Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kunaskun wrote: Tue Nov 01, 2022 6:23
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.
Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
Efek tutup EGR yang paling terasa karena flue gas totally melewati turbo putaranya lebih kenceng dan juga sepertinya VGT nya juga lebih kerja berat pada rpm tertentu (terasa sebelum dan sesudah tutup EGR). Untuk temperature ya pasti ada kenaikan sedikit tetapi CO2 itu kan inert gas yang gak bisa dibakar, jadi kalau dimasukkan lagi kedalam ruang bakar malah akan menjadi beban, performancenya harusnya juga turun tergantung seberapa banyak CO2 yang masuk ruang bakar.
i see, lagipula olinya udah keraton ini
bukan dari be-res yg cocoknya kondisi std dgn OCI pendek
Last edited by Suryaputra on Wed Nov 02, 2022 2:54, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
BADAK wrote: Wed Nov 02, 2022 2:34
Dulu saya yg posting untuk masalah EPB di ANPS, ya memang itu terjadi kemungkinan karena unit jarang saya pakai. Bisa jadi motor EPB nya jamuran atau berdebu sehingga tidak contact.
Unit saya ANPS keluaran awal 2016, odo msh 28rb. Selama pakai 6th lebih tidak ada penggantian part slow moving sama sekali. Bahkan ban dan aki msh awet dr bawaan. Ya iyalah mobil gak pernah dipakai. Wkwkwkwk.
Masalah oli yg berkurang saya jg tidak pernah mengalami (oli masih menggunakan std Mitsubishi).
Cuman kendalanya putaran bawah sangat lelet, sehingga terasa capek dibawa keluar kota, apalagi kalau kondisinya macet.
Target nya ntar taon ke 8 odo msh belum tembus 30rb ini mobil. Wkwkwkwk
Wajib remap masbro, jadi enak atas bawah jalan jauh nyantai 2000 rpm dah lari 150 kph di tol. Standard, ya betul lelet bawahnya
Suryaputra wrote: Tue Nov 01, 2022 6:52
Ya itu bhs klasiknya neken emisi,
Dgn cara masukin balik Co2 yg dah dibakar, ke dlm ruang bakar
Tp bnyk mudhorotnya klo gtu, malah nimbulin efek lain ke internal mesin
b0ku wrote: Tue Nov 01, 2022 7:02
kalo saya lebih ke takut bau makanya egrnya gak ditutup ini aja sejak cabut catalic kalo ada yang nongkrong belakang mobil saya pas saya lagi nyalain mesin saya usir alus suruh duduk di depan mobil takut kena asep mobil saya soalnya
terakhir saya cuci ud kayak goa kelelawar ya terang aja ud isi solar 70rb gak pernah diapa2xin
standar pol kena bisol daerah saja baunya sudah satu kompleks mbah. ini tetangga beda belasan meter, kalau pagi manasin venturer saja gitu (heran masih ada yang manasin mobil pagi2). apalagi lepas CC ya
Suryaputra wrote: Tue Nov 01, 2022 6:52
Ya itu bhs klasiknya neken emisi,
Dgn cara masukin balik Co2 yg dah dibakar, ke dlm ruang bakar
Tp bnyk mudhorotnya klo gtu, malah nimbulin efek lain ke internal mesin
b0ku wrote: Tue Nov 01, 2022 7:02
kalo saya lebih ke takut bau makanya egrnya gak ditutup ini aja sejak cabut catalic kalo ada yang nongkrong belakang mobil saya pas saya lagi nyalain mesin saya usir alus suruh duduk di depan mobil takut kena asep mobil saya soalnya
terakhir saya cuci ud kayak goa kelelawar ya terang aja ud isi solar 70rb gak pernah diapa2xin
standar pol kena bisol daerah saja baunya sudah satu kompleks mbah. ini tetangga beda belasan meter, kalau pagi manasin venturer saja gitu (heran masih ada yang manasin mobil pagi2). apalagi lepas CC ya
Sebetulnya ANPS, Fortuner VNT sdh lepas CC asapnya tdk seberapa bau minum biosolar. Santafe meskipun minum full pertadex masih lebih bau, apalagi captiva. Untuk atasi bau asap captiva dulu sy campur norival diesel bau 85% berkurang, ampuh itu norival buat ilangin bau knalpot diesel
ongisnade wrote: Mon Oct 31, 2022 22:23Kedua: Issue unit ini boros oli mesin, kurang tahan terhadap biosolar B-30, limbung, dan shock mudah bocor.
