Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Thu Oct 22, 2015 8:04
Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Kita bagi2 tips gratis, tinggal donglot
dari basic sampe cara engineer F1 bangun mesin, dan ini bahan landasan mimin bangun mesin2 pemecah rekor drag dan dyno challange dari 2001
Download 3 Ebook Tips Modifikasi GRATIS di Bawah ini.
Agar Modifikasi mu tepat guna, tidak buang uang sia-sia.
Sayangi mobil Mahal Mu!
Efisien, Powerfull, Mesin Awet, Tepat Guna, Untuk Harian, maupun Balap Weekend
Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
NEWBIE LEVEL
1. Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Gaes, kamu ga mau salah modif yang bikin dompet mu jontor kan? Kita pandu gratis disini gaes! Biar kenaikan performa mobil kesayanganmj sesuai harapan dan sesuai dompet.
Trus satu lagi nih gaes, kita kasi tips free, supaya kita terhindar dari 3 kesalahan fatal dalam modifikasi knalpot! Yuk langsung isi email dan whatsap kamu, kita kirimin langsung yah sekarang! Thanks gaes!
(NB : Periksa Email Rutin, Berbonus Voucher Dadakan Reguler Per Bulan Khusus dari ORD exhaust)
Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY
TIPS NEWBIE SAMPAI EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Download : http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
2. Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
Gawat lho gaes, kita jangan buang duit ga jelas di era Post Pandemic dan Resesi Global kaya gini. . Krisis moneter pula. Jadi biar kamu tahu gimana cara save money, dan juga backup keadaan urgent mobilitas kendaraan mu untuk keluarga. Tapi tanpa mengorbankan hoby mu. Bahkan Menjadi Bentuk Investasi Menguntungkan Secara Finansial. Download disini ya gaes Tips nya! Biar kamu gak salah arah! . Terimakasih ya gaes udah download, semoga semua dilimpahi keselamatan dan rezeki dari Tuhan! Dalam menghadapi era tak menentu ini.
Klik Dibawah untuk Download :
http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
3. ADVANCE ENGINEERING LEVEL – TEKNIK PEMECAH REKOR NASIONAL (Khusus Modifikator Engine Building, Race Car Builder, Scientist, Mekanik Tim Balap Nasional – Internasional).
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY
Ini adalah Teknik Pamungkas dari Modifikasi Mesin 4 Langkah, inilah rahasia ORD engineering menjadi Engineered To Be Feared, since 2001-2014. Bahkan Saat kami sudah berfokus ke ORDexhaust. Ratusan Rekor Nasional Bertebaran Bertahan belasan Tahun, Mesin NA 400 Hp sudah kami bangun sedari 2004, Rekor 12sec SOCH Allmotor since 2003, Dan Banyak sekali Rekor yang tak bisa kami hitung. HIngga sekarang sampai menjadi partner engineering Tim Formula FSAE Internasional, Yes Formula Car. Bukan Mobil City Car Bracket Class
Lets Do This,
This Wrote and Tested By Odie Rachmat, Founder CEO of ORDexhaust ORDengineering – Engineered to be Feared
KOMPLIT Sesuai Standart Engine Analyzer Enterprise Edition, As Formula 1 Engineering Use
• BASIC CARA KERJA 4 STROKE ENGINE
• MENGHITUNG TARGET HORSEPOWER
• VOLUMETRIC EFISENSI (INTAKE, PORT, CAMSHAFT EXHAUST, ETC)
• THERMAL EFFICIENCY (FUEL, IGNITION, TUNING) • MECHANICAL EFFICIENCY (KEKUATAN JEROAN MESIN SAMPE BERAT ROTATING MASS ETC)
• MATERIAL INTERNAL ENGINE
• FUEL SETTING
• IGNITION TIMING
• SOFTWARE SIMULATION
• DYNO TESTING &TUNING
Skuy, langsung belajar yak! Kalau Kepala Berasap, jangan salahin Mimin wkwkwk.
Klik Download di bawah
http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
Modifikasi tepat guna, tidak buang uang sia-sia.
Sayangi mobil Mahal Mu!
https://ordexhaust.com/news-article/tip ... cah-rekor/
dari basic sampe cara engineer F1 bangun mesin, dan ini bahan landasan mimin bangun mesin2 pemecah rekor drag dan dyno challange dari 2001
Download 3 Ebook Tips Modifikasi GRATIS di Bawah ini.
