ini gmn ceritanya Om, menarik iniwicaksono99 wrote: Tue Nov 01, 2022 2:56 Sudah beralih ke gas, udah ga pusing lagi sama bbm subsidi & kenaikan harga bbm. Gak ribet ngantri juga. Gas(pooll) trusss...
IMG_20221101_072452.jpg
[NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.Ivan123 wrote: Wed Nov 09, 2022 13:34ini gmn ceritanya Om, menarik iniwicaksono99 wrote: Tue Nov 01, 2022 2:56 Sudah beralih ke gas, udah ga pusing lagi sama bbm subsidi & kenaikan harga bbm. Gak ribet ngantri juga. Gas(pooll) trusss...
IMG_20221101_072452.jpg

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
pengisian berapa lama? apakah bisa untuk diesel?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.Ivan123 wrote: Wed Nov 09, 2022 13:34ini gmn ceritanya Om, menarik iniwicaksono99 wrote: Tue Nov 01, 2022 2:56 Sudah beralih ke gas, udah ga pusing lagi sama bbm subsidi & kenaikan harga bbm. Gak ribet ngantri juga. Gas(pooll) trusss...
IMG_20221101_072452.jpg![]()
IMG_20221102_073111.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
1-2 menit lama pengisiannya..r1409 wrote: Thu Nov 10, 2022 3:07pengisian berapa lama? apakah bisa untuk diesel?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.![]()
IMG_20221102_073111.jpg
Bisa untuk diesel. Kalau diesel sistemnya dual-fuel.. Pembakaran pakai kombinasi solar-cng (solar sekitar 25%, cng sekitar 75%) gak bisa murni CNG karna ga ada busi sebagai pemantik.
Diesel konverter kitnya lebih mahal dibanding bensin.. Perbandingan harga baru diesel sekitar 35jt, kalau bensin harga baru sekitar 21jtan.
Yang banyak pakai dual-fuel cng di kendaraan diesel itu truk ekspedisi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Iritnya gimana om?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.Ivan123 wrote: Wed Nov 09, 2022 13:34ini gmn ceritanya Om, menarik iniwicaksono99 wrote: Tue Nov 01, 2022 2:56 Sudah beralih ke gas, udah ga pusing lagi sama bbm subsidi & kenaikan harga bbm. Gak ribet ngantri juga. Gas(pooll) trusss...
IMG_20221101_072452.jpg![]()
IMG_20221102_073111.jpg
Kira2 per kilometer berapa rupiah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Gak beda jauh dengan konsumsi pakai bensin. Paling irit sejauh ini yang pernah didapet kombinasi dalkot & tol itu 200km butuh 12,67 lsp bbg dengan rupiah yang dikeluarkan 57ribu. Jadi pengeluaran untuk bbg sebanyak 285 ~ 300 rupiah per kilometer. Itu masih bisa diiritin lagi, cuma belum sempet mapping ecu bbg nya lagi..sintoni wrote: Thu Nov 10, 2022 5:50Iritnya gimana om?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.![]()
IMG_20221102_073111.jpg
Kira2 per kilometer berapa rupiah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Itu sih ga sampe 1/2 konsumsi BBM pake bensin om.wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 7:52Gak beda jauh dengan konsumsi pakai bensin. Paling irit sejauh ini yang pernah didapet kombinasi dalkot & tol itu 200km butuh 12,67 lsp bbg dengan rupiah yang dikeluarkan 57ribu. Jadi pengeluaran untuk bbg sebanyak 285 ~ 300 rupiah per kilometer. Itu masih bisa diiritin lagi, cuma belum sempet mapping ecu bbg nya lagi..sintoni wrote: Thu Nov 10, 2022 5:50Iritnya gimana om?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13
Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.![]()
IMG_20221102_073111.jpg
Kira2 per kilometer berapa rupiah?
Anggap aja pake Pertalite 1 liter 10rb jalan 15km kombinasi.
