Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sapifr22 wrote: Mon Oct 10, 2022 5:30
Bisa jadi saat ini yg masih masuk akal mild hybrid, selama memang terbukti ada pengurangan kons bbm.
Tapi lihat reviewnya Erti** di luar, dibandingkan dgn mobil sekelas yg non hybrid, ternyata masih kalah irit
om pokoknya selama pake batre kalo ud ditung overall ownership cost bakalan lebih babak belur deh
mau misalnya impas pun itu juga kalo mobilnya di pake banyak dan enaknya bensin ownership costnya nyicil di belakang dan belom tentu keluar duitnya segitu kalo berbatre belom apa2x ud babak belur dari harga yang lebih mahal ditambah biaya penggantian batre gini aja saya punya mobil 2 2 nya ud mau masuk 10thn km baru pada 90rb gak sampe ud carbon footprint saya di bawah mobil listrik yang baru netes ditambah overall cost ownership saya juga di bawah mobil berbatre ini aja saya cuma keluar 200-300rb seminggu buat BBM paling mahal di kelasnya
Om boku pernah punya pengalaman buruk sama hybrid atau EV ? Sampe segitu nya counter semua argument hybrid dann EV, sampe cenderung nakut2 in org yg tertarik Hybrid dan EV.
Buat jawab TS, klo pingin non fosil sy lebih milih hybrid saat ini, utk peace of mind ya hybrid nya toyota aja.. pengembangan udah lama bgt, mestinya lebih reliable.
Maaf klo sy bias ya secara sy pake cocross hybrid udah jalan 6 bln
Km baru 4800 an karena sering WFH
Fuel consumption 23-25 km/h dgn bensin Ron 92
Klo kata om boku, rugi itu nanti ganti batere berapa puluh juta
yaseinotulip wrote: Mon Oct 10, 2022 6:30
Liat bahasan ini jd ketawa sendiri gw..
Om boku pernah punya pengalaman buruk sama hybrid atau EV ? Sampe segitu nya counter semua argument hybrid dann EV, sampe cenderung nakut2 in org yg tertarik Hybrid dan EV.
Buat jawab TS, klo pingin non fosil sy lebih milih hybrid saat ini, utk peace of mind ya hybrid nya toyota aja.. pengembangan udah lama bgt, mestinya lebih reliable.
Maaf klo sy bias ya secara sy pake cocross hybrid udah jalan 6 bln
Km baru 4800 an karena sering WFH
Fuel consumption 23-25 km/h dgn bensin Ron 92
Klo kata om boku, rugi itu nanti ganti batere berapa puluh juta
karena saya mclaren om (kalo tau artinya) sering dapet konsumen jual camry hybrid antara batre lagi rusak atau baru di benerin jd ud tau mayoritas di bawah 10thn semua XV50 dan biasa kalo mereka terlalu over promo mereka bilang baru ganti bare 50jt di toyota 46jt ongkos 2jt
prius pun pernah dapet baru benerin batre 30jt gak tau benerin dimana
padahal mereka bodo jualan ngomong gini malah nakut2xin calon buyer....
dan saya ud perang di forum bule jd ud ngerti banyak plus minusnya kalo kayak om cara pake cros2x kayak gitu saran 5thn jual om biasanya kumat di tahun ke 8-10 tuh batre kalo ampe kena rugi pakai namanya karena ud banyak cased di tesla LOW KM usia tua batre jebol tapi high milage usia muda batre fine2x aja cuma keliatannya 300-400rb mile tesla juga batrenya tewas kalo dihajar terus biarpun tahun muda
makannya saya bilang itu kendaraan kejar setoran kalo separo idup di jalan sih pake mobil berbatre kagak rugi kalo kayak saya kerja di rumah mobil juga setaon dapet 5000km juga sukur mobil saya 2 2nya maintenace ud gak liat km tapi setaon ganti oli karena ya jalannya pada gak nyampe segitu
kalo ngomongin carbon footprint noh volvo aja ngeluarin assesment mereka ICE VS EV hasilnya EV kudu jalan 110.000km dulu baru bisa tembus lebih ramah lingkungan dari bensin nah mobil saya aja yang taon 12 sama 13 baru 86-90rb km 2 2nya berarti masih lebih ramah lingkungan juga, soalnya saya dari jaman kerja ud mulai naek ojek juga biarpun mobil 2 di rumah
batrenya juga musuhnya UMUR sama charging, kebanyakan di charging jebol makannya EV bagusnya lsg sikat long range biar jarang di charging lah ini hybrid gak tau kapan di chargingnya suka2x sistem malah lebih gampang rontok om
saya cuma bales orang2x diatas yang mau ngeban mobil full petrol dan maksa kita beli2x mobil batre ini...... inget ini barang bikin orang susah buat punya mobil sekarang dana 30-50jt dapet city soluna masih bisa diandelin parts murah jarang rewel coba kalo ntar semua mobil pake batre baru keluar duit 30-50jt suruh benerin lagi 30-200jt jt buat batre sinting kalo banyak duitnya sih gak pusing beli mobil baru, lagian dengan cara gini juga lebih buang2x resouces barang masih bagus masih bisa dipake dibuang cuma gara2x batrenya mahal
jadi kasarnya kita mau diarahin ke budaya pake buang pake buang akhirnya numpukin sampah dan jd trouble kayak plastik
sapifr22 wrote: Mon Oct 10, 2022 5:30
Bisa jadi saat ini yg masih masuk akal mild hybrid, selama memang terbukti ada pengurangan kons bbm.
Tapi lihat reviewnya Erti** di luar, dibandingkan dgn mobil sekelas yg non hybrid, ternyata masih kalah irit
om pokoknya selama pake batre kalo ud ditung overall ownership cost bakalan lebih babak belur deh
mau misalnya impas pun itu juga kalo mobilnya di pake banyak dan enaknya bensin ownership costnya nyicil di belakang dan belom tentu keluar duitnya segitu kalo berbatre belom apa2x ud babak belur dari harga yang lebih mahal ditambah biaya penggantian batre gini aja saya punya mobil 2 2 nya ud mau masuk 10thn km baru pada 90rb gak sampe ud carbon footprint saya di bawah mobil listrik yang baru netes ditambah overall cost ownership saya juga di bawah mobil berbatre ini aja saya cuma keluar 200-300rb seminggu buat BBM paling mahal di kelasnya
Hmm, bisa jadi masing2 punya preferensi yang berbeda, tergantung kondisi.
Seperti saya kons BBM sangat penting, karena 1 tahun utk 1 mobil bisa jalan 50k.
Karena ini juga, saya juga coret full EV, karena sempat pegang beberapa hari, ternyata tdk seimbang antara waktu charging ( di rumah ) dengan jarak tempuh....
sapifr22 wrote: Mon Oct 10, 2022 8:23
Hmm, bisa jadi masing2 punya preferensi yang berbeda, tergantung kondisi.
Seperti saya kons BBM sangat penting, karena 1 tahun utk 1 mobil bisa jalan 50k.
Karena ini juga, saya juga coret full EV, karena sempat pegang beberapa hari, ternyata tdk seimbang antara waktu charging ( di rumah ) dengan jarak tempuh....
ya menurut saya klo butuh irit, tenaga dapet, ya mendingan ambil rocky/raize/magnite 1.0 1000cc ud pasti irit turbo tenaga setara 1500cc torsinya berasa kurang kenceng ganti piping aja ud naek banyak ditambah modal 3-5jt remap torsi setara CRV 2.0 di body sekecil itu
harga paling mahal 300jtan beli ertiga hybrid mah hybrid odong2x kalo mau serius hybrid paling murah corola cross atau nissan kicks 482jt selisihnya ud 180jtan
yaseinotulip wrote: Mon Oct 10, 2022 6:30
Liat bahasan ini jd ketawa sendiri gw..
Om boku pernah punya pengalaman buruk sama hybrid atau EV ? Sampe segitu nya counter semua argument hybrid dann EV, sampe cenderung nakut2 in org yg tertarik Hybrid dan EV.
Buat jawab TS, klo pingin non fosil sy lebih milih hybrid saat ini, utk peace of mind ya hybrid nya toyota aja.. pengembangan udah lama bgt, mestinya lebih reliable.
Maaf klo sy bias ya secara sy pake cocross hybrid udah jalan 6 bln
Km baru 4800 an karena sering WFH
Fuel consumption 23-25 km/h dgn bensin Ron 92
Klo kata om boku, rugi itu nanti ganti batere berapa puluh juta
karena saya mclaren om (kalo tau artinya) sering dapet konsumen jual camry hybrid antara batre lagi rusak atau baru di benerin jd ud tau mayoritas di bawah 10thn semua XV50 dan biasa kalo mereka terlalu over promo mereka bilang baru ganti bare 50jt di toyota 46jt ongkos 2jt
prius pun pernah dapet baru benerin batre 30jt gak tau benerin dimana
padahal mereka bodo jualan ngomong gini malah nakut2xin calon buyer....
dan saya ud perang di forum bule jd ud ngerti banyak plus minusnya kalo kayak om cara pake cros2x kayak gitu saran 5thn jual om biasanya kumat di tahun ke 8-10 tuh batre kalo ampe kena rugi pakai namanya karena ud banyak cased di tesla LOW KM usia tua batre jebol tapi high milage usia muda batre fine2x aja cuma keliatannya 300-400rb mile tesla juga batrenya tewas kalo dihajar terus biarpun tahun muda
makannya saya bilang itu kendaraan kejar setoran kalo separo idup di jalan sih pake mobil berbatre kagak rugi kalo kayak saya kerja di rumah mobil juga setaon dapet 5000km juga sukur mobil saya 2 2nya maintenace ud gak liat km tapi setaon ganti oli karena ya jalannya pada gak nyampe segitu
kalo ngomongin carbon footprint noh volvo aja ngeluarin assesment mereka ICE VS EV hasilnya EV kudu jalan 110.000km dulu baru bisa tembus lebih ramah lingkungan dari bensin nah mobil saya aja yang taon 12 sama 13 baru 86-90rb km 2 2nya berarti masih lebih ramah lingkungan juga, soalnya saya dari jaman kerja ud mulai naek ojek juga biarpun mobil 2 di rumah
batrenya juga musuhnya UMUR sama charging, kebanyakan di charging jebol makannya EV bagusnya lsg sikat long range biar jarang di charging lah ini hybrid gak tau kapan di chargingnya suka2x sistem malah lebih gampang rontok om
saya cuma bales orang2x diatas yang mau ngeban mobil full petrol dan maksa kita beli2x mobil batre ini...... inget ini barang bikin orang susah buat punya mobil sekarang dana 30-50jt dapet city soluna masih bisa diandelin parts murah jarang rewel coba kalo ntar semua mobil pake batre baru keluar duit 30-50jt suruh benerin lagi 30-200jt jt buat batre sinting kalo banyak duitnya sih gak pusing beli mobil baru, lagian dengan cara gini juga lebih buang2x resouces barang masih bagus masih bisa dipake dibuang cuma gara2x batrenya mahal
jadi kasarnya kita mau diarahin ke budaya pake buang pake buang akhirnya numpukin sampah dan jd trouble kayak plastik
makasih om b0ku, saya jadi dapet insight mau diapain ini mobil hybrid 5 tahun lagi.
kalo liat tren istri, pas itu, malah bisa jadi less than 5 tahun udah ganti boil.
skrg dinikmatin dulu keiritan ini mobil hybrid
sapifr22 wrote: Mon Oct 10, 2022 8:23
Hmm, bisa jadi masing2 punya preferensi yang berbeda, tergantung kondisi.
