saya juga pakai di motor, tapi baru 2 bulan, belum tahu keawetannya. Setelah dimatikan selama 3 hari, tegangan masih 13,5 volt

, kalau aki standar (basah, hybrid, mf), biasanya sekitar 12,8 volt.
1 sel lifepo4 ini tegangannya sekitar 3,2-3,4 volt. jadi pakai 4 sel. ada 2 bahan utama kalau mau rakit, yaitu:
1. selnya. kalau buka di tokopedia, ada banyak beberapa jenis sel, baik yg bulan ataupun prisma (kotak). tiap sel berukuran 5-100 Ah. (mungkin ada ukuran di luar ini, tapi jarang lihat di tokopedia). kalau di aliexpress, bahkan ukuran > 200 Ah pun ada.
2. BMS (Battery management system), pakai yang untuk 4 sel, dan sesuaikan kebutuhan Ampere-nya. Fungsi utamanya
2a. menyeimbangkan tegangan antar sel
2b. proteksi over voltage
2c. proteksi under voltage
3. Kotak batere
Kalau mau rakit sendiri bisa, tinggal beli 3 bahan di atas
wicaksono99 wrote: Sun Dec 04, 2022 12:41
Ngomong2 soal aki, temen ada yang bisa bikin rangkaian batre pengganti aki dengan batre lifepo4 dengan dimensi standar tapi ampere yg didapet lebih besar & lifetime bisa sampe 8thn lebih. Baru pakai di motor sih tapi dia bisa bikin juga untuk mobil kalau mau. Harganya sih memang bisa 4x lipat lebih mahal dibanding aki pada umumnya. Kira2 ada yg punya pengalaman/bisa sharing keuntungan dan kekurangan pake lifepo4 pengganti aki di mobil kah?