Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
Turut berduka om Chris, atas ketidaknyamanan yang dialami di mobil ce nya.
Sepertinya karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh beres, sehingga mereka pun tidak mampu berbuat lebih.
Sayangnya "spesialis" moblis juga belum ada, untuk diminta second opinion-nya.
Buyer Mobil Listrik = Early Adopter
Tapi mereka lah yg berjasa Ngasih kritik dan saran beneran, untuk produsen melakukan improvement bertahap
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
ga bisa minta data health battery nya kah om? sudah tinggal berapa % begitu?
atau paling mudah minta bandingin aja sama mobil kicks TD yang tersedia... coba bandingin jalan full ev nya (kecuali mobil TD nya juga batterynya udah mo mokat ya paling sama2 aja hasilnya)
Suryaputra wrote: Mon Oct 03, 2022 3:08
Buyer Mobil Listrik = Early Adopter
Tapi mereka lah yg berjasa Ngasih kritik dan saran beneran, untuk produsen melakukan improvement bertahap
improvement paling bener jgn pake batre ganti pake generator, mau turbin, diesel, bensin, nuklir, hidrogen, arc reactor terserah deh terlalu fokus ke batre ud tau gak bisa di andelin........
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
Turut berduka om Chris, atas ketidaknyamanan yang dialami di mobil ce nya.
Sepertinya karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh beres, sehingga mereka pun tidak mampu berbuat lebih.
Sayangnya "spesialis" moblis juga belum ada, untuk diminta second opinion-nya.
Buyer Mobil Listrik = Early Adopter
Tapi mereka lah yg berjasa Ngasih kritik dan saran beneran, untuk produsen melakukan improvement bertahap
iya mbah, jasa early adopter ini yang memastikan siklus PDCA (Plan - Do - Check - Action) nya jalan berdasarkan real life/condition experience.
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 3:46
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
Agree mbah, yang satu culture buruhnya masih kuat, sedangkan yang satunya itu culture pelayanan berorientasi customer satisfaction dan brand image.
Tapi kalo keluhan di jejepangan bisa sampe informasinya hingga ke principal, bisa jadi responnya gercep juga kok mbah.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 2:59
Turut berduka om Chris, atas ketidaknyamanan yang dialami di mobil ce nya.
Sepertinya karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh beres, sehingga mereka pun tidak mampu berbuat lebih.
Sayangnya "spesialis" moblis juga belum ada, untuk diminta second opinion-nya.
nah jujurnya ini bagian yang ane kesel. udah lah ragu sama merek ini ditambah ngadepinnya barang yang bener bener baru
ga bisa minta data health battery nya kah om? sudah tinggal berapa % begitu?
atau paling mudah minta bandingin aja sama mobil kicks TD yang tersedia... coba bandingin jalan full ev nya (kecuali mobil TD nya juga batterynya udah mo mokat ya paling sama2 aja hasilnya)
perkiraan ane itu beres gak punya alat buat check kondisi battery health.
ngakunya sih dibandingin sama unit TDnya, waktu TD sama orang dealernya memang bisa ke 26 km/l dan baterai full katanya pake EV mode dan one pedal driving. entah deh caranya ngetes gimana kok gak ke-notice waktu ngedropnya.
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 3:46
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
yeap, cerita klasik customer service dealer mobil jepang. segala masalah jawabannya selalu "normal",
yang ane terjemahkan sebagai
"kami sendiri juga nggak tau ini kenapa, tapi karena mobilnya nggak meledak artinya mobilnya normal-normal aja".
padahal kalau normal dari awal beli gitu ya konsumennya gak bakal komplen dong. masa iya udah setaun pake baru komplen sekarang.
kl merek jerman mungkin trainingnya jg gak main-main. belajarin modul-modul elektroniknya aja udah berapa jem tuh dah macem kitab suci. terus praktek di lapangan jg efek banyak mobilnya yang rusak jadi troubleshooting dah lancar.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 4:09
Tapi kalo keluhan di jejepangan bisa sampe informasinya hingga ke principal, bisa jadi responnya gercep juga kok mbah.
tapi ini sebenernya pertanda SOP tidak jalan sih setiap ada trobel harus berkirim email ke pusat. kayak ngurusin masalah level RT tapi ngadunya ke level gubernur.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 4:09
Agree mbah, yang satu culture buruhnya masih kuat, sedangkan yang satunya itu culture pelayanan berorientasi customer satisfaction dan brand image.
Tapi kalo keluhan di jejepangan bisa sampe informasinya hingga ke principal, bisa jadi responnya gercep juga kok mbah.
