Ini mobil dibeli pada bulan Agustus atau September tahun ini. Alternatif lain seperti Yaris atau Mazda 2 jg sempat dipertimbangkan tetapi denga budget yg dimiliki TS rasanya si Fiesta ini pilihan terbaik karena teknologi + fitur yg lebih maju dibanding rival lainnya.
Akhirnya mulai coba2 cari unit. Mengapa bukan varian Ecoboost? Karena TS tinggal di kota kecil dan memang mencari mobil yg bs menggunakan bensin 90.
Akhirnya setelah liat 2-3 unit, deal sama unit ini. Odometer 62rban, sekarang baru sentuh 64rb. PR pas beli rasanya cuma onderstel karena ada bunyi2 ga enak pas lewatin jalan rusak. Abis beli lgsg peremajaan kaki2 + ganti oli mesin + DCT + filter2.
Surprisingly sparepart ga mahal, karena banyak merk third party terus jg samaan dengan Mazda 2 lama.
Dari luar TS kesengsem sama grill model Aston di mobil ini, sayang bohlam masih halogen non projector terus velg 16 jg modelnya kurang suka, lebih macho yg NFL. Untung ban sudah menggunakan Conti SC5 195/50. Dari samping + belakang jg cukup sporty apalg spoiler model S berbeda dibanding tipe Trend.
Masuk ke dalam, di dasbor banyak terdapat pencetan2 tombol untuk penggunaan fitur SYNC di mobil ini yg TS tidak pernah gunakan. Jok cukup keras, dilapisi kombinasi kulit + fabric yg untungnya mempunyai padding cukup oke. Driving position termasuk rendah enak gampang dapat posisi yg oke. Setir ada tombol audio, hanya tilt belum telescopic. Audio sendiri jg ada twitter di doortrim, dan suara sudah oke.
Baris kedua cukup sempit dan sandaran tegak, jg terdapat gundukan di lantai tengah. Untung bagasi cukup luas, muat 5 galon air mineral, sayang bibir bagasi cukup tinggi. Pengaturan jok kedua jg tipe 40/60 tapi sayang tidak rata lantai.
Untuk driving impression:
+ DCT enak sekali untuk ngebut, perpindahan gigi sangat cepat jadi tidak kehilangan momentum ketika upshift. Biar mesin pas2an cuma 110hp, tapi DCT membantu banget.
+ Handling mantaaappp!!! Bodyroll minim, grip jg.
+ Steering mantap!! Responsip + feedback oke.
- Kalau untuk macet2 atau merayap kerasa ndut2an karena ini mobil suka nahan gigi rendah, jadi diinjak gas sedikit lgsg loncat.
- Upshift susah banget harus gas sampe RPM 2k keatas baru dia mau upshift, karena itu konsumsi BBM ga bisa irit. Kalau dibawah 2k dia jarang mau upshift.
- Suspensi bikin pegel, apalg kalau banyak jalan rusak atau sambungan jalan. Lebih keras dibanding Yaris lele atau Jazz GE8 punya ipar. Busa kursi yg keras jg bikin badan pegel2 kalau jalan agak jauh.
Kesimpulannya ini mobil enak untuk yg suka ngebut atau ngetol, tapi kurang cocok untuk dibawa harian yg rutenya jelek atau sering macet.
Mumgkin dalam waktu dekat mobil ini mau dijual karena TS ga tahan sama suspensinya + takut dengan TCM dan modul ABSnya yg jadiil penyakit umum mobil ini.






