Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja
Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja
Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Tergantung rem nya apa kl saya, mbah.
Kalo EPB kyk CRV, saya di D dan brakehold.
Kalo manual hand/foot brake saya pindah ke N trus injek/tarik parking brake.
Tetap bisa tidur nyenyak, alhamdulillah.
Kalo EPB kyk CRV, saya di D dan brakehold.
Kalo manual hand/foot brake saya pindah ke N trus injek/tarik parking brake.
Tetap bisa tidur nyenyak, alhamdulillah.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat May 13, 2017 16:20
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Pajero
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
iya saya juga sudah nonton ahapedia ini om, memang menarik karena mereka pakai data saat kondisi berjalan bukan sekedar simulasi gearbox copotan dan ilmu kira2, dan sepahaman saya memang kalau lampu merah lama baiknya di N saja, meskipun entah lebih awet atau tidak , posisi D kadang kalau kita luput lepas rem bakal nyundul bebas depannya, jadi cari amannya saja

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Mungkin ausnya tinggi tapi dengan temperatur oli atf yg lebih rendah dibanding dipanteng terus di D itu temperatur oli atfnya naik tinggi dan slipnya juga tinggi kalau model konverter. Mungkin mereka ga pernah colok OBD berapa temperatur oli atf.. Semakin tinggi temperatur oli atf kan umur olinya juga menurun. Apalagi cvt ga ada cooler seperti di at konvensional.Suryaputra wrote: Wed Oct 05, 2022 3:10 Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja
Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi![]()
Saya juga kalau lampu merah / macet lama gak pernah pake P. Musingin kendaraan belakang karna lampu mundur pasti nyala walau sebentar pas pindah2 P ke D. Padahal cukup N dan rem tangan udah bisa santai2 dalem mobil, transmisi juga ga kerja kelas buat ganjelan mobil.
Urusan daleman transmisi biar oli amsoil atf fe aja yg bekerja.. Dah gw bayar mahal kerjanya harus optimal lah.. Hahaha

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Sudah dari dulu sih begini.
Kalau ga begitu, ngapain jg dikasi pilihan transmisi N.

Kalau ga begitu, ngapain jg dikasi pilihan transmisi N.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Wkwkwkwk jadi gak gabut yaawicaksono99 wrote: Wed Oct 05, 2022 4:35Mungkin ausnya tinggi tapi dengan temperatur oli atf yg lebih rendah dibanding dipanteng terus di D itu temperatur oli atfnya naik tinggi dan slipnya juga tinggi kalau model konverter. Mungkin mereka ga pernah colok OBD berapa temperatur oli atf.. Semakin tinggi temperatur oli atf kan umur olinya juga menurun. Apalagi cvt ga ada cooler seperti di at konvensional.Suryaputra wrote: Wed Oct 05, 2022 3:10 Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja
Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi![]()
Saya juga kalau lampu merah / macet lama gak pernah pake P. Musingin kendaraan belakang karna lampu mundur pasti nyala walau sebentar pas pindah2 P ke D. Padahal cukup N dan rem tangan udah bisa santai2 dalem mobil, transmisi juga ga kerja kelas buat ganjelan mobil.
Urusan daleman transmisi biar oli amsoil atf fe aja yg bekerja.. Dah gw bayar mahal kerjanya harus optimal lah.. Hahaha![]()
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Saya setuju sih itu
Kalo di D waktu berhenti kerasa banget emg mobilnya berusaha nyundul ke depan, gak ada ceritanya mesin ama gearbox diputus powernya kaya kata beberapa "influencer otomotif".
Yang saya penasaran itu kalau matikan mesin di N terus pindah ke P kondisi mesin masih mati itu boleh gak sih
Apa sebelum mesin di matiin transmisi harus di P dulu?
Kalo di D waktu berhenti kerasa banget emg mobilnya berusaha nyundul ke depan, gak ada ceritanya mesin ama gearbox diputus powernya kaya kata beberapa "influencer otomotif".
Yang saya penasaran itu kalau matikan mesin di N terus pindah ke P kondisi mesin masih mati itu boleh gak sih
Apa sebelum mesin di matiin transmisi harus di P dulu?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
hehehe, liat komen di utubenya, macem-macem ya, selama tuh orang yg komen punya referensi yang sesuai dengan opini mereka, ya bakal tetep keukeuh bahwa [D] di lampu merah yg paling bener, begitu juga sebaliknya.
Sampai banyak-banyakan data aja sih sebenernya, data yang valid ya, diukur real-time dan dapat ter-replikasi, harusnya si AHA kasih liat juga cvt oil temp-nya kalo ada, kayaknya om turbo perna kasih data tsb, bahwa pas posisi [D], oil temp transmission naik saat di lampu merah, jadi minimal ada 2 jenis data valid.
tapi tetep aja biarpun dikasih data valid, sebanyak apapun, tetep aja ada yang masi keukeuh migor is da bes (maap oot), berlaku juga dengan komen-komen utubenya si AHA tsb.
kalo mau shut orang-orang ngeyel macem gini ya rada susah, harus disediain 2 mobil, satu selalu [N] dan satu selalu [D] di lampu merah, 50rb km kuras matic, UOA. ato kalo berani nelen kata-kata pabrikan "lifetime transmission", 100rb langsung bongkar kasih liat mana yang aus duluan.