Saya ada pengalaman pernah komplain habis2an ke eur*kars mengenai sales mazd*t yg ga memenuhi janji, padahal jelas2 tertulis di spk. Sales kabur, kacab ga berani nemuin saya. Udah gitu fatal lg menurut saya, masalah plat nomor ganjil genap. Uda kejadian 4 thn lalu sih, skrng dealernya jg uda tutup. Ga heran sih tutup ngeliat kelakuannya gitu. Tp saya inget2 lg itu pas awal2 eur*kars ngambil jadi atpm si mazd*t kalo ga salah. Mungkin masih terlalu banyak yg diurus jd no respons ke customer. Akhirnya yaudah lah uda keluar stnk dan pikir2 terlalu repot jg ngurus ulang. Tp tetep aja kesel dlm hati.
Trus pernah jg si merk H tegak saya debat sama SA soal servis gratis. Cuma telat 2 hari dari tgl seharusnya servis dibilang void. Emang sih saya yg salah, tp masa iya peraturan soal servis aja kaku banget macem kanebo kering. Sampe debat panjang lebar dan saya ancam naekin ke pusat, akhirnya supervisornya turun tangan baru di acc.
Kayanya emang budayanya gitu ga di sektor otomotif doang. Sebisa mungkin komplain ditanganin bawahan jgn sampe ke atasan, kecuali uda ribut2 baru atasan turun tangan jd pahlawan. Sukur2 konsumen ga ngamuk n nerima aja dibilang ini itu tanpa harus supervisor ttf. Supervisor cukup duduk angkat kaki aja marn hp di kantornya
Brp kali urusan, ga cuman masalah mobil doang. Jurus yg sampe sekarang paling ampuh emang nada tinggi n gebrak meja dikit. Baru dilayanin. Kalo kita sopan2 malah diinjak2
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 5:49
Kayanya emang budayanya gitu ga di sektor otomotif doang. Sebisa mungkin komplain ditanganin bawahan jgn sampe ke atasan, kecuali uda ribut2 baru atasan turun tangan jd pahlawan. Sukur2 konsumen ga ngamuk n nerima aja dibilang ini itu tanpa harus supervisor ttf. Supervisor cukup duduk angkat kaki aja marn hp di kantornya
Brp kali urusan, ga cuman masalah mobil doang. Jurus yg sampe sekarang paling ampuh emang nada tinggi n gebrak meja dikit. Baru dilayanin. Kalo kita sopan2 malah diinjak2
emang kayaknya semua orang yang kerja frontliner di indo tuh mesti belajar ke B*A apa ya sampe level sekuriti juga gak usah disuruh bisa jelasin produk. SPV selalu keliling meja teller ngga duduk duduk aja.
harus diajarin kalo konsumen ada keluhan tuh jawabnya "nanti saya ajukan ke atasan" bukan "semuanya normal pak/bu" apalagi nunggu viral sampe email email ke pusat.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 2:59
Turut berduka om Chris, atas ketidaknyamanan yang dialami di mobil ce nya.
Sepertinya karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh beres, sehingga mereka pun tidak mampu berbuat lebih.
Sayangnya "spesialis" moblis juga belum ada, untuk diminta second opinion-nya.
nah jujurnya ini bagian yang ane kesel. udah lah ragu sama merek ini ditambah ngadepinnya barang yang bener bener baru
ga bisa minta data health battery nya kah om? sudah tinggal berapa % begitu?
atau paling mudah minta bandingin aja sama mobil kicks TD yang tersedia... coba bandingin jalan full ev nya (kecuali mobil TD nya juga batterynya udah mo mokat ya paling sama2 aja hasilnya)
perkiraan ane itu beres gak punya alat buat check kondisi battery health.
ngakunya sih dibandingin sama unit TDnya, waktu TD sama orang dealernya memang bisa ke 26 km/l dan baterai full katanya pake EV mode dan one pedal driving. entah deh caranya ngetes gimana kok gak ke-notice waktu ngedropnya.
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 3:46
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
yeap, cerita klasik customer service dealer mobil jepang. segala masalah jawabannya selalu "normal",
yang ane terjemahkan sebagai
"kami sendiri juga nggak tau ini kenapa, tapi karena mobilnya nggak meledak artinya mobilnya normal-normal aja".
padahal kalau normal dari awal beli gitu ya konsumennya gak bakal komplen dong. masa iya udah setaun pake baru komplen sekarang.
kl merek jerman mungkin trainingnya jg gak main-main. belajarin modul-modul elektroniknya aja udah berapa jem tuh dah macem kitab suci. terus praktek di lapangan jg efek banyak mobilnya yang rusak jadi troubleshooting dah lancar.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 4:09
Tapi kalo keluhan di jejepangan bisa sampe informasinya hingga ke principal, bisa jadi responnya gercep juga kok mbah.
tapi ini sebenernya pertanda SOP tidak jalan sih setiap ada trobel harus berkirim email ke pusat. kayak ngurusin masalah level RT tapi ngadunya ke level gubernur.