Agar Modifikasi mu tepat guna, tidak buang uang sia-sia.
Sayangi mobil Mahal Mu!
Efisien, Powerfull, Mesin Awet, Tepat Guna, Untuk Harian, maupun Balap Weekend
Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
NEWBIE LEVEL
1. Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Gaes, kamu ga mau salah modif yang bikin dompet mu jontor kan? Kita pandu gratis disini gaes! Biar kenaikan performa mobil kesayanganmj sesuai harapan dan sesuai dompet.
Trus satu lagi nih gaes, kita kasi tips free, supaya kita terhindar dari 3 kesalahan fatal dalam modifikasi knalpot! Yuk langsung isi email dan whatsap kamu, kita kirimin langsung yah sekarang! Thanks gaes!
(NB : Periksa Email Rutin, Berbonus Voucher Dadakan Reguler Per Bulan Khusus dari ORD exhaust)
Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY
TIPS NEWBIE SAMPAI EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Download : http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
2. Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
Gawat lho gaes, kita jangan buang duit ga jelas di era Post Pandemic dan Resesi Global kaya gini. . Krisis moneter pula. Jadi biar kamu tahu gimana cara save money, dan juga backup keadaan urgent mobilitas kendaraan mu untuk keluarga. Tapi tanpa mengorbankan hoby mu. Bahkan Menjadi Bentuk Investasi Menguntungkan Secara Finansial. Download disini ya gaes Tips nya! Biar kamu gak salah arah! . Terimakasih ya gaes udah download, semoga semua dilimpahi keselamatan dan rezeki dari Tuhan! Dalam menghadapi era tak menentu ini.
Klik Dibawah untuk Download :
http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
3. ADVANCE ENGINEERING LEVEL – TEKNIK PEMECAH REKOR NASIONAL (Khusus Modifikator Engine Building, Race Car Builder, Scientist, Mekanik Tim Balap Nasional – Internasional).
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY
Ini adalah Teknik Pamungkas dari Modifikasi Mesin 4 Langkah, inilah rahasia ORD engineering menjadi Engineered To Be Feared, since 2001-2014. Bahkan Saat kami sudah berfokus ke ORDexhaust. Ratusan Rekor Nasional Bertebaran Bertahan belasan Tahun, Mesin NA 400 Hp sudah kami bangun sedari 2004, Rekor 12sec SOCH Allmotor since 2003, Dan Banyak sekali Rekor yang tak bisa kami hitung. HIngga sekarang sampai menjadi partner engineering Tim Formula FSAE Internasional, Yes Formula Car. Bukan Mobil City Car Bracket Class
Lets Do This,
This Wrote and Tested By Odie Rachmat, Founder CEO of ORDexhaust ORDengineering – Engineered to be Feared
KOMPLIT Sesuai Standart Engine Analyzer Enterprise Edition, As Formula 1 Engineering Use
• BASIC CARA KERJA 4 STROKE ENGINE
• MENGHITUNG TARGET HORSEPOWER
• VOLUMETRIC EFISENSI (INTAKE, PORT, CAMSHAFT EXHAUST, ETC)
• THERMAL EFFICIENCY (FUEL, IGNITION, TUNING) • MECHANICAL EFFICIENCY (KEKUATAN JEROAN MESIN SAMPE BERAT ROTATING MASS ETC)
• MATERIAL INTERNAL ENGINE
• FUEL SETTING
• IGNITION TIMING
• SOFTWARE SIMULATION
• DYNO TESTING &TUNING
Skuy, langsung belajar yak! Kalau Kepala Berasap, jangan salahin Mimin wkwkwk.
Klik Download di bawah
http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE
Modifikasi tepat guna, tidak buang uang sia-sia.
Sayangi mobil Mahal Mu!
https://ordexhaust.com/news-article/tip ... cah-rekor/
Pusing BBM naek? Mobil Ngempos? Suara Kaya Angkot?
