Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
sundul mbahhh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Last edited by b0ku on Tue Dec 27, 2022 6:22, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
PLTN.. ya berdoa aja bisa green light di NKRI
karena penguasa bisnis batu bara dan seisinya masih mengusai politik NKRI

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
makin di korek boroknya liatin aja paling lama 5thn bertahannyaSuryaputra wrote: Tue Dec 27, 2022 6:21 PLTN.. ya berdoa aja bisa green light di NKRI
karena penguasa bisnis batu bara dan seisinya masih mengusai politik NKRI![]()

ditambah banyak yang idupnya makin susah gara2x green policy apa2x jadi mahal si justin dari kemaren di keroyok mulu sama senate soal carbon tax dalam hati gw mapoesss loe sono

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
umb0ku wrote: Tue Dec 27, 2022 6:26
ditambah banyak yang idupnya makin susah gara2x green policy apa2x jadi mahal si justin dari kemaren di keroyok mulu sama senate soal carbon tax dalam hati gw mapoesss loe sono![]()
itu aja merk auto di EU pada minta mudurin deadline 2035

boro" EV
disuru comply EU6 aja ud pada bengep

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
yah klo terus2an gini... ujung2nya toyota way yg win ini mahdarrelund wrote: Tue Dec 27, 2022 8:37umb0ku wrote: Tue Dec 27, 2022 6:26
ditambah banyak yang idupnya makin susah gara2x green policy apa2x jadi mahal si justin dari kemaren di keroyok mulu sama senate soal carbon tax dalam hati gw mapoesss loe sono![]()
itu aja merk auto di EU pada minta mudurin deadline 2035![]()
boro" EV
disuru comply EU6 aja ud pada bengep![]()
hybrid tech
buat solusi hemat BBM

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
ud mencurigakan gelagat mereka (pabrikan jepang)Suryaputra wrote: Tue Dec 27, 2022 9:40
yah klo terus2an gini... ujung2nya toyota way yg win ini mah
hybrid tech
buat solusi hemat BBM![]()

lambat dan kek sengaja ngulur waktu asal punya line up buat ngelengkapin aja

gak mungkin kan mereka pake strategi hasil riset pasar abal2x apalagi sekaliber toyota

darrelund wrote: Tue Dec 27, 2022 8:37
um
itu aja merk auto di EU pada minta mudurin deadline 2035![]()
boro" EV
disuru comply EU6 aja ud pada bengep![]()
katanya alarmist waktu kita tinggal 12th lagi ini video ud 3th artinya tinggal 9 taon lagi ya ud kan mereka gak usah capek2x jadinya

sampe di sarkas sama orang ini katanya 9thn-10th lagi dunia mau meledak jadi bola api

