Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Halo rekan-rekan SM, kali ini saya mau berbagi review jangka panjang dari mobil yang sudah saya pakai dari baru selama lebih kurang lima tahun. Mungkin dulu ada yang sudah pernah baca review saya di SM saat mobil itu masih berumur beberapa bulan. Reviewnya bisa cek di sini viewtopic.php?t=26585
Nah, kaya apa sih pengalaman pakai mobil yang satu ini selama lima tahun? Saya yakin semua pasti pernah naik mobil ini. Yang jadi angkutan umum banyak banget soalnya…hahahaha. Oke, jadi mobilnya sudah menempuh jarak +/- 70.600 km saat tulisan ini dibuat. Boleh dibilang nggak terlalu banyak jalan untuk mobil umur segini, karena memang satu tahun terakhir ini saya lebih banyak naik Honda roda dua.
Secara keseluruhan kondisi mobil masih sangat baik dan rasa berkendaranya nggak jauh berbeda dengan saat mobil masih baru. Lumayan badak sih, kaki-kaki juga masih senyap, padahal sebulan sekali saya pakai ke daerah Tenjo, Bogor Barat via Pagedangan, Curug dan seterusnya dengan kondisi jalanan yang kurang oke. AC juga masih dingin banget, saya cuma rutin ganti filter kabin sama jaga kebersihan interior (kebetulan saya penganut pantang bongkar AC kalau nggak ada masalah).
Untuk yang sudah diganti selama ini:
- Bridgestone Ecopia bawaan mobil minta ganti di kilometer 51.433, penggantinya saya pakai Continental Comfort Contact 6.
- Brake Pad depan habis di kilometer 43.500.
- Di kilometer 54.000 ikut program recall Fuel Pump.
- Accu basah bawaan mobil sanggup bertahan 4 tahun 2 bulan atau di kilometer 60.676. Saya ganti dengan accu yang sama persis.
- Wiper dan Filter Kabin ganti setahun sekali.
Dari sisi teknis mobil ini memang masuk kategori mudah dirawat. Selepas kilometer 30.000 saya memutuskan tidak lagi ke BeRes dan melakukan perawatan rutin sendiri di rumah. Untuk oli mesin saya pakai oli kelas “standar”, dari kilometer 1.000 s/d 30.000 saya pakai TMO 5W30 dan dari 30.000 s/d sekarang saya pakai DGO 5W30, diganti tiap 5.000 km plus filter olinya dan sejauh ini dalaman mesin masih kinclong. Untuk oli transmisi otomatis jadwal penggantian saya potong 50% dari rekomendasi di buku manual. Yang sampai saat ini bikin bingung kapasitas oli gardannya, mobil kecil kaya begini butuh 3,7 liter oli gardan sekali ganti. Sisanya seperti saringan udara, coolant dan minyak rem juga saya ganti secara periodik.
Bicara soal rasa berkendara, kayanya nggak terlalu banyak yang bisa dibahas, mobilnya spartan dan nggak banyak fitur, murni melaksanakan fungsi dasar pindah dari titik A ke B yang dalam hal ini sudah cukup memenuhi kebutuhan saya seperti kirim-kirim dagangan, bawa orang tua berobat, bawa sepeda dan sesekali liburan keluar kota. Oh iya, mobil ini saat lari 100 km/h jarum rpm nya ada di +/- 3.200 dan transmisi otomatisnya kurang cerdas alias suka bingung dikit kalo lagi jalan di lalu lintas padat. Untuk rentang konsumsi BBM nya cukup luas, ada di kisaran 1:9 s/d 1:18, tergantung kondisi medan jalan dan kepadatan lalu lintas (BBM selalu oktan 92). Belum lama saya pakai ke Bandung di MID bisa tembus 1:19,5.
Kekurangan yang paling saya rasakan, apalagi sebagai penderita HNP adalah jok depannya, di bagian punggung bawah nyaris rata, jadinya pegal banget setelah dua jam berkendara. Untuk suspensi cenderung keras, tapi masih dalam batas toleransi kalau buat saya (karena sebelum Avanza saya pakai Daihatsu Taft selama 18 tahun). Satu hal yang kadang saya perlukan tapi nggak ada di mobil ini adalah heater, karena saya dan istri kalau liburan senang ke daerah yang dingin. Satu lagi yang rutin minta ganti setidaknya setahun sekali adalah plastik pegangan penahan kap mesin, gampang banget patah. Jadinya saya selalu bawa serep, tapi per pc cuma 5.000 rupiah, hahaha…ya udah sekali beli langsung tiga.