Masa beres ndak ada alatnya Oom ?, bukannya beres pasti punya OBD ya ?, kalo H miring yg listrik2an si colok OBD kebaca tu status voltase batere per cell, sy pakai apps Car Scanner di Android, kalo OBDnya pakai yg ini : VGate ICAR 2 OBD2 ELM327 Bluetooth V1.7, lsg kebaca status si batere itu. Masa batumakam OBDnya ndak kirim data2 itu ya, ngeri juga kalo sampe kagak, itu si Daun gimana monitoringnya ……
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 3:46
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
yeap, cerita klasik customer service dealer mobil jepang. segala masalah jawabannya selalu "normal",
yang ane terjemahkan sebagai
"kami sendiri juga nggak tau ini kenapa, tapi karena mobilnya nggak meledak artinya mobilnya normal-normal aja".
padahal kalau normal dari awal beli gitu ya konsumennya gak bakal komplen dong. masa iya udah setaun pake baru komplen sekarang.
kl merek jerman mungkin trainingnya jg gak main-main. belajarin modul-modul elektroniknya aja udah berapa jem tuh dah macem kitab suci. terus praktek di lapangan jg efek banyak mobilnya yang rusak jadi troubleshooting dah lancar.
Mungkin merk jerman lebih gampang jg ya mbah diagnosisnya. Semua ada sensor jd tinggal colok laptop, uda tau apa masalahnya. Sebenernya ada plus minusnya jg sih ya banyak sensor ini itu. Kemudian customer servicenya emang beda jg sih. Kemaren sempat service si baling2 ada keluhan bebunyian, ga ktmu jg kenapa masalahnya. Tp SA make sure akan dicari dlu apa pernah ada permasalahan serupa dan akan dibahas sama SA lain. Brp hari kemudian di tlp ulang untuk follow up. Ya walaupun update terakhir blm ada info lg, setidaknya kelihatan niatnya melayani. Bukannya ga ktmu masalah cuman ngomong "normal kok, bawaan pabrik". SA ini ibarat dokter, emang mau datang ke dokter sesak napas dibilang dokternya "normal kok, emang bawaan lahir kamu gini"
Bibieight wrote: Mon Oct 03, 2022 6:05
Masa beres ndak ada alatnya Oom ?, bukannya beres pasti punya OBD ya ?, kalo H miring yg listrik2an si colok OBD kebaca tu status voltase batere per cell, sy pakai apps Car Scanner di Android, kalo OBDnya pakai yg ini : VGate ICAR 2 OBD2 ELM327 Bluetooth V1.7, lsg kebaca status si batere itu. Masa batumakam OBDnya ndak kirim data2 itu ya, ngeri juga kalo sampe kagak, itu si Daun gimana monitoringnya ……
Kalo baling2 sih selalu ngasih hasil scan komputer dia tertulis om. Jd objektif sama2 liat hasilnya. Kalo jejepangan yg selama ini saya pegang (T,H,M) seinget saya ga pernah ngasih printout scanning deh. Kalo OBD yg bisa dibeli di online store kayanya infonya terbatas. Ga semua parameter bisa dibaca.
Duh gw malah ngebangga2in si baling2 mulu macem fanboy aja
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 3:46
Dari pengalaman pribadi pake jepang n yurop, si jejepangan budayanya gini nih. Bukannya cari masalah dimana, eh malah "menormalkan" kalo ga ketemu masalahnya. Jawaban classic montir2nya ya "emang gitu pak bawaan pabriknya". Masalahnya kita ga punya keahlian atau tools bwat nyari masalahnya dmn, yg bisa kita lakuin ya ngerasain dari butt-o-meter doang, tp kan justru itu yg akurat karena kita yg ngerasain sehari2. Trus ditambah SA yg biasanya kampret gamau support keluhan consumer kalo ga dikasih pelicin. Ujung2nya nyari bengkel spesialis malah ktmu diagnosisnya dmn.
Pengalaman agak beda sama 3-pointed star n baling2 bambu. Selama masih dlm periode service/repair inclusivenya ada keluhan apapun ga ba bi bu langsung ganti. SA malah kadang support kita suruh sampein keluhannya apa biar pasti di acc claimnya.
yeap, cerita klasik customer service dealer mobil jepang. segala masalah jawabannya selalu "normal",
yang ane terjemahkan sebagai
"kami sendiri juga nggak tau ini kenapa, tapi karena mobilnya nggak meledak artinya mobilnya normal-normal aja".
padahal kalau normal dari awal beli gitu ya konsumennya gak bakal komplen dong. masa iya udah setaun pake baru komplen sekarang.
kl merek jerman mungkin trainingnya jg gak main-main. belajarin modul-modul elektroniknya aja udah berapa jem tuh dah macem kitab suci. terus praktek di lapangan jg efek banyak mobilnya yang rusak jadi troubleshooting dah lancar.