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Ni dulu ada sesi training. Jika satu produk mau jadi disruptive market wajib OFFER IRRESTIBLE VALUE.
Dati sisi apa? Ada 3:
1. Ekonomi value - murah ga ketolongan boo, Whstsapp, Uber contohnya
2. Experience value - superior experience buat customer - yg rasain enaknya pake WA, ada yg mau balik ke sms walau misalnya sms dibuat gratis?
3. Platform value - creating network effects that benefit customer. Semua uda rame2 pake produknya maka support dan komunitas mantap, improvement produk jg jd cepat.
EV kalo belum bisa menuhin 3 faktor itu, jgn mimpi buat gantiin ICE, jd disruptive produk aja entah perlu brp tahun lagi.
Yg paling berat buat EV kyknya no 1. Entak kapan EV bisa lebih murah ownership cost nya dari ICE wkwkwk....
Ownership cost ya, jd total acquisition cost + operating cost - salvage value.
Dati sisi apa? Ada 3:
1. Ekonomi value - murah ga ketolongan boo, Whstsapp, Uber contohnya
2. Experience value - superior experience buat customer - yg rasain enaknya pake WA, ada yg mau balik ke sms walau misalnya sms dibuat gratis?
3. Platform value - creating network effects that benefit customer. Semua uda rame2 pake produknya maka support dan komunitas mantap, improvement produk jg jd cepat.
EV kalo belum bisa menuhin 3 faktor itu, jgn mimpi buat gantiin ICE, jd disruptive produk aja entah perlu brp tahun lagi.
Yg paling berat buat EV kyknya no 1. Entak kapan EV bisa lebih murah ownership cost nya dari ICE wkwkwk....
Ownership cost ya, jd total acquisition cost + operating cost - salvage value.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
per judul
EV popularity beneran ada kalo ga percaya jalan-jalan aja ke skitaran sy sini
mulai byk yg pake e-license plate ...
benefit cukup byk mulai dr
ongkos parkir gratis (trutama yg duafa ga mampu bikin / sewa garasi n hrs parkir di lapangan)
gratis 3rd pty insurance (ini cuma u citizens bukan turis atau pelajar asing maupun diplomatic mission)
full coverage insurance juga korting besar dr tarif normal (sy dapet 35%)
tentu emission / carbon tax yg nihil
ERP juga gratis
kalo byk wkt bisa dapet charging point yg gratisan
kalo yg tinggal di pulau n mobil hrs naik ferry u ke daratan utama, juga ongkos angkut gratis (entah sampai kapan tapi ini udah dr 2015)
ongkos ganti ban** juga jauh lbh murah drpd mobil mobil dgn tungku
ongkos pasang stiker body (taksi) juga 50% dr mobil dgn tungku
mobil mobil yg masih pake tungku disini di umpanin bahan bakar (termasuk diesel) yg 100% fossil-free
kalo mau yg fossil-free di bawah 100% ya hrs ngisi di negara sebelah
mobil-mobil yg masih pake tungku masuk city hrs bayar ERP
parkir juga mrk hrs bayar langganan ( ditempat sy ukuran mobil sy skitar eur4500 setahun ) kalo di city (mrk yg kantoor di tengah kota) kalo di residential zone skitar eur1200 setahun
sy ga tau brapa carbon tax skrg krn udah dr 2015 ga bayar
hybrid yg laku yg model plug-in ... sementara di junkyards dah mulai ada antrean mobil-mobil hybrid u daur ulang
kalo batre abis / wkt nya ganti / rusak ada program subsidy (batre mobil sy rusak tempo hr ga tau kena apa ... jalan 33k miles n bayar eur30 itupun insurance yg bayarin ... mobil di tinggal 4 hari n ada mobil pengganti yg juga EV)
**paling lambat 15 april hrs ganti summer tires, paling lambat 1 okt wajip ganti winter tires
EV popularity beneran ada kalo ga percaya jalan-jalan aja ke skitaran sy sini
mulai byk yg pake e-license plate ...
benefit cukup byk mulai dr
ongkos parkir gratis (trutama yg duafa ga mampu bikin / sewa garasi n hrs parkir di lapangan)
gratis 3rd pty insurance (ini cuma u citizens bukan turis atau pelajar asing maupun diplomatic mission)
full coverage insurance juga korting besar dr tarif normal (sy dapet 35%)
tentu emission / carbon tax yg nihil
ERP juga gratis
kalo byk wkt bisa dapet charging point yg gratisan
kalo yg tinggal di pulau n mobil hrs naik ferry u ke daratan utama, juga ongkos angkut gratis (entah sampai kapan tapi ini udah dr 2015)
ongkos ganti ban** juga jauh lbh murah drpd mobil mobil dgn tungku
ongkos pasang stiker body (taksi) juga 50% dr mobil dgn tungku
mobil mobil yg masih pake tungku disini di umpanin bahan bakar (termasuk diesel) yg 100% fossil-free
kalo mau yg fossil-free di bawah 100% ya hrs ngisi di negara sebelah
mobil-mobil yg masih pake tungku masuk city hrs bayar ERP