Untuk oli mesin dan filter oli saya selalu ganti tiap service berkala 10 ribu KM bawa sendiri Q8 FE 8800 5W-30 sebanyak 8 liter. Selama rentang pemakaian hingga 10 ribu KM berikutnya level oli masih normal, dan tidak pernah ada penambaha, saya anggap konsumsi lube oil (secara pribadi) normal/tidak boros seperti yang sering saya baca di forum. Untuk limbung ya memang ANPS lebih limbung dari ANF namun lebih empuk ANPS. Untuk suspensi yang limbung sudah solved dengan penggantian spacer link stabilizer yang ukuranya lebih panjang dari yang ORI sehingga traveling time lebih pendek. Harganya sangat murah hanya 450 ribu rupiah. Hasilnya limbung sangat jauh berkurang dan secara kenyamanan lebih nyaman dari ANF maupun Innova Reborn. Lebih stabil/stiff namun empuknya masih dapat.
Untuk kondisi shock breaker dari hasil inspection saat service 40 ribu KM belum ada tanda-tanda kebocoran, saya anggap (secara pribadi) shock ANPS juga kuat. Untuk fuel BIOSOLAR B-30: Dari keluar diler hingga saat ini 41 ribu kilometer selalu minum biosolar, belum pernah sekalipun merasakan lezatnya Pertamina Dex. Dengan campuran Biotreat-141 tiap 2 kali isi solar, penggantian filter solar tiap 10 rb kilometer, dan purging injector tiap 15 ribu km sampai saat ini kondisi mesin masih normal
Keempat: Boros Fuel
Setelah remap di 1000 km pertama dibengkel Nitrospeed (507) Surabaya, sudah saya tes berulang kali jarak dekat dan jauh mobil ini dengan menggunakan full biosolar sangat irit. Test perjalanan jauh Blitar-Kediri-Nganjuk-Jakarta (berangkat jam 1 pagi) sampai Senayan jam 12:30 tercatat 16.8 km/liter. Gaya mengemudi campuran mengikuti kondisi jalan, kalau kosong digeber hingga 160 kph dengan beban 5 orang dewasa+barang sekitar total 450 kg. Jadi sudah saya buktikan sendiri mobil ini irit bahkan bisa dibilang sangat irit.
ini berarti ANPS yang sudah euro4 yak? berarti aman yak minum biosolar? ane pake juga nih 4N15 euro4, tapi versi pickup nya so far baru sekali isi dex (pas awal beli) abis itu kapok liat harga nya pas full tank, pengisian selanjutnya full biosolar + PSDK
mengenai boros fuel, dulu sebelumnya ane pake NP300 Manual, dalam kota jakarta biasanya FC nya sekitaran 1:9 - 1:10 an.. pas pake triton ultimate sedikit lebih boros, sering nya dapet 1:8 - 1:9 padahal gaya nyetir sama2 ajah
ongisnade wrote: Mon Oct 31, 2022 22:23Kedua: Issue unit ini boros oli mesin, kurang tahan terhadap biosolar B-30, limbung, dan shock mudah bocor.
Untuk oli mesin dan filter oli saya selalu ganti tiap service berkala 10 ribu KM bawa sendiri Q8 FE 8800 5W-30 sebanyak 8 liter. Selama rentang pemakaian hingga 10 ribu KM berikutnya level oli masih normal, dan tidak pernah ada penambaha, saya anggap konsumsi lube oil (secara pribadi) normal/tidak boros seperti yang sering saya baca di forum. Untuk limbung ya memang ANPS lebih limbung dari ANF namun lebih empuk ANPS. Untuk suspensi yang limbung sudah solved dengan penggantian spacer link stabilizer yang ukuranya lebih panjang dari yang ORI sehingga traveling time lebih pendek. Harganya sangat murah hanya 450 ribu rupiah. Hasilnya limbung sangat jauh berkurang dan secara kenyamanan lebih nyaman dari ANF maupun Innova Reborn. Lebih stabil/stiff namun empuknya masih dapat.
