The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Prolog
Berhubung Zenix yang mau saya review platnya belum keluar, bawa yang EV aja sekalian deh. Innova EV ini sedunia cuma ada 5, 2 di thai 3 di indo. Dan mobil ini beneran EV, bukan kayak orang bilang tampangnya doang tapi isinya 2GD. Buatan mana? Bukan buatan Toyota, tapi sistemnya disubcon ke orang aussie.
Mungkin ini review paling eksklusif se-SM raya hahaha, soalnya yang boleh bawa cuma authorized personnel dan beberapa orang di luar Toyota.
Car : 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Mileage : ~1200km on going
Price : developnya aja konon habis >1M
Exterior
Ini sebenernya bingung mau bahas apa, hahaha. Lha wong plek2an sama Reborn. Bedanya ada di lampu depan, gril, emblem EV, sticker, sama lampu belakang clear.
Basic mobil ini Venturer, dibongkar habis sisa body interior aja. Itu lampu depan sama belakang ganti juga karena wiringnya ganti, sekalian aja ganti selampu2nya biar keren pas pameran IIMS kemaren. Striping mirip punya Innova anniversary tapi ini biru motif mesin. Gril ketutup karena udah ga perlu cooling lagi, as usual EV lah.
Nah yang menarik itu velgnya. Unit yang saya bawa velgnya punya tipe G-V, bukan punya Venturer kayak pas IIMS. Kenapa gitu? Ya karena ini beda unit. Unit yang velg Venturer itu dipake pameran sama jalan jarak deket aja. Penyebabnya karena ban. Ban Turanza oemnya Venturer itu gak kuat nahan bobot mobil ini, makanya unit yang dipake road test dikasih velg G-V dengan ban Michelin Agilis yang biasanya buat light truck.
Interior
Nah dibanding exterior ini agak banyak bedanya dibanding Venturer biasa. Dari pintu, material sandaran tangannya kain biasa yang lumayan alus. Panel piano black tetep ada. Trim kayu ala Venturer semua diganti motif mirip karbon sampe ke setir2nya.
Orang banyak nyangka ini EV boongan gara-gara speedonya masih ada tachometer. Ya ini tacho boongan sih, soalnya aslinya ini speedo G. Kenapa gak pake speedo Venturer? Soalnya softwarenya banyak yang harus diubah. Tachonya cuma gantiin indikator READY yang biasanya ada di Toyota hybrid. Kalo rpmnya udah di 1 berarti mobil udah ready buat jalan.
Lanjut ke HU, HUnya pake merek entahlah yang bisa mantau kondisi drivetrain. Jadi posisi shifter, rem tangan, batere, sampe berapa tenaga yang dipake bisa diliat di situ. Anehnya camera mundur mobil ini ilang hahaha. Suara audionya sih biasa aja kayak Venturer normal.
Di bawahnya biasa kan ada tombol eco/sport, di sini diganti panel tulisan EV sama tombol power. Loh tombol powernya buat apa? Nah nanti saya jelasin di bawah. Shifter model tombol, ada R, N, D, sama B. Tombol-tombolnya semua sih rasanya aftermarket banget hahaha.
Detail interior lain yang beda ada di jok sama karpet. Saya pikir awalnya niat banget Toyota bikin interior sama exteriornya sebeda itu. Joknya putih, beda sama Innova atau Venturer. Di headrestnya juga ada emboss Innova EV. Karpetnya juga khusus buat Innova EV, ada emboss tulisan Innova EV nya.
Driving
Nah ini bagian yang ditunggu-tunggu pasti hahaha. Begitu masuk, gak ada suara sambutan atau visual display (namanya juga mobil convertan).
Nyalainnya beda, dia ada dua tombol power. Buat nyalain electric systemnya, teken dulu tombol yang ada di tengah. Kalo indikatornya udah nyala, teken lagi sambil tahan barengan sama tombol start-stop biasa. Mobil baru ready untuk jalan kalo rpm nya udah naik dari 0 ke 1.
Setelah itu udah deh, tinggal jalan kayak mobil biasa. Bedanya cuma kalo mundur, gak bisa dari D langsung teken R, harus teken N dulu baru masuk R. Sebenernya mobil matic biasa juga gini sih tapi kan biasanya pake shifter, jadi gak kerasa.
Sebelom jalan, saya kasi tau dulu spec sekilas mobil ini. Innova BEV ini tetep penggerak belakang, sasisnya tetep tangga. That’s why mobil ini beratnya 2.3 ton. Keberatan batere sama ladder hahaha. Motornya punya torsi 700an nm, tenaganya 180an hp. Ya kurleb tenaganya mirip sama Zenix hybrid tapi bobotnya jauh lebih berat. Rangenya? Theoritically, mobil ini bisa 300km full charge. Realnya cuma 220an km aja. Not bad lah 73% dari klaim untuk mobil prototype. Baterenya 60an kWh kayaknya, lupa.
Oke, pencet D, trus jalan. Well mobil ini agak beda dengan EV lainnya yang dari stop digas dikit udah ngacir, Innova EV malah kerasa kayak Innova bensin biasa. Mesti digas agak dalem baru mau maju, tapi emang effortless banget pas udah jalan. Masih kerasa lah aura prototypenya.
Tapi beda cerita kalo digaspol. Tarikannya gila bener buat sebuah MPV gambot. Dan semuanya kerasa aneh, karena kalo ngegaspol Kijang kan bunyinya doang kenceng tapi gak lari, kalo gaspol ini larinya kenceng tapi bunyinya nging nging doang hahaha. Tanjakan Cipularang juga effortless banget ini mobil, gak kayak Innova bensin yang ngeden.
Approx 0-100 10-12 detikan lah tapi, soalnya di high speed dia udah gak narik kayak EV biasanya. Top speednya juga dilimit cuma 120an. Aslinya mobil ini bisa 150 lebih tapi udah gak narik dan risiko panas ke motor dan baterenya. Yang bikin gemes, buat akselerasi ke 120 itu cepet banget, jadi limiternya berasa banget hahaha.