parkir juga mrk hrs bayar langganan ( ditempat sy ukuran mobil sy skitar eur4500 setahun ) kalo di city (mrk yg kantoor di tengah kota) kalo di residential zone skitar eur1200 setahun
sy ga tau brapa carbon tax skrg krn udah dr 2015 ga bayar
hybrid yg laku yg model plug-in ... sementara di junkyards dah mulai ada antrean mobil-mobil hybrid u daur ulang
kalo batre abis / wkt nya ganti / rusak ada program subsidy (batre mobil sy rusak tempo hr ga tau kena apa ... jalan 33k miles n bayar eur30 itupun insurance yg bayarin ... mobil di tinggal 4 hari n ada mobil pengganti yg juga EV)
**paling lambat 15 april hrs ganti summer tires, paling lambat 1 okt wajip ganti winter tires
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Jul 04, 2022 3:13
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
EV kayaknya buat middle up income grup dan terpusat di ibukota
Saya sekarang pake vario 125 + yaris 2016
Belum kepikiran beli mobil/motor listrik untuk 5 tahun kedepan
Kalo mau masif konversi pemerintah harus kasih subsidi buat listrik yang gede dan pengguna ICE dan BBM dibuat lebih rugi/mahal
Saya sekarang pake vario 125 + yaris 2016
Belum kepikiran beli mobil/motor listrik untuk 5 tahun kedepan
Kalo mau masif konversi pemerintah harus kasih subsidi buat listrik yang gede dan pengguna ICE dan BBM dibuat lebih rugi/mahal
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
ya karena ada support besa2an dr pemerintah, baru bisa implementasi lbh masif.newrubble wrote: Tue Dec 27, 2022 16:50 per judul
EV popularity beneran ada kalo ga percaya jalan-jalan aja ke skitaran sy sini
mulai byk yg pake e-license plate ...
benefit cukup byk mulai dr
ongkos parkir gratis (trutama yg duafa ga mampu bikin / sewa garasi n hrs parkir di lapangan)
gratis 3rd pty insurance (ini cuma u citizens bukan turis atau pelajar asing maupun diplomatic mission)
full coverage insurance juga korting besar dr tarif normal (sy dapet 35%)
tentu emission / carbon tax yg nihil
ERP juga gratis
kalo byk wkt bisa dapet charging point yg gratisan
kalo yg tinggal di pulau n mobil hrs naik ferry u ke daratan utama, juga ongkos angkut gratis (entah sampai kapan tapi ini udah dr 2015)
ongkos ganti ban** juga jauh lbh murah drpd mobil mobil dgn tungku
ongkos pasang stiker body (taksi) juga 50% dr mobil dgn tungku
mobil mobil yg masih pake tungku disini di umpanin bahan bakar (termasuk diesel) yg 100% fossil-free
kalo mau yg fossil-free di bawah 100% ya hrs ngisi di negara sebelah
mobil-mobil yg masih pake tungku masuk city hrs bayar ERP
parkir juga mrk hrs bayar langganan ( ditempat sy ukuran mobil sy skitar eur4500 setahun ) kalo di city (mrk yg kantoor di tengah kota) kalo di residential zone skitar eur1200 setahun
sy ga tau brapa carbon tax skrg krn udah dr 2015 ga bayar
hybrid yg laku yg model plug-in ... sementara di junkyards dah mulai ada antrean mobil-mobil hybrid u daur ulang
kalo batre abis / wkt nya ganti / rusak ada program subsidy (batre mobil sy rusak tempo hr ga tau kena apa ... jalan 33k miles n bayar eur30 itupun insurance yg bayarin ... mobil di tinggal 4 hari n ada mobil pengganti yg juga EV)
**paling lambat 15 april hrs ganti summer tires, paling lambat 1 okt wajip ganti winter tires
jd cenderung dipaksa untuk move-on ke EV atau hybrid.
jadi product market fit nya karena dipaksa / disupport dr external, bukan karena keinginan public.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
kalo insetifnya di cabut semua juga zonk itu gak ada benefitnya malah bikin kantong bolong itu om NW aja ud ngomong mulai ngantri masuk junkyard EV sama hybridSuryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 2:09
ya karena ada support besa2an dr pemerintah, baru bisa implementasi lbh masif.
jd cenderung dipaksa untuk move-on ke EV atau hybrid.
jadi product market fit nya karena dipaksa / disupport dr external, bukan karena keinginan public.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
siapa tau juga.... plot twistnya in the future (let say 50-100 thn ke depan), semua perlahan balik ke ICE lagib0ku wrote: Wed Dec 28, 2022 2:26kalo insetifnya di cabut semua juga zonk itu gak ada benefitnya malah bikin kantong bolong itu om NW aja ud ngomong mulai ngantri masuk junkyard EV sama hybridSuryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 2:09
ya karena ada support besa2an dr pemerintah, baru bisa implementasi lbh masif.
jd cenderung dipaksa untuk move-on ke EV atau hybrid.
jadi product market fit nya karena dipaksa / disupport dr external, bukan karena keinginan public.![]()

