Rencana mau pake sampe berapa nih om 10rb ato 15rb?wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Wow cpt yah muternya tu Kilometerwicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Estimasi penyusutan sekitar 100 ml
Untuk 10rb KM lah ya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
10rb paling om.. Ya mentok2 11rb km.sahabatq8 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:27Rencana mau pake sampe berapa nih om 10rb ato 15rb?wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Mungkin ada sukarelawan yg mau ngetes olinya di lab nanti pas kilometer 10rb ya monggo

Cepet om... Lebih enak ngegasnya skrng karna dah ga mikir bbm mahal, sebelumnya kan masih mikir irit melulu... Mungkin seperti ini yg dirasakan pengguna diesel minum solbusSuryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 5:28Wow cpt yah muternya tu Kilometerwicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Estimasi penyusutan sekitar 100 ml
Untuk 10rb KM lah ya

Iya kemungkinan susut 100ml kalau udah 10rb km.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Itu uap oli pastinya bersih om.wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13Itu uap oli pastinya bersih om.wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09Update 1000 km berikutnya..wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg
Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg
Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg
Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km
Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits![]()
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas.

Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Penguapan <10% masih relatif normalwicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13Itu uap oli pastinya bersih om.wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas.![]()
Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
Apalagi klo nanti pas OCI @10k KM,
dengan penguapan 100ml / 3100ml = 3% an kecil
udah bagus itu
waktu pakai amsoil SS 0w20 brp banyak mbah nguap nya?
btw info driver Audi Q5 Turbo di kantor, odo hampir 100rb Km,
udh pakai oli 5w40 bisa nguap >1 liter di 5rb Km
*muncul indikator oli level turun

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Pengalaman ane juga gitu om, kalo olinya kotor uap olinya juga hitam lengket² gitu, sering ngintip diesel spek modifan yang udah pasang OCT biasanya seperti itu (tapi kemarin sempet di Infoin sama Ko Davin @elikaautomotive pake FT8800 OCTnya kosongwicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13Itu uap oli pastinya bersih om.wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg
Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg
Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg
Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana
Overall very good![]()
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas.![]()
Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.

10ml per 1000km sih ok banget, apa lagi considering ini mesin juga sedikit lebih panas dari bbm bensin. Saya jg lebih suka entengnya 0W20, kalo penguapannya aja gak sampe setengah dipstick per 10rb km males pake 5w30 hehehe.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Icic dapat ilmu baru juga nih, ane udah lama beli OCT buat diesel, cuma belum pasang malas maintenance nya hahaha, akhir nya buang bawah aja itu selang breather. Sebab mau gmana juga di channel engineering explain d test dia gak bisa bisa clean 100%.
Jadi in the end ane bakal bersihin juga tu turbo, intercooler sama intake, ya udah buang bawah aja dan pilih oli yg penguapan paling kecil.
Kalo d mobil Ertiga membantu banyak lah itu harusnya.
Jadi in the end ane bakal bersihin juga tu turbo, intercooler sama intake, ya udah buang bawah aja dan pilih oli yg penguapan paling kecil.
Kalo d mobil Ertiga membantu banyak lah itu harusnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kalo d diesel 3 hari langsung kotor tuh oli sih, langsung bercampur sama soot. Maksud ane, kalo uap oli bensin itu bakal gak ada sludge nya Krn dia dari uap.sahabatq8 wrote: Tue Dec 20, 2022 8:19Pengalaman ane juga gitu om, kalo olinya kotor uap olinya juga hitam lengket² gitu, sering ngintip diesel spek modifan yang udah pasang OCT biasanya seperti itu (tapi kemarin sempet di Infoin sama Ko Davin @elikaautomotive pake FT8800 OCTnya kosongwicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13
Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas.![]()
Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF., mobilnya fortuner 2.8 juara 1 di drag bracket 10 dtk kemaren)
10ml per 1000km sih ok banget, apa lagi considering ini mesin juga sedikit lebih panas dari bbm bensin. Saya jg lebih suka entengnya 0W20, kalo penguapannya aja gak sampe setengah dipstick per 10rb km males pake 5w30 hehehe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Thanks for sharingsaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.

Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.
Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C mirip spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya

Turunnya jauh banget dr W30 menuju W16

Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Betul. Ada harga ada rupaSuryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 14:10Thanks for sharingsaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.![]()
Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.
Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C sama spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya
Turunnya jauh banget dr W30 ke W16![]()
Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.

KV100nya mengerikan tapi metal wear masih sangat minim, mungkin terbantu aditif tambahan. Setidaknya olinya enggak menguap di mobil saya.
Sebisa mungkin saya akan gunakan yang polosan 5900 km juga supaya fair datanya. Kecuali ada kendala seperti penguapan atau suara kasar yang berlebihan.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:19Betul. Ada harga ada rupaSuryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 14:10Thanks for sharingsaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.![]()
Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.
Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C sama spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya
Turunnya jauh banget dr W30 ke W16![]()
Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.![]()
KV100nya mengerikan tapi metal wear masih sangat minim, mungkin terbantu aditif tambahan. Setidaknya olinya enggak menguap di mobil saya.
Sebisa mungkin saya akan gunakan yang polosan 5900 km juga supaya fair datanya. Kecuali ada kendala seperti penguapan atau suara kasar yang berlebihan.
Mesin Honda terkenal emang gak suka makan oli

Sy pernah miara jazz gd3 @80rb KM, brio @30rb KM, itu juga gak pernah ngalamin oli nguap (cek dr dipstick) even pk oli kelas std.
Sampai skutiknya dr spacy, vario, beat, dkk itu jg gak prnh makan oli. Pakai oli bawaan bengkel resmi.
Beda banget sama Yamaha, hobi nyusu oli

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Mau tanya om2, filter oli itu ada kadaluarsanya ga ya? Ane br nemu di gudang filter oli wix beli dari baru bbrp tahun lalu ga kepake, ane pikir lumayan kalo msh bs di pake. Udah cek di dus nya ga ada prod date nya. Thx om2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Wah metal wearnya bagus ya om oli murah jgsaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Mixed sm Ester jd oli menengah atasyanuarra wrote: Tue Dec 20, 2022 15:20Wah metal wearnya bagus ya om oli murah jgsaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Waduh v100 nya udah drop hampir 3 angkasaturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.

Padahal cuma dipakai 5 bulanan ya + ester juga

Ini saya juga lagi pakai sih di hr15, campuran 2,8 liter repsol gxr + 200 ml inul ester. Baru dipake 2,5 bulan 1500 km masih halus + enteng.
Dipake 2 bulan lagi aja deh kalo gitu, jangan2 sekarang juga udh mulai drop ke angka 9 nih v100 nya

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
itu 5W30 nya end up jadi oli buntut 20 ????saturday wrote:Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
kayanya klo diterusin sampai 7rb KMTurboman wrote: Wed Dec 21, 2022 3:15itu 5W30 nya end up jadi oli buntut 20 ????saturday wrote:IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)
Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92
Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.
Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.
Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.
Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285
Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
bisa jadi buntut 16 mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
ada bbrp bahan baku filter oli:marr wrote: Tue Dec 20, 2022 15:05 Mau tanya om2, filter oli itu ada kadaluarsanya ga ya? Ane br nemu di gudang filter oli wix beli dari baru bbrp tahun lalu ga kepake, ane pikir lumayan kalo msh bs di pake. Udah cek di dus nya ga ada prod date nya. Thx om2
- media filter
- anti drain back valve & seal <-- ini bahannya karet, dan pada umumnya karet tu umurnya max 5 thn, setelah itu mulai getas
- metal casing dan bypass spring
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang meluluTurboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg

IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Jan 08, 2022 13:23
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Bukan kejar omset om tp PTT tau apa yg kita mau [emoji106]sahabatq8 wrote:Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang meluluTurboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kuwait jangan kalah dong sama Thailand..sahabatq8 wrote: Wed Dec 21, 2022 10:48Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang meluluTurboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Alternatif oli sapujagat fastron ijo/shell kuningTurboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004
Murah cuman 58 rb / L
Semi synth
Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg