kendibocor wrote: Tue Nov 29, 2022 17:11
Up dikit2. Kurang lebih pas setahun ane make ni F30. Mau coba review pengeluaran bwat ni mobil dlm jangka waktu setahun ini baik buat perbaikan ataupun modifikasi. Di post2 sebelumnya bbrp part ada yg udah ane sebutin sih tp disini sekalian aja genap setahun n ane rangkum sekalian, biar kasih gambaran 1st hand apakah benar untuk piara mobkas eropa harus siapin xx jt atau entah brp lah.
Jadi ni mbl ane beli akhir Nov 2021 dengan odo 54rb km, skrng uda 67rb km pake daily. Bodo amat odo gondrong nanti dijual harga jatoh, yg penting puas makenya dan ga rewel jadi garage queen.
Nah pengeluaran selama setahun ini yg ane inget dlu ya, harga blm tentu tepat karena ane ga ngumpulin bonnya jadi berdasarkan ingatan aja. Tp harusnya ga miss jauh.
Perbaikan/maintenance:
*Ganti oli udah 2x di beres @2 jt, (pertama waktu beli karena emang uda setahun dari tgl ganti oli sebelumnya, kemarin baru gnt oli lg pas udah jalan 10rb km)
*Reset interval oli 400rb karena pas ganti oli kedua kemaren bmwnya ga bisa reset entah kenapa, akhirnya ketempat coding di serpong bwat reset.
*link stabilizer depan 1 pc (lupa kiri apa kanan) 550rb di anugrah
*accu 4,5jt sama reset di anugrah
*shockbreaker bilstein depan belakang + pasang: 7jt
*ganti selang rem hel 3jt (ganti karena ane ngerasa selang rem bawaan rada2 ndlosor tp pas di cek bawaan masih oke, entah feeling ane aja tp abis diganti selang rem braided ane baru nyaman pakenya)
*ganti KF depan Vkool 3 jt karena kf bawaan kebaret lumayan dalem, jd risih liatnya.
Total semua jadi Rp. 22.450.000 not bad sih untuk mbl eropa bekas trus jg mengingat kf dan selang rem ga termasuk yg wajib diganti jg.
Modifikasi:
* Pasang module apple carplay, AA sama kamera belakang: 8,5jt
* Grill M3: 500rb
* Bodykit m performance: 12 jt
* Velg R19 replika+ ban: 15 jt,
* ban hankook ventus S1 evo3 6,7 jt. Waktu beli velg uda dpt ban tp merk accel**a yg menurut ane ga enak, belakang selalu berasa ngebuang trus padahal jalanan rata di tol n kering. Akhirnya ganti hankook, Ini uda yg paling masuk akal untuk ukuran 245/35/R19. Merk macem michelin, yokohama, toyo, conti harganya uda 3-5jt/pc. Ban accel**a masih tebel sisa 5,5mm dari twi.
* Lowering kit ST suspension beli 2nd+pasang: 4 jt.
Total modifan: 46,7jt
Perpanjang stnk: 10jt (blm balik nama)
Asuransi (barusan perpanjang, jd uda 2x perpanjang) 5jt x2 = 10 jt
Nah ditotal2 setahun ini udah keluar duit tambahan Rp. 89.150.000.
Sebenernya masih ada printilan kecil2 yg ane ga inget harganya macem kayak pewangi bmw yg natural air itu. Starter kit sama refill setahunan mungkin ada 1 jutaan tp ane ga inget pastinya brp jd gausah dimasukin lah, trus beli kunci dongkrak segala karen ane ga beli ban rft jd harus bawa ban cadangan 1 lg.
Bagian terbesarnya malahan gatel pengen modifikasinya. Worth it? Balik lagi ke masing2 ya. Jumlah duit yg ane keluarin untuk beli mobil + yg diatas skrng paling cuman dpt hrv turbo, itu pun harus nambah dikit. Ane pribadi sih lebih puas miara si baling2 kampret. Lebih keren (subjektif ini ya, bukan berarti hrv jelek), lebih enak dibawa, n ga bisa bohong ya prestisenya masih lebih dapet si baling2 biarpun uda tua jg. Tp kalo orng yg ga mau pusing, ga punya waktu atau males bolak balik ke bengkel ya emang mending beli mobil baru.