Yang bisa saya simpulkan dari pengalaman selama lima tahun ini: kombinasi dari daya angkut yang lumayan, mudah dirawat, dipakai nanjak enteng banget dan konsumsi BBM relatif irit membuat saya belum kepikiran buat ganti mobil, walaupun rasa mobilnya ya gitu-gitu aja, terutama soal kenyamanan ya gitu deh. Apalagi buat orang "kuno" macam saya gini, yang nggak terlalu pusing sama fitur ini itu, pilihan mobil di masa depan apalagi yang RWD jadi makin terbatas alias mahal banget.
Nah, kaya apa sih pengalaman pakai mobil yang satu ini selama lima tahun? Saya yakin semua pasti pernah naik mobil ini. Yang jadi angkutan umum banyak banget soalnya…hahahaha. Oke, jadi mobilnya sudah menempuh jarak +/- 70.600 km saat tulisan ini dibuat. Boleh dibilang nggak terlalu banyak jalan untuk mobil umur segini, karena memang satu tahun terakhir ini saya lebih banyak naik Honda roda dua.
Secara keseluruhan kondisi mobil masih sangat baik dan rasa berkendaranya nggak jauh berbeda dengan saat mobil masih baru. Lumayan badak sih, kaki-kaki juga masih senyap, padahal sebulan sekali saya pakai ke daerah Tenjo, Bogor Barat via Pagedangan, Curug dan seterusnya dengan kondisi jalanan yang kurang oke. AC juga masih dingin banget, saya cuma rutin ganti filter kabin sama jaga kebersihan interior (kebetulan saya penganut pantang bongkar AC kalau nggak ada masalah).
Untuk yang sudah diganti selama ini:
- Bridgestone Ecopia bawaan mobil minta ganti di kilometer 51.433, penggantinya saya pakai Continental Comfort Contact 6.
- Brake Pad depan habis di kilometer 43.500.
- Di kilometer 54.000 ikut program recall Fuel Pump.
- Accu basah bawaan mobil sanggup bertahan 4 tahun 2 bulan atau di kilometer 60.676. Saya ganti dengan accu yang sama persis.
- Wiper dan Filter Kabin ganti setahun sekali.
Dari sisi teknis mobil ini memang masuk kategori mudah dirawat. Selepas kilometer 30.000 saya memutuskan tidak lagi ke BeRes dan melakukan perawatan rutin sendiri di rumah. Untuk oli mesin saya pakai oli kelas “standar”, dari kilometer 1.000 s/d 30.000 saya pakai TMO 5W30 dan dari 30.000 s/d sekarang saya pakai DGO 5W30, diganti tiap 5.000 km plus filter olinya dan sejauh ini dalaman mesin masih kinclong. Untuk oli transmisi otomatis jadwal penggantian saya potong 50% dari rekomendasi di buku manual. Yang sampai saat ini bikin bingung kapasitas oli gardannya, mobil kecil kaya begini butuh 3,7 liter oli gardan sekali ganti. Sisanya seperti saringan udara, coolant dan minyak rem juga saya ganti secara periodik.
Bicara soal rasa berkendara, kayanya nggak terlalu banyak yang bisa dibahas, mobilnya spartan dan nggak banyak fitur, murni melaksanakan fungsi dasar pindah dari titik A ke B yang dalam hal ini sudah cukup memenuhi kebutuhan saya seperti kirim-kirim dagangan, bawa orang tua berobat, bawa sepeda dan sesekali liburan keluar kota. Oh iya, mobil ini saat lari 100 km/h jarum rpm nya ada di +/- 3.200 dan transmisi otomatisnya kurang cerdas alias suka bingung dikit kalo lagi jalan di lalu lintas padat. Untuk rentang konsumsi BBM nya cukup luas, ada di kisaran 1:9 s/d 1:18, tergantung kondisi medan jalan dan kepadatan lalu lintas (BBM selalu oktan 92). Belum lama saya pakai ke Bandung di MID bisa tembus 1:19,5.
