Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
arizaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 7:33
Halo om,
Saya baru angkut GL L10 2011, KM baru 23 ribuan tangan pertama, service record lengkap juga
Service terakhir ganti oli doang setaun lalu setelah itu kayanya dipanas panasin doang, KM kaga nambah
Tapi agak ngeri2 sedap juga, takutnya ada kerusakan tidak terduga
Izin bertanya )
Ada yg pernah ngalamin case power window macet gak yakk di L11?
Jadi kadang macet gak mau naik otomatis dan naik nya ngendat", harus dipancing pake tangan manual tarik atas pelan" sambil dipencet tombol nya.
Pas selasa kemarin cek di beres malah lancar power window-nya jd gak ada perbaikan.
Mohon sarannya yakk )
sarwoedhie wrote: Wed Oct 12, 2022 6:34
Siang suhu" semua disini,
Izin bertanya )
Ada yg pernah ngalamin case power window macet gak yakk di L11?
Jadi kadang macet gak mau naik otomatis dan naik nya ngendat", harus dipancing pake tangan manual tarik atas pelan" sambil dipencet tombol nya.
Pas selasa kemarin cek di beres malah lancar power window-nya jd gak ada perbaikan.
Mohon sarannya yakk )
Haturnuhun.
Disemprot wd atau contact cleaner di bagian switch nya.
Kemungkinan cm switch nya aja kotor jd kadang suka macet.
Kl macet berhenti di tengah biasanya regulatornya tewas Om.
Kl saya malah besi penyangga kaca di dalam PW yg kena gegara pintu ditutup sekuat tenaga Igun padahal dilock dari dlm. Sampe patahannya kedengeran banget dan saya cm ngelus dada aja ama penumpang yg begitu (tetangga)
sarwoedhie wrote: Wed Oct 12, 2022 6:34
Siang suhu" semua disini,
Izin bertanya )
Ada yg pernah ngalamin case power window macet gak yakk di L11?
Jadi kadang macet gak mau naik otomatis dan naik nya ngendat", harus dipancing pake tangan manual tarik atas pelan" sambil dipencet tombol nya.
Pas selasa kemarin cek di beres malah lancar power window-nya jd gak ada perbaikan.
Mohon sarannya yakk )
Haturnuhun.
hmm.. penyakit lazim di Nissan mungkin ini ya, sempat kejadian juga di T32 saya dulu, penyebabnya karena mobil lama gak dipake (akibat WFH), solusinya mobil sering-sering dipake aja seperti biasa, nanti bbrp hari normal lagi itu power windownya.
Spies wrote: Fri Oct 14, 2022 22:38
Pas belok suka ada suara 'duk' dikit.. Setelah dicek ternyata long tie rod kiri udah ada speleng.
Ngecek di toko ijo harganya beragam.
Ada yg 60 ribuan bungkus nissan, 150 ribuan merk 555/aisin, sampe yang klaimnya 100% ori 350 ribu di champion motor.
Kalo pake 555/aisin gitu kuat nggak ya? Mobilnya seminggu cuma dipake 1-2x aja sih
555 yg ori jepun harganya mirip beres kisaran 300 rebuan.
Aisin dulu saya pernah beli u End Tie Rod tapi ya cm blm sempet kepake mobil sdh kejual.
Kl yg harga under 300 an merk Nissan KW, Kingsteel ya tergantung hoki aja mbah...
Selama bawa mobilnya ngga ala Kenjiro Si Nobita lumayan awet lah...tp entah u berapa lama
Spies wrote: Fri Oct 14, 2022 22:38
Pas belok suka ada suara 'duk' dikit.. Setelah dicek ternyata long tie rod kiri udah ada speleng.
Ngecek di toko ijo harganya beragam.
Ada yg 60 ribuan bungkus nissan, 150 ribuan merk 555/aisin, sampe yang klaimnya 100% ori 350 ribu di champion motor.
Kalo pake 555/aisin gitu kuat nggak ya? Mobilnya seminggu cuma dipake 1-2x aja sih
555 yg ori jepun harganya mirip beres kisaran 300 rebuan.
Aisin dulu saya pernah beli u End Tie Rod tapi ya cm blm sempet kepake mobil sdh kejual.
Kl yg harga under 300 an merk Nissan KW, Kingsteel ya tergantung hoki aja mbah...
Selama bawa mobilnya ngga ala Kenjiro Si Nobita lumayan awet lah...tp entah u berapa lama
Spies wrote: Fri Oct 14, 2022 22:38
Pas belok suka ada suara 'duk' dikit.. Setelah dicek ternyata long tie rod kiri udah ada speleng.
Ngecek di toko ijo harganya beragam.
Ada yg 60 ribuan bungkus nissan, 150 ribuan merk 555/aisin, sampe yang klaimnya 100% ori 350 ribu di champion motor.
Kalo pake 555/aisin gitu kuat nggak ya? Mobilnya seminggu cuma dipake 1-2x aja sih
555 yg ori jepun harganya mirip beres kisaran 300 rebuan.
Aisin dulu saya pernah beli u End Tie Rod tapi ya cm blm sempet kepake mobil sdh kejual.
Kl yg harga under 300 an merk Nissan KW, Kingsteel ya tergantung hoki aja mbah...
Selama bawa mobilnya ngga ala Kenjiro Si Nobita lumayan awet lah...tp entah u berapa lama
Waduh berarti 555 yg 150an sebelah itu kw ya mbah
Bawa mobilnya push and glide kok, aman berarti ya
Terot utk lipindut mending beli yg aseli beneran batu makam punya, beli d beres kl perlu
Dari smua penyakit onderstel lipindut, aneh nya justru terot nya yg kuat banget, jauh lebi awet drpd inofa fortuner
blloewy wrote: Sat Oct 15, 2022 0:31
555 yg ori jepun harganya mirip beres kisaran 300 rebuan.
