ChZ wrote: Tue Nov 15, 2022 6:33
100% EV kendala di infrastruktur, udah gak perlu denial tidak realistis ganti semua pom bensin jadi pom listrik

nanti kebijakan ban ICE jg bakal "disesuaikan" dengan sendirinya
Ini akan kejadian pertama di fast charger di jalan tol, kalo tetep cuma ada satu atau dua colokan, 6 bulan kedepan bakal seru di jalan tol. Kemarin aja saya ke Semarang pas bareng sejalan ama Ioniq lain, ya ketemu di situ2 aja berdua. Di 207A charger 50kWh dua colokan CCS (tapi ternyata stroom paroan @ 25 kWh per mobil), di Semarang ketemuan lagi, cuma ada 2 colokan DC, PLN Jatingaleh + PLN Pemuda, gantian deh di Jatingaleh.
Untung masih pada early adopter sopan2 semua, pada saling pengertian,
"Pak saya ke semarang koq, ntar saya cas dihotel Santika, lagian dah 70%, saya jalan ya biar bapak cas dulu", bayangin kerna gara2 wajib mobil listrik yang dateng rombongan wiu2
bekas pemakai duo gadjah-arrowgun bisa2 saya di

....
Kalo di rumah, perlu ada peta daerah2 mana yang trafo 20 kVa ke 220 va dah 70% kapasitas, kalo ndak semua ngecas malem bisa turun ke 170 volt tu sekompleks

....
Pengalaman pribadi (kemaren pertama2nya ke Jawa pake mobil listrik), paling pantes kalo per 200-an km dr pusat populasi besar (Jkt, Sby, Bandung, Smrg) perlu ada 5-an fast DC yg 150 kW (ini mentoknya BZ4X). Asumsi besok2 mobil kelas 400-500an juta pada pakai batere pack 40 kWh dengan konsumsi 8km/kWh (std Ioniq lama), kalau pada keluar rumah 100%, jarak 200-an km habis 60%, atau 25an kWh, di mesin 150 kW ini bisa dapet 15an menit, jadi sejam bisa isi mobil 20 unit khusus buat orang yg buru2, antri kencingpun ndak ada yg kurang dr 15 menit kan ?. Nah yg colok di mesin ini dikasih menit, penuh ndak pergi kena surcharge 10.000/5 menit

.
Selain mesin 150 kW, bisa dipasangin mesin 25 kW buat orang yang mau makan +/1 jam, ini mesin bisa dibanyakin lah, bangsa 20an unit, jadi total di rest area pivot sejam jalan bisa ambil 40 mobil.
Nah buat padding kapasitas, semua rest area trans jawa mestinya ada 2-4 mesin kapasitas 25 kWh, buat orang antisipasi lupa cas, atau males antri di cas2an kapasitas besar.
Kalo cek google, pantes itu di
rest area Cirebon (km 207), abis gitu
rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus
rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service

...
Nah kenapa ndak ada cas2an di wilayah Joglosemar, lha antara Semarang-Salatiga-Solo-Joga kan range-nya < 200 km semua, ya pada cas di rumah masing2 atau mal2 tempat tujuan laah

. Contoh, masa ke Dusun Semilir cuman sejam, kan ndak ?, minimal 2 jam, kalo pake Wallbox 7 kW udah 14 kW dah separoh penuh...
Jadi malah rasa2nya si ndak perlu ganti pom bensin jadi pom stroom, cukup bikin titik2 hub pom stroom kapasitas tinggi, dipadding kapasitas di sekelilingnya, sama banyakin AC level 2 (7kW) di mall2/kantor2 di kota2nya...