Kekurangan yang paling saya rasakan, apalagi sebagai penderita HNP adalah jok depannya, di bagian punggung bawah nyaris rata, jadinya pegal banget setelah dua jam berkendara. Untuk suspensi cenderung keras, tapi masih dalam batas toleransi kalau buat saya (karena sebelum Avanza saya pakai Daihatsu Taft selama 18 tahun). Satu hal yang kadang saya perlukan tapi nggak ada di mobil ini adalah heater, karena saya dan istri kalau liburan senang ke daerah yang dingin. Satu lagi yang rutin minta ganti setidaknya setahun sekali adalah plastik pegangan penahan kap mesin, gampang banget patah. Jadinya saya selalu bawa serep, tapi per pc cuma 5.000 rupiah, hahaha…ya udah sekali beli langsung tiga.
Yang bisa saya simpulkan dari pengalaman selama lima tahun ini: kombinasi dari daya angkut yang lumayan, mudah dirawat, dipakai nanjak enteng banget dan konsumsi BBM relatif irit membuat saya belum kepikiran buat ganti mobil, walaupun rasa mobilnya ya gitu-gitu aja, terutama soal kenyamanan ya gitu deh. Apalagi buat orang "kuno" macam saya gini, yang nggak terlalu pusing sama fitur ini itu, pilihan mobil di masa depan apalagi yang RWD jadi makin terbatas alias mahal banget.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by classicrock on Mon Nov 28, 2022 4:49, edited 1 time in total.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Wah apik banget om
Avanza aja dikasi ban sultan yak pasti lainnya juga terawat baik
Ga ganti jok aja om supaya lebi empuk?
Avanza aja dikasi ban sultan yak pasti lainnya juga terawat baik
Ga ganti jok aja om supaya lebi empuk?
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Hehe, waktu itu CC6 saya dapet lebih murah dari Ecopia malah om. Kalo buat jok saya lagi cobain bantalan buat punggung, jadi berasa ada lumbar supportnya.pendoli wrote:Wah apik banget om
Avanza aja dikasi ban sultan yak pasti lainnya juga terawat baik [emoji108]
Ga ganti jok aja om supaya lebi empuk?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Dulu saya juga pake lumbar support yg jaring2, trus beli bantal wasir yg tengahnya bolong jadi ga terlalu nelen tulang belakang om
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Nais ripiu om.
Avanza lama mah 70rb masih itungan inreyen om. Hahahaha.
Avanza lama mah 70rb masih itungan inreyen om. Hahahaha.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
nice review om. kebetulan pernah make avanza beberapa kali mulai dari gen 1 - sekarang masih miara yg g manual 2019. ya emg bener semua yg om bilang. mobil ini cocok buat orang yg perlu mobil transport dari A ke B yg durable, bandel, awet, perawatan murah, irit, lega , muat banyak, part gampang ada dimana mana dan dijual lagi harganya gak jatoh2 amat hehehe + bisa diisi bbm dan oli apa aja. pengalaman miara gen ini dulu buat dagangan beberapa kali mulai dari yg 2017 - terakhir 2018 sih cukup bandel dan awet, sampe dijual pas kmnya 80an kecil (mirip2 kaya punya om) gaada masalah yg aneh aneh, cuma ganti oli dan servis rutin aja. cuma minusnya yg matic ini cuma tarikan bawahnya aja yg agak kurang menurut saya (kebetulan saya pakai yg manualnya dan beberapa kali pernah naik yg maticnya hehehe)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
masih low km om hitungannya, apalagi buat avanza yg notabene banyak dijadiin mobil AKAP, travel, rental, PT , tambang sm taksol . dulu pernah miara tahun 2017 g manual km 80rban aja tahun 2020 lalu masih kaya baru tarikannya alias masih tokcersintoni wrote: Mon Nov 28, 2022 6:21 Nais ripiu om.
Avanza lama mah 70rb masih itungan inreyen om. Hahahaha.

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 723
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Avanza ini mobil all rounder
Semua bs tercukupi oleh nih mobil buat org yg butuh kegunaan bukan gengsi
Muat banyak, service dimana mana, tahan banting, radius putar kecil, bisa masuk pelosok
Kondisi udh buluk aja, masih banjir peminat sekennya
Mobil idaman syaa nih kalau lg naik taksi online, dapet avanza bersyukur bgt dibanding klo dapet adiknya udh siap mabok
Semua bs tercukupi oleh nih mobil buat org yg butuh kegunaan bukan gengsi
Muat banyak, service dimana mana, tahan banting, radius putar kecil, bisa masuk pelosok
Kondisi udh buluk aja, masih banjir peminat sekennya
Mobil idaman syaa nih kalau lg naik taksi online, dapet avanza bersyukur bgt dibanding klo dapet adiknya udh siap mabok
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
pendoli wrote:Dulu saya juga pake lumbar support yg jaring2, trus beli bantal wasir yg tengahnya bolong jadi ga terlalu nelen tulang belakang om
Hehe iya om, andaikan ada lumbar support bawaan sih pasti ngga bikin pegel pegel amat.
sintoni wrote:Nais ripiu om.