Santuy, Nih Solusi : Power Naek 18%, Irit BBM 11%
Gratis Test Muffler Di mobilmu
Garansi Power Up Moneyback
https://ordexhaust.com/
Santuy, Nih Solusi : Power Naek 18%, Irit BBM 11%
Gratis Test Muffler Di mobilmu
Garansi Power Up Moneyback
https://ordexhaust.com/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 306
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4206
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
sebenernya selama gak diotak atik tuh ecu sama fuel pump gak bakalan tambah boros om intinya ngurangin gas aja jgn dalem2x nah maen kenalpot sama filter udara aja mobil saya mah sama aja padahal mungkin ud 125-130hp mungkin kalo kaki saya lebih jinak bisa lebih irit karena dengan pasokan BBM yang sama tenaganya lebih gede jd otomatis lebih irit
kalo mau iirt modifnya ngejar torsi aja kek filter pake replacement kenalpot ganti khusus matic semua tenaga bawah dijamin naek otomatis ngegasnya lebih dikit ud lari, kalo ngejar HP ya mungkin malah boros karena gainnya di RPM tinggi bawahnya makin loyo akhirnya harus bejek lebih dalem
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.
cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.
kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.
kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak. gak tanya dulu buat racing apa buat harian, gak ada itungan, pokoknya pasang pasang pasang. abis puluhan jt tenaga gak naik yang ada
kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.
balik ke pertanyaan : xenia mesin NR setau saya blom bisa di remap. jadi jawabannya paling basic buang aja catcon nya ganti catless header/downpipe, filter ganti freeflow. itu udah cukup membantu buat sehari-hari udah berasa efeknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4206
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
nah ini om kenalpot sama filter gak boleh sembarang apalagi matic yang ada malah bikin ngempos RPM bawah yang ada ya malah bejeknya lebih dalemChZ wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 3:27
sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.
cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.
kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.
kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak.
kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Di TUSSbol aja om…
Brand ambass nya blom dateng aja neh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
bensin kasi yg bergizi, minimal yg non buatan plaat merah
busi kasi yg baru
filter udara ama bensin wajip kasi yg baru / jgn ampe mampet
oli mesin jgn tunggu ampe ancur2an
ATF, atawa MTF ama gardan jg rutin ganti
tekanan angin ban bener
uda itu doank koq resep mobil harian irit ama tarikan enak , ga usa yg aneh2 lah
busi kasi yg baru
filter udara ama bensin wajip kasi yg baru / jgn ampe mampet
oli mesin jgn tunggu ampe ancur2an
ATF, atawa MTF ama gardan jg rutin ganti
tekanan angin ban bener
uda itu doank koq resep mobil harian irit ama tarikan enak , ga usa yg aneh2 lah
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.
Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.
Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.
Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.
Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
yang repot klo mau main modif mesin emang musti cari mesin bawaan orok yang ok punya. krn sekarang rata-rata gasoline engine jg torsi dibuang ke bawah semua. kl lihat dan nyoba LMPV ma hatchback <1500 skrg powernya ga ad yang peaknya bagus. blom kadang ecu nya kaga bisa di read gimana mau di remapping.Or4cle wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 5:08 rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.
Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.
Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
remap jg kadang kl bawaan orok ga bagus gain nya ga banyak2 amet.
6000 rpm udah mati semua kecuali honda L15 itu aja sbenernya ditahan timingnya kl dibiarin timingnya maju dikit lagi kan musti wajib bbm bagus apa pada mau brio isi pertamax atau ron95
sweet spot emang turbo engine sih. small turbo engine lbh fleksibel tinggal pabrikan mau bikin gimana tuh setelan. hajar di bawah semua macem toyota 1KRVET atau bikin flat bawah tp boost atas kuat macem honda L15 turbo.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1405
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Enak kalo yg tinggal pencet/puter tombol atau geser tuas: eco - normal - Power
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 361
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Ikut nimbrung suhu. Mazdut 2 dan agay oe masih standar dar. Kalo lepas catcon, berarti bisa lebih bertenagakah? Kalo ganti filter freeflow belum berani karena lingkungan oe di semarang banyak debunya. Jd filter masih yg model paper sajaChZ wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 3:27sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.
cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.
kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.
kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak. gak tanya dulu buat racing apa buat harian, gak ada itungan, pokoknya pasang pasang pasang. abis puluhan jt tenaga gak naik yang ada
kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.
balik ke pertanyaan : xenia mesin NR setau saya blom bisa di remap. jadi jawabannya paling basic buang aja catcon nya ganti catless header/downpipe, filter ganti freeflow. itu udah cukup membantu buat sehari-hari udah berasa efeknya.
