikasih oil film.

4. lu pasti berfikir gw top up 1.5L oli kl gw pake oci 10k kan? again blunder lu ganzzzz. top up itu cuma di tengah2 oci which is cuma 500-700mL sampe F di dipstick. sebab di ujung oci lu kan ganti oli ngapain lu top up lagi.
even gw pake oci 10k yg lu ledek2in 1.5L itu dan sisa 3L gw mau ketawa ganzzz. berarti lu ga tau kl 2gd full nya 7.5L dan kalaupun nguap 1.5L dlm 10k km msh sisa 6L di pan. DAN itu pun msh jauh diatas titik LOW di dipstick.

5. lu pernah ganti oli sendiri ga ganzzz? kl gw jaman ngebengkel dulu sampe skrg udah ratusan kali gw gantol sendiri (mobil pribadi n mobil customer). dan ga pernah sekalipun gw nemuin oil bekas yg volume nya ga menyusut. berani taruhan?

6. lu pernah tau ada lawsuit ttg excessive oil cons diluar negri? itu nguapnya 1L per 1000km ganz. gugel gih.


mindblowing kan ganzzzz?
HAHAHAHAHAHA, ganz, skrg gini ganzzzzzz

drpd ente panjang2 ngalor ngidul, pertanyaannya simple, statement awal ente kan bilang rule of thumb excessive oil consumption itu 600ml/1000km. sekarang ente ditanya wajarnya berapa kenapa kelabakan cari2 link yang ngasih statement excessive oil consumption dengan rate yang jauh lebih rendah dari statement awal ente gan?

kok jadi berubah2 sesuai kemauan ente?

sekarang coba kita ambil oil consumption rate tertinggi dari link yang ente kasih, anggeplah skg consensusnya sesuai, max 400ml dengan asumsi fuel cons 12.5 kpl sewajarnya 2GD : - https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine

asumsi pemakainya adalah orang awam, mesinnya nguap 3.2L saat jalan 8000KM, kita isi 7.5L sesuai manual book, yakin gan itu mesin bisa jalan 2000 km sampe next oci 10k km dengan sisa 4.3L di pan? mohon pencerahannya ganzzzzzzz
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by trebla88 »

Ini trit mazda 2 atau trit fight club ya
Pada oot mulai² nih
Mending kopdar, ppkm uda diapus juga. Mau tau garang di dunia maya atau aslinya hello kitty
:big_bored:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 15:40
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 15:23
Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 14:35

ga ada yg ngaku pinter gan, justru ini nanya biar dapet pencerahan.

kalo dibaca di thread ranking oli, Part 15, halaman 28. disitu kan ente gan yg bilang excessive oil consumption batas wajarnya di 600ml/1000km

coba kita pake logika ya, anggep ada 1 mobil bermesin 2GD, penguapannya anggep aja masuk batas wajar yg ente blg gan, 500ml/1000km, dia ganti oli per 6 bulan/10000km,

berarti pas dia ganti oli, sisanya sisa 3 liter kalau misalnya terakhir ngisi 8L? kayak gitu bisa dianggep wajar gan? buat saya sih gak wajar gan, bisa rontok mesin jalan dengan kapasitas gak sampe setengah dari yang direkomendasikan manual book.
jangan cuma bacot gan kl ga ngerti. minimal lu gugel lah gan. nih gw kasih link gan

1. berapa oil cons yg bisa dibilang wajar

- https://www.valvoline.com/en-eur/unders ... nsumption/

0.05dL s/d 3dL per 1000km
alias 50 s/d 300mL per 1000km.

- https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine

0.1% s/d 0.5% dr fuel consumption per 1000km
alias utk mobil yg fuel cons nya 12.5kpl oil cons yg wajar 80mL s/d 400mL per 1000km.
kl fuel cons nya lbh boros katakan 10 kpl, oil cons wajar adalah 100mL s/d 500mL per 1000km.

- https://www.machinerylubrication.com/Re ... our-engine

nih veteran mekanik 35 tahun bilang the best dia ketemu mesin oil cons nya 1 quart per 4000 miles.
alias 147 mL per 1000km.

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

oil cons wajar: 40mL s/d 400mL per 1000km

- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/

cerita orang kehabisan oli krn oci terlalu panjang.
tp ga pernah terjadi di 2gd gw krn alasan ntar gw jelasin dibawah.

oil cons 2gd gw brp ganz? lu inget kan. trus oil cons 2gd lu brp tau ga? jangan2 lu ga tau ganz.