Avanza lama mah 70rb masih itungan inreyen om. Hahahaha.
Haha gitu ya om, artinya mesti lebih banyak jalan nih.
Pboyz97 wrote:nice review om. kebetulan pernah make avanza beberapa kali mulai dari gen 1 - sekarang masih miara yg g manual 2019. ya emg bener semua yg om bilang. mobil ini cocok buat orang yg perlu mobil transport dari A ke B yg durable, bandel, awet, perawatan murah, irit, lega , muat banyak, part gampang ada dimana mana dan dijual lagi harganya gak jatoh2 amat hehehe + bisa diisi bbm dan oli apa aja. pengalaman miara gen ini dulu buat dagangan beberapa kali mulai dari yg 2017 - terakhir 2018 sih cukup bandel dan awet, sampe dijual pas kmnya 80an kecil (mirip2 kaya punya om) gaada masalah yg aneh aneh, cuma ganti oli dan servis rutin aja. cuma minusnya yg matic ini cuma tarikan bawahnya aja yg agak kurang menurut saya (kebetulan saya pakai yg manualnya dan beberapa kali pernah naik yg maticnya hehehe)
Iya om, kesan kesannya lebih kurang sama. Betul memang tarikan awalnya terasa lebih halus alias ngga agresif dibanding yang manual, tapi kalo yang manual saya udah ngga betah buat nyetir di Jakarta.
carlzeiss wrote:Avanza ini mobil all rounder
Semua bs tercukupi oleh nih mobil buat org yg butuh kegunaan bukan gengsi
Muat banyak, service dimana mana, tahan banting, radius putar kecil, bisa masuk pelosok
Kondisi udh buluk aja, masih banjir peminat sekennya
Mobil idaman syaa nih kalau lg naik taksi online, dapet avanza bersyukur bgt dibanding klo dapet adiknya udh siap mabok
Hehe iya om, saya orientasinya lebih ke fungsi sama awet dan mudah dirawat. Yang penting mobil sehat siap jalan sama AC dingin.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Salam rekan2 forum Serayamotor
Saya baru saja ambil seken Avanza Gen1 2011 tipe S AT. Di Agustus 2022. Pemilik sblmnya di JakSel
Sangat setuju dengan paragraf terakhir, krna saya tinggal di Semarang, dan kegiatan di pegunungan, sangat handal dan bisa diandalkan.
Sehingga sya justru lebih sering naik avanza ini, drpda HRV SE 2021.
Lebih “analog”.
Alhamdulillah karena pemilik sebelumnya tdk pernah isi pertalite. Sehingga performa bisa tembus 140kpj di tanjakan tol semarang - ungaran. Diatas ban bridgestone ecopia.
Saya baru saja ambil seken Avanza Gen1 2011 tipe S AT. Di Agustus 2022. Pemilik sblmnya di JakSel
Sangat setuju dengan paragraf terakhir, krna saya tinggal di Semarang, dan kegiatan di pegunungan, sangat handal dan bisa diandalkan.
Sehingga sya justru lebih sering naik avanza ini, drpda HRV SE 2021.
Lebih “analog”.
Alhamdulillah karena pemilik sebelumnya tdk pernah isi pertalite. Sehingga performa bisa tembus 140kpj di tanjakan tol semarang - ungaran. Diatas ban bridgestone ecopia.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Ngobrolin per belakang Avanza, yg paling empuk itu Grand Veloz mesin NR edisi sebelum lampu LED.
Enak empuk, tapi pny kelemahan limbung (kudu ditambahin stabilizer) dan sering mentok stoper kalo bawa barang banyak atau full penumpang.
Plug N Play buat dipake di semua generasi xenia avanza.
Balik lagi tentang Avanza, menurut saya yg versi terakhir ini yg lampu LED terbaik untuk dikoleksi atau dimiliki jangka panjang.
Kenapa, diluar kekurangannya, mobil ini
1. Mobilnya bandel
2. Ukuran bodinya masih kompak
3. Stylishnya masih dapat.
Enak empuk, tapi pny kelemahan limbung (kudu ditambahin stabilizer) dan sering mentok stoper kalo bawa barang banyak atau full penumpang.