Berarti per kilo pake uang 666 rupiah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Maksudnya konsumsi bbg vs bensin gak beda jauh. Kalau dari segi saving harga ya beda jauh.. Bbg 4500 pertalite 10000.sintoni wrote: Thu Nov 10, 2022 8:26Itu sih ga sampe 1/2 konsumsi BBM pake bensin om.wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 7:52Gak beda jauh dengan konsumsi pakai bensin. Paling irit sejauh ini yang pernah didapet kombinasi dalkot & tol itu 200km butuh 12,67 lsp bbg dengan rupiah yang dikeluarkan 57ribu. Jadi pengeluaran untuk bbg sebanyak 285 ~ 300 rupiah per kilometer. Itu masih bisa diiritin lagi, cuma belum sempet mapping ecu bbg nya lagi..
Anggap aja pake Pertalite 1 liter 10rb jalan 15km kombinasi.
Berarti per kilo pake uang 666 rupiah.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
hmm berarti untk kendaraan yg masih aman pakai biosolar, kalau konsumsi solarnya gak cepet banget sepertinya ga worth ganti ke dual fuel gini karena harga kit yg mahal. selisih 4500 ke 6800 ga sebesar ke 10000, tapi biaya konversinya malah lebih mahal jauh.wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 3:521-2 menit lama pengisiannya..r1409 wrote: Thu Nov 10, 2022 3:07pengisian berapa lama? apakah bisa untuk diesel?wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 1:13
Gak gimana2 om.. Tinggal install konverter kit + tabung komposit kapasitas 66lwc (muat 16liter bbg) selesai masalah. Ramah lingkungan & ramah dompet.![]()
IMG_20221102_073111.jpg
Bisa untuk diesel. Kalau diesel sistemnya dual-fuel.. Pembakaran pakai kombinasi solar-cng (solar sekitar 25%, cng sekitar 75%) gak bisa murni CNG karna ga ada busi sebagai pemantik.
Diesel konverter kitnya lebih mahal dibanding bensin.. Perbandingan harga baru diesel sekitar 35jt, kalau bensin harga baru sekitar 21jtan.
Yang banyak pakai dual-fuel cng di kendaraan diesel itu truk ekspedisi.
kalau yg harus minum dex kayaknya sih baru bisa ngirit jauh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.r1409 wrote: Fri Nov 11, 2022 3:03hmm berarti untk kendaraan yg masih aman pakai biosolar, kalau konsumsi solarnya gak cepet banget sepertinya ga worth ganti ke dual fuel gini karena harga kit yg mahal. selisih 4500 ke 6800 ga sebesar ke 10000, tapi biaya konversinya malah lebih mahal jauh.wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 3:521-2 menit lama pengisiannya..
Bisa untuk diesel. Kalau diesel sistemnya dual-fuel.. Pembakaran pakai kombinasi solar-cng (solar sekitar 25%, cng sekitar 75%) gak bisa murni CNG karna ga ada busi sebagai pemantik.
Diesel konverter kitnya lebih mahal dibanding bensin.. Perbandingan harga baru diesel sekitar 35jt, kalau bensin harga baru sekitar 21jtan.
Yang banyak pakai dual-fuel cng di kendaraan diesel itu truk ekspedisi.
kalau yg harus minum dex kayaknya sih baru bisa ngirit jauh.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Isi spbg nya yg listnya update dimana y om?
Kendalanya kalau jauh dr rumah utk isi yg bikin males
Kendalanya kalau jauh dr rumah utk isi yg bikin males
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Cek di gugel aja om kata kunci spbg.trebla88 wrote: Fri Nov 11, 2022 6:20 Isi spbg nya yg listnya update dimana y om?
Kendalanya kalau jauh dr rumah utk isi yg bikin males
Sejauh ini saya udah keliling ke spbg PGN klender, pondok ungu, Pertamina cililitan, cilandak, cikarang. Kalau bogor di pasar anyar, cileungsi, cibubur.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
hmm iya betul juga, ada keuntungan lain di pembakaran yg sudah pasti bersih, CNG nya sendiri udah bebas dari air, tanah, jelaga dll partikulan pengotor. kalau solar yg dipakai cuma 25%, otomatis umur filter solar teoritis jadi 4x lebih lama. oli juga bakal lebih awet krn efek asam solar berkurang jauh ya.wicaksono99 wrote: Fri Nov 11, 2022 4:08 Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres![]()
betul cocok untuk yg mobilnya minta spek tinggi, baik dari solar, oli maupun harga filter solarnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
CNGnya sendiri memang bersih, biasanya pengotor dari kompresor spbgnya.. Makanya kompresor spbg harus di maintain dryer & filter olinya.r1409 wrote: Sat Nov 12, 2022 3:03hmm iya betul juga, ada keuntungan lain di pembakaran yg sudah pasti bersih, CNG nya sendiri udah bebas dari air, tanah, jelaga dll partikulan pengotor. kalau solar yg dipakai cuma 25%, otomatis umur filter solar teoritis jadi 4x lebih lama. oli juga bakal lebih awet krn efek asam solar berkurang jauh ya.wicaksono99 wrote: Fri Nov 11, 2022 4:08 Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres![]()
betul cocok untuk yg mobilnya minta spek tinggi, baik dari solar, oli maupun harga filter solarnya.
