Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 14:35
Omnibus wrote: Mon Jan 02, 2023 14:16
Sinclaire wrote: Mon Jan 02, 2023 12:48
gan, mo nanya nih, ente emang hobinya ngolong tp ketikannya kayak ibu2 tukang gosip ya?
baru sekali ditanya, ga bisa jawab udah kaing2 takut ga dikira mbah lagi sama orang2.
dikonfrontir debat lgsg ga mau jawab, udahannya nyinyir2 kayak lambe turah, payah ente gan ditanya jawabannya ai ai udahannya kaing2 seharian
ngmgin warranty claim, itu mobil nguap 1.5L/10k km ga mau diclaim aja ke bengkel resmi? kayanya mau pasang oct aja harus pake tabung aqua 1.5L tuh
atau biar cepet kasi pedagang aja jual stengah harga, hehe pisss
lu kan ngaku pinter gan. coba jawab brp oil consumption yg menurut lu wajar?
ga ada yg ngaku pinter gan, justru ini nanya biar dapet pencerahan.
kalo dibaca di thread ranking oli, Part 15, halaman 28. disitu kan ente gan yg bilang excessive oil consumption batas wajarnya di 600ml/1000km
coba kita pake logika ya, anggep ada 1 mobil bermesin 2GD, penguapannya anggep aja masuk batas wajar yg ente blg gan, 500ml/1000km, dia ganti oli per 6 bulan/10000km,
berarti pas dia ganti oli, sisanya sisa 3 liter kalau misalnya terakhir ngisi 8L? kayak gitu bisa dianggep wajar gan? buat saya sih gak wajar gan, bisa rontok mesin jalan dengan kapasitas gak sampe setengah dari yang direkomendasikan manual book.
jangan cuma bacot gan kl ga ngerti. minimal lu gugel lah gan. nih gw kasih link gan
1. berapa oil cons yg bisa dibilang wajar
-
https://www.valvoline.com/en-eur/unders ... nsumption/
0.05dL s/d 3dL per 1000km
alias 50 s/d 300mL per 1000km.
-
https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine
0.1% s/d 0.5% dr fuel consumption per 1000km
alias utk mobil yg fuel cons nya 12.5kpl oil cons yg wajar 80mL s/d 400mL per 1000km.
kl fuel cons nya lbh boros katakan 10 kpl, oil cons wajar adalah 100mL s/d 500mL per 1000km.
-
https://www.machinerylubrication.com/Re ... our-engine
nih veteran mekanik 35 tahun bilang the best dia ketemu mesin oil cons nya 1 quart per 4000 miles.
alias 147 mL per 1000km.
-
https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/
oil cons wajar: 40mL s/d 400mL per 1000km
-
https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/
cerita orang kehabisan oli krn oci terlalu panjang.
tp ga pernah terjadi di 2gd gw krn alasan ntar gw jelasin dibawah.
oil cons 2gd gw brp ganz? lu inget kan. trus oil cons 2gd lu brp tau ga? jangan2 lu ga tau ganz.
2. waktu gw ukur oil cons itu mobil pernah road trip ke bali dan gw jalan konstan 140-160 dgn waktu cukup lama. yg kemaren gw bilang sedotan turbo itu bukan boost pressure yg gede kaya lu bandingin sm turbo upgrade ganzzzz. maksud gw krn breather hose gw ga dibuang ke atmosfer alias msh nempel ke turbo oleh karenanya terjadi vacuum kencang dgn gw highway driving yg lama. kl lu spt org2 yg copot itu breather hose dan buang ke kolong mobil udah jelas oil cons lbh bagus.
3. yg lu sebut OCT gw nampung 1.5L itu benar2 statement konyol ganzzz. berarti lu ga ngerti kl efisiensi OCT ga ada yg 100% bisa nampung blowby gas yg mengandung oil vapor. trus oil vapor kemana? ya masuk ke lewat jalur air tract dan terbakar (tp bukan lewat ring piston ya gw udah bilang). wah jelek dong? tunggu dulu malih. inget itu mesin diesel ganzzzz emang minumnya oli. lu pasti tau kan solar suka disamain sm minyak dan bisa nelen bbm apapun minyak. minyak sawit aja bisa tuh biosol B30 yg lu pake. nah kl bio aja yg sifatnya asam lu mau pake sbg bbm knp takut kl oil vapor masuk ke air tract, justru bagus dpt oil film n krn oli gw ga pernah gw peres sampe dpt sari pait akhirnya semua jeroan jd bersih dr turbo, intercooler, TB. ga percaya? lu liat tuh foto silinder om wicaksono pake amsoil. lu liat tuh foto mbah marmut fortie om benz egr nya sebersih apa pake ams. itu semua kena sama oil vapor ams. itu breather hose dr pabriknya ditancepin ke turbo biar oil vapor kesitu lu kira engineer nya kurang kerjaan. n besi itu perlu oil film spy tahan lama ganzzz, kl dodol ga perlu dikasih oil film.
4. lu pasti berfikir gw top up 1.5L oli kl gw pake oci 10k kan? again blunder lu ganzzzz. top up itu cuma di tengah2 oci which is cuma 500-700mL sampe F di dipstick. sebab di ujung oci lu kan ganti oli ngapain lu top up lagi.
even gw pake oci 10k yg lu ledek2in 1.5L itu dan sisa 3L gw mau ketawa ganzzz. berarti lu ga tau kl 2gd full nya 7.5L dan kalaupun nguap 1.5L dlm 10k km msh sisa 6L di pan. DAN itu pun msh jauh diatas titik LOW di dipstick.
5. lu pernah ganti oli sendiri ga ganzzz? kl gw jaman ngebengkel dulu sampe skrg udah ratusan kali gw gantol sendiri (mobil pribadi n mobil customer). dan ga pernah sekalipun gw nemuin oil bekas yg volume nya ga menyusut. berani taruhan?
6. lu pernah tau ada lawsuit ttg excessive oil cons diluar negri? itu nguapnya 1L per 1000km ganz. gugel gih.
mindblowing kan ganzzzz?