Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Umumnya sih lampu akan menyala sekiranya oil pressure menurun sampai ke 5 PSI.Risol1 wrote:btw, mobil sih jalan masih smooth banget sekarang, gak kasar cuma "check engine" lightnya nyala.....tapi gw takut bisa sampe kapan neh????
PPT, apakah 16 psi masih normal atau udah jauh banget berkurang? berapa normalnya mobil2 lain?
Check dulu DTC-nya berapa PXXXX ??? Apa oil pressure ... apa Tekanan Oli untuk VVTI yang ngatur timing ... karena you bilang Left Bank Timing Retarded ... Betul ?
P0012 atau P0015 atau P0022 atau P0025 ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
permisi om PenyuTurbo, boleh nanya?PenyuTurbo wrote: SAE ... kalau boil baru __W40 ... kalau boil dah lama __W50
kalo mobil i-DSI 2004 & Ipah VVT-i 2005 pake ~W-30 gmn? krn blm nemu oli full sintetis yg ~W-40.
terus kalo pake 5-W30 atau 10W-30 berarti bagusan yg 10W-30 yah? krn rentang angka depan & blkg lebih sedikit, berarti polimer lebih sedikit lebih bagus yah?PenyuTurbo wrote: Nilai awalnya nggak jadi masalah untuk negara yang iklimnya panas mulu ... tapi diusahakan jangan terlalu jauh dari nilai belakang.
1. Untuk yang __W40 ... bila tersedia 10W40 atau 15W40 atau 20W40, maka pilih yang 20W40.
2. Sama halnya dengan yang __W50 ... jika tersedia 10W50 atau 15W50 atau 20W50 ... maka ambil yang 20W50.
Perbedaan antara angka belakang dan angka depan menunjukkan banyaknya jumlah POLIMER (Plastik) yang terdapat di dalam kandungan oli. POLIMER ini yang akan mengalami rusak (breakdown) ... semakin banyak jumlah polimer maka semakin cepat kerusakan oli ... walaupun molekul oli itu sendiri gak RUSAK ... buktinya ada orang yang ngambil OLI BEKAS ... kemudian disaring lagi ... lantas dijual lagi.
thanks,

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Proses manufacturing komponen-komponen mesin boil baru udah canggih ... so biasanya mereka (manufacture) ngasih rekomendasi __W30 ... kalau diminta milih 5W30 dan 10W30 ... pilih yang 10W30.alim ulama wrote:permisi om PenyuTurbo, boleh nanya?PenyuTurbo wrote: SAE ... kalau boil baru __W40 ... kalau boil dah lama __W50
kalo mobil i-DSI 2004 & Ipah VVT-i 2005 pake ~W-30 gmn? krn blm nemu oli full sintetis yg ~W-40.
terus kalo pake 5-W30 atau 10W-30 berarti bagusan yg 10W-30 yah? krn rentang angka depan & blkg lebih sedikit, berarti polimer lebih sedikit lebih bagus yah?PenyuTurbo wrote: Nilai awalnya nggak jadi masalah untuk negara yang iklimnya panas mulu ... tapi diusahakan jangan terlalu jauh dari nilai belakang.
1. Untuk yang __W40 ... bila tersedia 10W40 atau 15W40 atau 20W40, maka pilih yang 20W40.
2. Sama halnya dengan yang __W50 ... jika tersedia 10W50 atau 15W50 atau 20W50 ... maka ambil yang 20W50.
Perbedaan antara angka belakang dan angka depan menunjukkan banyaknya jumlah POLIMER (Plastik) yang terdapat di dalam kandungan oli. POLIMER ini yang akan mengalami rusak (breakdown) ... semakin banyak jumlah polimer maka semakin cepat kerusakan oli ... walaupun molekul oli itu sendiri gak RUSAK ... buktinya ada orang yang ngambil OLI BEKAS ... kemudian disaring lagi ... lantas dijual lagi.
thanks,
Untuk Synthetis yang ~W40 ... ada Castrol, Q8, BP, Chemlube de el el ... udah banyak kok ... Yang bagusan TORCO.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kodenya P1383 pak. Kata BERES, yang left bank yang kena.PenyuTurbo wrote:Umumnya sih lampu akan menyala sekiranya oil pressure menurun sampai ke 5 PSI.Risol1 wrote:btw, mobil sih jalan masih smooth banget sekarang, gak kasar cuma "check engine" lightnya nyala.....tapi gw takut bisa sampe kapan neh????
PPT, apakah 16 psi masih normal atau udah jauh banget berkurang? berapa normalnya mobil2 lain?
Check dulu DTC-nya berapa PXXXX ??? Apa oil pressure ... apa Tekanan Oli untuk VVTI yang ngatur timing ... karena you bilang Left Bank Timing Retarded ... Betul ?
P0012 atau P0015 atau P0022 atau P0025 ?
Beres bilang karena oil pressurenya rendah, jadinya tekanan oli untuk ngatur VVT nya juga kena makanya check engine lightnya nyala.
kalo lampu "oli" udah nyala tandanya sebentar lagi mobil akan mati total lah.......malahan beres bilang mulai sekarang pake oli yang agak kentelan jangan pake yang terlalu encer (selama ini pake mobil1 5-30). bener ngga nih saran beres?
payah ni mobil......masa baru jalan 57rb miles aja udah musti ganti engine?