- karena udah naturalisasi besar2an, udara dah bersih dan recover by itself & polusi batre mulai bingung mau diapain
- ICE masih solusi paling feasible dan combine dgn hybrid yg teknologinya lbh efisien
- nemu harta karun minyak yg berlimpah
will be back to classic with new technology

klo saya mah mendukung apapun perkembangan teknologi,
krn namanya penguasa2 suka nya explore, dan ujung2nya back to reality.
tapi apakah new reality, atau old reality,
time will tell

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Nah bener, kalau ganti batre cuma bayar 30euro. siapa yang ga mauSuryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 2:09
ya karena ada support besa2an dr pemerintah, baru bisa implementasi lbh masif.
jd cenderung dipaksa untuk move-on ke EV atau hybrid.
jadi product market fit nya karena dipaksa / disupport dr external, bukan karena keinginan public.


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
klo spt itu betul2 menarik sih mbahtimbermaniac123 wrote: Wed Dec 28, 2022 2:54Nah bener, kalau ganti batre cuma bayar 30euro. siapa yang ga mauSuryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 2:09
ya karena ada support besa2an dr pemerintah, baru bisa implementasi lbh masif.
jd cenderung dipaksa untuk move-on ke EV atau hybrid.
jadi product market fit nya karena dipaksa / disupport dr external, bukan karena keinginan public.orang kita kalau batre rusak disuruh bayarnya 9000euro sekitar 3000x lipatnya
![]()
gak pakai mikir beli EV, klo pas mau beli mobil baru.
paling cek dan eksekusi maintenance yg interval nya tahunan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Yang saya suka dari EV cuma saat macet mesin mati dan start/stopnya terasa smooth. Dari situ aja udah irit banyak resources kalo di kota yang macet kyk jakarta. Tapi kenyataannya EV gak jauh lebih green juga kalo pembuatan batere, tambang nikel , dan Pembangkit listriknya sendiri yang kadang masih pake diesel atau batu bara.
Kyknya yang paling make sense secara economic dan environment sih emang plug in hybrid , atau ev + genset kecil kyk mazda.
Kyknya yang paling make sense secara economic dan environment sih emang plug in hybrid , atau ev + genset kecil kyk mazda.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
yeap dan dalam 3 hal ini masalahnya yang bikin ane menyimpulkan bahwa EV di indo cm akan berakhir jadi mainan woke oh wow i'm so green and love the polar bears middle-up economy di perkotaan.nyotsaeba wrote: Tue Dec 27, 2022 13:20 Ni dulu ada sesi training. Jika satu produk mau jadi disruptive market wajib OFFER IRRESTIBLE VALUE.
Dati sisi apa? Ada 3:
1. Ekonomi value - murah ga ketolongan boo, Whstsapp, Uber contohnya
2. Experience value - superior experience buat customer - yg rasain enaknya pake WA, ada yg mau balik ke sms walau misalnya sms dibuat gratis?
3. Platform value - creating network effects that benefit customer. Semua uda rame2 pake produknya maka support dan komunitas mantap, improvement produk jg jd cepat.
EV kalo belum bisa menuhin 3 faktor itu, jgn mimpi buat gantiin ICE, jd disruptive produk aja entah perlu brp tahun lagi.
Yg paling berat buat EV kyknya no 1. Entak kapan EV bisa lebih murah ownership cost nya dari ICE wkwkwk....
Ownership cost ya, jd total acquisition cost + operating cost - salvage value.
IMG_20221123_150915.jpg
1. semua gembor-gembor soal oh listrik murah cm 2ribu per kwh versus pertalite 10 ribu tapi semua lupa kalau acquisition cost nya hampir 2 kali lebih mahal. contoh wuling air EV yang short 240 jutaan sementara suzuki S-presso termurah saja 150 juta. utk bayarin selisih bbm 10 thn s-presso gak akan habis 90 juta.
ok solusinya mari kita subsidy, tapi sy rasa pemerintah dan menkeu jg gak bego, kl udah 30% konsumen LCGC aja geser ke air EV, apakah subsidi akan dilanjut? kok saya ragu. pasti perlahan dikurangin. namanya stimulus doesn't last forever. belum karena harus memenuhi kebutuhan charging akhirnya efek di konsumen ya harus tambah daya listrik rumah sementara byk konsumen LCGC class yang garasi aja tidak punya.
udah gitu govt kita kan udah terbiasa dengan subsidi salah sasaran : subsidi bbm, insentif LCGC (yang pembelinya kebanyakan orang kaya juga), sekarang insentif EV