Mungkin merk jerman lebih gampang jg ya mbah diagnosisnya. Semua ada sensor jd tinggal colok laptop, uda tau apa masalahnya. Sebenernya ada plus minusnya jg sih ya banyak sensor ini itu. Kemudian customer servicenya emang beda jg sih. Kemaren sempat service si baling2 ada keluhan bebunyian, ga ktmu jg kenapa masalahnya. Tp SA make sure akan dicari dlu apa pernah ada permasalahan serupa dan akan dibahas sama SA lain. Brp hari kemudian di tlp ulang untuk follow up. Ya walaupun update terakhir blm ada info lg, setidaknya kelihatan niatnya melayani. Bukannya ga ktmu masalah cuman ngomong "normal kok, bawaan pabrik". SA ini ibarat dokter, emang mau datang ke dokter sesak napas dibilang dokternya "normal kok, emang bawaan lahir kamu gini"
Bibieight wrote: Mon Oct 03, 2022 6:05
Masa beres ndak ada alatnya Oom ?, bukannya beres pasti punya OBD ya ?, kalo H miring yg listrik2an si colok OBD kebaca tu status voltase batere per cell, sy pakai apps Car Scanner di Android, kalo OBDnya pakai yg ini : VGate ICAR 2 OBD2 ELM327 Bluetooth V1.7, lsg kebaca status si batere itu. Masa batumakam OBDnya ndak kirim data2 itu ya, ngeri juga kalo sampe kagak, itu si Daun gimana monitoringnya ……
Kalo baling2 sih selalu ngasih hasil scan komputer dia tertulis om. Jd objektif sama2 liat hasilnya. Kalo jejepangan yg selama ini saya pegang (T,H,M) seinget saya ga pernah ngasih printout scanning deh. Kalo OBD yg bisa dibeli di online store kayanya infonya terbatas. Ga semua parameter bisa dibaca.
Duh gw malah ngebangga2in si baling2 mulu macem fanboy aja
Iya jg si, sy pengguna setia T ndak pernah tu ditunjukin bacaan OBD, kl yg baling2 biru atau macan angop si malah sll suru liat komputernya. Tp si H miring pas mobil sy ngadat di km 200 ditunjukin lho bacaan di tabletnya, lengkap ama error code-nya.
Btw, si batumakam ini mang rada2 ya ?, Ioniq 5 yg baru setaun aja dah bisa kebaca OBD olshop, yg ini malah kagak ada di Carscanner
20221003_131055.jpg
Dari Joke lsg lompat Leaf...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
ga bisa minta data health battery nya kah om? sudah tinggal berapa % begitu?
atau paling mudah minta bandingin aja sama mobil kicks TD yang tersedia... coba bandingin jalan full ev nya (kecuali mobil TD nya juga batterynya udah mo mokat ya paling sama2 aja hasilnya)
Kalau masuk ev mode saja , dapat range nya berapa?
Mungkin bener bandingin ama unit Test drive, jalan barengan ev mode, liat drop nya sama atau ga. Setau saya baterei Kicks ga gede jadi muter2 bentar doang harusnya sih cepet abis, ga perlu tes ampe ratusan km maksudnya
Pernah liat video Jepang sih begini, tapi ya ga tau kapasitas nya apakah sama atau ga.
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 6:05
Kalo baling2 sih selalu ngasih hasil scan komputer dia tertulis om. Jd objektif sama2 liat hasilnya. Kalo jejepangan yg selama ini saya pegang (T,H,M) seinget saya ga pernah ngasih printout scanning deh. Kalo OBD yg bisa dibeli di online store kayanya infonya terbatas. Ga semua parameter bisa dibaca.
Duh gw malah ngebangga2in si baling2 mulu macem fanboy aja
jermanan mah gausa ke bengkel jg ud sadar diri, lampu rusak aja tang ting tung
baru nyalain mobil muncul suara "tunggggg" ama warning segala macem
ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
getok lgsg ke ATPM, berkutat di diler mah kg bakal kelar
masak 20rebu dah jebol tu batere, ngemengnya doang garansi panjang
tapi mmg baterenya jg ga gede sih um, 1.75kwh klo ga salah
dan emg gabisa full abis, krn klo sampe 0% ya matot mobilnya
begini nih klo mbikin mobil asal jd, ga dipikir redundancynya
itu klo batere cpt drop di force charge terus, ga lama bisa RIP.
AbdulHakim wrote: Mon Oct 03, 2022 4:09
Agree mbah, yang satu culture buruhnya masih kuat, sedangkan yang satunya itu culture pelayanan berorientasi customer satisfaction dan brand image.
Tapi kalo keluhan di jejepangan bisa sampe informasinya hingga ke principal, bisa jadi responnya gercep juga kok mbah.