Plug N Play buat dipake di semua generasi xenia avanza.
Balik lagi tentang Avanza, menurut saya yg versi terakhir ini yg lampu LED terbaik untuk dikoleksi atau dimiliki jangka panjang.
Kenapa, diluar kekurangannya, mobil ini
1. Mobilnya bandel
2. Ukuran bodinya masih kompak
3. Stylishnya masih dapat.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
- Location: Bintaro, Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Sepeda
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Nice review om....
Terima kasih info2nya...
Mohon info om, untuk accu basahnya itu pakai apa ya om?
Soalnya punya ogut selalu ganti tiap 2 tahun dg type GS-36B20B (NS40Z) 12V-35Ah Maintenance Free.
Terima kasih info2nya...
Mohon info om, untuk accu basahnya itu pakai apa ya om?
Soalnya punya ogut selalu ganti tiap 2 tahun dg type GS-36B20B (NS40Z) 12V-35Ah Maintenance Free.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
hehehe lebih berasa old school ya om, btw 140 km/h banter banget om...saya udah ga berani ngebut ngebut, soal di tanjakan berasa enteng memang karena rasio final gearnya lumayan kasar mobil ini, tapi cukup menolong buat berkendara di area tanjakan, cuma kalo di tol jadi lumayan meraung mesinnya.arinugroho14 wrote: Mon Nov 28, 2022 9:02 Salam rekan2 forum Serayamotor
Saya baru saja ambil seken Avanza Gen1 2011 tipe S AT. Di Agustus 2022. Pemilik sblmnya di JakSel
Sangat setuju dengan paragraf terakhir, krna saya tinggal di Semarang, dan kegiatan di pegunungan, sangat handal dan bisa diandalkan.
Sehingga sya justru lebih sering naik avanza ini, drpda HRV SE 2021.
Lebih “analog”.
Alhamdulillah karena pemilik sebelumnya tdk pernah isi pertalite. Sehingga performa bisa tembus 140kpj di tanjakan tol semarang - ungaran. Diatas ban bridgestone ecopia.
sepakat om soal mentok stopper, beberapa bulan lalu diisi 7 orang, waduh pas ketemu polisi tidur berasa ngga ada pernya, langsung jedug aja...hahahaquyquy wrote: Tue Nov 29, 2022 7:07 Ngobrolin per belakang Avanza, yg paling empuk itu Grand Veloz mesin NR edisi sebelum lampu LED.
Enak empuk, tapi pny kelemahan limbung (kudu ditambahin stabilizer) dan sering mentok stoper kalo bawa barang banyak atau full penumpang.
Plug N Play buat dipake di semua generasi xenia avanza.
Balik lagi tentang Avanza, menurut saya yg versi terakhir ini yg lampu LED terbaik untuk dikoleksi atau dimiliki jangka panjang.
Kenapa, diluar kekurangannya, mobil ini
1. Mobilnya bandel
2. Ukuran bodinya masih kompak
3. Stylishnya masih dapat.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Saya pakai GS Hybrid tipe 34B19R om, sama persis tipenya sama bawaan mobil, kalau GS Maintenance Free saya ada pengalaman dua kali pakai di mobil ortu, umurnya nggak pernah bisa lebih dari 1,5 tahun. Bersyukur waktu itu garansi di Shop and Drive masih 1,5 tahun buat GS MF, jadinya dapet tuker baru, tapi accu pengganti umurnya juga sama. Entah kenapa, mungkin pengaruh ruang mesin sempit dan panas kali ya? Waktu itu mobilnya Grand Escudo XL7 tahun 2004.akhmadfakhrurrozi wrote: Tue Nov 29, 2022 9:18 Nice review om....
Terima kasih info2nya...
Mohon info om, untuk accu basahnya itu pakai apa ya om?
Soalnya punya ogut selalu ganti tiap 2 tahun dg type GS-36B20B (NS40Z) 12V-35Ah Maintenance Free.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Mantap Om mobilnya. Saya (tepatnya orang tua saya) juga baru ambil saudaranya, Grand New Xenia 1.3 X MT baru gress, keluaran september 2022 ini. Tinggal itu adanya. Dan itu sedikit penyesalan saya dengan mobil ini: kenapa dulu tidak ambil avanza G 1.5 nya sebelum tutup usia diganti generasi FWD.
Tidak tertarik tukar ke yang FWD kah Om? Hehehehe....