Soal handling, mobil ini agak beda dibanding Reborn normal. Sebabnya karena steering dan suspensionnya juga dirombak total. Karena Innova BEV ini udah full listrik, jadinya power steering pun ngikut jadi EPS. Kaki-kaki pun full diganti karena bobot mobil yang jauh bertambah dibandin Reborn biasa. Even center of gravitynya pun berubah karena batere ditaroh lantai ladder semua. Bagusnya, ground clearance tetep tinggi.
Rasa setirnya jujur aja agak aneh hahaha. Kebiasaan bawa Reborn yang hidrolik, bawa ini jadi agak beda karena ringan banget buat mobil segede gini. Tapi di high speed agak berat karena speed-sensitive dan juga bobot mobil yang berat banget. Ya namanya juga prototype.
Suspensi pun jadi beda, menurut saya enakan ini dibanding Reborn standar. Lebih empuk (ya faktor ban juga sih) kayaknya karena disiapin buat bawa beban 2 ton lebih. Tapi handlingnya (di luar steering aneh tadi) lebih enak dibanding Reborn standar, karena center of gravitynya turun.
Gimana kalo dibawa harian atau jarak jauh. Sadly, seperti yang saya bilang tadi, meskipun baterenya gede, real rangenya cuma 220 km aja. Konsumsi listriknya juga boros, di angka 4-5km/kWh aja dari itung2an saya. Dan itu nyampur ya rute tol dan rute macet2an. Sedikit lebih boros dibanding Ioniq 5 yang bisa di atas 5 km/kWh bahkan sampe 7km/kWh. Tapi ya balik lagi, ini mobil prototype.
Ngecasnya kalo pake chargeran di Toyota itu cuma 4 jam-an. Di rumahan atau nyolok di tempat-tempat umum (colokan standar) itu 8 jam lebih tergantung situasi dan kondisi. Pengalaman saya, jangan coba-coba pake terminal kalo ngecharge Innova ini. Bisa panas banget itu terminal. Mobil EV lain yang saya coba masih bisa kalo darurat, gak sepanas itu. Oh ya Innova EV ini belum support fast charging yah.
Karena mobil ini gak dijual, gak saya kasih kesimpulan ya hahaha.
Info tambahan :
Selain unit ini, seperti yang saya bilang, ada dua lagi di indo dan dua lagi di thai. Yang di indo satu di TAM, satu dibawa keliling buat pameran. Yang di thai diapain? Yang di thai dibongkar sama unit Zenix juga, karena rencananya mau buat Zenix EV.
Emang ada pasarnya?
Nah, pasarnya si Zenix EV ini rencananya bukan buat perorangan, melainkan fleet pemerintahan dan swasta. Demandnya emang dari GSO sama perusahaan2 yang mau go green, salah satunya tambang yang ada risiko safety pake fleet gasoline/diesel. Sama ntar ada buat Kinto juga.
Unitnya belom ada, jadi sabar hahaha.
Thank you!
Berhubung Zenix yang mau saya review platnya belum keluar, bawa yang EV aja sekalian deh. Innova EV ini sedunia cuma ada 5, 2 di thai 3 di indo. Dan mobil ini beneran EV, bukan kayak orang bilang tampangnya doang tapi isinya 2GD. Buatan mana? Bukan buatan Toyota, tapi sistemnya disubcon ke orang aussie.
Mungkin ini review paling eksklusif se-SM raya hahaha, soalnya yang boleh bawa cuma authorized personnel dan beberapa orang di luar Toyota.
Car : 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Mileage : ~1200km on going
Price : developnya aja konon habis >1M
Exterior
Ini sebenernya bingung mau bahas apa, hahaha. Lha wong plek2an sama Reborn. Bedanya ada di lampu depan, gril, emblem EV, sticker, sama lampu belakang clear.
Basic mobil ini Venturer, dibongkar habis sisa body interior aja. Itu lampu depan sama belakang ganti juga karena wiringnya ganti, sekalian aja ganti selampu2nya biar keren pas pameran IIMS kemaren. Striping mirip punya Innova anniversary tapi ini biru motif mesin. Gril ketutup karena udah ga perlu cooling lagi, as usual EV lah.
Nah yang menarik itu velgnya. Unit yang saya bawa velgnya punya tipe G-V, bukan punya Venturer kayak pas IIMS. Kenapa gitu? Ya karena ini beda unit. Unit yang velg Venturer itu dipake pameran sama jalan jarak deket aja. Penyebabnya karena ban. Ban Turanza oemnya Venturer itu gak kuat nahan bobot mobil ini, makanya unit yang dipake road test dikasih velg G-V dengan ban Michelin Agilis yang biasanya buat light truck.
Interior
Nah dibanding exterior ini agak banyak bedanya dibanding Venturer biasa. Dari pintu, material sandaran tangannya kain biasa yang lumayan alus. Panel piano black tetep ada. Trim kayu ala Venturer semua diganti motif mirip karbon sampe ke setir2nya.
Orang banyak nyangka ini EV boongan gara-gara speedonya masih ada tachometer. Ya ini tacho boongan sih, soalnya aslinya ini speedo G. Kenapa gak pake speedo Venturer? Soalnya softwarenya banyak yang harus diubah. Tachonya cuma gantiin indikator READY yang biasanya ada di Toyota hybrid. Kalo rpmnya udah di 1 berarti mobil udah ready buat jalan.
Lanjut ke HU, HUnya pake merek entahlah yang bisa mantau kondisi drivetrain. Jadi posisi shifter, rem tangan, batere, sampe berapa tenaga yang dipake bisa diliat di situ. Anehnya camera mundur mobil ini ilang hahaha. Suara audionya sih biasa aja kayak Venturer normal.
Di bawahnya biasa kan ada tombol eco/sport, di sini diganti panel tulisan EV sama tombol power. Loh tombol powernya buat apa? Nah nanti saya jelasin di bawah. Shifter model tombol, ada R, N, D, sama B. Tombol-tombolnya semua sih rasanya aftermarket banget hahaha.
Detail interior lain yang beda ada di jok sama karpet. Saya pikir awalnya niat banget Toyota bikin interior sama exteriornya sebeda itu. Joknya putih, beda sama Innova atau Venturer. Di headrestnya juga ada emboss Innova EV. Karpetnya juga khusus buat Innova EV, ada emboss tulisan Innova EV nya.