Saya ada pengalaman pernah komplain habis2an ke eur*kars mengenai sales mazd*t yg ga memenuhi janji, padahal jelas2 tertulis di spk. Sales kabur, kacab ga berani nemuin saya. Udah gitu fatal lg menurut saya, masalah plat nomor ganjil genap. Uda kejadian 4 thn lalu sih, skrng dealernya jg uda tutup. Ga heran sih tutup ngeliat kelakuannya gitu. Tp saya inget2 lg itu pas awal2 eur*kars ngambil jadi atpm si mazd*t kalo ga salah. Mungkin masih terlalu banyak yg diurus jd no respons ke customer. Akhirnya yaudah lah uda keluar stnk dan pikir2 terlalu repot jg ngurus ulang. Tp tetep aja kesel dlm hati.
Trus pernah jg si merk H tegak saya debat sama SA soal servis gratis. Cuma telat 2 hari dari tgl seharusnya servis dibilang void. Emang sih saya yg salah, tp masa iya peraturan soal servis aja kaku banget macem kanebo kering. Sampe debat panjang lebar dan saya ancam naekin ke pusat, akhirnya supervisornya turun tangan baru di acc.
Kayanya emang budayanya gitu ga di sektor otomotif doang. Sebisa mungkin komplain ditanganin bawahan jgn sampe ke atasan, kecuali uda ribut2 baru atasan turun tangan jd pahlawan. Sukur2 konsumen ga ngamuk n nerima aja dibilang ini itu tanpa harus supervisor ttf. Supervisor cukup duduk angkat kaki aja marn hp di kantornya
Brp kali urusan, ga cuman masalah mobil doang. Jurus yg sampe sekarang paling ampuh emang nada tinggi n gebrak meja dikit. Baru dilayanin. Kalo kita sopan2 malah diinjak2
ya sama um
masdut oe juga waktu awal saya keluhkan klo stir seret
awalnya pd ga percaya n blg "kami gabisa tes krn tidak ada jalan buat ngetes", dikasih lubrikan doang
eh akhirnya tu stir ud seret ngejeduk pula klo belok
baru deh percaya & lgsg diganti yg kena steering column
apa" masa iya mesti jebol dlu
dan lucunya dari 2 diler yg oe datengin, yg ngerti problemnya cuma 1
kan aneh jg, masa cust ada problem apa si ATPM ga infokan ke seluruh network diler utk solutionnya
diluar aja sering kok klo cust ada problem apa lgsg keluarin TSB utk nationwide, masa dimari kg bisa
ada diler 1 lagi, dasbor saya rattle dibilang "oh semua emg gitu pak"
Rata2 disini masih anti hybrid dan ev yah, pdhl kelebihannya banyak sih. Yg pasti lebih efisien itu tdk bs dipungkiri, walaupun sumber listrik masih polusi dll.
Saya sdh sering coba mobil segala merk dan model, tapi so far paling puas pakai prius dan kicks ini. Kicks selain irit banget, tarikannya juga jauh lbh enak.
Utk problem kicks yg dialami, bbrp fakta yg saya tau:
1. Mesin akan nyala terus kalau kap mesin terbuka.
2. Kalau aki 12v, otomatis membuat lebih boros karena ngecharge terus. Mgkn di cek aki 12v nya.
3. Utk batre harusnya aman dari panas, karena saya punya pernah nyala kipasnya utk cooling down batre setelah digeber dan tarik2an. Cukup yakin belum pernah ada owner kicks yg pernah nyala kipas pendinginnya nih.
4. Anggaplah batre rusak, hrsnya masih garansi kan lama (5thn). Saya pun ditawari extended warranty batre 2thn/50rb km sekitar 8jtan saja. Jd hrsnya tidak worry kecuali atpm kabur.
EV:
Mengenai ev terbakar, memang masih harus pengembangan safety terus sampai perfect, tapi mobil ice juga banyak yg terbakar kan?
Kalau banyak yg samain batre hp dgn batre ev hrsnya gak apple to apple yah. Batre hape 1 cell, ev ratusan/ribuan cell. Kita tau batre itu umurnya rata2 300-500 cycle, di hp tentu 1-2 thn rusak (asumsi charge tiap hari).
Di ev, karena dijaga banget bisa lah 600 cycle plus, nah 1 cycle ev (ioniq5) anggap 500km range, jadi sekitar 300rb km lah baru akan mulai drop.
Sekian opini pribadi saya. Maaf kalau ada yg salah.