Mobil ini kalau dicari kurangnya, buaaaaanyak banget. Dicaci maki seperti apapun, tetap dicari dan masih banyak yg kangen. Tapi semua kekurangan dan "cacian" tadi cukup ditutup oleh sedikit kelebihannya: irit (yes masih lebih irit fwd, tapi 1NR RWD ini sdh masuk kategori irit dimana dalkot masih bisa 1:13an), perawatannya gampang, dan badak banget. Nyaman? relatif sih ya, tapi di saat dimensi LMPV sekarang melar2, saya baru menyadari engineer daihatsu patut dikasih 4 jempol. Bisa bikin mobil dengan panjang hanya 4,14 meter dan muat duduk 7 orang dengan proper!! Cukup nyaman dan lincah untuk dalkot Jakarta.
Ini mobil keluarga saya waktu sdh datang ke dealer menjelang kami ambil, belum dipasang plat nomor. Andaikan......
Tidak tertarik tukar ke yang FWD kah Om? Hehehehe....
Mobil ini kalau dicari kurangnya, buaaaaanyak banget. Dicaci maki seperti apapun, tetap dicari dan masih banyak yg kangen. Tapi semua kekurangan dan "cacian" tadi cukup ditutup oleh sedikit kelebihannya: irit (yes masih lebih irit fwd, tapi 1NR RWD ini sdh masuk kategori irit dimana dalkot masih bisa 1:13an), perawatannya gampang, dan badak banget. Nyaman? relatif sih ya, tapi di saat dimensi LMPV sekarang melar2, saya baru menyadari engineer daihatsu patut dikasih 4 jempol. Bisa bikin mobil dengan panjang hanya 4,14 meter dan muat duduk 7 orang dengan proper!! Cukup nyaman dan lincah untuk dalkot Jakarta.
Ini mobil keluarga saya waktu sdh datang ke dealer menjelang kami ambil, belum dipasang plat nomor. Andaikan......
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Wah kayanya penggemar manual ya om? Nah kalo boleh tau alasannya apa om ambil yang model lama gini? Padahal sudah ada generasi penerusnya. Btw tipe X ini sampai sekarang masih dijual kah sama Daihatsu?XMTdeluxe wrote:Mantap Om mobilnya. Saya (tepatnya orang tua saya) juga baru ambil saudaranya, Grand New Xenia 1.3 X MT baru gress, keluaran september 2022 ini. Tinggal itu adanya. Dan itu sedikit penyesalan saya dengan mobil ini: kenapa dulu tidak ambil avanza G 1.5 nya sebelum tutup usia diganti generasi FWD.
Tidak tertarik tukar ke yang FWD kah Om? Hehehehe....
Mobil ini kalau dicari kurangnya, buaaaaanyak banget. Dicaci maki seperti apapun, tetap dicari dan masih banyak yg kangen. Tapi semua kekurangan dan "cacian" tadi cukup ditutup oleh sedikit kelebihannya: irit (yes masih lebih irit fwd, tapi 1NR RWD ini sdh masuk kategori irit dimana dalkot masih bisa 1:13an), perawatannya gampang, dan badak banget. Nyaman? relatif sih ya, tapi di saat dimensi LMPV sekarang melar2, saya baru menyadari engineer daihatsu patut dikasih 4 jempol. Bisa bikin mobil dengan panjang hanya 4,14 meter dan muat duduk 7 orang dengan proper!! Cukup nyaman dan lincah untuk dalkot Jakarta.
Ini mobil keluarga saya waktu sdh datang ke dealer menjelang kami ambil, belum dipasang plat nomor. Andaikan......
Kalo saya malah belum ada rencana tuker tuker, ini aja masih cukup.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Th 2022 harganya berapa om skrg? Beda brp ma yg fwd ?XMTdeluxe wrote: Tue Nov 29, 2022 10:21 Mantap Om mobilnya. Saya (tepatnya orang tua saya) juga baru ambil saudaranya, Grand New Xenia 1.3 X MT baru gress, keluaran september 2022 ini. Tinggal itu adanya. Dan itu sedikit penyesalan saya dengan mobil ini: kenapa dulu tidak ambil avanza G 1.5 nya sebelum tutup usia diganti generasi FWD.
Tidak tertarik tukar ke yang FWD kah Om? Hehehehe....
......