Driving
Nah ini bagian yang ditunggu-tunggu pasti hahaha. Begitu masuk, gak ada suara sambutan atau visual display (namanya juga mobil convertan).
Nyalainnya beda, dia ada dua tombol power. Buat nyalain electric systemnya, teken dulu tombol yang ada di tengah. Kalo indikatornya udah nyala, teken lagi sambil tahan barengan sama tombol start-stop biasa. Mobil baru ready untuk jalan kalo rpm nya udah naik dari 0 ke 1.
Setelah itu udah deh, tinggal jalan kayak mobil biasa. Bedanya cuma kalo mundur, gak bisa dari D langsung teken R, harus teken N dulu baru masuk R. Sebenernya mobil matic biasa juga gini sih tapi kan biasanya pake shifter, jadi gak kerasa.
Sebelom jalan, saya kasi tau dulu spec sekilas mobil ini. Innova BEV ini tetep penggerak belakang, sasisnya tetep tangga. That’s why mobil ini beratnya 2.3 ton. Keberatan batere sama ladder hahaha. Motornya punya torsi 700an nm, tenaganya 180an hp. Ya kurleb tenaganya mirip sama Zenix hybrid tapi bobotnya jauh lebih berat. Rangenya? Theoritically, mobil ini bisa 300km full charge. Realnya cuma 220an km aja. Not bad lah 73% dari klaim untuk mobil prototype. Baterenya 60an kWh kayaknya, lupa.
Oke, pencet D, trus jalan. Well mobil ini agak beda dengan EV lainnya yang dari stop digas dikit udah ngacir, Innova EV malah kerasa kayak Innova bensin biasa. Mesti digas agak dalem baru mau maju, tapi emang effortless banget pas udah jalan. Masih kerasa lah aura prototypenya.
Tapi beda cerita kalo digaspol. Tarikannya gila bener buat sebuah MPV gambot. Dan semuanya kerasa aneh, karena kalo ngegaspol Kijang kan bunyinya doang kenceng tapi gak lari, kalo gaspol ini larinya kenceng tapi bunyinya nging nging doang hahaha. Tanjakan Cipularang juga effortless banget ini mobil, gak kayak Innova bensin yang ngeden.
Approx 0-100 10-12 detikan lah tapi, soalnya di high speed dia udah gak narik kayak EV biasanya. Top speednya juga dilimit cuma 120an. Aslinya mobil ini bisa 150 lebih tapi udah gak narik dan risiko panas ke motor dan baterenya. Yang bikin gemes, buat akselerasi ke 120 itu cepet banget, jadi limiternya berasa banget hahaha.
Soal handling, mobil ini agak beda dibanding Reborn normal. Sebabnya karena steering dan suspensionnya juga dirombak total. Karena Innova BEV ini udah full listrik, jadinya power steering pun ngikut jadi EPS. Kaki-kaki pun full diganti karena bobot mobil yang jauh bertambah dibandin Reborn biasa. Even center of gravitynya pun berubah karena batere ditaroh lantai ladder semua. Bagusnya, ground clearance tetep tinggi.
Rasa setirnya jujur aja agak aneh hahaha. Kebiasaan bawa Reborn yang hidrolik, bawa ini jadi agak beda karena ringan banget buat mobil segede gini. Tapi di high speed agak berat karena speed-sensitive dan juga bobot mobil yang berat banget. Ya namanya juga prototype.
Suspensi pun jadi beda, menurut saya enakan ini dibanding Reborn standar. Lebih empuk (ya faktor ban juga sih) kayaknya karena disiapin buat bawa beban 2 ton lebih. Tapi handlingnya (di luar steering aneh tadi) lebih enak dibanding Reborn standar, karena center of gravitynya turun.
Gimana kalo dibawa harian atau jarak jauh. Sadly, seperti yang saya bilang tadi, meskipun baterenya gede, real rangenya cuma 220 km aja. Konsumsi listriknya juga boros, di angka 4-5km/kWh aja dari itung2an saya. Dan itu nyampur ya rute tol dan rute macet2an. Sedikit lebih boros dibanding Ioniq 5 yang bisa di atas 5 km/kWh bahkan sampe 7km/kWh. Tapi ya balik lagi, ini mobil prototype.
Ngecasnya kalo pake chargeran di Toyota itu cuma 4 jam-an. Di rumahan atau nyolok di tempat-tempat umum (colokan standar) itu 8 jam lebih tergantung situasi dan kondisi. Pengalaman saya, jangan coba-coba pake terminal kalo ngecharge Innova ini. Bisa panas banget itu terminal. Mobil EV lain yang saya coba masih bisa kalo darurat, gak sepanas itu. Oh ya Innova EV ini belum support fast charging yah.
Karena mobil ini gak dijual, gak saya kasih kesimpulan ya hahaha.
Info tambahan :
Selain unit ini, seperti yang saya bilang, ada dua lagi di indo dan dua lagi di thai. Yang di indo satu di TAM, satu dibawa keliling buat pameran. Yang di thai diapain? Yang di thai dibongkar sama unit Zenix juga, karena rencananya mau buat Zenix EV.
Emang ada pasarnya?
Nah, pasarnya si Zenix EV ini rencananya bukan buat perorangan, melainkan fleet pemerintahan dan swasta. Demandnya emang dari GSO sama perusahaan2 yang mau go green, salah satunya tambang yang ada risiko safety pake fleet gasoline/diesel. Sama ntar ada buat Kinto juga.
Unitnya belom ada, jadi sabar hahaha.
Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Naaah ini baru review
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Arsitekturnya 400V atau 800V ya ?, atau malah dibawah itu ?.
Baterenya dah liquid cooled (pake heat exchanger macam Tesla/Ioniq/Mach E), atau masih kipas angin macam Nissan Leaf ?.
Batere NMC atau LiFePO4 ya ?, terus model blade atau cylindrical ?.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
Trakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....