Seperti saya kons BBM sangat penting, karena 1 tahun utk 1 mobil bisa jalan 50k.
Karena ini juga, saya juga coret full EV, karena sempat pegang beberapa hari, ternyata tdk seimbang antara waktu charging ( di rumah ) dengan jarak tempuh....
ya menurut saya klo butuh irit, tenaga dapet, ya mendingan ambil rocky/raize/magnite 1.0 1000cc ud pasti irit turbo tenaga setara 1500cc torsinya berasa kurang kenceng ganti piping aja ud naek banyak ditambah modal 3-5jt remap torsi setara CRV 2.0 di body sekecil itu
harga paling mahal 300jtan beli ertiga hybrid mah hybrid odong2x kalo mau serius hybrid paling murah corola cross atau nissan kicks 482jt selisihnya ud 180jtan
Soal nissan kicks suhu dimari ada yg share pengalaman kurang enak soal charging dan penanganan ASSnya
*Gaknakut2in buat own hybrid, cuma biar lebih siap diawal
AbdulHakim wrote: Mon Oct 10, 2022 8:48
makasih om b0ku, saya jadi dapet insight mau diapain ini mobil hybrid 5 tahun lagi.
kalo liat tren istri, pas itu, malah bisa jadi less than 5 tahun udah ganti boil.
skrg dinikmatin dulu keiritan ini mobil hybrid
emang EV/hybrid bagusnya 5th pake jual aja om
daimler wrote: Mon Oct 10, 2022 10:37
Soal nissan kicks suhu dimari ada yg share pengalaman kurang enak soal charging dan penanganan ASSnya
*Gaknakut2in buat own hybrid, cuma biar lebih siap diawal
batre itu sulit di tebak om kapan jebol kapan meleduk kita gak pernah tau cuma tuhan yme yang tahu yang bikin ditanya juga cuma a u doank palingan mau di scan bae2x aja bisa aja besok kumat
dan ya ini hybrid EV bahaya mungkin baek2x aja kalo ngandelin garansi nah tapi gimana kalo garansinya gak ada atau atpmnya tiba2x kejatuhan bom
akhirnya kita akan nyari alternatif benerin sendiri nah costnya kalo kaya beli mobil baru apa gak lembiru aja, FYI sih saya selama ini beli mobil selalu second ada sekali beli baru freed boro2x mikirin garansi pake aja rusak ya benerin
intinya ya punya barang emang bagusnya ada yang naggung kalo kenapa2x tapi tetep aja kalo bisa juga barang yang kita bisa handle sendiri in case yang punya tanggung jawab lari dari tanggung jawabnya
sapifr22 wrote: Mon Oct 10, 2022 8:23
Hmm, bisa jadi masing2 punya preferensi yang berbeda, tergantung kondisi.
Seperti saya kons BBM sangat penting, karena 1 tahun utk 1 mobil bisa jalan 50k.
Karena ini juga, saya juga coret full EV, karena sempat pegang beberapa hari, ternyata tdk seimbang antara waktu charging ( di rumah ) dengan jarak tempuh....
Saya setuju om hybrid kalau setahun 50rb km. Mungkin 1 tahunan penghematannya udah bisa buat beli batre. Jadi di atas 1 tahun udah punya dana cadangan buat suatu waktu batre failed di luar garansi.
Kalo saya, karena uang masih ada serinya, prefer diesel. running cost menang dari bensin (di sini pertalite antri mengular, biosolar paling beberapa, itupun yg tangki di kanan, sementara mobil saya tangki di kiri, langsung isi haha). Long term maintenance dah keliatan dibanding Hybrid or EV. Nyari tenaga jg dapet kalo pilih yg commonrail. Bagi saya early adopter buat kalangan yg uangnya ga berseri aja hahaha...
yaseinotulip wrote: Mon Oct 10, 2022 6:30
Liat bahasan ini jd ketawa sendiri gw..
Om boku pernah punya pengalaman buruk sama hybrid atau EV ? Sampe segitu nya counter semua argument hybrid dann EV, sampe cenderung nakut2 in org yg tertarik Hybrid dan EV.
Buat jawab TS, klo pingin non fosil sy lebih milih hybrid saat ini, utk peace of mind ya hybrid nya toyota aja.. pengembangan udah lama bgt, mestinya lebih reliable.
Maaf klo sy bias ya secara sy pake cocross hybrid udah jalan 6 bln
Km baru 4800 an karena sering WFH
Fuel consumption 23-25 km/h dgn bensin Ron 92
Klo kata om boku, rugi itu nanti ganti batere berapa puluh juta
karena saya mclaren om (kalo tau artinya) sering dapet konsumen jual camry hybrid antara batre lagi rusak atau baru di benerin jd ud tau mayoritas di bawah 10thn semua XV50 dan biasa kalo mereka terlalu over promo mereka bilang baru ganti bare 50jt di toyota 46jt ongkos 2jt
prius pun pernah dapet baru benerin batre 30jt gak tau benerin dimana
padahal mereka bodo jualan ngomong gini malah nakut2xin calon buyer....
dan saya ud perang di forum bule jd ud ngerti banyak plus minusnya kalo kayak om cara pake cros2x kayak gitu saran 5thn jual om biasanya kumat di tahun ke 8-10 tuh batre kalo ampe kena rugi pakai namanya karena ud banyak cased di tesla LOW KM usia tua batre jebol tapi high milage usia muda batre fine2x aja cuma keliatannya 300-400rb mile tesla juga batrenya tewas kalo dihajar terus biarpun tahun muda
makannya saya bilang itu kendaraan kejar setoran kalo separo idup di jalan sih pake mobil berbatre kagak rugi kalo kayak saya kerja di rumah mobil juga setaon dapet 5000km juga sukur mobil saya 2 2nya maintenace ud gak liat km tapi setaon ganti oli karena ya jalannya pada gak nyampe segitu
kalo ngomongin carbon footprint noh volvo aja ngeluarin assesment mereka ICE VS EV hasilnya EV kudu jalan 110.000km dulu baru bisa tembus lebih ramah lingkungan dari bensin nah mobil saya aja yang taon 12 sama 13 baru 86-90rb km 2 2nya berarti masih lebih ramah lingkungan juga, soalnya saya dari jaman kerja ud mulai naek ojek juga biarpun mobil 2 di rumah
batrenya juga musuhnya UMUR sama charging, kebanyakan di charging jebol makannya EV bagusnya lsg sikat long range biar jarang di charging lah ini hybrid gak tau kapan di chargingnya suka2x sistem malah lebih gampang rontok om
saya cuma bales orang2x diatas yang mau ngeban mobil full petrol dan maksa kita beli2x mobil batre ini...... inget ini barang bikin orang susah buat punya mobil sekarang dana 30-50jt dapet city soluna masih bisa diandelin parts murah jarang rewel coba kalo ntar semua mobil pake batre baru keluar duit 30-50jt suruh benerin lagi 30-200jt jt buat batre sinting kalo banyak duitnya sih gak pusing beli mobil baru, lagian dengan cara gini juga lebih buang2x resouces barang masih bagus masih bisa dipake dibuang cuma gara2x batrenya mahal
jadi kasarnya kita mau diarahin ke budaya pake buang pake buang akhirnya numpukin sampah dan jd trouble kayak plastik
Klo mclaren sih paham gw om
Tar pasti gw info2 kok klo ada problem..
Biasa pake mobil diatas 7 th.. sblmnya CRV RM pake 9 th jg kok..
Biasanya sy cukup beruntung make mobil, ga ada trouble yg aneh2.. termasuk HRV ane jg senyap
Semoga ini jg beruntung dpt unit tanpa masalah..
Klo sampe 8 th batere trus ada masalah , ya diganti om.. haha.. atau dijual mobil nya, karena emg udah saat nya ganti
Assumed dgn pemakaian saya 12000 km per th. 8 th berarti 96000 km, taruh harga bensin tetep aja di 14 rb, dan fuel con 25km/l. Jadi gw abis duit bensin 54 jt. Nah itu kan artinya sy jg irit 54 jt bensin, ya cukup lah buat beli batere
Ga mikir carbon footprint jg.. itu urusan pemerintah, sy cm individu buang sampah pada tempat nya dan ga ngotori alam cukup lah...
Case sy coba hybrid: ada teknologi baru, harga masuk akal, pingin coba, brand reputable, saudara di US pake prius n rav4 hybrid ga ada problem, ya beli aja coba2
yaseinotulip wrote: Tue Oct 11, 2022 13:12
Klo mclaren sih paham gw om
Tar pasti gw info2 kok klo ada problem..
Biasa pake mobil diatas 7 th.. sblmnya CRV RM pake 9 th jg kok..
Biasanya sy cukup beruntung make mobil, ga ada trouble yg aneh2.. termasuk HRV ane jg senyap
Semoga ini jg beruntung dpt unit tanpa masalah..
Klo sampe 8 th batere trus ada masalah , ya diganti om.. haha.. atau dijual mobil nya, karena emg udah saat nya ganti
Assumed dgn pemakaian saya 12000 km per th. 8 th berarti 96000 km, taruh harga bensin tetep aja di 14 rb, dan fuel con 25km/l. Jadi gw abis duit bensin 54 jt. Nah itu kan artinya sy jg irit 54 jt bensin, ya cukup lah buat beli batere
Ga mikir carbon footprint jg.. itu urusan pemerintah, sy cm individu buang sampah pada tempat nya dan ga ngotori alam cukup lah...
Case sy coba hybrid: ada teknologi baru, harga masuk akal, pingin coba, brand reputable, saudara di US pake prius n rav4 hybrid ga ada problem, ya beli aja coba2
ya kalo gitu caranya napa gak beli raize aja selsih harga bisa masuk deposito lumayan bunganya 1.0 bensin juga irit tenaga kurang bisa di oprek
lagian daripada ganti sampe 50jtan kalo mau lembiru mah service aja ganti sel yang rusak sukur2x abis di bawah 10jt abis itu ya jual lagi
abis itu tapi ya jual kalo gak dijual itu sel yang belom di ganti cepet apa lambat bakalan nyusul kalo ud nyusul mulu bolak balik jatohnya lebih mahal dari ganti
8thn 96.000 itu kan cuma asumsi ntar kejadian kayak covid lagi mobil baru 40-50rb batre ud rontok
saya mah mendingan piara raize deh mau di pake 20thn juga kagak pusing lah itu pajero sama jazz aja ud mau 10thn fine2x aja pajero juga kemaren turun mesin gara2x thermostart koplak aja ud gitu salahnya di saya maksa jalan sampe 3x mau overheat kalo gak mah tuh mobil baek2x aja sampe sekarang
RM mertua saya pake baru dijual itu mobil sih emang kuat abisss mertua juga jorok makenya
ya setaon jalan pada gak sampe 5000 ngapain ganti mobil kalo bisa malah mau nambah V8 tua satu
ya om kan banyak duit kalo kita mah beli baru aja sayang mendingan beli second itu pajero dari harga saya beli sampe saya modif sama ongkos turun mesin bener2xin aja gak kebeli harga baru di 2013
yaseinotulip wrote: Tue Oct 11, 2022 13:12
Klo mclaren sih paham gw om
Tar pasti gw info2 kok klo ada problem..
Biasa pake mobil diatas 7 th.. sblmnya CRV RM pake 9 th jg kok..
Biasanya sy cukup beruntung make mobil, ga ada trouble yg aneh2.. termasuk HRV ane jg senyap
Semoga ini jg beruntung dpt unit tanpa masalah..
Klo sampe 8 th batere trus ada masalah , ya diganti om.. haha.. atau dijual mobil nya, karena emg udah saat nya ganti
Assumed dgn pemakaian saya 12000 km per th. 8 th berarti 96000 km, taruh harga bensin tetep aja di 14 rb, dan fuel con 25km/l. Jadi gw abis duit bensin 54 jt. Nah itu kan artinya sy jg irit 54 jt bensin, ya cukup lah buat beli batere
Ga mikir carbon footprint jg.. itu urusan pemerintah, sy cm individu buang sampah pada tempat nya dan ga ngotori alam cukup lah...
Case sy coba hybrid: ada teknologi baru, harga masuk akal, pingin coba, brand reputable, saudara di US pake prius n rav4 hybrid ga ada problem, ya beli aja coba2
ya kalo gitu caranya napa gak beli raize aja selsih harga bisa masuk deposito lumayan bunganya 1.0 bensin juga irit tenaga kurang bisa di oprek
lagian daripada ganti sampe 50jtan kalo mau lembiru mah service aja ganti sel yang rusak sukur2x abis di bawah 10jt abis itu ya jual lagi
abis itu tapi ya jual kalo gak dijual itu sel yang belom di ganti cepet apa lambat bakalan nyusul kalo ud nyusul mulu bolak balik jatohnya lebih mahal dari ganti
8thn 96.000 itu kan cuma asumsi ntar kejadian kayak covid lagi mobil baru 40-50rb batre ud rontok
saya mah mendingan piara raize deh mau di pake 20thn juga kagak pusing lah itu pajero sama jazz aja ud mau 10thn fine2x aja pajero juga kemaren turun mesin gara2x thermostart koplak aja ud gitu salahnya di saya maksa jalan sampe 3x mau overheat kalo gak mah tuh mobil baek2x aja sampe sekarang
RM mertua saya pake baru dijual itu mobil sih emang kuat abisss mertua juga jorok makenya
ya setaon jalan pada gak sampe 5000 ngapain ganti mobil kalo bisa malah mau nambah V8 tua satu
ya om kan banyak duit kalo kita mah beli baru aja sayang mendingan beli second itu pajero dari harga saya beli sampe saya modif sama ongkos turun mesin bener2xin aja gak kebeli harga baru di 2013
Raize/Rocky yang 1.0 Turbo sama yang 1200cc lebih irit mana siy mbah?
paling gak yang 1200cc bisa dikasih minum pertalite khan ya, kalo mobil berturbo sebaiknya dikasih pertamax (RON91 up) CMIIW
b0ku wrote: Wed Oct 12, 2022 2:35
ya kalo gitu caranya napa gak beli raize aja selsih harga bisa masuk deposito lumayan bunganya 1.0 bensin juga irit tenaga kurang bisa di oprek
lagian daripada ganti sampe 50jtan kalo mau lembiru mah service aja ganti sel yang rusak sukur2x abis di bawah 10jt abis itu ya jual lagi
abis itu tapi ya jual kalo gak dijual itu sel yang belom di ganti cepet apa lambat bakalan nyusul kalo ud nyusul mulu bolak balik jatohnya lebih mahal dari ganti
8thn 96.000 itu kan cuma asumsi ntar kejadian kayak covid lagi mobil baru 40-50rb batre ud rontok
Kalau menurut saya si, raize buat yang daily beater dalam kota pilihan yang paling oke selain brio satya. Brio kalau yg budgetnya agak ngepas. Raize masih cakep dibawa acara apa saja dan kemana saja.
Operational cost hybrid dengan diesel solar sebenernya mirip mirip, tapi berat di batre nya. Tapi kalau misalkan 1 tahun 50rb km ya masih oke. Tergantung nasib solar gimana ke depannya, dari thread sebelah ada yang bilang solar di jakarta juga cuma tersedia di beberapa spbu / area saja. Temen saya yang di jakbar pun bilang datengnya kadang hanya siang saja.
per 50.000 km (rute dalam kota jakarta)
Diesel 1:9 = 5.555 l x 6.800 = 37.774.000
Raize 1:13 = 3.846 x 10.000 = 38.460.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 10.000 = 27.770.000 (belum batre)
Kalau dikasih mimik bbm bergizi. jelas diesel akan kalah dengan hybrid. Jadi menurut saya buat yang anti solar (kaya orang tua saya) + suka peremajaan per 5 tahun (sebelum garansi batre habis di tahun ke 8 ), better ambil mobil hybrid.
Diesel 1:9 = 5.555 l x 18.100 = 100.545.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 13.900 = 38.600.000 (belum batre)
daimler wrote: Mon Oct 10, 2022 10:37
Soal nissan kicks suhu dimari ada yg share pengalaman kurang enak soal charging dan penanganan ASSnya
*Gaknakut2in buat own hybrid, cuma biar lebih siap diawal
lagian nissan epower mah sbenernya sistem repot. repot repot dari ICE dioper ke batre lalu ke motor. ya ngapain gitu napa gak sekalian aja pasang 1.2 liter turbo pake CVT dah bener.
katakan efisiensi motor listrik ~90%, tapi sumber tenaganya dari ICE yang ~35%. ya efisiensinya malah lebih kecil. kaliin aja 90% dari 35% blom efisiensi inverter dan motornya berapa malah keliatan boncosnya tuh mobil bisa irit kan di dalem kota mesinnya mati klo mesinnya nyala terus buat luar kota gak lebih irit juga dari 1.5 liter turbo.
masalahnya kl lokomotif diesel elektrik bener dia butuh torsinya karna bobot gede, ini mobil kecil cuma ukuran small car mah ribet dikasi begituan gak sebanding benefit sama repotnya. 1.2 liter 3 silinder turbo dah bener bensin tetep bisa 1:25 luar kota, dalem kota 1:15 juga bisa.
batrenya gak doomed to fail macem kicks karena charging terus klo long trip. lebih gampang dan murah maintenance mobil turbo daripada mobil batre. blom mesin ICE nya undergoing constant siklus mati-nyala berulang-ulang yang artinya umur mesin gensetnya pun lbh pendek daripada mesin ICE biasa. yang modelan kayak idling stop aja teoritikalnya bikin engine wear lebih tinggi apalagi macem epower.