Aisin dulu saya pernah beli u End Tie Rod tapi ya cm blm sempet kepake mobil sdh kejual.
Kl yg harga under 300 an merk Nissan KW, Kingsteel ya tergantung hoki aja mbah...
Selama bawa mobilnya ngga ala Kenjiro Si Nobita lumayan awet lah...tp entah u berapa lama
Waduh berarti 555 yg 150an sebelah itu kw ya mbah
Bawa mobilnya push and glide kok, aman berarti ya
Terot utk lipindut mending beli yg aseli beneran batu makam punya, beli d beres kl perlu
Dari smua penyakit onderstel lipindut, aneh nya justru terot nya yg kuat banget, jauh lebi awet drpd inofa fortuner
Oh gitu ya mbah.. Itu yg 350rb/pc di champion motor asli nggak ya?
Di tokoijo paling mahal harganya
Disini ke beres jauh soalnya, 2 jam perjalanan
Ini juga malah long tie rod nya yg kena duluan, tie rod end nya mah masih kenceng
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal.
IMG_20221022_143304.jpg
IMG_20221022_142142.jpg
IMG_20221022_090822.jpg
IMG_20221022_124511.jpg
IMG_20221022_124517.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
Woh beresnya mau ya ganti ball joint aja, biasanya langsung disuruh ganti 1 assy lower armnya
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Baru mau nanya ini...
sama sebelah kirinya dicek juga apa ngga..?
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
Woh beresnya mau ya ganti ball joint aja, biasanya langsung disuruh ganti 1 assy lower armnya
Kl di JABODETABEK promo ganti karet aja di semua part lower arm, cross member, bushing stabilizer itu sekitar 3,5 juta dan hanya ada di akhir tahun.
Knp? karena mereka habiskan stok material bushing-2 nya itu mungkin terutama yg di lower arm.
Umumnya sich ganti 1 set dan harga lower arm nya skrg sdh tembus 900 ribu/ea.
kl dihitung2 ganti per karet di lower arm harganya beda tipis ama beli 1 set lower arm.
kl pake yg ori dari BERES ya om...
kl pake RBI pasti lebih murah.
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
Woh beresnya mau ya ganti ball joint aja, biasanya langsung disuruh ganti 1 assy lower armnya
Iya Om Daimler, Aman sentosa di saya, selama 8 tahun lebih pelihara mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT dari Mei 2014 sampai oktober 2022 belum pernah sekalipun saya ganti ganti 1 assy lower armnya. Saya hanya ganti part yang rusak/oblak saja sebelum
ini pernah ganti karet karet mounting, koil.
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
beriktunya adalah sdh dispooring ngga ini mobilnya Om?
DOHC wrote:
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
beriktunya adalah sdh dispooring ngga ini mobilnya Om?
Iya Om, sudah dikasih tahu oleh mekanik nya untuk nantinya setelah mobil digunakan perlu di spooring.[emoji16]
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 9:54
Setelah cukup lama ndak posting di SM, hari ini saya posting lagi karena hari ada perbaikkan kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saat odo mencapai 118214 Km di bengkel resmi Nissan di Palembang setelah umur pemakaian mobil mencapai lebih dari 8 tahun. Awalnya rencana cuma mau ganti bohlam lampu rem belakang yg mati, cuma saat setelah mobil selesai dicuci SA nya lapor bahwa saat mobil di bawa jalan ada bunyi di kaki bagian kanan dekat ban sehingga saya minta agar mekanik untuk check dan ganti part yg rusak setelah mobil dipakai lebih dari 8 tahun dan setelah mobil di lift up dan dicheck ternyata saat roda sebelah kanan digoyang ternyata memang rada ada oblak karena bushing tie rod nya sudah rusak serta karet ball joint nya sudah pecah jadi saya minta mekanik ganti bushing tie rod dan karet ball joint yg kiri kanan. Jadi Ada 2 pekerjaan yang dilakukan yaitu ganti bohlam lampu rem serta
perbaikkan kaki kaki di bengkel Resmi. Total cost 127893 + 1489453 = Rp 1,617 Juta. Setelah selesai pengerjaan kaki kaki senyap dan lampu rem berfungsi normal. IMG_20221022_143304.jpgIMG_20221022_142142.jpgIMG_20221022_090822.jpgIMG_20221022_124511.jpgIMG_20221022_124517.jpg
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
berarti kecurigaan saya bener ini, utk ANGL kayanya bushing crossmember nya dibedakan ama yg OGL dan disempurnakan, sama sperti link stabilizer yg diem2 di upgrade
DOHC wrote:
yg bushing crossmember gmana om ? td dicek jg ga ?
Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
berarti kecurigaan saya bener ini, utk ANGL kayanya bushing crossmember nya dibedakan ama yg OGL dan disempurnakan, sama sperti link stabilizer yg diem2 di upgrade
Sama aja Mbah
Itu cuma kondisi jalan Om Herman aja mulus lus...dan minim lobang..coba aja masuk grup Lipindut.
Itu L11 jg banyak yg ganti shock, bushing cross member, link stabil ama ball joint.
Yg jarang justru ganti busi mereka ama koil lumayan awet..
Padahal infonya Shock depan L11 itu upgrade dari L10 yg lbh bagus meredam bantingan ama ngga mudah bocor