Untuk kondisi shock breaker dari hasil inspection saat service 40 ribu KM belum ada tanda-tanda kebocoran, saya anggap (secara pribadi) shock ANPS juga kuat. Untuk fuel BIOSOLAR B-30: Dari keluar diler hingga saat ini 41 ribu kilometer selalu minum biosolar, belum pernah sekalipun merasakan lezatnya Pertamina Dex. Dengan campuran Biotreat-141 tiap 2 kali isi solar, penggantian filter solar tiap 10 rb kilometer, dan purging injector tiap 15 ribu km sampai saat ini kondisi mesin masih normal
Keempat: Boros Fuel
Setelah remap di 1000 km pertama dibengkel Nitrospeed (507) Surabaya, sudah saya tes berulang kali jarak dekat dan jauh mobil ini dengan menggunakan full biosolar sangat irit. Test perjalanan jauh Blitar-Kediri-Nganjuk-Jakarta (berangkat jam 1 pagi) sampai Senayan jam 12:30 tercatat 16.8 km/liter. Gaya mengemudi campuran mengikuti kondisi jalan, kalau kosong digeber hingga 160 kph dengan beban 5 orang dewasa+barang sekitar total 450 kg. Jadi sudah saya buktikan sendiri mobil ini irit bahkan bisa dibilang sangat irit.
ini berarti ANPS yang sudah euro4 yak? berarti aman yak minum biosolar? ane pake juga nih 4N15 euro4, tapi versi pickup nya so far baru sekali isi dex (pas awal beli) abis itu kapok liat harga nya pas full tank, pengisian selanjutnya full biosolar + PSDK
mengenai boros fuel, dulu sebelumnya ane pake NP300 Manual, dalam kota jakarta biasanya FC nya sekitaran 1:9 - 1:10 an.. pas pake triton ultimate sedikit lebih boros, sering nya dapet 1:8 - 1:9 padahal gaya nyetir sama2 ajah
Anps euro 4 itu 2022 mei mulainya kalo ga salah.
Btw untuk euro 4 itu kalo mau isi biosol apakah bisa langsung isi ataukah ada yang perlu dimodifikasi dulu ya?
ongisnade wrote: Mon Oct 31, 2022 22:23Kedua: Issue unit ini boros oli mesin, kurang tahan terhadap biosolar B-30, limbung, dan shock mudah bocor.
Untuk oli mesin dan filter oli saya selalu ganti tiap service berkala 10 ribu KM bawa sendiri Q8 FE 8800 5W-30 sebanyak 8 liter. Selama rentang pemakaian hingga 10 ribu KM berikutnya level oli masih normal, dan tidak pernah ada penambaha, saya anggap konsumsi lube oil (secara pribadi) normal/tidak boros seperti yang sering saya baca di forum. Untuk limbung ya memang ANPS lebih limbung dari ANF namun lebih empuk ANPS. Untuk suspensi yang limbung sudah solved dengan penggantian spacer link stabilizer yang ukuranya lebih panjang dari yang ORI sehingga traveling time lebih pendek. Harganya sangat murah hanya 450 ribu rupiah. Hasilnya limbung sangat jauh berkurang dan secara kenyamanan lebih nyaman dari ANF maupun Innova Reborn. Lebih stabil/stiff namun empuknya masih dapat.
Untuk kondisi shock breaker dari hasil inspection saat service 40 ribu KM belum ada tanda-tanda kebocoran, saya anggap (secara pribadi) shock ANPS juga kuat. Untuk fuel BIOSOLAR B-30: Dari keluar diler hingga saat ini 41 ribu kilometer selalu minum biosolar, belum pernah sekalipun merasakan lezatnya Pertamina Dex. Dengan campuran Biotreat-141 tiap 2 kali isi solar, penggantian filter solar tiap 10 rb kilometer, dan purging injector tiap 15 ribu km sampai saat ini kondisi mesin masih normal
Keempat: Boros Fuel
Setelah remap di 1000 km pertama dibengkel Nitrospeed (507) Surabaya, sudah saya tes berulang kali jarak dekat dan jauh mobil ini dengan menggunakan full biosolar sangat irit. Test perjalanan jauh Blitar-Kediri-Nganjuk-Jakarta (berangkat jam 1 pagi) sampai Senayan jam 12:30 tercatat 16.8 km/liter. Gaya mengemudi campuran mengikuti kondisi jalan, kalau kosong digeber hingga 160 kph dengan beban 5 orang dewasa+barang sekitar total 450 kg. Jadi sudah saya buktikan sendiri mobil ini irit bahkan bisa dibilang sangat irit.