Arsitekturnya 400V atau 800V ya ?, atau malah dibawah itu ?.
Baterenya dah liquid cooled (pake heat exchanger macam Tesla/Ioniq/Mach E), atau masih kipas angin macam Nissan Leaf ?.
Batere NMC atau LiFePO4 ya ?, terus model blade atau cylindrical ?.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
Trakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
^ kayanya masi retrofit pake komponen2 off the shelf om buat proof of concept n ngebangun animo masyarakat 
Menarik si mobil ini keren om sherry bisa ngereview


Menarik si mobil ini keren om sherry bisa ngereview
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Itu masih RWD ya?
Rasanya aneh
Rasanya aneh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Maklum itu adminnya ber.kendarapendoli wrote: Sun Dec 04, 2022 11:02 ^ kayanya masi retrofit pake komponen2 off the shelf om buat proof of concept n ngebangun animo masyarakat
Menarik si mobil ini keren om sherry bisa ngereview![]()

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
pantesan.. levelnya beda



---
develop di aussie karena faktor hilux disono kali ya. juga faktor Thailand (apalgi Indo) belum ada workshop retrofit yg mumpuni kali ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
mantepp reviewnya oom. velgnya yg anniversary limited edition tu
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
e-beam menarik sih, mungkin lom bisa off the shelf utk conversion house?, dan kyknya mahal tu barang.........Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
GA-C klo mau agak dipaksa bisa pke skateboard, kyk di UX300eTrakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
cuma yah, ud mahal range jg ga seberapa. tu mobil saingan ama kona aj ud susah.
masa iya um zenix misal jd 700-800 tp rangenya cuma 300km. imo sih ga worth
better tunggu bZ5X tar di 2025, itu 7 seater
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Benernya kesempatan TAM lho buat pakai e-beam, kalo yg nego ke Magna sekelas TAM mestinya bisa tekan harga, apalagi kalo diliat dari sisi angin pemerintah untuk mempermudah konversi mobil, sayangnya si TAM kayaknya masih jiper sama TMC,darrelund wrote: Sun Dec 04, 2022 15:00e-beam menarik sih, mungkin lom bisa off the shelf utk conversion house?, dan kyknya mahal tu barang.........Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
GA-C klo mau agak dipaksa bisa pke skateboard, kyk di UX300eTrakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
cuma yah, ud mahal range jg ga seberapa. tu mobil saingan ama kona aj ud susah.
masa iya um zenix misal jd 700-800 tp rangenya cuma 300km. imo sih ga worth
better tunggu bZ5X tar di 2025, itu 7 seater






Zenix EV 800 jt, 7 seater, merek Toyota pula, meskipun range cuma 300 km kayaknya laris manis tanjung kimpul deh, lha Wooleng aja dijual 300 juta larisnya kayak gitu….



Naaah… agak pesimis sama BZ5X (dari segi harga ya). Sekarang aja kayak marketing TAM ngabisin black label sebotol baru ngeset harga BZ4X, ntar jangan2 ngabisin Mcallan 18 satu peti baru ngeset harga BZ5X





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Wah banyak juga yang respon, saya jawab sesuai yang saya tau (dan boleh kasih tau
) ya...
untuk gearbox, 5 unit itu beda semua setau saya, ada yang pake model bawaan Reborn, ada yang e-beam, ada yang gak pake gearbox bahkan (kayak tucuxi pak DI) karena buat test bed. spec motornya juga ada yang beda.
Zenix EV itu plan mendadak om karena ada demandnya. kemarin ngobrol2 sama menperin pas line off Zenix, mereka minta Kijang listrik secepat mungkin. aslinya dari awal develop 2019/2020 itu gak direncanain mau buat ev. posisi batere emang jadi concern since itu di bawah jok jelas gak muat, mau ditaroh di belakang juga gak mungkin.
kenapa gak dijual umum? sementara ini TMC belum approve, karena infrastruktur EV di indo belum memadai. Mirai aja mau masukin buat testing gak dikasih sama mereka.
btw, sneak peek dulu ah

buat spec detailnya belum boleh dibuka om, even kap mesin aja diseal gak boleh buka2. kemarin waktu dipamerin bahkan gak boleh masuk kabin.Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Arsitekturnya 400V atau 800V ya ?, atau malah dibawah itu ?.
Baterenya dah liquid cooled (pake heat exchanger macam Tesla/Ioniq/Mach E), atau masih kipas angin macam Nissan Leaf ?.
Batere NMC atau LiFePO4 ya ?, terus model blade atau cylindrical ?.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
Trakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
untuk gearbox, 5 unit itu beda semua setau saya, ada yang pake model bawaan Reborn, ada yang e-beam, ada yang gak pake gearbox bahkan (kayak tucuxi pak DI) karena buat test bed. spec motornya juga ada yang beda.
Zenix EV itu plan mendadak om karena ada demandnya. kemarin ngobrol2 sama menperin pas line off Zenix, mereka minta Kijang listrik secepat mungkin. aslinya dari awal develop 2019/2020 itu gak direncanain mau buat ev. posisi batere emang jadi concern since itu di bawah jok jelas gak muat, mau ditaroh di belakang juga gak mungkin.
kenapa gak dijual umum? sementara ini TMC belum approve, karena infrastruktur EV di indo belum memadai. Mirai aja mau masukin buat testing gak dikasih sama mereka.
betul om memang ini cuma buat ngalihin perhatian aja tadinya, bukti toyota bisa bikin EV juga pake platform Kijang. eh taunya ada demand ya diseriusinpendoli wrote: Sun Dec 04, 2022 11:02 ^ kayanya masi retrofit pake komponen2 off the shelf om buat proof of concept n ngebangun animo masyarakat
Menarik si mobil ini keren om sherry bisa ngereview![]()

masih RWD om betul
jangan dibuka gitu dong kerjaan aneKielConstantine wrote: Sun Dec 04, 2022 11:18Maklum itu adminnya ber.kendarapendoli wrote: Sun Dec 04, 2022 11:02 ^ kayanya masi retrofit pake komponen2 off the shelf om buat proof of concept n ngebangun animo masyarakat
Menarik si mobil ini keren om sherry bisa ngereview![]()
![]()