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Ini mirip casenya, TV
bagus di-standby?
atau matiin switch colokan listrik? (gak terhubung ke listrik sama sekali)
wkwkwkwkw
bagus di-standby?
atau matiin switch colokan listrik? (gak terhubung ke listrik sama sekali)
wkwkwkwkw
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
ane setuju banget dgn teori & pemaparan di video: geser ke N di lamer.
tapi kalo timer di lamer kurang dari 20 detik atau kalo brenti bentar, ane sih tetap stay di D.
Kelamaan stay di D gak bagus, tapi terlalu sering/cepat pindah D-N-D-N juga gak bagus.
tapi kalo timer di lamer kurang dari 20 detik atau kalo brenti bentar, ane sih tetap stay di D.
Kelamaan stay di D gak bagus, tapi terlalu sering/cepat pindah D-N-D-N juga gak bagus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Selama ini bawa mobil matic,,,,begitu berhenti langsung ke n, gak peduli lamernya sebentar,,,palagi kalo lama
Dengan cara pemakaian kayak gitu di ogl 90rb km sama sekali gak pernah ada masalah
Gak enak banget nahan mobil berhenti di d
Dengan cara pemakaian kayak gitu di ogl 90rb km sama sekali gak pernah ada masalah
Gak enak banget nahan mobil berhenti di d
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Ane termasuk kaum yg setuju berhenti di posisi N
Channel luar yg isinya papan tulis ama spidol, entah kenapa juga bilang kalo berhenti di D aja ga perlu N, mana alasannya membingungkan karena kalo sering pindah2 D->N->D bikin solenoidnya bikin berkurang masa pakainya
Alasan no.4 *ane ga ngikutin sarannya
*Oot channel ahapedia ini yg punya bengkel spesialis nissan di jogja, pernah nonton videonya juga yg cerita katanya mobil2 ber EPS racksteernya rawan oblak dibanding yg masih pakai power steering

Channel luar yg isinya papan tulis ama spidol, entah kenapa juga bilang kalo berhenti di D aja ga perlu N, mana alasannya membingungkan karena kalo sering pindah2 D->N->D bikin solenoidnya bikin berkurang masa pakainya