Filter high pressure di reducer & filter low pressure sebelum injektor harus diganti berkala sebagai penyaring pengotor yg ikut kebawa ke tabung CNG kendaraan.. Murah lah untuk filter di konverter kitnya, kisaran 80rban.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
FYI, BBM non subsidi milik Pertamina per hari ini 1 Desember 2022 resmi ada harga baru ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
dex mulu yang dinaikin..kayaknya emang suruh orang2 pindah ke solar.AbdulHakim wrote: Thu Dec 01, 2022 1:21 FYI, BBM non subsidi milik Pertamina per hari ini 1 Desember 2022 resmi ada harga baru ya.
btw beli solar musti daftar dulu gak ya ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6201
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
konon emang lagi krisis diesel di ameriki, untungnya dikita solarnya ud oplosan minyak goreng jd gak mempanvipere wrote: Thu Dec 01, 2022 2:57
dex mulu yang dinaikin..kayaknya emang suruh orang2 pindah ke solar.
btw beli solar musti daftar dulu gak ya ?

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Kalo gasnya abis gtu, bs tetep pake full diesel ga ya Om? Kalo garansi void, emang ada adjustment di mesinnya ya?wicaksono99 wrote: Fri Nov 11, 2022 4:08Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.r1409 wrote: Fri Nov 11, 2022 3:03hmm berarti untk kendaraan yg masih aman pakai biosolar, kalau konsumsi solarnya gak cepet banget sepertinya ga worth ganti ke dual fuel gini karena harga kit yg mahal. selisih 4500 ke 6800 ga sebesar ke 10000, tapi biaya konversinya malah lebih mahal jauh.wicaksono99 wrote: Thu Nov 10, 2022 3:52
1-2 menit lama pengisiannya..
Bisa untuk diesel. Kalau diesel sistemnya dual-fuel.. Pembakaran pakai kombinasi solar-cng (solar sekitar 25%, cng sekitar 75%) gak bisa murni CNG karna ga ada busi sebagai pemantik.
Diesel konverter kitnya lebih mahal dibanding bensin.. Perbandingan harga baru diesel sekitar 35jt, kalau bensin harga baru sekitar 21jtan.
Yang banyak pakai dual-fuel cng di kendaraan diesel itu truk ekspedisi.
kalau yg harus minum dex kayaknya sih baru bisa ngirit jauh.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Masih bisa om pakai full diesel. Ketika ada pemasangan alat diluar spek pabrikan pasti void kan garansinya... Adjustment di mesin gak ada, cuma perlu ngelubangin intake untuk jalur masuknya gas lewat injektor bbg. Sisanya ECU bbg yang ambil alih pas mode dual-fuel untuk atur debit bbg & dieselnya, pas mode diesel ECU mobil yg main. Harga kit untuk diesel juga lebih mahal dibanding bensin.Ivan123 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:46Kalo gasnya abis gtu, bs tetep pake full diesel ga ya Om? Kalo garansi void, emang ada adjustment di mesinnya ya?wicaksono99 wrote: Fri Nov 11, 2022 4:08Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.r1409 wrote: Fri Nov 11, 2022 3:03
hmm berarti untk kendaraan yg masih aman pakai biosolar, kalau konsumsi solarnya gak cepet banget sepertinya ga worth ganti ke dual fuel gini karena harga kit yg mahal. selisih 4500 ke 6800 ga sebesar ke 10000, tapi biaya konversinya malah lebih mahal jauh.