Bibieight wrote: Mon Oct 03, 2022 6:18
Btw, si batumakam ini mang rada2 ya ?, Ioniq 5 yg baru setaun aja dah bisa kebaca OBD olshop, yg ini malah kagak ada di Carscanner
kan ud dibilang, brand yg ini emg rada"
um bandingkan hundei ama nissin ibarat, org sehat vs sekarat
ya jauh la
brand laen ud maju, nissin masi urusin skandal kmrn kali........
b0ku wrote: Mon Oct 03, 2022 1:13
hyundai itu tadiannya pack sekarang module mulai dari kona tesla juga sama type S pack model 3 module
sebenernya semakin di cicil semakin cuan si pabrikan kek dari pack ke module itu aja ud cuan banyak dari labour cost iye per pegantian murah kayak tesla dari 20.000 jadi cuma 5.000 sekali rusak cuma kali berapa dulu kayak tesla jadi 4x = 20.000 ya sami mawon tapi labournya jadi 4x
kalo hyundai dari ioniq packnya kalo gak salah sekitar 115jt ke kona jadi module sekitar 46jt tapi pake 5 = 230jt blom labour
tapi ya module menyelamatkan user indikasi abis ganti module lsg lebiru
kalo diterusin pake trust me sooner or later ya lebih babak belur dari pack karena ud jatohnya bisa lebih mahal tambah ongkos labour berkali2x
pokoknya tuh batre kalo dah mulai kumat bagusnya lembiru aja makin dicicil makin boncos
sama saya lupa pabrikan juga lebih enak di management stock karena sizenya pack gede jadi nyimpennya susah kalo module kan kecil jadi lebih gampang simpennya
lah ya makanya itu
kan oe bilang, tesla sama rivian kyk kg mau dikasih duit. batere segala di cor, klo ganti per pack scr business emg lebih untung
hemat tempat, dan biaya per packnya bisa lebi dimahalin.
bisa" tar makin kita banyak beli pack makin dibikin ilusi tambah murah
1x pack 115jt, 2x pack 195jt (harusnya 230jt). sebuah ilusi lebi murah, pdhl ud untung gedeeee
itu jason fenske yg engineering explained aja mau bli sparepart tesla susah bener, dilempar sana sini.
brand laen mau beli sparepart dengan senang hati overcharge
darrelund wrote: Mon Oct 03, 2022 6:44
lah ya makanya itu
kan oe bilang, tesla sama rivian kyk kg mau dikasih duit. batere segala di cor, klo ganti per pack scr business emg lebih untung
hemat tempat, dan biaya per packnya bisa lebi dimahalin.
bisa" tar makin kita banyak beli pack makin dibikin ilusi tambah murah
1x pack 115jt, 2x pack 195jt (harusnya 230jt). sebuah ilusi lebi murah, pdhl ud untung gedeeee
itu jason fenske yg engineering explained aja mau bli sparepart tesla susah bener, dilempar sana sini.
brand laen mau beli sparepart dengan senang hati overcharge
KEKNYA ada yang gak nyambung ni om saya jelasin dulu
module itu jadi bagian kecil belinya nyicil kalo rusak biasanya jadi 4-5-6 module
kalo pack whole battery jadi kalo rusak ganti semua
module itu bisa jadi Biased info padahal jatohnya bakalan lebih mahal dari pack tapi module bisa nyelametin owner yang lembiru gitu mobil beres lsg jual beli baru jadi bisa di bilang WIN WIN sih yang lose ya yang bego aja ud tau rusak ud dibenerin bukanya dijual malah tetep di pake
tesla emang ngelock mobilnya mereka doank yang boleh service ya sama aja kek iphone harusnya barang kek gini dijauhin kasusnya ya kek john dereee tuh di resein jadinya
Bibieight wrote: Mon Oct 03, 2022 6:05
Masa beres ndak ada alatnya Oom ?, bukannya beres pasti punya OBD ya ?, kalo H miring yg listrik2an si colok OBD kebaca tu status voltase batere per cell, sy pakai apps Car Scanner di Android, kalo OBDnya pakai yg ini : VGate ICAR 2 OBD2 ELM327 Bluetooth V1.7, lsg kebaca status si batere itu. Masa batumakam OBDnya ndak kirim data2 itu ya, ngeri juga kalo sampe kagak, itu si Daun gimana monitoringnya ……
Tidak ada om, hasil pengecekan sistem jg gak ngerti ngecek apaan bayar pula.
