Mungkin temen2 disini beberapa uda ada yg tau cerita saya jadi ambil ni mobil di thread2 lain. Jadi ambil ni mobil sebenernya untuk gantiin mobil istri yaitu fortuner vrz 2017. Ada beberapa alasan jual nih fortuner yaitu faktor odo uda tinggi (100rb, walaupun sebenernya ukuran segini untuk 2gd masih geli2 doang), dari awal beli isi solar goceng dan jarang ganti filsor, bahkan terakhir ganti uda jalan 40rb km, hal ini bikin jadi was2 injector ga akan lama lagi umurnya, dan faktor ketiga yg paling mendominasi adalah faktor emosional saya pribadi emang ga demen sama nih mobil

Setelah melobi istri dengan alesan ganti injektor mahal dan kebetulan ada issue solar goceng bakalan dilarang. Akhirnya nyonya acc juga untuk ganti mobil. Dengan estimasi harga jual fortuner vrz sekitaran 400jt an di awal 2022 dan saya gamau nambah banyak2 disaat kayak gini, saya kasih proposal untuk ambil hrv tipe SE. Selain bentuknya bagus dimata saya, nyonya juga emang sejarahnya demen mobil yg GC agak tinggi. Saya kirain bakalan diterima proposal tsb eh diluar dugaan ternyata ditolak mentah2 sama nyonya karena ga demen modelnya.
Sekitaran 1 mingguan saya jadi bingung sendiri mau nyari mobil apa dengan budget 400an yg sekarang ini agak tanggung dan ga gitu banyak pilihan. Diluar dugaan disatu malam nyonya buka website mazda dan nyodorin mazda 3. Ternyata dari awal launching dia uda demen ni mobil, tp karena blm ada duit nganggur jd sayang buat ganti mobil. Sayapun dari dulu uda jatuh cinta sama kesemokan mazda 3. Ga pake pikir panjang, walaupun harus nambah 100jt lebih akhirnya 1-2 hari kemudian saya langsung indent mazda 3 dengan pilihan polymetal grey dan estimasi indent 3 bulan (akhir juli 2022). Waktu itu dpt otr harga 527.700.000 diskon 11 jt.
2 bulan setelah kasih tanda jadi dpt kabar dari sales mobil kedelay lagi sampe agustus, kita putuskan nunggu, bulan agustus ketunda lg jadi september. Masih sabar jg nunggu, eh bulan september salesnya kabarin delay lg sampe dia uda ga berani janji kapan barang dateng. Pusing juga mikir mobil ga dateng2 dan fortuner nyonya uda laku kejual. Awal september itu saya kebetulan lg servis mazda 2 saya di mazda puri. Iseng2 ngobrol ma sales ternyata mazda 3 emang barangnya ghoib. Sebulan paling masuk 1 unit yg entah warnanya apa, kadang ga masuk sama sekali. Sempet bilang sama salesnya kalo ada unit masuk warna apapun kasih ke saya tp sales tsb bilang mending coba cari unit di mazda2 lain siapa tau ada unit batalan, karena bulan lalu dia ada masuk 1 unit tp dibatalin konsumennya akhirnya dilempar ke orang lain. Akhirnya saya tlpnin satu2 dealer mazda tp emang ga ada juga. Kebetulan di salah satu dealer mazda yg saya tlp malah ada mazda CX30, ga pake lama akhirnya tlp nyonya, mikir2 bentar. Hari itu jg kita putuskan ngeDP tuh mbl karena uda kepepet jg kurang mobil dirumah. Yah walaupun ga dpt mazda 3, tp senggaknya dapet substitusinya yg mirip dan sebenernya secara logika lebih make sense karena nyonya emang ga kebiasa bawa mobil dengan GC rendah. Harga yg didapat di 539.900.000 tambah 4 jt untuk optional warna polymetal dan diskon 6 jt. Rada ga rela jg sih uda harga lebih mahal, trus jauh lebih cakep si mazda 3 hatch.
3 hari setelah dilunasin, dateng lah ni mobil. Dalem paketan tuh mobil dapet: kaca film iced-u yg depannya panas kalo kena matahari siang2, paint protection yg ga berasa ada, buku servis dan manual, dan kelengkapan standar sama kaya mobil lainnya aja. Saya ga banyak bahas tampilannya dan fiturnya ya karena sudah ada beberapa thread lain yg serupa dan sudah lengkap. Saya bahas dikit aja aja sebagai intermezzo.
Behold the (undesirable?) Substitution:
Dimulai dari luar dulu, yg saya suka adalah bagian depan dan belakang yg agak beda dengan crossover sejenisnya yg kebanyakan kaku dan cenderung mengotak, si CX30 terlihat lebih banyak lekukan2 yg lumayan seksi dan hampir ga ada sudut tajam. Urusan GC sih ga tinggi2 amat, tp cukup untuk nerobos banjir banci. Yg paling ga saya suka adalah penampakan dari samping. Overfender plastiknya itu gede dan jelek sekali. Tampak ga proporsional dengan body mobil keseluruhan.
Ban dapet dunlop sportmax ukuran 215/55/R18. Impresinya? Biasa aja. Oh iya karena nyonya kerja parkiran outdoor dan kena panas hujan trus, saya putuskan untuk ppf sekalian saja dengan bahan TPU maxdecal. DC sekitaran 17 jutaan karena saya udah dp dari agustus (dpt promo hari kemerdekaan). termasuk murah karena ditempat lain diatas 20jt dengan bahan serupa. Bagi yg minat bisa pm saya nanti saya info tempatnya biar ga dikira sales