2. mungkin ini yang harus dibuktikan krn kebanyakan sy lihat orang senang pake EV itu karena efek "barang baru". oh wow mobil listrik tuh gini ya bla bla bla. tapi ngomong gitu di video di rumahnya ada innova diesel untuk luar kotaan.
3. ini sebenernya ngeselin kalau misal dealer network mobil2 sekarang sudah tdk lagi support parts untuk older models yang non electrified. infra challenge ya boleh aja bilang tinggal bangun charger krn listrik surplus. tapi surplus itu kan relatif. kalo udah pada pake mobil listrik apakah masih surplus apa malah jgn2 bebani kita dengan utang energi lebih gede daripada waktu masih pake bbm? wkwkwkwk. kalo ngomong murah dulu bbm juga lebih murah dari akua wkwkkwkwkw.
semua yang serba early adopter ya pasti kebagian enaknya, dulu gojek penghasilan jg 30 juta perbulan sekarang dapet 3 juta perbulan aja susah


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
ChZ wrote: Wed Dec 28, 2022 3:34
yeap dan dalam 3 hal ini masalahnya yang bikin ane menyimpulkan bahwa EV di indo cm akan berakhir jadi mainan woke oh wow i'm so green and love the polar bears middle-up economy di perkotaan.
1. semua gembor-gembor soal oh listrik murah cm 2ribu per kwh versus pertalite 10 ribu tapi semua lupa kalau acquisition cost nya hampir 2 kali lebih mahal. contoh wuling air EV yang short 240 jutaan sementara suzuki S-presso termurah saja 150 juta. utk bayarin selisih bbm 10 thn s-presso gak akan habis 90 juta.
ok solusinya mari kita subsidy, tapi sy rasa pemerintah dan menkeu jg gak bego, kl udah 30% konsumen LCGC aja geser ke air EV, apakah subsidi akan dilanjut? kok saya ragu. pasti perlahan dikurangin. namanya stimulus doesn't last forever. belum karena harus memenuhi kebutuhan charging akhirnya efek di konsumen ya harus tambah daya listrik rumah sementara byk konsumen LCGC class yang garasi aja tidak punya.
udah gitu govt kita kan udah terbiasa dengan subsidi salah sasaran : subsidi bbm, insentif LCGC (yang pembelinya kebanyakan orang kaya juga), sekarang insentif EV![]()
2. mungkin ini yang harus dibuktikan krn kebanyakan sy lihat orang senang pake EV itu karena efek "barang baru". oh wow mobil listrik tuh gini ya bla bla bla. tapi ngomong gitu di video di rumahnya ada innova diesel untuk luar kotaan.
3. ini sebenernya ngeselin kalau misal dealer network mobil2 sekarang sudah tdk lagi support parts untuk older models yang non electrified. infra challenge ya boleh aja bilang tinggal bangun charger krn listrik surplus. tapi surplus itu kan relatif. kalo udah pada pake mobil listrik apakah masih surplus apa malah jgn2 bebani kita dengan utang energi lebih gede daripada waktu masih pake bbm? wkwkwkwk. kalo ngomong murah dulu bbm juga lebih murah dari akua wkwkkwkwkw.
semua yang serba early adopter ya pasti kebagian enaknya, dulu gojek penghasilan jg 30 juta perbulan sekarang dapet 3 juta perbulan aja susahmakanya udah mau coba coba EV sekarang aja kalo mampu dan mau. rusak nanti tinggal buang, toh mobil bbm masih akan ada minimal hybrid
![]()
dengerin aja menit ke 3 itu lingkaran setannya, mereka mepersulit ijin explorasi migas baru akhirnya cadangan minyak gak nambah ya jatohnya jadi mahal, minyak mahal mereka pesta bilang tuh kan gak bisa lebih murah dari renewable, eh dia orang lupa semuanya tergantung sama migas akhirnya barang yang mereka dewa2xin juga ikut2xan naek