ini berarti ANPS yang sudah euro4 yak? berarti aman yak minum biosolar? ane pake juga nih 4N15 euro4, tapi versi pickup nya so far baru sekali isi dex (pas awal beli) abis itu kapok liat harga nya pas full tank, pengisian selanjutnya full biosolar + PSDK
mengenai boros fuel, dulu sebelumnya ane pake NP300 Manual, dalam kota jakarta biasanya FC nya sekitaran 1:9 - 1:10 an.. pas pake triton ultimate sedikit lebih boros, sering nya dapet 1:8 - 1:9 padahal gaya nyetir sama2 ajah
Anps euro 4 itu 2022 mei mulainya kalo ga salah.
Btw untuk euro 4 itu kalo mau isi biosol apakah bisa langsung isi ataukah ada yang perlu dimodifikasi dulu ya?
harusnya ga perlu ya
mobil2 diesel niaga juga kan dah euro4, macam L300, traga, hino dll, masa iya mereka suruh isi dex, bisa tekor ntr
Rakean wrote: Mon Nov 07, 2022 2:12
ini berarti ANPS yang sudah euro4 yak? berarti aman yak minum biosolar? ane pake juga nih 4N15 euro4, tapi versi pickup nya so far baru sekali isi dex (pas awal beli) abis itu kapok liat harga nya pas full tank, pengisian selanjutnya full biosolar + PSDK
mengenai boros fuel, dulu sebelumnya ane pake NP300 Manual, dalam kota jakarta biasanya FC nya sekitaran 1:9 - 1:10 an.. pas pake triton ultimate sedikit lebih boros, sering nya dapet 1:8 - 1:9 padahal gaya nyetir sama2 ajah
Om,kasi insight dikit dong kenapa pilih dcab daripada versi suvnya? Apalah sering angkut barang gede or banyak,atau 4x4nya,atau apa?
Soalnya saya seneng bener model2nya dcab dibandingkan suv,tapi masih ragu2 kalo harus pilih dcab drpada suv
Rakean wrote: Mon Nov 07, 2022 2:12
ini berarti ANPS yang sudah euro4 yak? berarti aman yak minum biosolar? ane pake juga nih 4N15 euro4, tapi versi pickup nya so far baru sekali isi dex (pas awal beli) abis itu kapok liat harga nya pas full tank, pengisian selanjutnya full biosolar + PSDK
mengenai boros fuel, dulu sebelumnya ane pake NP300 Manual, dalam kota jakarta biasanya FC nya sekitaran 1:9 - 1:10 an.. pas pake triton ultimate sedikit lebih boros, sering nya dapet 1:8 - 1:9 padahal gaya nyetir sama2 ajah
Om,kasi insight dikit dong kenapa pilih dcab daripada versi suvnya? Apalah sering angkut barang gede or banyak,atau 4x4nya,atau apa?
Soalnya saya seneng bener model2nya dcab dibandingkan suv,tapi masih ragu2 kalo harus pilih dcab drpada suv
alexand wrote: Mon Nov 07, 2022 21:34
malesnya kalo punya double cabin itu harus di KIR kaya mobil pickup biasa
1. untuk versi 4x4 jauh lebih murah dcab daripada versi SUV nya
2. Pajak SUV 4x4 lebih mahal (daripada bayar pajak mahal, mending urus KIR 1 tahun 2x, cuma luangin waktu 2 jam sama duit 90rb an ajah)
3. Keluarga juga cuma 4 orang ga butuh kabin gede2
4. pastinya multifungsi, angkut2 barang lebih enak dan bisa bawak keluarga juga
5, its a truck, karena ane doyan sama truk
kalau ribet karena urusan size yang besar, itu masalah kebiasaan ajah
t105erd wrote: Tue Nov 08, 2022 1:34
kayanya gara-gara emblem Mitsubishinya diganti marna merah jadi ngaruh ke performa dan durabilitas deh
Ha... ha... Ya betul masbro merah belakang ngebul.... hitam pekat, itu anak saya minta ko Ronny setingan ngebul. Belakang nyodok-nyodok ngedim2 pasti dapat hadiah cumi2
Rakean wrote: Tue Nov 08, 2022 1:24
1. untuk versi 4x4 jauh lebih murah dcab daripada versi SUV nya
2. Pajak SUV 4x4 lebih mahal (daripada bayar pajak mahal, mending urus KIR 1 tahun 2x, cuma luangin waktu 2 jam sama duit 90rb an ajah)
3. Keluarga juga cuma 4 orang ga butuh kabin gede2
4. pastinya multifungsi, angkut2 barang lebih enak dan bisa bawak keluarga juga
5, its a truck, karena ane doyan sama truk
kalau ribet karena urusan size yang besar, itu masalah kebiasaan ajah
Pajaknya triton berapa mbah?
