Honda ini persis Volkswagen om. sangat bergantung sama modularity platform nya. bisa dapet best in class driving position dan feel di kelas mobil under 200 juta itu sulit emang kalo gak bergantung sama modular platform.Syauqi wrote: Tue Dec 06, 2022 3:10
yah, ini saya setuju banget.
Mostly honda (mobil yah) selalu ngasih driving feel yang diatas rival utamanya si atoyot. Mulai dari honda tua ataupun honda baru, honda murah sampai yang mahal. Masuk ke brio aja langsung berasa set, driving position langsung enak tinggal atur" dikit aja.
Kalo atoyot yg seringkali saya lihat stirnya terlalu deket ke dashboard. Apalagi yang non-TNGA, walaupun ada teleskopiknya tapi tetep ga terlalu gimana2.
Kalo ahond stirnya jauh dari dashboard, enak bener buat tangan.. brio-lio-brv yang ga ada teleskopik aja menurut saya driving positionnya udah enak banget![]()
Padahal nih ya, kalo saya perhatikan rumus driving position enak itu ya cuma jok yg proper besarnya, alas bagian pantat lebih rendah daripada paha, dan yg terakhir stir yg jauh dari dashboard. Entah kenapa atoyot apalagi daihatsu susah bener bikin mobil yg begitu, mahal kah? ribet kah?![]()
Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.
ToyoDai, harus bikin barang baru dari ground-up biar cost nya rendah. makanya gak ada kemiripan antara ToyoDai yang murah dan mahal. Honda naik Brio sama naik Accord, rasanya tetep khas "Honda". ya tentunya di Accord cushion nya lebih empuk dan support joknya lebih plush ya

tapi ya minus nya karena modular harus mencakup produk low sampe mid - Honda selalu jadi yang termahal di kelas. gimana upaya supaya gak termahal? ya lihat lagi brio DD1 awal plastic nya jelek banget walau bawanya forgiving sekali. beberapa parts cost cuttingnya jelas, kaki kaki glodakan dan tidak awet krn otomatis harus cari vendor perakitan yang murah, dll. ToyoDai in the other hand enak enak aja emang costnya udah murah dan cm dipake mobil murah.
ini mirip kenapa VW Golf sekarang jadi muahal juga sih. ya gimana dong platform sama harus dipake Audi A4 yang harus compete dengan BMW G20. otomatis VW Golfnya jadi mahal. padahal VW kita bawa Polo india aja kerasa tuh mobil enak banget. itu mobil lahir dari platform VW Golf lama. Polo baru harganya mungkin udah ramasok krn makin premium.
lucunya Toyota in the other hand mungkin nyadar pricingnya udah "premium" juga dan kompetisi yang makin sengit, jadi ya sudah low-end product pake DNGA demi neken cost, mid to high pake TNGA chassis krn harus diakui walau mahal feel bawa toyota mid to high kan skrg premium sekali. yah lahirlah innova zenix 600 juta ini.
DNGA platform aja distinct banget dari bawa TNGA. bawa avanza veloz baru kita ngerasain feel bawa yang mirip dengan raize/rocky, tapi tetep kalau kita disuguhin brio vs accord sama avanza vs camry, feel nya lebih familiar brio ke accord daripada avanza ke camry.