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Keren om reviewnya.classicrock wrote: Mon Nov 28, 2022 4:49 Halo rekan-rekan SM, kali ini saya mau berbagi review jangka panjang dari mobil yang sudah saya pakai dari baru selama lebih kurang lima tahun. Mungkin dulu ada yang sudah pernah baca review saya di SM saat mobil itu masih berumur beberapa bulan. Reviewnya bisa cek di sini viewtopic.php?t=26585
Klo boleh tahu, naikan mobil avanza sama transmover (yg dipake taksi bb) apakah sama persis atau beda ya? Soalnya klo saya di transmover itu rasanya agak bouncy.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Saya sendiri sekarang pakai mobil metik semua Om. Ibarat jendela, metik ke manual spt biasa pakai power window balik ke engkolclassicrock wrote: Tue Nov 29, 2022 12:17
Wah kayanya penggemar manual ya om? Nah kalo boleh tau alasannya apa om ambil yang model lama gini? Padahal sudah ada generasi penerusnya. Btw tipe X ini sampai sekarang masih dijual kah sama Daihatsu?
Kalo saya malah belum ada rencana tuker tuker, ini aja masih cukup.

Kebetulan org tua saya (Bapak Ibu saya) gak bisa metik Om, org kuno. Yang penting koplingnya ringan, sdh cukup.
Yang Grand New Xenia masih dijual Om, tapi hanya tipe terendah. Konsep yang sama dengan Innova saat ini.
Price list Jakarta 213 Om, potong discount bisa di 197-199 (saya ambil pas giias jadi nebeng diskon maksimal). Waktu itu FWD 220 jutaan kalo gak salah blm diskon, beda 7-8 juta Om kalo diskonnya sama. Tapi secara fitur nggak beda, plus minus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Pilihan tepat ni...mobil yg bandel menurut sy
Driver kantor biasa pedal to metal walau kapasitas penumpang full..150-160kph dapet
Rasio gigi rapat kadang loncat 1-3-5 pun aman
Driver kantor biasa pedal to metal walau kapasitas penumpang full..150-160kph dapet
Rasio gigi rapat kadang loncat 1-3-5 pun aman
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
the-mantal wrote:
Keren om reviewnya.
Klo boleh tahu, naikan mobil avanza sama transmover (yg dipake taksi bb) apakah sama persis atau beda ya? Soalnya klo saya di transmover itu rasanya agak bouncy.
Makasih om, nah kalo Transmover saya malah belum pernah naik om. Cuma kalo kata istri saya, si Transmover rasanya lebih bising, suara luar sama suara ban lebih masuk. Mungkin ada banyak pengurangan di sana sini.
XMTdeluxe wrote:
Saya sendiri sekarang pakai mobil metik semua Om. Ibarat jendela, metik ke manual spt biasa pakai power window balik ke engkol![]()
Kebetulan org tua saya (Bapak Ibu saya) gak bisa metik Om, org kuno. Yang penting koplingnya ringan, sdh cukup.
Yang Grand New Xenia masih dijual Om, tapi hanya tipe terendah. Konsep yang sama dengan Innova saat ini.
Hehehe tapi manual itu ngangenin, apalagi buat jalan luar kota, asal jangan macet macetan aja.
Oh masih dijual rupanya, tapi bisa dibeli pribadi ya om, ngga khusus fleet. Kabarnya yang Innova melayani fleet saja.
MSU wrote:Pilihan tepat ni...mobil yg bandel menurut sy
Driver kantor biasa pedal to metal walau kapasitas penumpang full..150-160kph dapet
Rasio gigi rapat kadang loncat 1-3-5 pun aman
Salah satu alasan saya milih mobil ini sebenernya karena lama pake Daihatsu, di pikiran saya selama ini Daihatsu itu jago bikin mobil awet, tapi ngga bisa bikin mobil enak hahaha. Pas banget sebulan sebelum beli saya rental untuk urusan kerjaan di daerah Sangatta, Kaltim. Lumayan jadi bisa cobain "test drive" agak jauh waktu itu, sekitar 1.200 km kalo ga salah, jadi dapet semua kesan baik dan buruknya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
- Location: Bintaro, Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Sepeda
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Noted.classicrock wrote: Tue Nov 29, 2022 9:25Saya pakai GS Hybrid tipe 34B19R om, sama persis tipenya sama bawaan mobil, kalau GS Maintenance Free saya ada pengalaman dua kali pakai di mobil ortu, umurnya nggak pernah bisa lebih dari 1,5 tahun. Bersyukur waktu itu garansi di Shop and Drive masih 1,5 tahun buat GS MF, jadinya dapet tuker baru, tapi accu pengganti umurnya juga sama. Entah kenapa, mungkin pengaruh ruang mesin sempit dan panas kali ya? Waktu itu mobilnya Grand Escudo XL7 tahun 2004.akhmadfakhrurrozi wrote: Tue Nov 29, 2022 9:18 Nice review om....