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Wah semarange ndi om?
Lepas catcon enaknya nanti akselerasi improve om keseluruhan lbh ga ketahan sih. Pngalaman kalo mesin NA low end ngaruh bgt jd irit bbm.
Ane jg kerja di daerah berdebu tiap ari hajar arteri ketemu truk terus civic pasang freeflow apex sih tiap servis dibersihin aja gampang sih rendem aer aja sama dikasih oli rutin
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 361
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Ane di daerah gedawang omChZ wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 15:31
Wah semarange ndi om?
Lepas catcon enaknya nanti akselerasi improve om keseluruhan lbh ga ketahan sih. Pngalaman kalo mesin NA low end ngaruh bgt jd irit bbm.
Ane jg kerja di daerah berdebu tiap ari hajar arteri ketemu truk terus civic pasang freeflow apex sih tiap servis dibersihin aja gampang sih rendem aer aja sama dikasih oli rutin
Di daerah sini kebetulan ada proyek galian gorong2 entah karena musim hujan atau apa, jdnya hampir tiap hari debunya mayan. Belum lg kebetulan tetangga ada yg renov rumah, sehari aja debu potongan keramiknya tebell nutupin teras dan kendaraan.
Wah sippdah pankapan cari header/downpipe, tinggal pasang ga perlu naek dynolah ya? Filter freeflow takut jg kalo ngasi olinya kelebihan ada yg bilang bisa bikin pembacaan sensor MAF jd ga akurat gatau bener apa engga karena belum berani coba
Kalo di agay sih setau ane emg ga pake MAF
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.ChZ wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 8:03yang repot klo mau main modif mesin emang musti cari mesin bawaan orok yang ok punya. krn sekarang rata-rata gasoline engine jg torsi dibuang ke bawah semua. kl lihat dan nyoba LMPV ma hatchback <1500 skrg powernya ga ad yang peaknya bagus. blom kadang ecu nya kaga bisa di read gimana mau di remapping.Or4cle wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 5:08 rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.
Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.
Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
remap jg kadang kl bawaan orok ga bagus gain nya ga banyak2 amet.
6000 rpm udah mati semua kecuali honda L15 itu aja sbenernya ditahan timingnya kl dibiarin timingnya maju dikit lagi kan musti wajib bbm bagus apa pada mau brio isi pertamax atau ron95
sweet spot emang turbo engine sih. small turbo engine lbh fleksibel tinggal pabrikan mau bikin gimana tuh setelan. hajar di bawah semua macem toyota 1KRVET atau bikin flat bawah tp boost atas kuat macem honda L15 turbo.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit.
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
wah iya skrg lagi musim galian dimana-mana sampe males mo keluar macet meluludaimler wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 18:10
Ane di daerah gedawang om
Di daerah sini kebetulan ada proyek galian gorong2 entah karena musim hujan atau apa, jdnya hampir tiap hari debunya mayan. Belum lg kebetulan tetangga ada yg renov rumah, sehari aja debu potongan keramiknya tebell nutupin teras dan kendaraan.
Wah sippdah pankapan cari header/downpipe, tinggal pasang ga perlu naek dynolah ya? Filter freeflow takut jg kalo ngasi olinya kelebihan ada yg bilang bisa bikin pembacaan sensor MAF jd ga akurat gatau bener apa engga karena belum berani coba
Kalo di agay sih setau ane emg ga pake MAF
kalo mobilnya pake header lbh sulit itungannya biarpun banyakan sih kalo spek harian ya gitu-gitu aja kecuali spec khusus.
tp mobil sekarang sih rata-rata dah tinggal ganti downpipe nya aja lah. naik dyno kalo iseng aja om itupun percuma kalo gak ada before/after dan cuaca beda aja udah beda result
tergantung kalo ngomong efisiensi itu apakah cuma sekedar irit-iritan ya cekek aja bensinnya lean burn dengan resiko mesin panas lama lama ancur dan tahan tahanin aja nyetir mobil lemot krn bensin dicekek pasti lemot. itupun kl power terlalu kecil ya boros juga toh akhirnya tetep harus diinjek dalem biar lari?Or4cle wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit.
