ini bahas fun to drive, kecampur gak sih sama kenyamanan berkendara....
ya harus diakui emang fun to drive tuh istilah yang udah overused dan definisinya udah melenceng ke mana mana.
tp kalo yang ngomong jurnalis luar (biar ga dikata sotoy).... intinya fun factor sebuah mobil itu biasa lebih ke sebuah sensasi one-ness, mechanical feel.
kalo kata nya mazda, jinba ittai, kalo katanya mini, gokart-feel. apa itu? kombinasi antara steering ratio, chassis and suspension tuning, engine response, transmission response. ya sederhananya, harus sedekat mungkin sama rasanya nyetir gokart.
"rasanya" kenceng walau cuma jalan paling 30-40 kph in closed track. body ringan, setirnya nurut, pure mechanical feel bener bener challenging skill yang bawa, memompa adrenaline emosi dan semua hormon kesenangan yang bawa. kan sebutannya juga "fun" = senang.
bawa BMW E36 full braced udah pake jok racing ya beda dengan feel di Lexus atau Mercedes W124 yang joknya empuk kayak sofa, bodynya berat, itu lebih ke relaxed dan tenang walau mobilnya kenceng. engineer bisa menyamarkan rasa kencengnya dari longer gearing, insulation, dan throttle modulation kalo di modern EFI cars. contoh sy pernah bawa S500 W220 itu throttle bener bener seperti ada vakumnya biar feel bawanya tetep halus walau mesinnya V8 5000cc (CMIIW).
tapi ya balik lagi, namanya feel itu kan butt o meter. gw yakin orang bawa mobil automatic modern terus dikasih mobil jadul manual misal civic atau lancer lama, pasti ngerasa civic atau lancer lama "fun" karena feel nya ringan dan mekanikal, badan dan senses kita ngga bisa bohong krn selama ini feel mobil baru semakin isolated walau kalo long trip yakin pasti pegel-pegel

sensasinya udah kayak olahraga intens krn adrenaline terpacu terus.
nurut saya mobil yang "fun" itu mini cooper yang pertama baru gerakin setir aja rasanya kyk gokart pake casing suara burble mesinnya gagah dan mekanikal banget. itu mini cooper baru aja ngga ada apa apanya soal sensasi.