tolong PPT...tolong

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Pak Penyu Turbo, kalo oli Shell Helix plus dan Shell Helix Ultra gak masuk hitungan rangking ya? ok gak sih?
Kalo Adnoc Pearl 10w-40 dan Adnoc Special 20w-50 gimana reviewnya? saya liat sih bikinan arab, logis nya sih harusnya tahan panas sesuai juga dengan iklim indo.
ada info/data dengan oli ini gak?
kalo shell helix dan adnoc dibanding motul 6100 gimana tuh?
mohon petunjuk.....thanks
Kalo Adnoc Pearl 10w-40 dan Adnoc Special 20w-50 gimana reviewnya? saya liat sih bikinan arab, logis nya sih harusnya tahan panas sesuai juga dengan iklim indo.
ada info/data dengan oli ini gak?
kalo shell helix dan adnoc dibanding motul 6100 gimana tuh?
mohon petunjuk.....thanks


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Apanya yang ditungguin ?Risol1 wrote:pak PPT mana neh ditungguin dari tadi.......pak PPT tolong?????
1. Memang mesti diperiksa Oil Level ... setidak tidaknya oil level berada antara MIN dan MAX atau kadang ada yang ngasih tanda LOW dan UP atau HIGH.
2. Secara umum, jumlah oli antara level Minimum ke Level Maximum adalah 1 liter ... jadi kalau kebetulan pas checking ... olinya asat sampai batas LOW atau MIN ... maka cukup nambahin 1 liter ... udah sampai penuh lagi.
3. Pergantian oli memang sebaik-baiknya dilakukan antara 2000 s/d 3000 miles ... kalau dalam kilometer ya antara 3000 km s/d 5000 km. Sesuai dengan operasional boil.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sebenarnya bukannya gak masuk dalam hitungan ranking ... cuman belum sempat dituliskan ... mengingat udah berjibun merek oli yang janjinya nawarin ini itu. ADNOC ... gw belum pernah pakai ... jadi gak bisa ngasih review nya. MOTUL ok.handling wrote:Pak Penyu Turbo, kalo oli Shell Helix plus dan Shell Helix Ultra gak masuk hitungan rangking ya? ok gak sih?
Kalo Adnoc Pearl 10w-40 dan Adnoc Special 20w-50 gimana reviewnya? saya liat sih bikinan arab, logis nya sih harusnya tahan panas sesuai juga dengan iklim indo.
ada info/data dengan oli ini gak?
kalo shell helix dan adnoc dibanding motul 6100 gimana tuh?
mohon petunjuk.....thanks
Secara umum oli ini hampir semuanya sama ... lha wong standard pengujiannya sama ... API (American Petroleum Institute) ... yang penting diperhatikan adalah bagaimana operasi kendaraan dan bagaimana kita mengambil keputusan saat mengganti.
Pernah gw pakai BP Synthetic .... baru 2000 km udah berkurang 1/2 liter ... mesti nambahin lagi ... setelah itu balik lagi ke asal makai DUCKHAMS ... yang ini sampai 3000 km ke 5000 km berkurang dikit aja ... jadi gak perlu TOP UP.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
kirain subang tetangganya bandung huehuehueRisol1 wrote:Hehehehehehehe ... SUBANG JAYA ... MALAYSIA.PenyuTurbo wrote:PPT lagi mudik ya, kalo gak salah dulu ada di malaysia, sekarang di subang???Risol1 wrote: IPAH V6 ... ?

Subang Jaya Petaling Jaya Kuala Lumpur,,itu dia alamat lengkapnya Paklik Penyu.



.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
o gitu ya......thanks penjelasannya Pak Penyu..PenyuTurbo wrote:Sebenarnya bukannya gak masuk dalam hitungan ranking ... cuman belum sempat dituliskan ... mengingat udah berjibun merek oli yang janjinya nawarin ini itu. ADNOC ... gw belum pernah pakai ... jadi gak bisa ngasih review nya. MOTUL ok.handling wrote:Pak Penyu Turbo, kalo oli Shell Helix plus dan Shell Helix Ultra gak masuk hitungan rangking ya? ok gak sih?
Kalo Adnoc Pearl 10w-40 dan Adnoc Special 20w-50 gimana reviewnya? saya liat sih bikinan arab, logis nya sih harusnya tahan panas sesuai juga dengan iklim indo.
ada info/data dengan oli ini gak?
kalo shell helix dan adnoc dibanding motul 6100 gimana tuh?
mohon petunjuk.....thanks
Secara umum oli ini hampir semuanya sama ... lha wong standard pengujiannya sama ... API (American Petroleum Institute) ... yang penting diperhatikan adalah bagaimana operasi kendaraan dan bagaimana kita mengambil keputusan saat mengganti.
Pernah gw pakai BP Synthetic .... baru 2000 km udah berkurang 1/2 liter ... mesti nambahin lagi ... setelah itu balik lagi ke asal makai DUCKHAMS ... yang ini sampai 3000 km ke 5000 km berkurang dikit aja ... jadi gak perlu TOP UP.
kalo spec di manual 20w-50 , kita kasih 0-30 sebenarnya masih boleh gak sih , yang saya takut cuma 1, takut ngebul lama kelamaan....