dulu kuliah mesin sih gak diajarin efisiensi = irit iritan. efisiensi dasarnya kan ngeluarin the most of the engine tanpa ngeluarin excessive energy. kalo mesin sama satunya bisa 100hp satunya 90hp dengan bbm sejenis dan konsumsi sama, ya lebih efisien yang 100hp.
nah di civic saya sendiri sih kalo bisa keluarin 240hp bensin tetep 1:11, ya ngapain stay di stock yang 170hp bensin tetep sama segitu juga makanya saya bilang naik power lebih efisien.
artinya entah tuning saya blom mentok apa setelan pabrik emang tidak optimal walau saya nebak yang kedua sih utk case mobil2 sekarang, simpel aja krn ngebelain mayoritas yang mau aman mbl turbo isi pertalite timing jd gak advance
ah kl tussbol mah keliatan kayak panik sama bengkel remap selalu bilangnya tidak mengubah mapping mesin keliatan lah dia panik ma siapa. abis bengkel remap sekali colok bisa 10% gain dia blom tentu dapet segitu mang ada tussbol nunjukin hasil dyno yang dipamerin mobil mewah isi pertalite melulu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 361
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitikOr4cle wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit.
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Mau matic atau manual sama2 bisa Om.daimler wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 5:05TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitikOr4cle wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit.
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.evanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 6:09Mau matic atau manual sama2 bisa Om.
Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali
yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Udah gitu, dulu si bengkel tsb sering posting foto entah bagian apa dr mesin yg dikumpulin hasil TUSSbol katanya. Makin membagongkan deh itu part diambil trs diganti yg baru apa gimana kan.ChZ wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 7:56konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.evanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 6:09Mau matic atau manual sama2 bisa Om.
Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali
yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
itu mah name keren dari stel klep mbahevanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa
tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)
tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
nahh iya biasa satu paket kan tussbol dan optikevanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:04 Udah gitu, dulu si bengkel tsb sering posting foto entah bagian apa dr mesin yg dikumpulin hasil TUSSbol katanya. Makin membagongkan deh itu part diambil trs diganti yg baru apa gimana kan.
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
yang sekelas spoon sports aja di bengkelnya ruang engine ga dirahasiain orang umum bole liat atas seizin yang bangun mesin. masa iya ini rahasia2an
jangankan gitu emang kurang jelas apa itu engine handbuilt AMG / nissan GTR di expose lewat media. enjin pabrikan kan tuh, dia kan bangga banggain setup pabrikan
kalo emang bengkel profesional sih harusnya gak takut ditiru, orang laen niru blom tentu sama koq ayam KFC banyak tiruan jg rasanya gak bisa sama pdhl bentuk sama-sama ayam tepung
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
Temen sih pernah cerita dulu dia pernah bawa ke bengkel itu buat TUSSbol sama Optik W202 nya. Kalo gak salah habisnya sekitar 9jt. Katanya sih memang jd lebih irit sedikiiiiiit, cuma dia ngga pernah pake premium jg selalu pertamax dr dulu, ngga berani diaDOHC wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:12itu mah name keren dari stel klep mbahevanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa
tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)
tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
Tp kalo saya tanya sih katanya ngga worth it dengan harga segitu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
kl bengkel di semarang yg bisa pnp bagus ada ga ya mod?ChZ wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 7:56 konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.
bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali
yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR
9jt jaman skrg kalo mobil berturbo, tinggal naek dyno sama dicolok laptop juga naik tenaga beneran significantevanbngdor wrote:Temen sih pernah cerita dulu dia pernah bawa ke bengkel itu buat TUSSbol sama Optik W202 nya. Kalo gak salah habisnya sekitar 9jt. Katanya sih memang jd lebih irit sedikiiiiiit, cuma dia ngga pernah pake premium jg selalu pertamax dr dulu, ngga berani diaDOHC wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:12itu mah name keren dari stel klep mbahevanbngdor wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa
tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)
tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
Tp kalo saya tanya sih katanya ngga worth it dengan harga segitu
masih dapet kembalian pula kalo mobil mobil jepun dc nya paling 5-6 jt. hasil keluar jelas bisa di optimize buat ron 92 95 98 bebas
pecinta bio solar