di indo sendiri udah ada workshop retrofit yang jago om, udah kerja sama sama Astra. sayangnya mereka blm establish pas Kijang EV ini dibuat (2021 awal)kunaskun wrote: Sun Dec 04, 2022 11:47pantesan.. levelnya beda![]()
![]()
![]()
---
develop di aussie karena faktor hilux disono kali ya. juga faktor Thailand (apalgi Indo) belum ada workshop retrofit yg mumpuni kali ya.
hahaha si om tau aja range harganya (kalo dijual) segitu. dari survei pasar sih konsumen nerima aja harganya segitu, tapi range >300 km mereka maunya.darrelund wrote: Sun Dec 04, 2022 15:00e-beam menarik sih, mungkin lom bisa off the shelf utk conversion house?, dan kyknya mahal tu barang.........Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
GA-C klo mau agak dipaksa bisa pke skateboard, kyk di UX300eTrakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
cuma yah, ud mahal range jg ga seberapa. tu mobil saingan ama kona aj ud susah.
masa iya um zenix misal jd 700-800 tp rangenya cuma 300km. imo sih ga worth
better tunggu bZ5X tar di 2025, itu 7 seater
BZ4X ada rencana CKD om, barengan C+Pod, tapi harganya ya gak akan semurah Ioniq 5.. ada sesuatu di baliknyaBibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 16:14Benernya kesempatan TAM lho buat pakai e-beam, kalo yg nego ke Magna sekelas TAM mestinya bisa tekan harga, apalagi kalo diliat dari sisi angin pemerintah untuk mempermudah konversi mobil, sayangnya si TAM kayaknya masih jiper sama TMC,darrelund wrote: Sun Dec 04, 2022 15:00e-beam menarik sih, mungkin lom bisa off the shelf utk conversion house?, dan kyknya mahal tu barang.........Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
GA-C klo mau agak dipaksa bisa pke skateboard, kyk di UX300eTrakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
cuma yah, ud mahal range jg ga seberapa. tu mobil saingan ama kona aj ud susah.
masa iya um zenix misal jd 700-800 tp rangenya cuma 300km. imo sih ga worth
better tunggu bZ5X tar di 2025, itu 7 seater![]()
![]()
, padahal konversian ini kesempatan buat ngidupin karoseri2 jadul langganan TAM jaman dulu, macam pabrik assembling Nasmoco di Cilacap itu kan bisa idup lagi
![]()
![]()
…..
Zenix EV 800 jt, 7 seater, merek Toyota pula, meskipun range cuma 300 km kayaknya laris manis tanjung kimpul deh, lha Wooleng aja dijual 300 juta larisnya kayak gitu….![]()
![]()
Naaah… agak pesimis sama BZ5X (dari segi harga ya). Sekarang aja kayak marketing TAM ngabisin black label sebotol baru ngeset harga BZ4X, ntar jangan2 ngabisin Mcallan 18 satu peti baru ngeset harga BZ5X![]()
![]()
![]()
![]()
. Semoga si Hyundai ndak ketularan edan pas ngeset harga Ioniq 7…..

btw, sneak peek dulu ah

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Wih calya ev punya TAM apa spora tu om?
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
nice review oom, velg sm stoplampnya cakep juga hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Jangan2 dua bulan lalu pengguna EV diajak FGD dibayarin per kepala cetiaw itu proyeknya TAM, bukan proyeknya HMID
. Waktu itu saya ditanya kalo harga 800 juta tapi range cuma 300 km kurang dikit mau enggak saya bilang mau
. Tapi EV ini benernya bukan di range aja si, tapi lebih di batere, jadi kalo range 300 km ya wajarnya kasih batere 50an kW, dgn asumsi paling apess banget harus 1 kWh=6 km (I5 dikasih 72 kW, standar 438 km, tp temen2 banyak yang dapet 480-500 km). Kalo BZ4X dipanteng di 1.2 M berarti emang murni ngandelin nama besar Toyota ya ?, secara KIA EV6 aja dipasang di harga segitu tapi dah dapet AWD + batere 77 kWh. Kalo memang ndak mau pasang harga deket2 ama I5 ya berarti emang TMC bener2 niat ngelepas pasar EV di Indonesia, pantes di thread sebelah oom NR bilang TMC mau cabut dari mari.....
Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
....
Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...






Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra






Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
wah unik ya saya kira malah Jinik siap EV? tapi ya bener juga si gimana caranya bikin MPV 3 baris bisa range 300++ minimal, kalau sudah bisa feasible bakal jadi achievement tersendiri.sherryandkez wrote: Sun Dec 04, 2022 16:44 buat spec detailnya belum boleh dibuka om, even kap mesin aja diseal gak boleh buka2. kemarin waktu dipamerin bahkan gak boleh masuk kabin.
untuk gearbox, 5 unit itu beda semua setau saya, ada yang pake model bawaan Reborn, ada yang e-beam, ada yang gak pake gearbox bahkan (kayak tucuxi pak DI) karena buat test bed. spec motornya juga ada yang beda.
Zenix EV itu plan mendadak om karena ada demandnya. kemarin ngobrol2 sama menperin pas line off Zenix, mereka minta Kijang listrik secepat mungkin. aslinya dari awal develop 2019/2020 itu gak direncanain mau buat ev. posisi batere emang jadi concern since itu di bawah jok jelas gak muat, mau ditaroh di belakang juga gak mungkin.
kenapa gak dijual umum? sementara ini TMC belum approve, karena infrastruktur EV di indo belum memadai. Mirai aja mau masukin buat testing gak dikasih sama mereka.
dan jadinya ini kali yadi indo sendiri udah ada workshop retrofit yang jago om, udah kerja sama sama Astra. sayangnya mereka blm establish pas Kijang EV ini dibuat (2021 awal)
========
BZ4X ada rencana CKD om, barengan C+Pod, tapi harganya ya gak akan semurah Ioniq 5.. ada sesuatu di baliknya![]()
btw, sneak peek dulu ah![]()
1151364.jpg
1151363.jpg



