Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, hehe
5w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KM
sebelum 5w40 saya sudah pake yg 5w30 om 2 kali, overall oke kinerja olinya. cuman penasaran aja kalo ditambah aditif oli yg lagi ngehits, siapa tau bisa ngurangi oli nguap
Waktu pakai 5w30 nguap berapa banyak?
Saya malah belum coba yang 5w40 ttp. Sejauh ini 5w30 pakai hampir 2 bulan 2rb KM enak, gak ada dengar suara kasar mesin.
Malah pas pakai masiol 5w40 suara mesin kasar
Tadi pagi baru ganti oli Ignis pakai oli stok terakhir waktu harganya masih 185, abis ini gatau deh mau lanjut pakai oli apa
Screenshot_20220929-124910360_1.jpg
P_20220929_110520_vHDR_On_HP-01.jpeg
Sekalian request filter olinya pakai yang punya scross, kirain bakalan dapet yang made in japan taunya dapet yang made in india. Setidaknya murah lah ya, harganya ga beda lebih dari ceban dibanding filter bawaanya yang made in indonesia
P_20220929_103515_vHDR_On_HP-03.jpeg
P_20210203_094406_vHDR_On_HP-01.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
sahabatq8 wrote:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. [emoji16] Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Saya pernah pake 5w40 yg Schaeffer dulu, itu mesin halus sampe 8-ribuan km. Untuk oli Thailand belum pernah pake 5w40. Kemarin yg nguap 750 ml yg 5w30 A5/B5 setelah 6-ribuan km dan suara mesin udah agak kasar apalagi pas start pagi hari.
Sekarang lagi pakai 5w30 yg C3 merk sama. Nanti setelah 6-ribuan km saya report penguapan nya ( walaupun belum tentu sama ada rute 13 jam nonstop nyala mesin).
Woompy wrote: Thu Sep 29, 2022 6:30
Tadi pagi baru ganti oli Ignis pakai oli stok terakhir waktu harganya masih 185, abis ini gatau deh mau lanjut pakai oli apa
Screenshot_20220929-124910360_1.jpg
P_20220929_110520_vHDR_On_HP-01.jpeg
Sekalian request filter olinya pakai yang punya scross, kirain bakalan dapet yang made in japan taunya dapet yang made in india. Setidaknya murah lah ya, harganya ga beda lebih dari ceban dibanding filter bawaanya yang made in indonesia
P_20220929_103515_vHDR_On_HP-03.jpeg
P_20210203_094406_vHDR_On_HP-01.jpeg
5w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KM
sebelum 5w40 saya sudah pake yg 5w30 om 2 kali, overall oke kinerja olinya. cuman penasaran aja kalo ditambah aditif oli yg lagi ngehits, siapa tau bisa ngurangi oli nguap
Waktu pakai 5w30 nguap berapa banyak?
Saya malah belum coba yang 5w40 ttp. Sejauh ini 5w30 pakai hampir 2 bulan 2rb KM enak, gak ada dengar suara kasar mesin.
Malah pas pakai masiol 5w40 suara mesin kasar
pas pakai 5w30 saya top up nya sekitar 400-500 ml om, pas km 6 ribuan, kondisi mobil standar (no remap). kayaknya masih wajar lah ya nguapnya segitu. sekarang 5w40 jalan 5 ribu km penguapannya dikit banget, mesin lebih senyap, cuma ya itu, ga seenteng 5w30. ada trade off nya.
iwansiagian wrote: Wed Sep 28, 2022 6:03
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. [emoji16] Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Saya pernah pake 5w40 yg Schaeffer dulu, itu mesin halus sampe 8-ribuan km. Untuk oli Thailand belum pernah pake 5w40. Kemarin yg nguap 750 ml yg 5w30 A5/B5 setelah 6-ribuan km dan suara mesin udah agak kasar apalagi pas start pagi hari.
Sekarang lagi pakai 5w30 yg C3 merk sama. Nanti setelah 6-ribuan km saya report penguapan nya ( walaupun belum tentu sama ada rute 13 jam nonstop nyala mesin).
sayang yg schaeffer dah ngga masuk lagi ya om. menurut saya kalau mesin standar enakan yang 5w30 om, sesuai sama rekomendasi buku manual.
Woompy wrote: Thu Sep 29, 2022 6:30
Tadi pagi baru ganti oli Ignis pakai oli stok terakhir waktu harganya masih 185, abis ini gatau deh mau lanjut pakai oli apa
Screenshot_20220929-124910360_1.jpg
P_20220929_110520_vHDR_On_HP-01.jpeg
Sekalian request filter olinya pakai yang punya scross, kirain bakalan dapet yang made in japan taunya dapet yang made in india. Setidaknya murah lah ya, harganya ga beda lebih dari ceban dibanding filter bawaanya yang made in indonesia
P_20220929_103515_vHDR_On_HP-03.jpeg
P_20210203_094406_vHDR_On_HP-01.jpeg
Klo mau filter oli made in japan, minta yg punya sx4 lama (x-over) om. Tapi harganya emang udah cepek lebih skarang
per pagi ni msh 97rb seliter
Testi dan foto scan barcode nya ori semua.
Cek dipstick scr berkala,
Soalnya ni oli NOACK testnya paling buruk cek di review YT.
Tp proteksi wearnya salah satu yg terbagus, harusnya menular ke versi Made in Jkt
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
per pagi ni msh 97rb seliter
Testi dan foto scan barcode nya ori semua.
Cek dipstick scr berkala,
Soalnya ni oli NOACK testnya paling buruk cek di review YT.
Tp proteksi wearnya salah satu yg terbagus, harusnya menular ke versi Made in Jkt
paling buruk dibanding apa mbah? Amsoil, Royal Purple dan Mobil 1 EP?
per pagi ni msh 97rb seliter
Testi dan foto scan barcode nya ori semua.
Cek dipstick scr berkala,
Soalnya ni oli NOACK testnya paling buruk cek di review YT.
Tp proteksi wearnya salah satu yg terbagus, harusnya menular ke versi Made in Jkt
paling buruk dibanding apa mbah? Amsoil, Royal Purple dan Mobil 1 EP?
Ini salah satunya
Nyalain ajah english subs nya, soalnya bhs asing banget
Kelas middle semua itu padahal hahahha
Q8 nya jg bukan long life series.
Sorry salah deng, test deposit hi temp nya paling buruk
Tapi NOACK nya paling bagus dan beda tipis" sm yg lain.
Jadi intinya emg sesuai di kelas harganya; Gak bisa long drain.
Pakai 6-7rb KM buang.
Cm bhs marketingnya "Ultra" jd lbh menjual.
Marketingnya jago klo Shell lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim wrote: Tue Oct 04, 2022 2:53
Mantul alias Mantap Betul
apalagi kalo dipake di mesin bensin pake Pertamax/Pertabo ya mbah? Long Drain approved nih kyknya
Wah jadi makin yakin pakai bardahll 5w30 buat 7rb KM.
wkwkwkw
btw.. Klo melihat data test lab yg ada, Mesin bensin jauh lbh cepet gerus TBN.
Mesin BBM diesel lbh bersahabat.
ntah knp, mungkin yg paham teknik perminyakan bisa jawab
hahaha.
Nah itu
mungkin karena suhu coolant mesin2 bensin tinggi2 / Termostat nya suhu tinggi
Oli sering kena panas extreme bisa diliat dari angka OXI & SUL nya aja saat UOA, kalo udah di atas 25 Nah........ketahuan deh
wah ilmu baru nih.
ipah bensin sekalipun bisa nahan tuh TBN nya wkwkwkw
berarti klo hasil UOA Q8 0w20 D1 Gen-2 kayak gini, artinya sering digeber dong ya?
10rb minus 200km - 6 bulan
Lio i-Vtec CVT
wkwkwkw
Last edited by Suryaputra on Tue Oct 04, 2022 4:04, edited 6 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim wrote: Tue Oct 04, 2022 2:53
Mantul alias Mantap Betul
apalagi kalo dipake di mesin bensin pake Pertamax/Pertabo ya mbah? Long Drain approved nih kyknya
Wah jadi makin yakin pakai bardahll 5w30 buat 7rb KM.
wkwkwkw
btw.. Klo melihat data test lab yg ada, Mesin bensin jauh lbh cepet gerus TBN.
Mesin BBM diesel lbh bersahabat.
ntah knp, mungkin yg paham teknik perminyakan bisa jawab
hahaha.
Nah itu
mungkin karena suhu coolant mesin2 bensin tinggi2 / Termostat nya suhu tinggi
Oli sering kena panas extreme bisa diliat dari angka OXI & SUL nya aja saat UOA, kalo udah di atas 25 Nah........ketahuan deh
Om, mesin 2GD kan terkenal panas.