2. waktu gw ukur oil cons itu mobil pernah road trip ke bali dan gw jalan konstan 140-160 dgn waktu cukup lama. yg kemaren gw bilang sedotan turbo itu bukan boost pressure yg gede kaya lu bandingin sm turbo upgrade ganzzzz. maksud gw krn breather hose gw ga dibuang ke atmosfer alias msh nempel ke turbo oleh karenanya terjadi vacuum kencang dgn gw highway driving yg lama. kl lu spt org2 yg copot itu breather hose dan buang ke kolong mobil udah jelas oil cons lbh bagus.

3. yg lu sebut OCT gw nampung 1.5L itu benar2 statement konyol ganzzz. berarti lu ga ngerti kl efisiensi OCT ga ada yg 100% bisa nampung blowby gas yg mengandung oil vapor. trus oil vapor kemana? ya masuk ke lewat jalur air tract dan terbakar (tp bukan lewat ring piston ya gw udah bilang). wah jelek dong? tunggu dulu malih. inget itu mesin diesel ganzzzz emang minumnya oli. lu pasti tau kan solar suka disamain sm minyak dan bisa nelen bbm apapun minyak. minyak sawit aja bisa tuh biosol B30 yg lu pake. nah kl bio aja yg sifatnya asam lu mau pake sbg bbm knp takut kl oil vapor masuk ke air tract, justru bagus dpt oil film n krn oli gw ga pernah gw peres sampe dpt sari pait akhirnya semua jeroan jd bersih dr turbo, intercooler, TB. ga percaya? lu liat tuh foto silinder om wicaksono pake amsoil. lu liat tuh foto mbah marmut fortie om benz egr nya sebersih apa pake ams. itu semua kena sama oil vapor ams. itu breather hose dr pabriknya ditancepin ke turbo biar oil vapor kesitu lu kira engineer nya kurang kerjaan. n besi itu perlu oil film spy tahan lama ganzzz, kl dodol ga perlu dikasih oil film.

4. lu pasti berfikir gw top up 1.5L oli kl gw pake oci 10k kan? again blunder lu ganzzzz. top up itu cuma di tengah2 oci which is cuma 500-700mL sampe F di dipstick. sebab di ujung oci lu kan ganti oli ngapain lu top up lagi.
even gw pake oci 10k yg lu ledek2in 1.5L itu dan sisa 3L gw mau ketawa ganzzz. berarti lu ga tau kl 2gd full nya 7.5L dan kalaupun nguap 1.5L dlm 10k km msh sisa 6L di pan. DAN itu pun msh jauh diatas titik LOW di dipstick.

5. lu pernah ganti oli sendiri ga ganzzz? kl gw jaman ngebengkel dulu sampe skrg udah ratusan kali gw gantol sendiri (mobil pribadi n mobil customer). dan ga pernah sekalipun gw nemuin oil bekas yg volume nya ga menyusut. berani taruhan?

6. lu pernah tau ada lawsuit ttg excessive oil cons diluar negri? itu nguapnya 1L per 1000km ganz. gugel gih.


mindblowing kan ganzzzz?
HAHAHAHAHAHA, ganz, skrg gini ganzzzzzz

drpd ente panjang2 ngalor ngidul, pertanyaannya simple, statement awal ente kan bilang rule of thumb excessive oil consumption itu 600ml/1000km. sekarang ente ditanya wajarnya berapa kenapa kelabakan cari2 link yang ngasih statement excessive oil consumption dengan rate yang jauh lebih rendah dari statement awal ente gan?

kok jadi berubah2 sesuai kemauan ente?

sekarang coba kita ambil oil consumption rate tertinggi dari link yang ente kasih, anggeplah skg consensusnya sesuai, max 400ml dengan asumsi fuel cons 12.5 kpl sewajarnya 2GD : - https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine

asumsi pemakainya adalah orang awam, mesinnya nguap 3.2L saat jalan 8000KM, kita isi 7.5L sesuai manual book, yakin gan itu mesin bisa jalan 2000 km sampe next oci 10k km dengan sisa 4.3L di pan? mohon pencerahannya ganzzzzzzz
inilah kenapa gw ga mau nanggepin lu dr awal. krn clearly lu ga baca gan alias gw ladenin org bebal.

drpd panjang lebar gw edukasi elu, mending lu sebut oil cons 2gd lu brp ganz? kok ga nyebut udah ditanya ganz. ayo dong sebut ganz. takut ya?