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Quote oom NR :
kalo batre abis / wkt nya ganti / rusak ada program subsidy (batre mobil sy rusak tempo hr ga tau kena apa ... jalan 33k miles n bayar eur30 itupun insurance yg bayarin ... mobil di tinggal 4 hari n ada mobil pengganti yg juga EV)
Kalo ini sy rasa sebagian dr solusi ada di penciptaan ekosistemnya. Contoh, setelah 8 taun usage atau cap < 80% akan ada second life jd solar panel. Jangan salah sangka mainan solar panel itu ada di Jkt doang,
Itu yutup orang Jogja, spesialis pasang off grid pake batere2 ex BTS/Lead acid biasa di daerah2....
Kalo batere ex EV masuk ke second life gini pricing usednya jelas. Kalo pricing usednya jelas nett replacement costnya jelas, kalo nett replacement costnya jelas cost of fund yg di pass ke end customer jelas, kalo dah ekosistem duit gini bisa kan mobilnya financing/jual putus tapi baterenya leasing dua2nya bakal bisa datengin cuan (bukan buat pabrik tapi buat FinCoy
).
Naaah ngerti kan power of FinCoy, 70-80% sales 4W & 2W dimari itu di drive FinCoy..... Taruh growth unit mampet growth batere tinggi bisa pada lari kesini tu FinCoy.. Apalagi digabung sama tech2an yg bisa monitor kondisi itu batere secara real time... wong saya ngecas habit saya kayak gimana ketauan koq ama PLN.....
Kalo subsidi : ibarat mobil kayak jumpstart aja, butuh daya luar biasa gede tapi sebentar, begitu ekosistem gelinding ya ndak butuh kan itu jumpstart, yg enak early adopter, dapet jumpstartnya buntutnya nunut ekosistemnya.....

kalo batre abis / wkt nya ganti / rusak ada program subsidy (batre mobil sy rusak tempo hr ga tau kena apa ... jalan 33k miles n bayar eur30 itupun insurance yg bayarin ... mobil di tinggal 4 hari n ada mobil pengganti yg juga EV)
Kalo ini sy rasa sebagian dr solusi ada di penciptaan ekosistemnya. Contoh, setelah 8 taun usage atau cap < 80% akan ada second life jd solar panel. Jangan salah sangka mainan solar panel itu ada di Jkt doang,
Itu yutup orang Jogja, spesialis pasang off grid pake batere2 ex BTS/Lead acid biasa di daerah2....
Kalo batere ex EV masuk ke second life gini pricing usednya jelas. Kalo pricing usednya jelas nett replacement costnya jelas, kalo nett replacement costnya jelas cost of fund yg di pass ke end customer jelas, kalo dah ekosistem duit gini bisa kan mobilnya financing/jual putus tapi baterenya leasing dua2nya bakal bisa datengin cuan (bukan buat pabrik tapi buat FinCoy



Naaah ngerti kan power of FinCoy, 70-80% sales 4W & 2W dimari itu di drive FinCoy..... Taruh growth unit mampet growth batere tinggi bisa pada lari kesini tu FinCoy.. Apalagi digabung sama tech2an yg bisa monitor kondisi itu batere secara real time... wong saya ngecas habit saya kayak gimana ketauan koq ama PLN.....
Kalo subsidi : ibarat mobil kayak jumpstart aja, butuh daya luar biasa gede tapi sebentar, begitu ekosistem gelinding ya ndak butuh kan itu jumpstart, yg enak early adopter, dapet jumpstartnya buntutnya nunut ekosistemnya.....