Bantingan suspensi vs suv apakah beda jauh? Sama penumpang baris kedua apakah bisa duduk (dan tidur) dengan nyaman? Soalnya saya liat sekilas bangku keduanya lumayan tegak dan gak bisa direbahin,cmiiw.
Review tritonnya dong mbah
Rakean wrote: Tue Nov 08, 2022 1:24
1. untuk versi 4x4 jauh lebih murah dcab daripada versi SUV nya
2. Pajak SUV 4x4 lebih mahal (daripada bayar pajak mahal, mending urus KIR 1 tahun 2x, cuma luangin waktu 2 jam sama duit 90rb an ajah)
3. Keluarga juga cuma 4 orang ga butuh kabin gede2
4. pastinya multifungsi, angkut2 barang lebih enak dan bisa bawak keluarga juga
5, its a truck, karena ane doyan sama truk
kalau ribet karena urusan size yang besar, itu masalah kebiasaan ajah
Pajaknya triton berapa mbah?
Bantingan suspensi vs suv apakah beda jauh? Sama penumpang baris kedua apakah bisa duduk (dan tidur) dengan nyaman? Soalnya saya liat sekilas bangku keduanya lumayan tegak dan gak bisa direbahin,cmiiw.
Review tritonnya dong mbah
kalau sekarang masih kena 7jt an wong, karena kena pajak progressive (pas urus2, si hitler lom laku soalnya ) kalau dulu pas pake hitler sih 5jt an wong
suspensi triton dengan pajero sih jelas beda, satu per daun, satu lagi per keong, pasti lebih nyaman pajero sih (keempukan nya) cuma kalau mau suspensi nyaman ya NP300 is the best wong
kalau masalah duduk di row2 sih ya jelas ga akan senyaman versi SUV, cuma dcab2 jaman now dah ok lah, gak kek dcab2 jaman lawas yg duduk nya super duper tegak
bini ane yg biasa duduk di row2 sih ga komplen, nyaman2 aja walaupun jalan jauh, cuma testimoni dari bini ane, duduk di triton lebih lega dan lebih nyandar dibanding NP300
Rakean wrote: Tue Nov 08, 2022 1:24
1. untuk versi 4x4 jauh lebih murah dcab daripada versi SUV nya
2. Pajak SUV 4x4 lebih mahal (daripada bayar pajak mahal, mending urus KIR 1 tahun 2x, cuma luangin waktu 2 jam sama duit 90rb an ajah)
3. Keluarga juga cuma 4 orang ga butuh kabin gede2
4. pastinya multifungsi, angkut2 barang lebih enak dan bisa bawak keluarga juga
5, its a truck, karena ane doyan sama truk
kalau ribet karena urusan size yang besar, itu masalah kebiasaan ajah
Pajaknya triton berapa mbah?
Bantingan suspensi vs suv apakah beda jauh? Sama penumpang baris kedua apakah bisa duduk (dan tidur) dengan nyaman? Soalnya saya liat sekilas bangku keduanya lumayan tegak dan gak bisa direbahin,cmiiw.