Saya pakai 2GD dengan
- Baya setir pulse and glide, kadang di toll sampai 140 (jarang sih, kebanyakan max 100 takut kena etle)
- PTT 5w30 ACEA a5/b5. Sebelumnya pernah pakai TMO, PTT 10w30, amsoil oe 5w40, Q8ft8700, Kendall 10w30
- Ganti DP plong ori BeRes
- Pakai OCT balikin ke intercooler
Suryaputra wrote:
Wah jadi makin yakin pakai bardahll 5w30 buat 7rb KM.
wkwkwkw
btw.. Klo melihat data test lab yg ada, Mesin bensin jauh lbh cepet gerus TBN.
Mesin BBM diesel lbh bersahabat.
ntah knp, mungkin yg paham teknik perminyakan bisa jawab
hahaha.
Nah itu
mungkin karena suhu coolant mesin2 bensin tinggi2 / Termostat nya suhu tinggi
Oli sering kena panas extreme bisa diliat dari angka OXI & SUL nya aja saat UOA, kalo udah di atas 25 Nah........ketahuan deh
Om, mesin 2GD kan terkenal panas.
Saya pakai 2GD dengan
- Baya setir pulse and glide, kadang di toll sampai 140 (jarang sih, kebanyakan max 100 takut kena etle)
- PTT 5w30 ACEA a5/b5. Sebelumnya pernah pakai TMO, PTT 10w30, amsoil oe 5w40, Q8ft8700, Kendall 10w30
- Ganti DP plong ori BeRes
- Pakai OCT balikin ke intercooler
Terima ksh om @Turboman atas UOA si bandel S9 5W30
Aku baru aja beralih dari Am so well OE ke Bandel S9, kira2 pemakain baru 300 KM
Kebetulan TBN Bandel & OE sama (TBN 7 mg KOH/g), harganya lebih ekonomis Rp 110.000/lt (di C*KRA MOTOR) dibanding Am So Well OE.
Mudah2nya performanya tetap enak di push sampai 8000 - 10.000 KM seperti Am So Well.
Next time mau coba MOTUL Specific 913D ... ini TBN-nya 10 mg KOH/g cukup tinggi, Low HTHS, Full SAPS kayakya cocok buat hilangin varnish.
Or4cle wrote:Terima ksh om @Turboman atas UOA si bandel S9 5W30
Aku baru aja beralih dari Am so well OE ke Bandel S9, kira2 pemakain baru 300 KM
Kebetulan TBN Bandel & OE sama (TBN 7 mg KOH/g), harganya lebih ekonomis Rp 110.000/lt (di C*KRA MOTOR) dibanding Am So Well OE.
Mudah2nya performanya tetap enak di push sampai 8000 - 10.000 KM seperti Am So Well.
Next time mau coba MOTUL Specific 913D ... ini TBN-nya 10 mg KOH/g cukup tinggi, Low HTHS, Full SAPS kayakya cocok buat hilangin varnish.
Ada kawan yg lagi pake Motul Spec 913D di Harrier lama report enak dan enteng
Or4cle wrote:Terima ksh om @Turboman atas UOA si bandel S9 5W30
Aku baru aja beralih dari Am so well OE ke Bandel S9, kira2 pemakain baru 300 KM
Kebetulan TBN Bandel & OE sama (TBN 7 mg KOH/g), harganya lebih ekonomis Rp 110.000/lt (di C*KRA MOTOR) dibanding Am So Well OE.
Mudah2nya performanya tetap enak di push sampai 8000 - 10.000 KM seperti Am So Well.
Next time mau coba MOTUL Specific 913D ... ini TBN-nya 10 mg KOH/g cukup tinggi, Low HTHS, Full SAPS kayakya cocok buat hilangin varnish.
Ada kawan yg lagi pake Motul Spec 913D di Harrier lama report enak dan enteng
padahal sebelumnya kawan pake Ams AZO 0W30
wkwkwkwkwkw
V40 nya 58 koma
V100 nya 10 koma
Kok menarik yaa
Klo metode test tsb, similar loh dibanding:
Ams european formula
Ams sign
Q8 special g LL
5w30
Harga dpt tuh 500k 4 liter
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Halo om2, mbah2, sesepuh2...
