pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada Lthe-mantal wrote: Fri Sep 23, 2022 6:47 update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.
- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.
- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.
- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.
- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Mantab om..the-mantal wrote: Fri Sep 23, 2022 6:47 update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.
- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.
- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.
- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.
- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
Klo bole tahu, om usia berapa?
Wkwkwk
Sy dulu usia 30an awal nyetir lintas sumatra masih kuat…
Skrg KO om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
baru kelihatan ada respon di thread ini rupanya...satriakarisma wrote: Fri Sep 23, 2022 7:58
mantap nih reviewnya.
untuk yg versi 1.5, sepertinya lebih mantab buat nanjak nanjak kali ya Om?
dua paagraf terakhir sepertinya banyak banget improvement di sasis vs xenia gen lama ya.
![]()
improvement luar biasa om klo dari generasi sebelumnya. tp klo lawan brand lain (ertiga, xpander, dkk) ya plus minus ajah.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
bisa pake manual mode atau sports mode juga otomatis lsg naikin rpm, kemarin ga coba ke situ karena nanjak2 nya ga sampe kedodoran gmn gitu walau pake D, cmn ya berat gitu rasanya. lagipula lebih fokus sama jurang kanan kiri saat itu.MSU wrote: Fri Sep 23, 2022 8:13
pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada L
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
saya 38 om.McLaren wrote: Fri Sep 23, 2022 12:05
Mantab om..
Klo bole tahu, om usia berapa?
Wkwkwk
Sy dulu usia 30an awal nyetir lintas sumatra masih kuat…
Skrg KO om
wah klo ngomong umur emg ga bs boong om... pst makin tua makin cape
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Lah sama wkwkwkthe-mantal wrote: Mon Oct 03, 2022 3:36bisa pake manual mode atau sports mode juga otomatis lsg naikin rpm, kemarin ga coba ke situ karena nanjak2 nya ga sampe kedodoran gmn gitu walau pake D, cmn ya berat gitu rasanya. lagipula lebih fokus sama jurang kanan kiri saat itu.MSU wrote: Fri Sep 23, 2022 8:13
pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada L
Berarti sy yang lemah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Freed
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Super salut buat om TSleogalih wrote: Sun Apr 24, 2022 16:01 meme spongebob.jpg
Respect buat om TS... Nyali seorang Pendekar!!![]()
![]()
![]()


2 ekor di garasi rumah semua intervensi nyonya, sy kalah mulu

Masih berprinsip "Happy Wife Happy Life"

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Update 1 tahun All New Xenia
Ga terasa mobil ini sudah 1 tahun menemani, perasaan baru kemarin beli.
Selama 1 tahun baru jalan 11 ribu km n tentunya ada beberapa problem yg kemarin-kemarin karena masih honeymoon period jd acceptable aja, tp lama2 koq ya jd berasa ga acceptable lagi.
Belum memutuskan cerai sih sama mobil ini, tp udah mulai berkurang cintanya wkwkwk
Pros :
- mesin masih enak (mgkn karena masih 11 ribu km), masih halus, masih irit, masih kencang
- suspensi nyaman, ini diconfirm oleh semua penumpang saya (saya nyambi gocar btw tp hanya utk yg searah kantor n plg aja, lumayan buat nutup duit bensin n parkir sekalian nambah teman)... entah karena standar penumpang nya rendah atau karena mereka sering dapatnya calya dan avanza/ xenia lama.
Cons :
- banyak penyakit yg di awal kayanya ga terlalu berasa, skrg mulai berasa. contoh, klo narik di kecepatan 30-40 mobilnya pasti bergetar sedikit. ini ga kejadian di xenia saya aja, semua all new xenia n avanza user di grup fb jg merasakan hal yg sama dan ga ada solusinya sampai saat ini. terus juga ada bunyi di setir kreeett klo diputar pelan. suaranya ga selalu ada, tp klo muncul jd bertanya2 ini mobil kenapa yah... udah coba komplain ke Beres tp tetap ada aja itu bunyi.
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.
- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...
- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.
well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
Ga terasa mobil ini sudah 1 tahun menemani, perasaan baru kemarin beli.
Selama 1 tahun baru jalan 11 ribu km n tentunya ada beberapa problem yg kemarin-kemarin karena masih honeymoon period jd acceptable aja, tp lama2 koq ya jd berasa ga acceptable lagi.
Belum memutuskan cerai sih sama mobil ini, tp udah mulai berkurang cintanya wkwkwk
Pros :
- mesin masih enak (mgkn karena masih 11 ribu km), masih halus, masih irit, masih kencang
- suspensi nyaman, ini diconfirm oleh semua penumpang saya (saya nyambi gocar btw tp hanya utk yg searah kantor n plg aja, lumayan buat nutup duit bensin n parkir sekalian nambah teman)... entah karena standar penumpang nya rendah atau karena mereka sering dapatnya calya dan avanza/ xenia lama.
Cons :
- banyak penyakit yg di awal kayanya ga terlalu berasa, skrg mulai berasa. contoh, klo narik di kecepatan 30-40 mobilnya pasti bergetar sedikit. ini ga kejadian di xenia saya aja, semua all new xenia n avanza user di grup fb jg merasakan hal yg sama dan ga ada solusinya sampai saat ini. terus juga ada bunyi di setir kreeett klo diputar pelan. suaranya ga selalu ada, tp klo muncul jd bertanya2 ini mobil kenapa yah... udah coba komplain ke Beres tp tetap ada aja itu bunyi.
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.
- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...
- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.
well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.the-mantal wrote: Fri May 26, 2023 10:45
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.
- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...
- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.
well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.
part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransi

habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannyaChZ wrote: Sat May 27, 2023 3:14pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.the-mantal wrote: Fri May 26, 2023 10:45
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.
- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...
- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.
well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.
part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransiya amit2 kejadian deh. minimal kl cuma lampu doang mati dalam 4 thn pemakaian awal bisa claim.
habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan
Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
kalau di enjin WA-VE pengalaman saya karena karakter D-CVT + ECU tune eco terus + air intake built-in restrictor biar bisa berenang kaya kapalMSU wrote: Sat May 27, 2023 4:01 Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannya
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan
Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...

untuk ngakalinnya: air intake diakali dbikin kaya direct / cold air intake, ada banyak cara, salah satu caranya lepas air intake assy bagian paling ujung. selebihnya tentu saja DIY style

abis ngakalin ini macem mobil yang berbeda

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
iya om, istilahnya lugging ya kaya gigi nya terlalu rendah gitu klo di manual - alias calon2 nglitik.ChZ wrote: Sat May 27, 2023 3:14
pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.
macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.
part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransiya amit2 kejadian deh. minimal kl cuma lampu doang mati dalam 4 thn pemakaian awal bisa claim.
habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
kayanya kebalik om, justru di kecepatan tinggi DCVT ini pake gear, baru masuk gear saat kecepatan 80 gitu. kelihatan beda di konsumsi BBM real time nya yg lsg jadi irit banget saat masuk gear.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
ini resepnya si om ari itu ya? katanya avanza/ xenia / veloz jg mgkn bisa sama tuh klo dilepas air intake assy nya juga bakal ningkatin performa. ane mau coba tp masih takut garansi gugur aja.kunaskun wrote: Sat May 27, 2023 12:57
kalau di enjin WA-VE pengalaman saya karena karakter D-CVT + ECU tune eco terus + air intake built-in restrictor biar bisa berenang kaya kapal![]()
untuk ngakalinnya: air intake diakali dbikin kaya direct / cold air intake, ada banyak cara, salah satu caranya lepas air intake assy bagian paling ujung. selebihnya tentu saja DIY style![]()
abis ngakalin ini macem mobil yang berbedandut2an di kecepatan 20 kph 90% hilang, di kecepatan tinggi kecepatan mobil seirama dengan pedal gas.
belakangan dia coba jualan kabel grounding ya... banyak testi nya positif tuh. ga coba om sekalian kasih testi lg disini? wkwkk
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
setuju soal milih gear ketinggian n rpm jd rendah klo di D. solusinya ya injak lebih dalam atau ganti ke S aja om.MSU wrote: Sat May 27, 2023 4:01
Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannya
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan
Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...
klo yg nyelonong ga pernah kejadian di xenia sih - mgkn setting throttle control nya?
saya pernah coba antara xenia saya sama rocky 1.2 dcvt, klo buat respon awal jauh lebih cepat xenia, klo diinjak lsg instan... beda ma rocky yang agak delay... kayanya setting throttle control nya beda memang.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
iya om maksudnya gitu wkwkwk kalimatnya kurang rapi. gir overdrivenya jauh banget berarti sampe bisa efeknya macem lugging. ada manual mode gak yah siapa tau bisa di override. takutnya yang jadi korban mesin krn terus-terusan lugging.the-mantal wrote: Mon May 29, 2023 4:01
iya om, istilahnya lugging ya kaya gigi nya terlalu rendah gitu klo di manual - alias calon2 nglitik.
kayanya kebalik om, justru di kecepatan tinggi DCVT ini pake gear, baru masuk gear saat kecepatan 80 gitu. kelihatan beda di konsumsi BBM real time nya yg lsg jadi irit banget saat masuk gear.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Gw ngakak baca komen ini karena selama ini gw pikir cuma gw yang mengalaminya,AbdulHakim wrote: Sat Apr 23, 2022 15:43haha.. kesalahan fatal ini.. kalo bini ngomel-ngomel, siap-siap aja om bakal diungkit2 terus, karena itu berarti selamanya sampe tuh mobil kejual lagi baru perdamaian terjadithe-mantal wrote: Sat Apr 23, 2022 11:25 Hari H saya SPK, bini ngomel2 karena bilang dashboardnya jelek, masak Xenia, dst dst. Tapi saya tutup kuping deh karena saya yakin this is a good car.
Istri blm komen lbh jauh krn msh dongkol gara2 saya ambil xenia tanpa diskusi lbh jauh (dia msh pgn raize) ..![]()
tetapi sepertinya secara statistika, 85% bini seperti itu,
bakal disebut teros tuh, inget ya, perdamaian bukan berarti menghapus sejarah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
air intake saya malah ngikutin di FB RR Community yang pake raize turbo. garansi si bodo amat, tinggal pasang lagi aja kalau ada apa2.the-mantal wrote: Mon May 29, 2023 4:04 ini resepnya si om ari itu ya? katanya avanza/ xenia / veloz jg mgkn bisa sama tuh klo dilepas air intake assy nya juga bakal ningkatin performa. ane mau coba tp masih takut garansi gugur aja.
belakangan dia coba jualan kabel grounding ya... banyak testi nya positif tuh. ga coba om sekalian kasih testi lg disini? wkwkk
grounding cable dari sebulan pertama saya juga sudah pasang si, kebiasaan aja dari dulu, iseng2 ga ada kerjaan pasang2 kabel2 nganggur biar kesannya ricer

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 16, 2016 4:24
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Halo suhu2 SM semua,
Thankyou buat reviewnya, memang dari awal saya mikir Xenia 1.3 ini pilihan yang cukup oke buat diajak perang sehari-hari, melihat kenyamanan dan lain sebagainya, apalagi saya udah pernah pakai Avanza G MT 2005, Xenia Li MT 2008, Avanza G MT 2012, Xenia M 1.0 2013.
Hari ini saya jalan-jalan ke dealer, setelah berkeliling dealer mobil akhirnya shortlist saya tinggal Avanza 1.3E CVT yang harganya cuma selisih 4 jt di atas Xenia 1.3X CVT, dan All New Ertiga GL yang harganya cuma selisih 10 jt di atas Xenia 1.3X CVT.
Pemakaian di Sulawesi, lupakan fitur canggih karena tol juga nggak seberapa, kecuali ada fitur pendeteksi jalan berlubang atau perbaikan jalan
Mending lanjut Avanza/Xenia 1.3 CVT atau All New Ertiga GL yang dasbornya sudah hitam? Cuma ANE masih 4AT ya.
Makasih semua
Edited : NB untuk daily car yang sekarang dipake adalah Innova 2.0G AT 2005
Sudah terlalu nyaman sama rasanya + worry-free feel nya
Thankyou buat reviewnya, memang dari awal saya mikir Xenia 1.3 ini pilihan yang cukup oke buat diajak perang sehari-hari, melihat kenyamanan dan lain sebagainya, apalagi saya udah pernah pakai Avanza G MT 2005, Xenia Li MT 2008, Avanza G MT 2012, Xenia M 1.0 2013.
Hari ini saya jalan-jalan ke dealer, setelah berkeliling dealer mobil akhirnya shortlist saya tinggal Avanza 1.3E CVT yang harganya cuma selisih 4 jt di atas Xenia 1.3X CVT, dan All New Ertiga GL yang harganya cuma selisih 10 jt di atas Xenia 1.3X CVT.
Pemakaian di Sulawesi, lupakan fitur canggih karena tol juga nggak seberapa, kecuali ada fitur pendeteksi jalan berlubang atau perbaikan jalan
Mending lanjut Avanza/Xenia 1.3 CVT atau All New Ertiga GL yang dasbornya sudah hitam? Cuma ANE masih 4AT ya.
Makasih semua
Edited : NB untuk daily car yang sekarang dipake adalah Innova 2.0G AT 2005
Last edited by swstiko on Sat Nov 25, 2023 13:59, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Om udah tes drive belum? Tes agak jauh n lama aja utk tahh preferensi pribadi nya.
Klo saya kemarin sempat pertimbangkan jg ertiga sblm akhirnya ambil xenia, tp akhirnya ambil xenia krn model yg lbh baru aja, sedangkan ertiga kan modelnya udah dr 2018.
Tp klo dipikir2 lg ertiga jelas lbh unggul sih, beda 10 jt tp dpt mesin 1500 cc, space yg lebih luas n lbh murah maintenance nya. Kl xenia unggulnya cm ada VSC sama sofa mode aja,.
CVT vs 4AT ga bisa dibilang lebih baik yg mana.
Klo om akhirnya ambil xenia / avanza, ganti ban sama yg ukuran lbh besar 205 70 r15, utk jalanan berlubang sulawesi pas banget deh spy ga gasruk
Utk irit2an bensin emg xenia / avanza oke banget irit nya apalagi kl keluar kota.
Klo saya kemarin sempat pertimbangkan jg ertiga sblm akhirnya ambil xenia, tp akhirnya ambil xenia krn model yg lbh baru aja, sedangkan ertiga kan modelnya udah dr 2018.
Tp klo dipikir2 lg ertiga jelas lbh unggul sih, beda 10 jt tp dpt mesin 1500 cc, space yg lebih luas n lbh murah maintenance nya. Kl xenia unggulnya cm ada VSC sama sofa mode aja,.
CVT vs 4AT ga bisa dibilang lebih baik yg mana.
Klo om akhirnya ambil xenia / avanza, ganti ban sama yg ukuran lbh besar 205 70 r15, utk jalanan berlubang sulawesi pas banget deh spy ga gasruk
Utk irit2an bensin emg xenia / avanza oke banget irit nya apalagi kl keluar kota.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Dcvt avanza / xenia / raize / rocky perlu wkt utk pembuktian reliabilitynya. Utk mesin sudah terbukti sih, 1nr di taksi bb avanza.MSU wrote: Sat Nov 25, 2023 13:16 Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
Sbg gambaran aja om klo apes harus ganti utk dcvt xenia / avanza / rocky/ raize yg lelangan baru pabrik itu pd jual di tokped di 15 juta utk satu set. Saya lihat cvt merk lain di harga segitu cm dpt bekas aja. Smoga makin turun lg harganya nanti kl ada yg bekas copotan dan part2 satuan
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 16, 2016 4:24
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Noted and thankyou om masalah model juga masuk pertimbangan juga.the-mantal wrote: Sat Nov 25, 2023 13:28 Klo saya kemarin sempat pertimbangkan jg ertiga sblm akhirnya ambil xenia, tp akhirnya ambil xenia krn model yg lbh baru aja, sedangkan ertiga kan modelnya udah dr 2018.
FYI saya selama ini pakai Innova 2.0G AT 2005 yang sebenernya sudah nyaman dengan segala-galanya, termasuk worry-free dan hajar bleh nya, kecuali FC nya terpaksa dinyaman-nyamankan walau paling bagus cuma dapat 1:8.5
Saya baru test drive Xenia 1.5R, soalnya yang 1.3 jarang dibuat test drive kayaknya. Dan menurut saya sendiri udah lumayan cukup buat daily, tinggal mau coba Ertiga kalo ada kesempatan.
Tapi ini masih nunggu dealbreaker dari H tegak yang lagi ajuin diskon khusus akhir tahun buat B-RV E CVT, yang jatuhnya sangat mencengangkan sekali
Jadi kalau nggak deal B-RV nanti kembali ke 2 pilihan ini lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Wah kalo 15jt sih masih ok sih om...anggep dipake 200rb km jebol, tp setidaknya dpt irit bbm-nya itu jgthe-mantal wrote: Sat Nov 25, 2023 13:40Dcvt avanza / xenia / raize / rocky perlu wkt utk pembuktian reliabilitynya. Utk mesin sudah terbukti sih, 1nr di taksi bb avanza.MSU wrote: Sat Nov 25, 2023 13:16 Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
Sbg gambaran aja om klo apes harus ganti utk dcvt xenia / avanza / rocky/ raize yg lelangan baru pabrik itu pd jual di tokped di 15 juta utk satu set. Saya lihat cvt merk lain di harga segitu cm dpt bekas aja. Smoga makin turun lg harganya nanti kl ada yg bekas copotan dan part2 satuan
Di ahond mobiloyo / hrv sy pantau di youtube2...ada yg sampe 400rb km blm jebol, ada yg 200rb km jebol...tp pd saranin ganti oli cvtnya dipotong separo jaraknya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
swstiko wrote: Sat Nov 25, 2023 14:05
Noted and thankyou om masalah model juga masuk pertimbangan juga.
FYI saya selama ini pakai Innova 2.0G AT 2005 yang sebenernya sudah nyaman dengan segala-galanya, termasuk worry-free dan hajar bleh nya, kecuali FC nya terpaksa dinyaman-nyamankan walau paling bagus cuma dapat 1:8.5
Saya baru test drive Xenia 1.5R, soalnya yang 1.3 jarang dibuat test drive kayaknya. Dan menurut saya sendiri udah lumayan cukup buat daily, tinggal mau coba Ertiga kalo ada kesempatan.
Tapi ini masih nunggu dealbreaker dari H tegak yang lagi ajuin diskon khusus akhir tahun buat B-RV E CVT, yang jatuhnya sangat mencengangkan sekali
Jadi kalau nggak deal B-RV nanti kembali ke 2 pilihan ini lagi![]()
saya bantu jawab ya . kebetulan saya ex user avxen semua generasi rwd mulai dari yg gen awal - last fl 2021 pernah pake & punya semua, gnki v bensin at 2014, serta sekarang pake AN BRV pres non HS 2023 + sudah pernah TD semua LSUV & LMPV jaman now . kalo dari semua opsi yg ada. saya vote BRV. bakal upgrade dari segala sisi dari innova maupun avxen lama, terutama dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. saya pake udh dari bulan mei kmrn cukup puas dan blm ada masalah yg aneh2 so far, cuma servis rutin dan ganti oli aja. atau kalo dari opsi awal yg om sebutin, saya pilih ANE. paling nyaman dan empuk dibandingin sm avxen fwd + lebih nyaman jg menurut saya dibanding old innova or gen avxen yg om udh pernah pake sblmnya heheheswstiko wrote: Sat Nov 25, 2023 12:07 Halo suhu2 SM semua,
Thankyou buat reviewnya, memang dari awal saya mikir Xenia 1.3 ini pilihan yang cukup oke buat diajak perang sehari-hari, melihat kenyamanan dan lain sebagainya, apalagi saya udah pernah pakai Avanza G MT 2005, Xenia Li MT 2008, Avanza G MT 2012, Xenia M 1.0 2013.
Hari ini saya jalan-jalan ke dealer, setelah berkeliling dealer mobil akhirnya shortlist saya tinggal Avanza 1.3E CVT yang harganya cuma selisih 4 jt di atas Xenia 1.3X CVT, dan All New Ertiga GL yang harganya cuma selisih 10 jt di atas Xenia 1.3X CVT.
Pemakaian di Sulawesi, lupakan fitur canggih karena tol juga nggak seberapa, kecuali ada fitur pendeteksi jalan berlubang atau perbaikan jalan
Mending lanjut Avanza/Xenia 1.3 CVT atau All New Ertiga GL yang dasbornya sudah hitam? Cuma ANE masih 4AT ya.
Makasih semua
Edited : NB untuk daily car yang sekarang dipake adalah Innova 2.0G AT 2005Sudah terlalu nyaman sama rasanya + worry-free feel nya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 16, 2016 4:24
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Akhirnya jatuh ke B-RV E CVT dengan selisih cuma 25an juta dari Xenia 1.3X CVT berkat diskon akhir tahun, kayaknya lagi kebanyakan stockPboyz97 wrote: Sun Nov 26, 2023 11:33
saya bantu jawab ya . kebetulan saya ex user avxen semua generasi rwd mulai dari yg gen awal - last fl 2021 pernah pake & punya semua, gnki v bensin at 2014, serta sekarang pake AN BRV pres non HS 2023 + sudah pernah TD semua LSUV & LMPV jaman now . kalo dari semua opsi yg ada. saya vote BRV. bakal upgrade dari segala sisi dari innova maupun avxen lama, terutama dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. saya pake udh dari bulan mei kmrn cukup puas dan blm ada masalah yg aneh2 so far, cuma servis rutin dan ganti oli aja. atau kalo dari opsi awal yg om sebutin, saya pilih ANE. paling nyaman dan empuk dibandingin sm avxen fwd + lebih nyaman jg menurut saya dibanding old innova or gen avxen yg om udh pernah pake sblmnya hehehe
Sudah lihat reviewnya om sama om Chz juga membuat semakin mantap. Sebenernya dr awal lirik nya B-RV, tapi karena takut kemahalan turun lah ke Terios lalu akhirnya ke LMPV, tapi rezeki emang gak kemana. Semoga lancar semuanya sampe dateng unitnya.
Terima kasih om