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Aplikasi aktual yang sudah saya lakukan
Sepeda listrik beli 4.5
2 tahun kemudian ganti batere karena soak 1.5
ya memang harga baterainya skrg masih luar biasa tinggi persentasinya dibanding beli unit selis baru
seolah2 ada pajak tahunan 750k untuk selis
EV masih PR betul di harga baterai
Sepeda listrik beli 4.5
2 tahun kemudian ganti batere karena soak 1.5
ya memang harga baterainya skrg masih luar biasa tinggi persentasinya dibanding beli unit selis baru
seolah2 ada pajak tahunan 750k untuk selis
EV masih PR betul di harga baterai
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Pemerintah ngotot mau batasi ekspor nikel dan bikin pabrik baterai, tapi dihalang-halangi negara lain.
Mobil dengan BBM masih happy dengan subsidi bbm yang nilainya besar. Innova zenix ini kalau terbukti rewel pakai pertalite, yang hybrid akan lebih laku karena jauh lebih irit BBM.
Mobil dengan BBM masih happy dengan subsidi bbm yang nilainya besar. Innova zenix ini kalau terbukti rewel pakai pertalite, yang hybrid akan lebih laku karena jauh lebih irit BBM.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Ya paling antara:ilhami wrote: Wed Dec 28, 2022 14:34 Pemerintah ngotot mau batasi ekspor nikel dan bikin pabrik baterai, tapi dihalang-halangi negara lain.
Mobil dengan BBM masih happy dengan subsidi bbm yang nilainya besar. Innova zenix ini kalau terbukti rewel pakai pertalite, yang hybrid akan lebih laku karena jauh lebih irit BBM.
- ngelitik
- atau power drop
Klo hybrid akan lbh forgiving sama pertalite
Krn mesin gak terhubung lgs ke roda.
Fungsi utamanya mirip genset.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Enak ya negara Eropa sana, pake EV apa2 di subsidi batere pun d subsidi. Padahal batere asalnya dari afrikaa dan Sulawesi. D sulawesi alam nya rusak, longsor dan polusi tanah,air dan udara. Tiap tahun ada aja konflik antara pekerja tambang d sana , antara pekerja dan management atau antara perusahaan yg rata2 Aseng dgn masyarakat sekitar. Dan konflik itu itu sering menimbulkan korban jiwa. Trus hasil nikel nya buat di Indo? Gak lah d bawa k cina tentunya. Sementara mereka dapat tax holiday.
Moga2 kedepan nya lebih fair dengan negara2 produsen rare earth macam afrikaa dan Indonesia. Ane ngeliat urusan tambang batere nya mirip penjajahan VOC jaman dulu, beda komuditi dan style aja.
Harapan ane kedepan buat EV d indo:
1. Jadi produsen batere, hulu ke hilir. Jgn cuma jadi smelter doang.
2. Harga batere mobil/motor/solar panel MURAH buat perakitan d dalam negeri. Buat export kena cukai.
3. Pendirian pusat riset EV baik pemerintah atau swasta.
4. Stop monopoli dan oligarki d bisnis EV/batere biar lebih kompetitif.
5. Tidak main ancam kepada yg gak mau ikut policy elektrifikasi kendaraan (sepert yg terjadi d solar panel)
Moga2 kedepan nya lebih fair dengan negara2 produsen rare earth macam afrikaa dan Indonesia. Ane ngeliat urusan tambang batere nya mirip penjajahan VOC jaman dulu, beda komuditi dan style aja.
Harapan ane kedepan buat EV d indo:
1. Jadi produsen batere, hulu ke hilir. Jgn cuma jadi smelter doang.
2. Harga batere mobil/motor/solar panel MURAH buat perakitan d dalam negeri. Buat export kena cukai.
3. Pendirian pusat riset EV baik pemerintah atau swasta.
4. Stop monopoli dan oligarki d bisnis EV/batere biar lebih kompetitif.
