pengendiesel wrote: Fri Nov 04, 2022 9:35
Omnibus wrote: Fri Nov 04, 2022 7:30
- speed sy mendekati speed mobil2 di jalur cepat (actual speed sy lbh rendah sedikit). yg sy tau merging ke jalur cepat ga boleh dgn speed terlalu lambat krn ada resiko ditabrak belakang oleh pengendara yg ada di jalur cepat.
- sebelum sy masuk ada truk di lajur kanan pada jalur cepat kasih sein pindah ke lajur kiri pada jalur cepat. sy give way dgn mengurangi sedikit speed sy sampai dia lewat.
Izin mbah. Kalo menurut newbie,satu2nya kemungkinan mbah salah ada di kecepatan. Kalo saya perhatikan, kebanyakan orang masuk jalur cepat speednya di bawah speed kendaraan yang di jalur cepat, kadang2 sampe berhenti nunggu semua kondisi aman, baru gas.
Lah kan malah resiko ditabrak dari belakang? Betul. Tp ini negara berflower yang sedikit unik mbah. Mindsetnya beda sama yang lain. Salah satu pakem yang sudah terpatri : YANG NABRAK YANG SALAH. Jadi meskipun kita masuk jalur cepat dengan kec rendah,mostly kendaraan di belakang akan menyesuaikan dengan kita. Ini juga yang bikin orang maen potong kiri potong kanan,mentang2 kalo ketabrak dari belakang, yang nabrak yang salah. Memang konsep ini brilian sekali.
Tapi tergantung juga saat itu traffic speednya di kisaran berapa.
Kalo cuma sekitar 30kmh,harusnya gak terlalu serem.
Tapi kalo sudah 40kmh ke atas,saya bayangkan di posisi lawan mbah, kalo ada mobil pindah jalur yang dibatasi separator gitu,serem juga. Soalnya by default,apex tikungannya bakal bikin mobil melebar ke jalur kanan. Mungkin mobil lawan mbah kaget ngeliat apa mbah lagi moose test
speed sy antara 30-40. kan sy tadi bilang kl sebelumnya ada truk yg sy giveway kan jd otomatis ngendor tuh. terus pas deket2 ke bukaan separatornya sy liat permukaan jalannya agak naik gitu (itu foto yg sy tampilin persis TKP nya itu, kl di zoom keliatan tuh beda ketinggiannya jd ga senekat itu sy sikat >40 mbah) jd sy sempet ngejab rem 1x lagi buat ngeyakinin kl sy pas masuk ke lajur yg dituju ga overshoot ke jalur lawan itu dan emang 1000% yakin sy ga overshoot ke lajur dia. btw lajur lawan speednya kira2 50-60 kph.
berarti sy salah ga mbah?
ngomongin moose test, kebetulan itu njess gk5 salah satu kontestan yg passed moose test with flying colors

kl pake anf sy sih msh mikir2 body roll nya juga.
DOHC wrote: Fri Nov 04, 2022 9:54
Kl mnurut kita orang mbah, 2 2 nya kayanya ad salah, tp ga berhubungan, koq bsa ? Gini
Pertama, ngana pas masup dr jalur lambat ke cepat ga bsa cepet, musti pelan, knapa ? Balik lg, ini wakanda, masi bnyak sim tembak d jalanan, mikrolet busway atau motor2 alay ibu2 maen nyelonong aj biarpun dah liat ad mobil yg nge sein mo lowat, blm lg uncivilized drivers banyak, ngeliat jalur lurus kedepan ga bole ad yg motong walaupun ud ngeliat pengendara d dpan ngasi sein, beda ama di aussie misalnya, ngeliat blinker wajip give way kl ga mau demerit 2 points + fine 140 kl ga sala
Kedua, dia jg sala, kl yg kta orang liat yg d potong bukan lajur dia knapa lebay gt, masi ckup koq space nya, kcuali yg masup jalur nya itu beko atau canter fuso
jadi mbah ... tadi itu kondisinya agak unik. biasa kl traffic rame sy juga ngerem n masuk sopan. tapi tadi traffic semuanya ada di lajur lawan n totally kosong di lajur yg sy mau tuju. sampe sejauh mata memandang kosong. nah knp sy masuk agresif begitu krn ngejar momen, takut keduluan sama uncivilized drivers yg ngana sebut tetiba pindah lajur ke yg ai mau tuju. krn kosong itu, siapa tau mrk tetiba nyadar kl mirip bebek ngantri begitu trus tiba2 pindah ke lajur kiri. kayanya lawan ai kaya gini deh tadi makanya dia udah nyerong2 kiri.
ya bener, jatohnya lebay. org kena juga engga. kl dia kaget sih for sure.
nah cerita dikit nih mbah, ai juga sering di posisi si lawan itu n ada yg mau masuk dr jalur lambat kan. ada 2 opsi nih, ngerem n cek dia behaviornya trabas ngambil lajur kita seenaknya atau stay di kiri kan. atau bahkan kita speed up kl msh keburu sambil klakson 2x. ai malah pernah udah begitu aja masih dipotong juga dia trabas langsung ambil 2 lajur ke depan ai. nah itu baru deh klakson panjang n gocet2 boleh. tembak rudal sekalian kl ada juga boleh.
ada lagi pernah persis kejadian kaya tadi, ai cuma dikasih klakson 2x pendek sama mobil lawan. dan everything is okay. mungkin by telepati saling percaya kali ya. ai sih cuma ngomong dlm hati nah ini berarti dia percaya ma gw.
ChZ wrote: Fri Nov 04, 2022 10:02
Omnibus wrote: Fri Nov 04, 2022 9:01
rush vs my unbeatable njess
cem mana tuh?
Mungkin cape dia mbah hrs ngerem dan take off akselerasi lg pake mobil yang digas senen kemis
Dari awal dia ngambil tengah2 jalur aja udah keliatan blegugnya. Gw sekarang sering liat modelan gini juga sih. Jalannya meleng for no reason terus kaget nge klakson.
new rush lho mbah. masa msh senen kemis?
sy waktu gocet2an ma dia juga kalah respon. sampe hrs ganti ke paddle. mungkin dia MT kali.
ttg jalan meleng ada kemungkinan kesitu sih soalnya masa dia ga ngeliat sein ai udah nyala sih. harusnya kan antisipatif.
bensinsolar wrote: Fri Nov 04, 2022 10:34
Mkgn user yg rem mendadak itu ga bisa ngira2 dikiranya ud mepet sekali. Byk koq org spt itu disini nyetir skillnya utk ngukur jaraknya kurang & mkgn juga dia lagi ga konsen jd liat mobil masuk kaget.... CMIIW
banyak faktor sih. bini ai yg disitu sampe bilang mungkin dia lg banyak pikiran kali, usaha belum capai target atau apa. setuju kl mungkin dia kurang konsen kl dia fokus ga perlu sampe kaya gitu sih, paling ga dia udah antisipasi sebab pas sy pull masuk posisi moncong sy itu di depan moncong dia. sebetulnya yg lebih beresiko ketabrak itu sy sih tadi sebab dia ngerem dan banting kanan masukin ke lajur dia laginya itu betul2 keliatan body roll artinya dia emang swerve ke kiri dengan atau tanpa dia sadari. dia yg lebih ga siap environment awareness dibanding sy. pdhl sy cek terakhir dia stabil di lajur itu sebelum sy pull.