Alasan no.4 *ane ga ngikutin sarannya
*Oot channel ahapedia ini yg punya bengkel spesialis nissan di jogja, pernah nonton videonya juga yg cerita katanya mobil2 ber EPS racksteernya rawan oblak dibanding yg masih pakai power steering
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Kalo berdasarkan pengalaman sy dgn kendaraan operasional kantor dimana sy pake dari baru sampe diganti baru sekitar 5 tahunan, pertama itu kia carens 2, kmdn innova dan kmdn reborn, itu semua pemakaian bener2 abuse sih untuk matik, maju mundur langsung R D , D R, ngk pake tunggu mobil diem baru pindahin gigi, dan kalo di lamer selalu masukin N dan dikemacetan juga N, so far sampe dijual ngk ada yg bermasalah sih girbox nya. Yg kepunyaan mobil pribadi sih juga gitu yah, kalo lamer atau macet pasti di N in.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,josomba wrote: Wed Oct 05, 2022 10:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok
pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto





numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Di kijang 2gd klo berenti d lamer posisi trans di D Tarek rem tangan tu mobil bakal terus ngeloyor, torsi nya terlalu kuat, mesti d oper k N biar aman d lamer. Hahaha...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Sama nih, kadang berenti 10 detik aja tangan gemes udah pengen pindahin ke N. Selagi mindahin nya alus, dan ketika jalan jangan langsung di gas yang saya lakukan selama ini aman sih.pengendiesel wrote: Wed Oct 05, 2022 9:55 Selama ini bawa mobil matic,,,,begitu berhenti langsung ke n, gak peduli lamernya sebentar,,,palagi kalo lama
Dengan cara pemakaian kayak gitu di ogl 90rb km sama sekali gak pernah ada masalah
Gak enak banget nahan mobil berhenti di d
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
DOHC wrote: Wed Oct 05, 2022 12:23kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,josomba wrote: Wed Oct 05, 2022 10:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok
pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()




-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
saya sih selalu di N pas lampu merah, walaupun berhentinya cuman 20 detik tetep aja di N tapi pakai rem kaki ngak tarik rem tangan kalo cuman bentar doang
logika bodoh saya sih mikir kalo nahan di D tapi di rem itu seperti orang ngeden tapi ngak di keluarin itu eeknya
jadi mendingan jangan ngeden sekalian
logika bodoh saya sih mikir kalo nahan di D tapi di rem itu seperti orang ngeden tapi ngak di keluarin itu eeknya

jadi mendingan jangan ngeden sekalian

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Paling bener kaya giniDOHC wrote: Wed Oct 05, 2022 12:23kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,josomba wrote: Wed Oct 05, 2022 10:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok
pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Suryaputra wrote: Thu Oct 06, 2022 2:11Paling bener kaya giniDOHC wrote: Wed Oct 05, 2022 12:23kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,josomba wrote: Wed Oct 05, 2022 10:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.
dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok
pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()


numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Lhaaaaa nanti di mobil Tamiya gimana ?
Denger2 di trit Toyota Cross Hybrid (kalo gak salah), kudu di D baru bisa nge-charge battery
Denger2 di trit Toyota Cross Hybrid (kalo gak salah), kudu di D baru bisa nge-charge battery
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Paling aman pas lamer yah geser ke N trus tarik rem tgn
Pernah nyundul mobil depan pas lamer
Lagi posisi di D dan bengong
Ga kerasa injekan pedal rem kelepas
Tau2 kaget duk aja dah nyundul mobil depan
Untung nya ga sampe lecet sih
Pernah nyundul mobil depan pas lamer
Lagi posisi di D dan bengong
Ga kerasa injekan pedal rem kelepas
Tau2 kaget duk aja dah nyundul mobil depan
Untung nya ga sampe lecet sih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah
Bener, kalo di N kayaknya pully yg sambung ke traction batre nya di cut off, jadi dinamo nya ga bisa charge itu batre, kalo idle lama harus pindah ke P, kalo posisi N di lamer sih jarang2 diminta ke D, kecuali posisi batre memang lagi low sekali ditambah posisi N di lamer lama (bermenit2).Or4cle wrote: Thu Oct 06, 2022 2:52 Lhaaaaa nanti di mobil Tamiya gimana ?
Denger2 di trit Toyota Cross Hybrid (kalo gak salah), kudu di D baru bisa nge-charge battery