kalau yg harus minum dex kayaknya sih baru bisa ngirit jauh.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
infonya kalau tanpa daftar dibatasi 40 liter per harivipere wrote: Thu Dec 01, 2022 2:57
dex mulu yang dinaikin..kayaknya emang suruh orang2 pindah ke solar.
btw beli solar musti daftar dulu gak ya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
nggak sih, saya terakhir isi 400rb, tanpa QR boleh. tapi saya sendiri sudah daftar sih, QR jg sudah adaarsaerescool wrote: Thu Dec 08, 2022 3:38infonya kalau tanpa daftar dibatasi 40 liter per harivipere wrote: Thu Dec 01, 2022 2:57
dex mulu yang dinaikin..kayaknya emang suruh orang2 pindah ke solar.
btw beli solar musti daftar dulu gak ya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Tergantung daerah dan kebijakan masing-masing SPBU kayaknya. Ada yg 40 liter, ada yg 60 liter, ada yg mesti nunjukin QR, ada yg ngga perlu input apa2 bisa langsung isi aja bebas berapa banyak.Miracle9000 wrote: Thu Dec 08, 2022 3:52nggak sih, saya terakhir isi 400rb, tanpa QR boleh. tapi saya sendiri sudah daftar sih, QR jg sudah adaarsaerescool wrote: Thu Dec 08, 2022 3:38infonya kalau tanpa daftar dibatasi 40 liter per harivipere wrote: Thu Dec 01, 2022 2:57
dex mulu yang dinaikin..kayaknya emang suruh orang2 pindah ke solar.
btw beli solar musti daftar dulu gak ya ?
Saya selama ini sih kalo isi biosol di SPBU 31 itu cuma diinput plat nomor aja abis itu langsung isi full tank
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Tangki BBGnya di attach dmn om bagian mobil? Jd pengen coba2wicaksono99 wrote: Thu Dec 08, 2022 2:32Masih bisa om pakai full diesel. Ketika ada pemasangan alat diluar spek pabrikan pasti void kan garansinya... Adjustment di mesin gak ada, cuma perlu ngelubangin intake untuk jalur masuknya gas lewat injektor bbg. Sisanya ECU bbg yang ambil alih pas mode dual-fuel untuk atur debit bbg & dieselnya, pas mode diesel ECU mobil yg main. Harga kit untuk diesel juga lebih mahal dibanding bensin.Ivan123 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:46Kalo gasnya abis gtu, bs tetep pake full diesel ga ya Om? Kalo garansi void, emang ada adjustment di mesinnya ya?wicaksono99 wrote: Fri Nov 11, 2022 4:08
Kalau hanya concern di pengeluaran bbm ya memang gak bakal jauh selisihnya & gede di invest awal. Tapi sebenernya ada dampak keuntungan lain untuk mesin dieselnya sendiri.. Pakai CNG kondisi pembakaran bisa lebih lean karena suhu autoignition CNG lebih tinggi, ketika CNG dikompres (sebelum ada pemantik) hampir susah untuk terbakar. Hasil pembakarannya/soot/jelaga jauh lebih bersih dibanding murni solar.. Otomatis sistem pernapasan udara yang gampang kesumbat oleh jelaga sisa pembakaran solar jauh lebih minim. Rata2 supir truk yg pakai dual-fuel bilang mesinnya terasa lebih ringan, mungkin terjadi karena CNG dimasukan ke ruang bakar sudah bentuk gas sangat mudah bercampur dengan udara (dibanding bbm yg dikabutkan dahulu lewat injektor, pencampuran dengan udaranya lebih lambat dibanding sudah dalam fasa gas). Oli mesin harusnya bisa lebih awet karna partikel pengotor di ruang bakarnya lebih berkurang dibanding murni solar. Biaya perawatan akan lebih berkurang.
Memang sih pasnya untuk kendaraan yg minum pertadex mix CNG.. Hematnya mirip pengeluaran untuk beli pertalite pas masih harga 7650/liter. Mungkin jadi solusi untuk diesel commonrail yg minta spek solar tinggi.. Asal berani garansi mesin void ajah dari beres![]()
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Bio sekarang langka, nyari kmn mana pada abis terus
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: [NEWS] Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite
Akhir tahun soalnya om, kuota subsidi sudah minus..
Awal tahun nanti ada lagi