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
lebih ke arah test the water saja sepertinya. kerjaan Toyota kan kadang suka seperti itu, siapa tahu market bisa serap. toh nothing to loose, secara tinggal import doang dari Thailand. kalau gagal ya stop dan cabut, kalau sukses import lagi.Bibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Jangan2 dua bulan lalu pengguna EV diajak FGD dibayarin per kepala cetiaw itu proyeknya TAM, bukan proyeknya HMID![]()
![]()
. Waktu itu saya ditanya kalo harga 800 juta tapi range cuma 300 km kurang dikit mau enggak saya bilang mau
![]()
![]()
. Tapi EV ini benernya bukan di range aja si, tapi lebih di batere, jadi kalo range 300 km ya wajarnya kasih batere 50an kW, dgn asumsi paling apess banget harus 1 kWh=6 km (I5 dikasih 72 kW, standar 438 km, tp temen2 banyak yang dapet 480-500 km). Kalo BZ4X dipanteng di 1.2 M berarti emang murni ngandelin nama besar Toyota ya ?, secara KIA EV6 aja dipasang di harga segitu tapi dah dapet AWD + batere 77 kWh. Kalo memang ndak mau pasang harga deket2 ama I5 ya berarti emang TMC bener2 niat ngelepas pasar EV di Indonesia, pantes di thread sebelah oom NR bilang TMC mau cabut dari mari.....
soal infrastructure kayanya lebih kearah: SPKLU, dan kontradiksi daya listrik terpasang di rumah, satu sisi suruh konsumen naikin daya yang ada akan terjadi lagi mitos2 seperti tarif listrik jadi mahal bla2, dari pemerintah juga aneh, udahlah itu PLN oversupply eh tarif listrik Rumah tangga malah balik lagi jadi sekian golongan dengan tarif progresif. ya jualan mobil juga makin kejepit. disuruh edukasi berlapis2.
Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
yang di engine bay sepertinya Power Unit.
Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
toyota punya, spora mah dia klasikan mainnya. ini mobil gak dibawa kemana2 soalnya maticnya stuck di gigi 1

iya ini pernah lagi parkir ditanyain stoplampnya beli dimana, lah kirain mau nanyain mobilnya
kalo FGD saya no komen omBibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Jangan2 dua bulan lalu pengguna EV diajak FGD dibayarin per kepala cetiaw itu proyeknya TAM, bukan proyeknya HMID![]()
![]()
. Waktu itu saya ditanya kalo harga 800 juta tapi range cuma 300 km kurang dikit mau enggak saya bilang mau
![]()
![]()
. Tapi EV ini benernya bukan di range aja si, tapi lebih di batere, jadi kalo range 300 km ya wajarnya kasih batere 50an kW, dgn asumsi paling apess banget harus 1 kWh=6 km (I5 dikasih 72 kW, standar 438 km, tp temen2 banyak yang dapet 480-500 km). Kalo BZ4X dipanteng di 1.2 M berarti emang murni ngandelin nama besar Toyota ya ?, secara KIA EV6 aja dipasang di harga segitu tapi dah dapet AWD + batere 77 kWh. Kalo memang ndak mau pasang harga deket2 ama I5 ya berarti emang TMC bener2 niat ngelepas pasar EV di Indonesia, pantes di thread sebelah oom NR bilang TMC mau cabut dari mari.....
Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...

BZ4X CKD estimasi tetep di atas Ioniq 5, 900an lah kira2. ngelepas pasar EV di Indo? no no.. Toyota masih mantengin Hybrid dulu disini, EV lanjutannya nanti

ga siap dari segi infrastruktur juga itu dari konsumen sih bilangnya gitu
Calya itu baterenya di belakang om
Zenix itu ga siap EV oom,wong batere hybridnya aja kecilkunaskun wrote: Mon Dec 05, 2022 6:14wah unik ya saya kira malah Jinik siap EV? tapi ya bener juga si gimana caranya bikin MPV 3 baris bisa range 300++ minimal, kalau sudah bisa feasible bakal jadi achievement tersendiri.sherryandkez wrote: Sun Dec 04, 2022 16:44 buat spec detailnya belum boleh dibuka om, even kap mesin aja diseal gak boleh buka2. kemarin waktu dipamerin bahkan gak boleh masuk kabin.
untuk gearbox, 5 unit itu beda semua setau saya, ada yang pake model bawaan Reborn, ada yang e-beam, ada yang gak pake gearbox bahkan (kayak tucuxi pak DI) karena buat test bed. spec motornya juga ada yang beda.
Zenix EV itu plan mendadak om karena ada demandnya. kemarin ngobrol2 sama menperin pas line off Zenix, mereka minta Kijang listrik secepat mungkin. aslinya dari awal develop 2019/2020 itu gak direncanain mau buat ev. posisi batere emang jadi concern since itu di bawah jok jelas gak muat, mau ditaroh di belakang juga gak mungkin.
kenapa gak dijual umum? sementara ini TMC belum approve, karena infrastruktur EV di indo belum memadai. Mirai aja mau masukin buat testing gak dikasih sama mereka.
dan jadinya ini kali yadi indo sendiri udah ada workshop retrofit yang jago om, udah kerja sama sama Astra. sayangnya mereka blm establish pas Kijang EV ini dibuat (2021 awal)
========
BZ4X ada rencana CKD om, barengan C+Pod, tapi harganya ya gak akan semurah Ioniq 5.. ada sesuatu di baliknya![]()
btw, sneak peek dulu ah![]()
1151364.jpg
1151363.jpg![]()
![]()
![]()