Th 2019 kmrn saya ambil hrv, kebetulan waktu itu dapet promo paket service gratis & oli gratis sampe 50rb km.. Interval penggantian olinya setiap 10rb km, olinya honda 5w 30. Nah saya baru aja ketemu thread ini blm lama ini.. Ternyata setelah saya baca2 penggantian oli itu harusnya tiap 5rb km ya? Klo udah terlanjur kaya gini kira2 mesin masih aman ga ya?Tapi dari baru selalu pake bbm ron 98 ato 95, kecuali stelah harga bbm naik kmrn, turun ke ron 92. Kebetulan minggu lalu habis service gratis terakhir (50rb km). Rencananya next penasaran pengen coba oli 5w30 atau 0w30 yg fully synthetic, sebaiknya ganti oli nya per 5rb km ya om? Mohon pencerahan nya.. Terimakasih...
fannykuncoro wrote:Halo om2, mbah2, sesepuh2...
Th 2019 kmrn saya ambil hrv, kebetulan waktu itu dapet promo paket service gratis & oli gratis sampe 50rb km.. Interval penggantian olinya setiap 10rb km, olinya honda 5w 30. Nah saya baru aja ketemu thread ini blm lama ini.. Ternyata setelah saya baca2 penggantian oli itu harusnya tiap 5rb km ya? Klo udah terlanjur kaya gini kira2 mesin masih aman ga ya?Tapi dari baru selalu pake bbm ron 98 ato 95, kecuali stelah harga bbm naik kmrn, turun ke ron 92. Kebetulan minggu lalu habis service gratis terakhir (50rb km). Rencananya next penasaran pengen coba oli 5w30 atau 0w30 yg fully synthetic, sebaiknya ganti oli nya per 5rb km ya om? Mohon pencerahan nya.. Terimakasih... [emoji1317][emoji1317]
Ganti oli bisa brp Km ya tergantung oli nya
5W30 yg bisa 10 rb km / 12 bulan ya banyak pilihan juga
Ambil aja yg Full Synth dan :
- API SP / ILSAC GF-6
- Dexos 1 Gen 2
- ACEA A5 / B5
- atau minimal yg API SN+
fannykuncoro wrote:Halo om2, mbah2, sesepuh2...
Th 2019 kmrn saya ambil hrv, kebetulan waktu itu dapet promo paket service gratis & oli gratis sampe 50rb km.. Interval penggantian olinya setiap 10rb km, olinya honda 5w 30. Nah saya baru aja ketemu thread ini blm lama ini.. Ternyata setelah saya baca2 penggantian oli itu harusnya tiap 5rb km ya? Klo udah terlanjur kaya gini kira2 mesin masih aman ga ya?Tapi dari baru selalu pake bbm ron 98 ato 95, kecuali stelah harga bbm naik kmrn, turun ke ron 92. Kebetulan minggu lalu habis service gratis terakhir (50rb km). Rencananya next penasaran pengen coba oli 5w30 atau 0w30 yg fully synthetic, sebaiknya ganti oli nya per 5rb km ya om? Mohon pencerahan nya.. Terimakasih... [emoji1317][emoji1317]
Ganti oli bisa brp Km ya tergantung oli nya
5W30 yg bisa 10 rb km / 12 bulan ya banyak pilihan juga
Ambil aja yg Full Synth dan :
- API SP / ILSAC GF-6
- Dexos 1 Gen 2
- ACEA A5 / B5
- atau minimal yg API SN+
Or4cle wrote:Terima ksh om @Turboman atas UOA si bandel S9 5W30
Aku baru aja beralih dari Am so well OE ke Bandel S9, kira2 pemakain baru 300 KM
Kebetulan TBN Bandel & OE sama (TBN 7 mg KOH/g), harganya lebih ekonomis Rp 110.000/lt (di C*KRA MOTOR) dibanding Am So Well OE.
Mudah2nya performanya tetap enak di push sampai 8000 - 10.000 KM seperti Am So Well.
Next time mau coba MOTUL Specific 913D ... ini TBN-nya 10 mg KOH/g cukup tinggi, Low HTHS, Full SAPS kayakya cocok buat hilangin varnish.
Ada kawan yg lagi pake Motul Spec 913D di Harrier lama report enak dan enteng
padahal sebelumnya kawan pake Ams AZO 0W30
wkwkwkwkwkw
V40 nya 58 koma
V100 nya 10 koma
Kok menarik yaa
Klo metode test tsb, similar loh dibanding:
Ams european formula
Ams sign
Q8 special g LL
5w30
Harga dpt tuh 500k 4 liter
913d oli enak mbah, 6 tahun lalu di toda masih 130rb/l ane mayan sering pake sebelum kenal kendall.