AbdulHakim wrote: Wed Oct 12, 2022 3:38
Raize/Rocky yang 1.0 Turbo sama yang 1200cc lebih irit mana siy mbah?
paling gak yang 1200cc bisa dikasih minum pertalite khan ya, kalo mobil berturbo sebaiknya dikasih pertamax (RON91 up) CMIIW
iritan 1.0 lah om lagian gini aja itu ron pertamax 92 pertalite 90 cuma turun 2 ron kalo pake mobil cuma asal gelinding harusnya gak masalah lah
kalo saya pake turbo sama dex karena performance matter makannya saya hajar sekalian yang penting saya puas kek di jazz saya puas hajar rev tinggi liat tacometer enteng sama suara lebih galak karena bakar turbo
kalo mindset saya asal glinding mungkin saya isi pertamax toh kemaren sempet sekali saya isi pertamax karena turbo ud saking mahalnya
saya tuh bertahun2x pake freed isi premium juga gelinding2x aja, emang sih pas turun mesin isinya item semua efeknya lebih ke jangka panjang kok om lagian kalo rajin carbon clean itu efek sampingnya berkurang karena carbon yang numpuk juga rontok, terus efek di catalic kalo catalic jebol ganti aja downpipe sama frontpipenya malah naek banyak torsinya itu turbo keselek lagi kena catalic bagusan juga gak pake
dan bagusnya coba remap buat pake pertalite mana tau malah tenaganya naek banyak tapi isi cuma pertalite
separah2xnya mesin saya rontok kayak freed katanya sih ring piston efek dulu adek saya ganti oli suka telat cuma kalo saya tau ringnya bocor mah tinggal tap oli aja gak bakalan turun mesin itu freed kemaren olinya saya bakar sampe kering akhirnya metal saya pada pecah
timbermaniac123 wrote: Wed Oct 12, 2022 3:41
Kalau menurut saya si, raize buat yang daily beater dalam kota pilihan yang paling oke selain brio satya. Brio kalau yg budgetnya agak ngepas. Raize masih cakep dibawa acara apa saja dan kemana saja.
Operational cost hybrid dengan diesel solar sebenernya mirip mirip, tapi berat di batre nya. Tapi kalau misalkan 1 tahun 50rb km ya masih oke. Tergantung nasib solar gimana ke depannya, dari thread sebelah ada yang bilang solar di jakarta juga cuma tersedia di beberapa spbu / area saja. Temen saya yang di jakbar pun bilang datengnya kadang hanya siang saja.
per 50.000 km (rute dalam kota jakarta)
Diesel 1:9 = 5.555 l x 6.800 = 37.774.000
Raize 1:13 = 3.846 x 10.000 = 38.460.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 10.000 = 27.770.000 (belum batre)
Kalau dikasih mimik bbm bergizi. jelas diesel akan kalah dengan hybrid. Jadi menurut saya buat yang anti solar (kaya orang tua saya) + suka peremajaan per 5 tahun (sebelum garansi batre habis di tahun ke 8 ), better ambil mobil hybrid.
Diesel 1:9 = 5.555 l x 18.100 = 100.545.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 13.900 = 38.600.000 (belum batre)
considering harga mobilnya ujung2xnya mendingan beli raize toh
mau ngirit mana ada beli mobil fancy, in the end kan diitung total speendingnya
diesel paling murah reborn g 418jt + 37jt = 455jt
raize beli paling mahal 305jt + 38jt = 343jt
hybrid paing murah cross 540jt + 27jt = 567jt
diesel hemat 112jt
hybrid hemat 224jt
masuk deposito anget tuh di bank nambahin 20-30jt modif raize juga lsg jadi mobil sport
keliatan kan sapa paling murah ribut2x ngirit ujungnya tekor modal beli mobilnya aja ud mahal
mendingan kayak saya beli second isi bbm mahal hari2x kerja ngojek atau naek motor, kalo bisa juga enakan naek LRT MRT ud ngerasain di singapore lebih ramah lingkungan
ChZ wrote: Wed Oct 12, 2022 4:15
lagian nissan epower mah sbenernya sistem repot. repot repot dari ICE dioper ke batre lalu ke motor. ya ngapain gitu napa gak sekalian aja pasang 1.2 liter turbo pake CVT dah bener.
katakan efisiensi motor listrik ~90%, tapi sumber tenaganya dari ICE yang ~35%. ya efisiensinya malah lebih kecil. kaliin aja 90% dari 35% blom efisiensi inverter dan motornya berapa malah keliatan boncosnya tuh mobil bisa irit kan di dalem kota mesinnya mati klo mesinnya nyala terus buat luar kota gak lebih irit juga dari 1.5 liter turbo.
masalahnya kl lokomotif diesel elektrik bener dia butuh torsinya karna bobot gede, ini mobil kecil cuma ukuran small car mah ribet dikasi begituan gak sebanding benefit sama repotnya. 1.2 liter 3 silinder turbo dah bener bensin tetep bisa 1:25 luar kota, dalem kota 1:15 juga bisa.
batrenya gak doomed to fail macem kicks karena charging terus klo long trip. lebih gampang dan murah maintenance mobil turbo daripada mobil batre. blom mesin ICE nya undergoing constant siklus mati-nyala berulang-ulang yang artinya umur mesin gensetnya pun lbh pendek daripada mesin ICE biasa. yang modelan kayak idling stop aja teoritikalnya bikin engine wear lebih tinggi apalagi macem epower.
itu kayak accord VCM aja baru tau ternyata itu ide sangat bodoh itu sistem VCM bikin pistonnya punya suhu beda2x karena ada yang on ada yang off, akhirnya saya lupa ring piston apa packingnya jd cepet rontok akhirnya banyak diakalin pake VCM muzzler biar 6 silinternya kerja terus hasilnya yang pake muzzler mobilnya gak pernah kenapa2x di pake lama juga
AbdulHakim wrote: Wed Oct 12, 2022 3:38
Raize/Rocky yang 1.0 Turbo sama yang 1200cc lebih irit mana siy mbah?
paling gak yang 1200cc bisa dikasih minum pertalite khan ya, kalo mobil berturbo sebaiknya dikasih pertamax (RON91 up) CMIIW
iritan 1.0 lah om lagian gini aja itu ron pertamax 92 pertalite 90 cuma turun 2 ron kalo pake mobil cuma asal gelinding harusnya gak masalah lah
kalo saya pake turbo sama dex karena performance matter makannya saya hajar sekalian yang penting saya puas kek di jazz saya puas hajar rev tinggi liat tacometer enteng sama suara lebih galak karena bakar turbo
kalo mindset saya asal glinding mungkin saya isi pertamax toh kemaren sempet sekali saya isi pertamax karena turbo ud saking mahalnya
saya tuh bertahun2x pake freed isi premium juga gelinding2x aja, emang sih pas turun mesin isinya item semua efeknya lebih ke jangka panjang kok om lagian kalo rajin carbon clean itu efek sampingnya berkurang karena carbon yang numpuk juga rontok, terus efek di catalic kalo catalic jebol ganti aja downpipe sama frontpipenya malah naek banyak torsinya itu turbo keselek lagi kena catalic bagusan juga gak pake
dan bagusnya coba remap buat pake pertalite mana tau malah tenaganya naek banyak tapi isi cuma pertalite
separah2xnya mesin saya rontok kayak freed katanya sih ring piston efek dulu adek saya ganti oli suka telat cuma kalo saya tau ringnya bocor mah tinggal tap oli aja gak bakalan turun mesin itu freed kemaren olinya saya bakar sampe kering akhirnya metal saya pada pecah
timbermaniac123 wrote: Wed Oct 12, 2022 3:41
Kalau menurut saya si, raize buat yang daily beater dalam kota pilihan yang paling oke selain brio satya. Brio kalau yg budgetnya agak ngepas. Raize masih cakep dibawa acara apa saja dan kemana saja.
Operational cost hybrid dengan diesel solar sebenernya mirip mirip, tapi berat di batre nya. Tapi kalau misalkan 1 tahun 50rb km ya masih oke. Tergantung nasib solar gimana ke depannya, dari thread sebelah ada yang bilang solar di jakarta juga cuma tersedia di beberapa spbu / area saja. Temen saya yang di jakbar pun bilang datengnya kadang hanya siang saja.
per 50.000 km (rute dalam kota jakarta)
Diesel 1:9 = 5.555 l x 6.800 = 37.774.000
Raize 1:13 = 3.846 x 10.000 = 38.460.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 10.000 = 27.770.000 (belum batre)
Kalau dikasih mimik bbm bergizi. jelas diesel akan kalah dengan hybrid. Jadi menurut saya buat yang anti solar (kaya orang tua saya) + suka peremajaan per 5 tahun (sebelum garansi batre habis di tahun ke 8 ), better ambil mobil hybrid.
Diesel 1:9 = 5.555 l x 18.100 = 100.545.000
hybrid 1:18 = 2.777 x 13.900 = 38.600.000 (belum batre)
considering harga mobilnya ujung2xnya mendingan beli raize toh
mau ngirit mana ada beli mobil fancy, in the end kan diitung total speendingnya
diesel paling murah reborn g 418jt + 37jt = 455jt
raize beli paling mahal 305jt + 38jt = 343jt
hybrid paing murah cross 540jt + 27jt = 567jt
diesel hemat 112jt
hybrid hemat 224jt
masuk deposito anget tuh di bank nambahin 20-30jt modif raize juga lsg jadi mobil sport
keliatan kan sapa paling murah ribut2x ngirit ujungnya tekor modal beli mobilnya aja ud mahal
mendingan kayak saya beli second isi bbm mahal hari2x kerja ngojek atau naek motor, kalo bisa juga enakan naek LRT MRT ud ngerasain di singapore lebih ramah lingkungan
Iya mbah, Raize masih ada lah bakat buat dimodif & dibikin ganteng, masih pede buat dibawa ke acara/ngumpul
kalo sekedar pengganti kaki buat asal gelinding dari point A ke point B tanpa kepanasan dan kehujanan, duo AgAy juga cukup
Kayaknya kalo namanya beli mobil itu ada faktor2 lain deh seperti: selera dgn bentuknya, naikkannya, gengsinya, dll.
Kalau hanya asal gelinding dan alat transport ya semua pake agya ayla aja, sisa duit depo atau beli saham. Kalau semua pikiran begitu, ya mobil2 bmw mercy gak laku dong karena rata2 1M keatas.
Bpurna wrote: Wed Oct 12, 2022 6:10
Kayaknya kalo namanya beli mobil itu ada faktor2 lain deh seperti: selera dgn bentuknya, naikkannya, gengsinya, dll.