Yang ditunjukin sama SA cuma MID hasil test drive capedee kerjanya kayak robot keluhan boros kok ditunjukin MID doank gak dicari kenapa
kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 6:05
Mungkin merk jerman lebih gampang jg ya mbah diagnosisnya. Semua ada sensor jd tinggal colok laptop, uda tau apa masalahnya. Sebenernya ada plus minusnya jg sih ya banyak sensor ini itu. Kemudian customer servicenya emang beda jg sih. Kemaren sempat service si baling2 ada keluhan bebunyian, ga ktmu jg kenapa masalahnya. Tp SA make sure akan dicari dlu apa pernah ada permasalahan serupa dan akan dibahas sama SA lain. Brp hari kemudian di tlp ulang untuk follow up. Ya walaupun update terakhir blm ada info lg, setidaknya kelihatan niatnya melayani. Bukannya ga ktmu masalah cuman ngomong "normal kok, bawaan pabrik". SA ini ibarat dokter, emang mau datang ke dokter sesak napas dibilang dokternya "normal kok, emang bawaan lahir kamu gini"
Kalo baling2 sih selalu ngasih hasil scan komputer dia tertulis om. Jd objektif sama2 liat hasilnya. Kalo jejepangan yg selama ini saya pegang (T,H,M) seinget saya ga pernah ngasih printout scanning deh. Kalo OBD yg bisa dibeli di online store kayanya infonya terbatas. Ga semua parameter bisa dibaca.
Duh gw malah ngebangga2in si baling2 mulu macem fanboy aja
Kadang SA dan mekanik di beres jejepangan tuh lupa apa ya dia sama yang pake pegang mobil lamaan siapa. Customer ngeluh ya pasti lbh valid dong dia pake sehari hari bermacam kondisi.
Kalau pengalaman gw di H, ada dulu beres hasil scanning obd ditulis di report servis. Detail banget. Makanya gw di sini puas pake H, skrg pun beresnya bangkrut orangnya buka spesialis dan cara kerja mirip waktu di beres.
Klo beres lain mah biasa gak dikasi.
Last edited by ChZ on Mon Oct 03, 2022 7:05, edited 1 time in total.
Tidak ada om, hasil pengecekan sistem jg gak ngerti ngecek apaan bayar pula.
Yang ditunjukin sama SA cuma MID hasil test drive capedee kerjanya kayak robot keluhan boros kok ditunjukin MID doank gak dicari kenapa
wah iya barusan main ke web nya nissan indo, itu garansi baterai bener2 ga ada detilnya yah soal pergantian baterai itu kalo datanya menunjukan apa... at least di dunia hape aja kan jelas tuh klo battery health dibawah 80% bisa klaim. klo di nissan ini ga ada kata-kata begitu. no wonder ga ada obd atau apapun itu yg menunjukan batere.
dan artinya jg ... ya interpretasi rusak ngga nya emg semau2 bengkelnya aja. selama masih bisa full ev mode itu tetap dianggap baik baik saja. rusaknya hanya klo ga bisa jalan sama sekali.
Bpurna wrote: Mon Oct 03, 2022 6:37
4. Anggaplah batre rusak, hrsnya masih garansi kan lama (5thn). Saya pun ditawari extended warranty batre 2thn/50rb km sekitar 8jtan saja. Jd hrsnya tidak worry kecuali atpm kabur.
om saya mah bukan masalah atpm kaburnya atau garansinya tp lebih ke ud gini mau nanya siapa beres sekota cuma ada 1 dan bilang gpp.
oiya om koreksi dikit kalau ngomong irit memang irit tapi kalo argumennya EV efisien tuh sebenernya bahasannya panjang.
krn kebanyakan yang dibahas adalah battery efficiency (>90%) tp ga ngomongin grid efficiency. kalo listrik dari grid sendiri sih paling ngga segede itu juga. sekitar 40% grid efficiency itu.
dalam kasus nissan kicks, krn power source nya adalah mesin bahan bakar (~35% efficiency) maka efficiency nya sebenernya sama-sama aja dengan mesin gasoline. menangnya cuma karena mesin bensin tidak nyala terus aja. tapi di skenario yang sama di perjalanan luar kota kicks sebenarnya keiritannya tidak beda-beda amat dengan mobil bensin kelas 1.200-1.500cc.
beda dgn corcross (dan prius) yang mesin bensinnya atkinson cycle dengan tingkat efficiency lebih tinggi daripada otto cycle (kebanyakan mesin bensin normal).
the-mantal wrote: Mon Oct 03, 2022 7:10
wah iya barusan main ke web nya nissan indo, itu garansi baterai bener2 ga ada detilnya yah soal pergantian baterai itu kalo datanya menunjukan apa... at least di dunia hape aja kan jelas tuh klo battery health dibawah 80% bisa klaim. klo di nissan ini ga ada kata-kata begitu. no wonder ga ada obd atau apapun itu yg menunjukan batere.
dan artinya jg ... ya interpretasi rusak ngga nya emg semau2 bengkelnya aja. selama masih bisa full ev mode itu tetap dianggap baik baik saja. rusaknya hanya klo ga bisa jalan sama sekali.