Interior ya khas mazda jaman sekarang, mewah dengan softpad dimana2. Kulitnya jg terasa berkualitas dengan tekstur yg hampir mendekati nappa leather (atau emang nappa ya? Kayaknya bukan). Setir penampakannya mirip sekali dengan setir BMW F-series yg Msport, tp pengalaman di mazda 2, bahan lingkar setirnya ga sebagus setir bmw makanya langsung saya bungkus dengan cover setir. Lingkar setir mazda ini mudah sekali jadi licin dan jadi semacam kasar dan botak gitu bahannya.
Console tengah hampir full piano black yg sangat rawan scratch walaupun sudah di lap dengan microfiber. Makanya langsung saya ppf interior di vkool kemayoran, lumayan murah hanya kena 1,7 jt. Termasuk panel piano black di door console, layar tengah dan speedometer. Kenapa luarnya ga sekalian di ppf vkool? Alesannya sederhana. Sayang duitnya

Kemudian rearview mirror juga sudah bazel-less dengan autodiming, kurangnya jadi dashcam pioneer saya ga bisa dipake karena modelnya yg berupa kaca belakang jg. Sunroof? Saya ga demen mobil bersunroof karena cuman jadi sarang waterspot. Buru2 saya DIY glass coating saja.
Driving experience:
Dari positifnya dulu. Mazda modern emang sekarang dikenal sebagai driver's car. Kalo kita bandingin dengan crossover sekelas dari merk H baik tegak ataupun miring, Si CX30 ini berasa lebih premium, lebih nyaman, dan lebih sigap bermanuver. Masuk ke tol berasa sekali jinbaittai-nya ni mobil. Manuver2 pindah jalur sangat lincah dan high speed corner sukses dilumat dengan mudah tanpa terasa bodyroll berlebih. Posisi duduk juga mantap dan malah lebih berasa bawa kaya sedan daripada crossover. Stir uda tilt n teleskopik, range jg cukup besar jadi mudah cari posisi yg enak. Hampir ga ada ada yg salah dari handling mobil ini. Kebetulan berapa bulan lalu saat saya servis mobil, saya sempet TD X1. Surprisingly si CX30 berasa lebih "eropa" dibandingkan X1 yg seharga 800an. CX30 berasa jauh lebih premium interiornya, lebih nyaman bantinganya, lebih kompak, dan lebih minim bodyrollnya. Bukan saya blg X1 mobil jelek, tp emang kebetulan CX30 ini ga dibuat asal jadi aja sama si mazdut. Emang seenak itu vibes dalem ni mobil. NVH mobil ini juga juara. road noise hampir ga kedengeran. Mesin pas idle ga kerasa sama sekali getarannya. Kalo macet2an, intrusi suara mesin motor diluar jg minim sekali masuk ke dalam.
Nah kita mulai untuk negatifnya. Yg paling saya notice dari pertama bawa ni mobil adalah remnya. Sensasi ngerem ni mobil sangat aneh, berasa ngeloss dan ga ngegigit sama sekali. Butuh tekanan lebih besar agar remnya ngegigit. Awalnya saya pikir karena belum break in aja, tp uda pakai lebih dari 200km masih sama feelnya. Saya coba cari2 info di internet ternyata banyak user sampe di amrik segaka yg mengeluh hal sama. Saya lihat ulang review Om FE di youtube ternyata bener keluhannya sama juga. Beberapa kali stop n go macet2an hampir saya nyium bumper depan orang. Entah bisa lebih dioptimalkan apa nggak, nanti service pertama saya rencananya mau kasih tau SAnya. Mudah2an aja ga dijawab emang gitu karakternya