belom dikaji leboh lanjut om sama Toyota, itu baru konsumen yang bilang kalo infrastruktur blm memadai. nah targetnya dari si Zenix EV ini kan juga bukan early adopter yang siap nyesuaiin, tapi bapak bapak pejabat yang taunya enak enak ajakunaskun wrote: Mon Dec 05, 2022 6:20lebih ke arah test the water saja sepertinya. kerjaan Toyota kan kadang suka seperti itu, siapa tahu market bisa serap. toh nothing to loose, secara tinggal import doang dari Thailand. kalau gagal ya stop dan cabut, kalau sukses import lagi.Bibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Jangan2 dua bulan lalu pengguna EV diajak FGD dibayarin per kepala cetiaw itu proyeknya TAM, bukan proyeknya HMID![]()
![]()
. Waktu itu saya ditanya kalo harga 800 juta tapi range cuma 300 km kurang dikit mau enggak saya bilang mau
![]()
![]()
. Tapi EV ini benernya bukan di range aja si, tapi lebih di batere, jadi kalo range 300 km ya wajarnya kasih batere 50an kW, dgn asumsi paling apess banget harus 1 kWh=6 km (I5 dikasih 72 kW, standar 438 km, tp temen2 banyak yang dapet 480-500 km). Kalo BZ4X dipanteng di 1.2 M berarti emang murni ngandelin nama besar Toyota ya ?, secara KIA EV6 aja dipasang di harga segitu tapi dah dapet AWD + batere 77 kWh. Kalo memang ndak mau pasang harga deket2 ama I5 ya berarti emang TMC bener2 niat ngelepas pasar EV di Indonesia, pantes di thread sebelah oom NR bilang TMC mau cabut dari mari.....
soal infrastructure kayanya lebih kearah: SPKLU, dan kontradiksi daya listrik terpasang di rumah, satu sisi suruh konsumen naikin daya yang ada akan terjadi lagi mitos2 seperti tarif listrik jadi mahal bla2, dari pemerintah juga aneh, udahlah itu PLN oversupply eh tarif listrik Rumah tangga malah balik lagi jadi sekian golongan dengan tarif progresif. ya jualan mobil juga makin kejepit. disuruh edukasi berlapis2.
Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
yang di engine bay sepertinya Power Unit.
Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...

“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Eh kelewat td di atas, cpod mau produksi juga nih? Kalo seharga wulink menarik si hahaha
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
terima sih terima, apalagi klo zenix. ud toyota 7 seater pulasherryandkez wrote: Sun Dec 04, 2022 16:44hahaha si om tau aja range harganya (kalo dijual) segitu. dari survei pasar sih konsumen nerima aja harganya segitu, tapi range >300 km mereka maunya.darrelund wrote: Sun Dec 04, 2022 15:00e-beam menarik sih, mungkin lom bisa off the shelf utk conversion house?, dan kyknya mahal tu barang.........Bibieight wrote: Sun Dec 04, 2022 9:48 Naaah ini baru review![]()
![]()
. Kalo bole nanya dalem dikit.
Sekilas pas IIMS sy ngolong, CMIIW, masih pake gearbox lama ya ?, kenapa ndak pake e-beam aja ya ?, punya Magna misalnya, kan jd ngirit berat gearbox+as kopel.
GA-C klo mau agak dipaksa bisa pke skateboard, kyk di UX300eTrakhir, itu Zenix EV kan chassis basis TNGA-C baterenya emang bisa ya pake model skateboard ?, atau akhirnya maksa baterenya disusun sedemikian rupa kayak Kona ya ?. Ngeliat I5 inden ampe upping2 ndak masuk akal, kenapa ya ndak pre-emptive Zenix EV jual umum ?, daripada keduluan I7 ?.....
cuma yah, ud mahal range jg ga seberapa. tu mobil saingan ama kona aj ud susah.
masa iya um zenix misal jd 700-800 tp rangenya cuma 300km. imo sih ga worth
better tunggu bZ5X tar di 2025, itu 7 seater
tapi yah rangenya minimal real 400-450km lah, range segitu mirip" fuel cons ribon disel kaki ga sekolah
pake directdrive, motor listrik taro depan, power cukup 200an, kasi batere 70-80kwh aja. scr teori bisa sih atleast 400km
atau klo modal niat (dan ga mahal) bisa pake independen axle punya cocross awd colok di zenix EV supaya rwd

cuma liat hasil jadinya modelan bz4x, ux300e. jadi agak pesimis

toyota scr konsep listriknya ud bagus, cuma eksekusinya itu lho. bz4x fwd aja real rangenya cuma 350km

1.2M cuma dapet 350km ya ogah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
masalahin infrastrukur itu kyk nanyain "ayam dulu atau telor dulu?" ya ga abis" umBibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
mending merk automotive di indo patungan & bikin konsorsium utk bangun charger, kyk ionity (joinan bmw, merc, ford, vw, hyundai). biar ga nanggung sendirian biayanya
gausa pusingin charger dlm kota
taro aja charger 150-200kw di tiap rest area cikampek-transjawa, orsng pasti mau pke EV kok
yg org takutin kan jalan jauhnya
toh charger kan bukan cuma buat EV aja, PHEV bisa pake koq
mau range cuma 300km dikit klo charger banyak mah aman aja
skrg masalahnya
mau apa ndak, ego nya mau kompromi ndak

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Katanya sih, charger 200 kW ex G20 bakal disebar sebagian di Jawa, tol trans Jawa kebagian, jalur selatan (di kantor2 PLN) kebagian juga. Cuma kalo saya pribadi si sayang dicas pake 200 kW, mending 60 kW, paling juga cuma selisih 15-20 menit.darrelund wrote: Mon Dec 05, 2022 11:17masalahin infrastrukur itu kyk nanyain "ayam dulu atau telor dulu?" ya ga abis" umBibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
mending merk automotive di indo patungan & bikin konsorsium utk bangun charger, kyk ionity (joinan bmw, merc, ford, vw, hyundai). biar ga nanggung sendirian biayanya
gausa pusingin charger dlm kota
taro aja charger 150-200kw di tiap rest area cikampek-transjawa, orsng pasti mau pke EV kok
yg org takutin kan jalan jauhnya
toh charger kan bukan cuma buat EV aja, PHEV bisa pake koq
mau range cuma 300km dikit klo charger banyak mah aman aja
skrg masalahnya
mau apa ndak, ego nya mau kompromi ndak![]()
Kalo tempatnya, yg repot itu rest area non Jasa Marga, mereka minta SPKLUnya bayar sewa, nah kan tambah berat lagi buat start awalnya. Mangkanya kemaren kan sempat ada skema flat fee + charge per kW, tambah gede daya yg disupply tambah mahal, biar ada investor yg berani masuk, terus tarifnya juga dikasih tarif bulk PLN IDR 700/kWh biar bisa dijual antara IDR 2700 - IDR 4000 per kWh, jadi bukan beda2 kwalitas setrumnya, tapi beda2 waktu cas2annya….
Nah, investornya kayaknya PLN pendekatannya sama kayak investor pom bensin, independen ndak terikat ATPM. Masalahnya ini kan bisnis yg gede setorannya di depan buat beli SPKLUnya, tapi margin per kWhnya gede, berbanding terbalik ama Pom bensin, yg inves awalnya relatif rendah tp marginnya kecil banget….
Tapi rasa2nya sih kalo kebijaksanaannya konsisten, 2-3 tahun kedepan bisnis SPKLU di jalan tol dah feasible, Ioniq 5 aja dah inden sd 5000 unit, nah masalahnya pada saat itu kan trend harga, standar performance dah telanjur diset Hyundai, contoh kecil, si BZ4X cuma bisa telen 150 kWh, bayar 4000 perak di mesin 200 kW ya sama aja cuma max 150 kWh, nah si Hyundai kan max-nya 200 kW, ya dari waktu menang kan lawan si BZ4X