thanks.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Coba liat yg bold, jadi ingat thread ttg manasin mobil yg iniPenyuTurbo wrote:Kan gak kelihatan dari luar ... makanya kalau kebanyakan stop and go drivings, manasin boil gak sampai pada operating temperaturnya , banyak jalan di jalanan macet, kelamaan IDLE ... nungguin girlfriend belanja di Carreffour ... mesti ganti oli sesering mungkin 3000 km hehehehehehehe ... no offense lah nieee.r1210g wrote:Yaiks... Huekkk... Amit2 cabang bayi mobil gw ampe begitu...
Bandingin ama yang rajin ganti oli .... gak ngikutin iklan-iklan yang kononnya bisa ampe 8000 km - 10,000 km ...
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6360
Harus diupdated/diperjelas tuh di threads atas, biar nggak salah info. Soale mainstream opini disitu manasin mobil nggak perlu. Pendapat bahwa manasin mobil masih perlu kayaknya "minoritas" tuh..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ada dua sisi yang mesti dilihat :uch wrote:Coba liat yg bold, jadi ingat thread ttg manasin mobil yg iniPenyuTurbo wrote:Kan gak kelihatan dari luar ... makanya kalau kebanyakan stop and go drivings, manasin boil gak sampai pada operating temperaturnya , banyak jalan di jalanan macet, kelamaan IDLE ... nungguin girlfriend belanja di Carreffour ... mesti ganti oli sesering mungkin 3000 km hehehehehehehe ... no offense lah nieee.r1210g wrote:Yaiks... Huekkk... Amit2 cabang bayi mobil gw ampe begitu...
Bandingin ama yang rajin ganti oli .... gak ngikutin iklan-iklan yang kononnya bisa ampe 8000 km - 10,000 km ...
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6360
Harus diupdated/diperjelas tuh di threads atas, biar nggak salah info. Soale mainstream opini disitu manasin mobil nggak perlu. Pendapat bahwa manasin mobil masih perlu kayaknya "minoritas" tuh..
A. Dari segi ENVIRONMENT ISSUES ... ya thread yang disebut di atas lebih diutamakan.
B. Dari Segi SLUDGE FORMATION dalam mesin ... malangnya berlawanan dengan thread yang disebut di atas
Hahahahahaha ... tinggal pilih MANA ... kalau lebih mengutamakan ENVIRONMENT (LINGKUNGAN) ... ya pilih A ... tapi jika Sayang MESIN (supaya Tahan Lama dan Tetap Bersih) ... ya Terpaksa PILIH B.
Yang jelas ... secara design memang sebelum sampai pada operating temperature ... ECU akan menyeburkan lebih banyak BBM ... kalau nggak ... Mesin Susah di START ... dan Bunyinya KASAR ... kakakakakkakka. DILEMMA ... DILEMMA ... DILEMMA ... dan Secara Pribadi GW lebih Mementingkan penjagaan MESIN.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Loh? Ngapain pusing2?
Pak penyu koq bingung?
Mobil ga usah dipanasin atuh... Tujuannya apa kalo mobil dipanasin doank?
Kan dipake juga kan mobilnya? Nanti juga ketemu suhu normal...
Jadi olinya ga sludge, environmentnya ya gmn ya? emang kegunaan mobil buat jalan..
Ya environment jangan dibesar2kan..
He3... Gitu Aja Koq Repot?....

Pak penyu koq bingung?
Mobil ga usah dipanasin atuh... Tujuannya apa kalo mobil dipanasin doank?
Kan dipake juga kan mobilnya? Nanti juga ketemu suhu normal...
Jadi olinya ga sludge, environmentnya ya gmn ya? emang kegunaan mobil buat jalan..
Ya environment jangan dibesar2kan..
He3... Gitu Aja Koq Repot?....


The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Gak pusing dan Gak Bingung ... cuman memberikan kejelasan aja ...r1210g wrote:Loh? Ngapain pusing2?
Pak penyu koq bingung?
Mobil ga usah dipanasin atuh... Tujuannya apa kalo mobil dipanasin doank?
Kan dipake juga kan mobilnya? Nanti juga ketemu suhu normal...
Jadi olinya ga sludge, environmentnya ya gmn ya? emang kegunaan mobil buat jalan..
Ya environment jangan dibesar2kan..
He3... Gitu Aja Koq Repot?....![]()
Kan ada orang beli boil untuk simpanan ... jadi kalau gak jalan kan mesti selalu dipanasin ... supaya gak karatan daleman mesinnya ...
Tentang Environment ... ini bukannya dibesar-besarkan ... hanya untuk niggalin lingkungan yang berwawasan pada anak cucu ... kakakakakaka.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45