Review tritonnya dong mbah
kalau sekarang masih kena 7jt an wong, karena kena pajak progressive (pas urus2, si hitler lom laku soalnya ) kalau dulu pas pake hitler sih 5jt an wong
suspensi triton dengan pajero sih jelas beda, satu per daun, satu lagi per keong, pasti lebih nyaman pajero sih (keempukan nya) cuma kalau mau suspensi nyaman ya NP300 is the best wong
kalau masalah duduk di row2 sih ya jelas ga akan senyaman versi SUV, cuma dcab2 jaman now dah ok lah, gak kek dcab2 jaman lawas yg duduk nya super duper tegak
bini ane yg biasa duduk di row2 sih ga komplen, nyaman2 aja walaupun jalan jauh, cuma testimoni dari bini ane, duduk di triton lebih lega dan lebih nyandar dibanding NP300
pengen sih review, cuma blm dapet waktunya nih
Om.
NP300 MT nya kalo ga salah minum jamu biosolar yah, ada keluhan n injectornya kuat kah?
Pajaknya triton berapa mbah?
Bantingan suspensi vs suv apakah beda jauh? Sama penumpang baris kedua apakah bisa duduk (dan tidur) dengan nyaman? Soalnya saya liat sekilas bangku keduanya lumayan tegak dan gak bisa direbahin,cmiiw.
Review tritonnya dong mbah
kalau sekarang masih kena 7jt an wong, karena kena pajak progressive (pas urus2, si hitler lom laku soalnya ) kalau dulu pas pake hitler sih 5jt an wong
suspensi triton dengan pajero sih jelas beda, satu per daun, satu lagi per keong, pasti lebih nyaman pajero sih (keempukan nya) cuma kalau mau suspensi nyaman ya NP300 is the best wong
kalau masalah duduk di row2 sih ya jelas ga akan senyaman versi SUV, cuma dcab2 jaman now dah ok lah, gak kek dcab2 jaman lawas yg duduk nya super duper tegak
bini ane yg biasa duduk di row2 sih ga komplen, nyaman2 aja walaupun jalan jauh, cuma testimoni dari bini ane, duduk di triton lebih lega dan lebih nyandar dibanding NP300
pengen sih review, cuma blm dapet waktunya nih
Om.
NP300 MT nya kalo ga salah minum jamu biosolar yah, ada keluhan n injectornya kuat kah?
dari 2016 - 2022 minum full biosolar ho, dah icip2 biosolar sumatera, jawa, bali, lombok, dan sumbawa.. aman ho injector, tenaga juga tetep joss
Rakean wrote:
kalau sekarang masih kena 7jt an wong, karena kena pajak progressive (pas urus2, si hitler lom laku soalnya ) kalau dulu pas pake hitler sih 5jt an wong
suspensi triton dengan pajero sih jelas beda, satu per daun, satu lagi per keong, pasti lebih nyaman pajero sih (keempukan nya) cuma kalau mau suspensi nyaman ya NP300 is the best wong
kalau masalah duduk di row2 sih ya jelas ga akan senyaman versi SUV, cuma dcab2 jaman now dah ok lah, gak kek dcab2 jaman lawas yg duduk nya super duper tegak
bini ane yg biasa duduk di row2 sih ga komplen, nyaman2 aja walaupun jalan jauh, cuma testimoni dari bini ane, duduk di triton lebih lega dan lebih nyandar dibanding NP300
pengen sih review, cuma blm dapet waktunya nih
Om.
NP300 MT nya kalo ga salah minum jamu biosolar yah, ada keluhan n injectornya kuat kah?
dari 2016 - 2022 minum full biosolar ho, dah icip2 biosolar sumatera, jawa, bali, lombok, dan sumbawa.. aman ho injector, tenaga juga tetep joss
Siap master, kalo gitu nissan terra di rumah ane lanjutin ritual minum jamu bio solar [emoji1787][emoji1787]
ongisnade wrote: Mon Oct 31, 2022 22:23Modif yang sudah saya lakukan:
1.Remap ECU bengkel Nitrospeed RonnyHAO 507 Surabaya
2.Ganti filter udara dengan Sprint Filter
3.Ganti Down Pipe Kansai dan Front Pipe Rspeed Malang
4.Ganti spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang
5.Tutup EGR
6.Reroute Gas Blowby ke belakang dekat exhaust tip
7.Ganti metal piping intercooler
8.Ganti Head Unit dengan HU sejuta umat Nakamichi (fitur lumayan lengkap) sudah ada DSP, kualitas suara OK tapi sering error dan bisa sembuh
sendiri
9.Pasang PA Monoblock Intersys + Capacitor Bank+15 “ Subwoofer Cello+tweeter Cello
Sekian terima kasih
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.
Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
EGR kan tugasnya mencirculasikan kembali sebagian kecil gas buang ke intake.
supaya suhu ruang bakar sesudah dicampur gas buang tadi jadi menurun (dibanding semua pake udara segar.
efeknya adalah emisi NOX berkurang. NOX ini buang kerok Cancer, makanya negara maju sangat concerned dgn ini NOX.
(makin tinggu suhu combustion chamber maka makin banyak NOX).
Tapi EGR juga ada sisi jeleknya yaitu intake jadi lebih jorok (dibanding dengan EGR ditutup).
bayangkan aja kalau gas buang dimasukkan lagi ke dalam intake.
efek EGR ditutup adalah makin ngacir krn pembakaran lebih galak.
lbh cepat spool krn semua dibuang buat muter blade turbo.
kunaskun wrote: Tue Nov 01, 2022 6:23
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.
Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
EGR kan tugasnya mencirculasikan kembali sebagian kecil gas buang ke intake.
supaya suhu ruang bakar sesudah dicampur gas buang tadi jadi menurun (dibanding semua pake udara segar.
efeknya adalah emisi NOX berkurang. NOX ini buang kerok Cancer, makanya negara maju sangat concerned dgn ini NOX.
(makin tinggu suhu combustion chamber maka makin banyak NOX).
Tapi EGR juga ada sisi jeleknya yaitu intake jadi lebih jorok (dibanding dengan EGR ditutup).
bayangkan aja kalau gas buang dimasukkan lagi ke dalam intake.
efek EGR ditutup adalah makin ngacir krn pembakaran lebih galak.
lbh cepat spool krn semua dibuang buat muter blade turbo.
sekian urun pendapat nubie.
Ya itu dia mudhorot long term...
Nutup egr = intake lbh bersih, tapi suhu kan naik, dan NOX increase + long term di mesin makin panas, efeknya ke seal karet lbh cepet klewer"
Buka egr sesuai std pabrik = intake lbh kotor, tapi.. sesuai std pabrik yg dah diriset minusnya lbh sedikit in long term
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.
Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
EGR kan tugasnya mencirculasikan kembali sebagian kecil gas buang ke intake.
supaya suhu ruang bakar sesudah dicampur gas buang tadi jadi menurun (dibanding semua pake udara segar.
efeknya adalah emisi NOX berkurang. NOX ini buang kerok Cancer, makanya negara maju sangat concerned dgn ini NOX.
(makin tinggu suhu combustion chamber maka makin banyak NOX).
Tapi EGR juga ada sisi jeleknya yaitu intake jadi lebih jorok (dibanding dengan EGR ditutup).
bayangkan aja kalau gas buang dimasukkan lagi ke dalam intake.
efek EGR ditutup adalah makin ngacir krn pembakaran lebih galak.
lbh cepat spool krn semua dibuang buat muter blade turbo.
sekian urun pendapat nubie.
Ya itu dia mudhorot long term...
Nutup egr = intake lbh bersih, tapi suhu kan naik, dan NOX increase + long term di mesin makin panas, efeknya ke seal karet lbh cepet klewer"
Buka egr sesuai std pabrik = intake lbh kotor, tapi.. sesuai std pabrik yg dah diriset minusnya lbh sedikit in long term
Nah, definisi "long term" nya ini yg agak tricky.
kita gak tahu persis umurnya makin pendek dari berapa tahun menjadi berapa tahun.
tapi secara empiris, kayaknya oom Turboman sudah sejak 6 tahun lalu posting perihal tutup EGR tapi so far gak ada issue sih sepanjang hal-hal lain diperhatikan.
saya juga MUX 2016 ditutup EGR , sampai dijual 5 tahun kemudian, gak ada apa apa.
Kalau saya melihat, yg significant merusak mesin itu adalah Remap yg abal abal tanpa memperhatikan safety mesin (yg penting sekian HP dan NM naeknya biar tuner makin laku dan user bahagia), dan perawatan.
dan terakhir yg tak kalah penting adalah faktor Sikill pengendara...