Terima kasih info2nya...
Mohon info om, untuk accu basahnya itu pakai apa ya om?
Soalnya punya ogut selalu ganti tiap 2 tahun dg type GS-36B20B (NS40Z) 12V-35Ah Maintenance Free.
Next kalau ganti accu lagi mau pakai yg itu aja deh...
Selama pemakaian apakah ada yang perlu diperhatikan om accunya?
Misal isi ulang air aki atau gimana?
Pengalaman saya di Grand New Veloz Manual 2016 itu dulu pernah ganti steering rack di tahuun 2019 karena bunyi kalau parkir.
So far, punya om aman kah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Untuk perawatan accu ngga ada yang khusus om, paling saya mantau ketinggian air accu nya aja sih, dijaga konsisten di posisi upper level. Untuk rack steer masih aman om, belum ada bunyi klutuk klutuk. Btw di kelasnya harga rack steer assy nya boleh dibilang lebih murah ya daripada mobil lain, saya pernah cek ada di kepala 3 jt an.akhmadfakhrurrozi wrote: Wed Nov 30, 2022 2:27
Noted.
Next kalau ganti accu lagi mau pakai yg itu aja deh...
Selama pemakaian apakah ada yang perlu diperhatikan om accunya?
Misal isi ulang air aki atau gimana?
Pengalaman saya di Grand New Veloz Manual 2016 itu dulu pernah ganti steering rack di tahuun 2019 karena bunyi kalau parkir.
So far, punya om aman kah?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
GS maintenance free point plus-nya hanya gak ada ritual perawatan doang, umur pakai kalah sama GS Hybrid.classicrock wrote: Tue Nov 29, 2022 9:25Saya pakai GS Hybrid tipe 34B19R om, sama persis tipenya sama bawaan mobil, kalau GS Maintenance Free saya ada pengalaman dua kali pakai di mobil ortu, umurnya nggak pernah bisa lebih dari 1,5 tahun. Bersyukur waktu itu garansi di Shop and Drive masih 1,5 tahun buat GS MF, jadinya dapet tuker baru, tapi accu pengganti umurnya juga sama. Entah kenapa, mungkin pengaruh ruang mesin sempit dan panas kali ya? Waktu itu mobilnya Grand Escudo XL7 tahun 2004.akhmadfakhrurrozi wrote: Tue Nov 29, 2022 9:18 Nice review om....
Terima kasih info2nya...
Mohon info om, untuk accu basahnya itu pakai apa ya om?
Soalnya punya ogut selalu ganti tiap 2 tahun dg type GS-36B20B (NS40Z) 12V-35Ah Maintenance Free.
GS Hybrid asal dikontrol airnya rata-rata KO di di atas 2 tahun. Record terlama aku pakai GS Hybrid di 2 tahun, 5 bulan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
- Location: Bintaro, Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Sepeda
Re: Long Term Review – Grand New Avanza 1.3 A/T 2017
Betul sekali om,classicrock wrote: Wed Nov 30, 2022 3:15Untuk perawatan accu ngga ada yang khusus om, paling saya mantau ketinggian air accu nya aja sih, dijaga konsisten di posisi upper level. Untuk rack steer masih aman om, belum ada bunyi klutuk klutuk. Btw di kelasnya harga rack steer assy nya boleh dibilang lebih murah ya daripada mobil lain, saya pernah cek ada di kepala 3 jt an.akhmadfakhrurrozi wrote: Wed Nov 30, 2022 2:27
Noted.
Next kalau ganti accu lagi mau pakai yg itu aja deh...
Selama pemakaian apakah ada yang perlu diperhatikan om accunya?
Misal isi ulang air aki atau gimana?
Pengalaman saya di Grand New Veloz Manual 2016 itu dulu pernah ganti steering rack di tahuun 2019 karena bunyi kalau parkir.
So far, punya om aman kah?
waktu itu ganti racksteer copotan di angka 2 jutaan+ongkos pasangnya.
Soal accu,
noted om. Next kalau ganti pasti ambil yg itu.
Makasih om sharingnya...