Kalau hanya asal gelinding dan alat transport ya semua pake agya ayla aja, sisa duit depo atau beli saham. Kalau semua pikiran begitu, ya mobil2 bmw mercy gak laku dong karena rata2 1M keatas.
ya kan yang suka beli diesel sama hybrid ributnya gitu mau ngirit pake diesel aja, mau ngirit pake hybrid aja lah loe beli mobilnya aja ud mahal ngirit dari maneee
saya juga pake diesel malah ujung2xnya isi DEX gak pernah tuh sekali pun ngomong mobil saya irit apalagi jaman pake solar yang ada malah babak belur gantiin filter sama liatin mesin makin kotor kena uap solar belom stress liatin efek samping jangka panjang dari pemakaian solar
apalagi yang hybrid iritnya di tengah, didepan beli mahal dibelakang benerin batre jebol juga mahal
saya sih doyan diesel karena torsinya buat angkut 8 manusia pun masih enak
AbdulHakim wrote: Wed Oct 12, 2022 5:56
Iya mbah, Raize masih ada lah bakat buat dimodif & dibikin ganteng, masih pede buat dibawa ke acara/ngumpul
kalo sekedar pengganti kaki buat asal gelinding dari point A ke point B tanpa kepanasan dan kehujanan, duo AgAy juga cukup
Iya setuju. Memang preference masing2 lah yang akan menentukan pilihan mobil.
Kalo saya pribadi, memang kebiasaan dr kecil bokap gak pernah pake diesel, ya imagenya kotor jd keikut rada anti diesel, selalu bensin jdnya.
Skrg pake hybrid, dan saya berasa hepi sekali. Bisa jalan 700km baru perlu isi bensin lgi, kalau macet2 jg msh diatas 17km/ltr, santai irit2an bs 23km/ltr. Begitu mau ngebut2 kyk org gila, tetep masih diatas 16km/ltr. Ada mobil lain juga kok rasanya isi bensin mulu.. baru jalan 300an km udh nyala fuel warning, liat avg 6,7,8 rasanya gak seneng aja. Hahahhaha .
Setiap kali kalo lagi ngerem, rasanya bahagia bisa regen energi instead mesin msh bakar trus dan energi terbuang. Pas lampu merah jg mesin ga nyala dimana yg lainnya msh bakar bensin trus.
Bpurna wrote: Wed Oct 12, 2022 6:28
Iya setuju. Memang preference masing2 lah yang akan menentukan pilihan mobil.
Kalo saya pribadi, memang kebiasaan dr kecil bokap gak pernah pake diesel, ya imagenya kotor jd keikut rada anti diesel, selalu bensin jdnya.
Skrg pake hybrid, dan saya berasa hepi sekali. Bisa jalan 700km baru perlu isi bensin lgi, kalau macet2 jg msh diatas 17km/ltr, santai irit2an bs 23km/ltr. Begitu mau ngebut2 kyk org gila, tetep masih diatas 16km/ltr. Ada mobil lain juga kok rasanya isi bensin mulu.. baru jalan 300an km udh nyala fuel warning, liat avg 6,7,8 rasanya gak seneng aja. Hahahhaha .
Setiap kali kalo lagi ngerem, rasanya bahagia bisa regen energi instead mesin msh bakar trus dan energi terbuang. Pas lampu merah jg mesin ga nyala dimana yg lainnya msh bakar bensin trus.
saya mah ud biasa liat 4-6kml di jazz abis ya isi lagi lah yang penting happy nikung kenceng sampe ban belakang bunyi itu bener2x asiik loh.......
in the end gak akan ngaruh banyak cuma bikin stress mendingan pecut kerja lagi buat nyari duit lebih banyak
saya cape nyetir kalo daily makannya dulu kerja pun gojek aja biar cepet sampe mobil angot di garasi b2 awet gak rusak kena cuaca
b0ku wrote: Wed Oct 12, 2022 5:12
masuk deposito anget tuh di bank nambahin 20-30jt modif raize juga lsg jadi mobil sport
mendingan kayak saya beli second isi bbm mahal hari2x kerja ngojek atau naek motor, kalo bisa juga enakan naek LRT MRT ud ngerasain di singapore lebih ramah lingkungan
Bener sih. beda 224 juta masuk ori sekarang tuh lumayan per bulan bisa 1 juta dikali 5 tahun aja (anggep 1 tahun 10rb km buat kerja di dalam kota), udah 60 juta. 343 - 60 = 283 juta. Beda sama hybrid : 567 - 283 = beda 284 juta.
Tapi ngojek sekarang juga mahal om, pake mobil isi nitro+ aja sehari pp weekendan paling cuma abis 75rb. Kalau weekday mungkin bisa 90rb (kena macet). Kalau ngojek seahari pp udah min 100-150 rb kali dengan rute yg sama.
b0ku wrote: Wed Oct 12, 2022 5:12
itu kayak accord VCM aja baru tau ternyata itu ide sangat bodoh itu sistem VCM bikin pistonnya punya suhu beda2x karena ada yang on ada yang off, akhirnya saya lupa ring piston apa packingnya jd cepet rontok akhirnya banyak diakalin pake VCM muzzler biar 6 silinternya kerja terus hasilnya yang pake muzzler mobilnya gak pernah kenapa2x di pake lama juga
Cylinder deactivation, auto start stop mah udah ditinggalin lama obsolete tuh teknologi gak guna malah ngerusak mesin. Ini yang bikin gw makin gak percaya jurnalis otomotif, tiap ada teknologi baru uda kayak corong presentasi atpm, pengetahuan 0, ga ad kritis kritisnya.
Regulasi yang geblek emisi disuruh cekek melulu. Obsesi ma asep knalpot padahal problem bukan itu tiap hari kapal truk angkut batubara ama pesawat diem2 bae giliran mobil ada asep ramenya kyk emak emak di pasar. Mendadak politisi ma jurnalis jd ahli lingkungan semua.