sudah hampir nyerah dan hampir beli vios nik 2021 yg diobral besar, tiba2 nemu ini di toyota trust.
KM 40rb, dan PRnya kebanyakan di kaki2 (steering rack, ban perlu ganti). yg seneng dari mobil ini : catnya satupun ga ada spet, full standard, interior utuh banget dan tidak bau rokok.
jadi setelah beli:
- langsung ganti steering rack ori (6jt)
- pasang edfc active dari mobil lama plus endura pro plus (sayang belum terpasang, terganjal support shock yg indennya lama)
- ganti Falken ZE310 plus velg ori ring 16 punya tipe G (hopeless banget nyari primacy 4, more on that later)
Buat mobil yg sudah jalan 40rb, wah ini mobil interiornya masih utuh banget dan nyaris ga ada yg rusak. kaki2nya diluar steering rack sunyi banget. memang reliable banget juara. setelah ganti semua cairan, mesin transmisinya masih enak banget. konsumsi bensinnya jujur ga jauh beda sama yaris. dalam kota separah2nya 1:10 dan luar kota averagenya bisa 1:22 (trans jawa).
mungkin banyak yg tanya, kenapa saya ganti velg dr 17 ke 16? jujur dalam keadaan standar ini mobil keras, dan setelah downsize dari 215 45 17 ke 205 55 16 memang jauh banget selisihnya ke ride quality. saya yakin akan lebih enak lagi dengan primacy 4, sialnya ban keburu minta ganti dan michelin seperti biasa spt nyari jerami di lubang jarum.
+ konsumsi bensin ada improvement 8% on average
+ akselerasinya 0-100 ada improvement juga 0,3 detik
+ ride quality spt yg saya udah mention
+ unsprung weight lebih bagus mestinya, per velg saya irit bobot sekitar 1,2kg, lebih signifikan lagi ketika kita timbang velg+ban totalnya jadi 2.175kg (ini jg pasti ada ke umur kaki2)
- banyak bilang mobilnya seperti kekecilan velg dan culun (saya ga perduli apa kata orang)
- high speed stability in theory, tp mobil ini so far di speed limit (max 120kmh) nyaris ga terasa perbedaannya buat orang awam.
kesimpulan singkat : selama 5000rb so far ini mobil ok sih. kalau anda tipe pemakai sedan yg mau mobil smooth, sparepart murah, sunyi, ga merepotkan dan irit. ini dia yg perlu dipinang.
+ reliable (kecuali steering racknya)
+ sparepartnya tergolong cukup terjangkau buat kelas mobil ini (saya biasa spare 10% dari harga mobil barunya untuk perbaikan dan ini masi sisa banyak)
+ iritnya seperti mobil 1500cc
+ lampunya terang dan sudah auto levelling. kerasa banget di trans jawa
+ respon mesin dan transmisinya diluar dugaan cukup sigap, walaupun di atasnya kehabisan napas.
+ build quality jempolan.
+ harga cukup terjangkau dan tahunnya muda
+ surprisingly ga pernah nyangkut di pemakaian normal, ga seceper yang saya duga
- karena ini cbu thai, ada bbrp part yg indennya cukup lama (support shock kiri perlu 40 hari, ini menunda rencana saya untuk pasang endura pro plus.)

- andai joknya fabric pasti lebih enak dan empuk nih
- Toyota, ngasi telescopic sih bagus tp jujur reachnya masih kurang jauh dikit buat badan saya dan papa saya.

- Good luck buat yg nyari bekasnya, susah banget nyari yg masih bagus karena kebanyakan jadi fleet atau jd kuda kerja.
- harga terjun bebas dibanding barunya (280jt cukup worth untuk mobil ini)
- jujur dalam keadaan standar, kurang nyaman khususnya untuk yg ring 17