5. Tidak main ancam kepada yg gak mau ikut policy elektrifikasi kendaraan (sepert yg terjadi d solar panel)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Ga semua indah Om kalau ud kebanyakan pake EV, ini di UK aja pdhl intake EV masih kecil (dibawah 20%) dengan infrastructure EV yg cukup bagus, malah nunggu 3 jam bwt charge, apalagi baca2 saat charge bersamaan charging performancenya drop jd lebih lama.ac235287 wrote: Thu Dec 29, 2022 5:32 Enak ya negara Eropa sana, pake EV apa2 di subsidi batere pun d subsidi. Padahal batere asalnya dari afrikaa dan Sulawesi. D sulawesi alam nya rusak, longsor dan polusi tanah,air dan udara. Tiap tahun ada aja konflik antara pekerja tambang d sana , antara pekerja dan management atau antara perusahaan yg rata2 Aseng dgn masyarakat sekitar. Dan konflik itu itu sering menimbulkan korban jiwa. Trus hasil nikel nya buat di Indo? Gak lah d bawa k cina tentunya. Sementara mereka dapat tax holiday.
Moga2 kedepan nya lebih fair dengan negara2 produsen rare earth macam afrikaa dan Indonesia. Ane ngeliat urusan tambang batere nya mirip penjajahan VOC jaman dulu, beda komuditi dan style aja.
Harapan ane kedepan buat EV d indo:
1. Jadi produsen batere, hulu ke hilir. Jgn cuma jadi smelter doang.
2. Harga batere mobil/motor/solar panel MURAH buat perakitan d dalam negeri. Buat export kena cukai.
3. Pendirian pusat riset EV baik pemerintah atau swasta.
4. Stop monopoli dan oligarki d bisnis EV/batere biar lebih kompetitif.
5. Tidak main ancam kepada yg gak mau ikut policy elektrifikasi kendaraan (sepert yg terjadi d solar panel)
https://www.dailymail.co.uk/news/articl ... ueues.html
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?
Yup yg kek gini d negara maju cukup sering Om, d UK malah ada namanya unwritten etiquette, kalo mobil org LG d cantolin charger, jgn pernah d cabut. Nah d Canterbury pernah ada pertikaian waktu itu nissal leaf kalo gak salah, Lg colokin kabel charger, cuma pas ada EV lain lewat dia liat si charger udah gak nge-cas lagi, dia pikir udah selesai charging, dia buka lah colokan nya dari Nissan leaf dan colok ke EV dia, ternyata si Nissan nya belum k charge sama sekali, akhir nya ribut lah sampe mau main tonjok2an, gak hanya sampe d situ , d bawa k dunia maya, jadi makin ribut sampe ada yg mau ancam d bunuh. Hahah balada charging EV karena, nge cas nya lama.bensinsolar wrote: Thu Dec 29, 2022 6:13Ga semua indah Om kalau ud kebanyakan pake EV, ini di UK aja pdhl intake EV masih kecil (dibawah 20%) dengan infrastructure EV yg cukup bagus, malah nunggu 3 jam bwt charge, apalagi baca2 saat charge bersamaan charging performancenya drop jd lebih lama.ac235287 wrote: Thu Dec 29, 2022 5:32 Enak ya negara Eropa sana, pake EV apa2 di subsidi batere pun d subsidi. Padahal batere asalnya dari afrikaa dan Sulawesi. D sulawesi alam nya rusak, longsor dan polusi tanah,air dan udara. Tiap tahun ada aja konflik antara pekerja tambang d sana , antara pekerja dan management atau antara perusahaan yg rata2 Aseng dgn masyarakat sekitar. Dan konflik itu itu sering menimbulkan korban jiwa. Trus hasil nikel nya buat di Indo? Gak lah d bawa k cina tentunya. Sementara mereka dapat tax holiday.
Moga2 kedepan nya lebih fair dengan negara2 produsen rare earth macam afrikaa dan Indonesia. Ane ngeliat urusan tambang batere nya mirip penjajahan VOC jaman dulu, beda komuditi dan style aja.
Harapan ane kedepan buat EV d indo:
1. Jadi produsen batere, hulu ke hilir. Jgn cuma jadi smelter doang.
2. Harga batere mobil/motor/solar panel MURAH buat perakitan d dalam negeri. Buat export kena cukai.
3. Pendirian pusat riset EV baik pemerintah atau swasta.
4. Stop monopoli dan oligarki d bisnis EV/batere biar lebih kompetitif.
5. Tidak main ancam kepada yg gak mau ikut policy elektrifikasi kendaraan (sepert yg terjadi d solar panel)
https://www.dailymail.co.uk/news/articl ... ueues.html