Kekurangan kedua adalah kenyamanannya. Joknya yg berasa kecil n keras. Mungkin figur saya jg yg agak gemuk di 85kg dan 172cm yg bikin joknya berasa kurang gede. Tp selain itu berasa juga emang kerasnya. Entah untuk mengakomodasi kalo dipake ngebut agar berasa firm atau gimana. Tp yg pasti saya kurang suka jok terlalu keras. Hal ini jg diamini ortu saya yg kapok duduk dibelakang karena langsung sakit pinggang. Padahal cuman duduk sebentar dari daerah jakbar ke grand indonesia. Setting kaki2 belakang yg torsion beam sih kalo bawa di jalanan rata ga berasa minusnya, tp begitu lewat jalanan rusak atau poldur hajar posisi miring baru berasa gedubrakannya.
Kekurangan ketiga dan yg paling mengganggu dan saya sayangkan adalah mesinnya yg pas2an. Agak antiklimaks emang mobil dengan handling sebaik ini, transmisi 6-speed yg cekatan, setting suspensi yg sangat fun to drive eh dikasi mesin yg tenaganya medioker. Sebenernya untuk daily sih ga bisa dibilang kurang tenaga, akselerasi juga lumayan baik, overtake mudah tanpa ngerasa mesin perlu bekerja sangat keras. Tp lewat dari 120 kmh, baru berasa emang tenaga ni mesin kurang untuk bawa mobil lebih ngacir lagi.
FC agak susah ngomong karena istri saya pulang pas jam macet dsn jalurnya jg emang macet. Jadi FC sementara cuman dapat 1:9an.
Overall kalo bisa saya nilai mobilnya dari skala 1-10 akan saya kasih nilai 8. Nyesel? Nggak sih karena emang ni mobil bwat nyonya dan nyonya juga suka. Nyonya tipe yg lebih mementingkan vibes dslam mobil yg mewah dibanding tenaga mobil. Kalo saya beli untuk saya sendiri mungkin saya akan nyesel sih. Pertama karena model ga seseksi mazda 3 hatch kedua faktor krusial adalah rem dan peforma mesinnya yg menurut saya underpower. Coba ada mazda 3 spec luar masuk kesini yg 180an hp aja uda sangat lebih dari cukup untuk jadi daily commuter, paling tinggal ganti bbk aja

Sekian dari saya, mungkin kalo ada suhu2 yg uda pake juga dan bisa kasih insight lebih saya persilahkan.
Mohon maap kalo ada kata2 yg kurang berkenan, semata2 hanya sharing aja dan tidak ada maksud menjelek2kan pihak/produk manapun.