Kalo gini kan lama2 top of mind EV jangan2 dah kepegang sama Hyundai, jadi aneh aja buat sy kalo Toyota menyerahkan inisiatif, atau jangan2 dia jumawa ya, gw masuk ya tetep elu abis



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
berhubung charging nya lama, berarti SPKLU ini cocoknya bersama tempat istirahat, seperti parkiran resto atau mall ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Yg namanye elektrik urusannye ama kabel2.
Klo mobil parkir di luar, biasanye tuh kabel2 jadi cemilannye curut ama tikus…
Klo mobil parkir di luar, biasanye tuh kabel2 jadi cemilannye curut ama tikus…

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Betul… malah kalo tempat2 gitu ndak perlu colokan daya gede2… 10 kW aja kalo ditinggal nonton Wakanda Forever+makan+jalan dr parkiran kurleb 3 jam dah dapet 30 kW. Segitu kalo Ioniq 5 LR atau BZ4X dah nambah 40%, kalo Wuling Air malah dah penuh, bawa Lexus dah 80%…..ilhami wrote: Tue Dec 06, 2022 7:28 berhubung charging nya lama, berarti SPKLU ini cocoknya bersama tempat istirahat, seperti parkiran resto atau mall ya?
SPKLU daya super gede itu cocoknya di rest area tol, kalo 150 kW Ioniq/BZ4X isi 70% cuma butuh 20 menit…..
Lha Ioniq di US kan sempat bikin gara2 buat orang yg tinggal di pinggir hutan. Gara2 sok eko-eko-an bungkus kabelnya pake yg biodegradable basis kedelai apa gimana gitu… ada kejadian habis dimakan bajingDogies wrote: Tue Dec 06, 2022 9:15 Yg namanye elektrik urusannye ama kabel2.
Klo mobil parkir di luar, biasanye tuh kabel2 jadi cemilannye curut ama tikus…![]()





-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
seminggu lalu, stasiun pegisian mobil listrik nambah 5 colokan di Plaza Senayan, samping gerbang Palem.kunaskun wrote: Mon Dec 05, 2022 6:20lebih ke arah test the water saja sepertinya. kerjaan Toyota kan kadang suka seperti itu, siapa tahu market bisa serap. toh nothing to loose, secara tinggal import doang dari Thailand. kalau gagal ya stop dan cabut, kalau sukses import lagi.Bibieight wrote: Mon Dec 05, 2022 6:12 Jangan2 dua bulan lalu pengguna EV diajak FGD dibayarin per kepala cetiaw itu proyeknya TAM, bukan proyeknya HMID![]()
![]()
. Waktu itu saya ditanya kalo harga 800 juta tapi range cuma 300 km kurang dikit mau enggak saya bilang mau
![]()
![]()
. Tapi EV ini benernya bukan di range aja si, tapi lebih di batere, jadi kalo range 300 km ya wajarnya kasih batere 50an kW, dgn asumsi paling apess banget harus 1 kWh=6 km (I5 dikasih 72 kW, standar 438 km, tp temen2 banyak yang dapet 480-500 km). Kalo BZ4X dipanteng di 1.2 M berarti emang murni ngandelin nama besar Toyota ya ?, secara KIA EV6 aja dipasang di harga segitu tapi dah dapet AWD + batere 77 kWh. Kalo memang ndak mau pasang harga deket2 ama I5 ya berarti emang TMC bener2 niat ngelepas pasar EV di Indonesia, pantes di thread sebelah oom NR bilang TMC mau cabut dari mari.....
soal infrastructure kayanya lebih kearah: SPKLU, dan kontradiksi daya listrik terpasang di rumah, satu sisi suruh konsumen naikin daya yang ada akan terjadi lagi mitos2 seperti tarif listrik jadi mahal bla2, dari pemerintah juga aneh, udahlah itu PLN oversupply eh tarif listrik Rumah tangga malah balik lagi jadi sekian golongan dengan tarif progresif. ya jualan mobil juga makin kejepit. disuruh edukasi berlapis2.
Kalo infra ya, titik kritis kalo buat luar kota, selebihnya si pake listrik rumah juga dah oke, jadi heran juga ama alasan TMC bilang Indonesia ndak siap dari segi infra![]()
![]()
, kalo Mirai kan emang makan hidrogen cair, ngisi juga cuma bisa di IGI Pegangsaan Dua
![]()
![]()
....
yang di engine bay sepertinya Power Unit.
Btw, itu Calya batere depan ya ?, apa ndak berat banget depannya ya ?, mending Agya yg di booth Daihatsu pas GIIAS kemaren tu, batere dibaut dibawah lantai. Itu Spora berarti dah resmi dapet ijin jadi konverter mobil ya ?...
tadinya cuma ada 2 slot itupun buat Mitsu.
sebelumnya lagi , sekitar 10 tahun lalu, ada 1 cas casan di parkiran Gedung buat MItsu juga.
semoga ini pertanda makin banyak cas casan seantero +62 tercinta ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Tinggal menunggu SPKLU terus bertambah, sehingga jarak tempuh yang pendek tidak terlalu masalah.