jangan2 malah scanner OBDnya cuma baca mesin HR12 biasa lagi gak ngebaca batrenya
itu dia om, kalau bengkel tidak anggep itu masalah berarti kan laporan jelas ga bakal sampe ke atasan untuk dilakukan warranty claim
Bpurna wrote: Mon Oct 03, 2022 6:37
4. Anggaplah batre rusak, hrsnya masih garansi kan lama (5thn). Saya pun ditawari extended warranty batre 2thn/50rb km sekitar 8jtan saja. Jd hrsnya tidak worry kecuali atpm kabur.
om saya mah bukan masalah atpm kaburnya atau garansinya tp lebih ke ud gini mau nanya siapa beres sekota cuma ada 1 dan bilang gpp.
oiya om koreksi dikit kalau ngomong irit memang irit tapi kalo argumennya EV efisien tuh sebenernya bahasannya panjang.
krn kebanyakan yang dibahas adalah battery efficiency (>90%) tp ga ngomongin grid efficiency. kalo listrik dari grid sendiri sih paling ngga segede itu juga. sekitar 40% grid efficiency itu.
dalam kasus nissan kicks, krn power source nya adalah mesin bahan bakar (~35% efficiency) maka efficiency nya sebenernya sama-sama aja dengan mesin gasoline. menangnya cuma karena mesin bensin tidak nyala terus aja. tapi di skenario yang sama di perjalanan luar kota kicks sebenarnya keiritannya tidak beda-beda amat dengan mobil bensin kelas 1.200-1.500cc.
beda dgn corcross (dan prius) yang mesin bensinnya atkinson cycle dengan tingkat efficiency lebih tinggi daripada otto cycle (kebanyakan mesin bensin normal).
the-mantal wrote: Mon Oct 03, 2022 7:10
wah iya barusan main ke web nya nissan indo, itu garansi baterai bener2 ga ada detilnya yah soal pergantian baterai itu kalo datanya menunjukan apa... at least di dunia hape aja kan jelas tuh klo battery health dibawah 80% bisa klaim. klo di nissan ini ga ada kata-kata begitu. no wonder ga ada obd atau apapun itu yg menunjukan batere.
dan artinya jg ... ya interpretasi rusak ngga nya emg semau2 bengkelnya aja. selama masih bisa full ev mode itu tetap dianggap baik baik saja. rusaknya hanya klo ga bisa jalan sama sekali.
jangan2 malah scanner OBDnya cuma baca mesin HR12 biasa lagi gak ngebaca batrenya
itu dia om, kalau bengkel tidak anggep itu masalah berarti kan laporan jelas ga bakal sampe ke atasan untuk dilakukan warranty claim
Maaf om, itu sebenernya kicksnya skrg problemnya apa? Kalau tdk salah skrg jadi boros yah? Dibawah 15km/ltr?
Ada bbrp cara utk test nya sih. saya biasa memang suka mereset avg fuel cons.
1. Pagi nyalain trus reset lgs, karena mesin baru nyala dan belum panas, biasanya cons di 12-15km/l, tapi kalau udh jalan 5km plus biasanya sdh naik jd 20-22 km/l.
2. Kalau mau agak curang, reset setelah mesin panas, batre full. Nah cons nya kan pasti 99km/l, trus setelah jalan 10km plus dia akan stabil di 22-25km/ltr.
3. Kalo om reset, trus jalan driving normal 20-30km tapi cons dibawah 15km/ltr sih itu fix ada yg salah. Mnurut saya kicks ini ngebut2an banget masih dapet di 15km/l plus, santai di 18-20km/l, eco banget bisa 20-25km/ltr.
Bpurna wrote: Mon Oct 03, 2022 8:03
Maaf om, itu sebenernya kicksnya skrg problemnya apa? Kalau tdk salah skrg jadi boros yah? Dibawah 15km/ltr?
Ada bbrp cara utk test nya sih. saya biasa memang suka mereset avg fuel cons.
1. Pagi nyalain trus reset lgs, karena mesin baru nyala dan belum panas, biasanya cons di 12-15km/l, tapi kalau udh jalan 5km plus biasanya sdh naik jd 20-22 km/l.
2. Kalau mau agak curang, reset setelah mesin panas, batre full. Nah cons nya kan pasti 99km/l, trus setelah jalan 10km plus dia akan stabil di 22-25km/ltr.
3. Kalo om reset, trus jalan driving normal 20-30km tapi cons dibawah 15km/ltr sih itu fix ada yg salah. Mnurut saya kicks ini ngebut2an banget masih dapet di 15km/l plus, santai di 18-20km/l, eco banget bisa 20-25km/ltr.
justru setelah di reset jadinya 13.8 km/l om. itu fotonya ada di page 1. dengan kondisi batre ngedrop parah.
terakhir SA nissan coba bisa 26 km perliter dan kondisi batre full, tapi kalau kata cewe ane ya emang bisa full, abis itu pake aja beberapa kilo langsung drop lagi.
kmrn mau coba batal terus gak bisa keluarin mobilnya.