Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
MSU wrote: Mon Sep 26, 2022 8:56
jgn dicabut om...better ganti aja...termostat kan mestinya ga sampe jutaan jg
plus tambahin extra fan kan kl ga salah soket udh ada tinggal pasang + relay
mendingan di cabut om qualitynya kacrut ngerinya pas mampet bikin overheat itu biang kerok pajero saya turun mesin dan mungkin banyak OPS kena turun mesin dengan kasus serupa karena di bengkel kenalan temen saya ada beberapa kena biasanya lsg bubar pas hari H saya untungnya masih selamat pas hari h karena ngerti cara dinginin mesin pake angin, kalo kipas ud pasang om
cuma emang efek sampingnya ya warming upnya jadi lama karena gak ada thermostart yang nahan aer dingin masuk
Just my 2 cents…
Selama infrastruktur belum memadai, juga EV masih terkesan eksklusif dan belum banyak yang bisa troubleshoot kalau ada problem, masih mengutamakan petrol & diesel…
wisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05
Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan
saya jg sedang pertimbangkan beli mobil hybrid untuk next purchase, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Bukan untuk dapet iritnya, tapi lebih ke experience aja
Kalo butuh mobil buat ganjil genap. Mobil listrik make sense sih, tapi kyknya perkembangan 5 tahun kedepan akan beda jauh teknologi mobil listriknya. Gak tau deh kalo generasi baru udah ada, yang lama lama harga jualnya gimana... Itu yang saya takutkan kalo ngambil mobil listrik sekarang.
sahabatq8 wrote: Thu Sep 29, 2022 5:59
Kalo butuh mobil buat ganjil genap. Mobil listrik make sense sih, tapi kyknya perkembangan 5 tahun kedepan akan beda jauh teknologi mobil listriknya. Gak tau deh kalo generasi baru udah ada, yang lama lama harga jualnya gimana... Itu yang saya takutkan kalo ngambil mobil listrik sekarang.
5 tahun paling berasa di range bisa makin jauh, entah itu teknologi baterai yang makin "dense" atau makin "tahan banting" atau akibat kecanggihan module power unit atau motor penggerak. nah soal resale value, anggep saja anjlok karena market-nya juga masih ngambang.
ChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 4:02
ya minimal lesser evil nya sih klo mau coba-coba doank. nissan punya lebih konyol soalnya 20rebu udah rewel.
CRZ kan batrenya cuma buat boost torsi ya semi-semi mild hybrid gitu lah. gak bisa full EV mode.
nah ini om yang saya gak suka dari batre cuma tuhan yang tahu kapan tewasnya bisa aja kejadian di toyota kasus kek gitu
emang si garansi cuma in cased garansinya angus macem kasus ATPM cabs tiba2x kan bonyok
cuma satu faktor lagi yang bikin batre rontok juga faktor U kalo ud ini biangnya mau km baru 10rb pun juga tewas om
makannya satu hal yang saya pelajari dari mobil batre terutama EV kalo gak mau rugi pakenya kejar setoran aja munkin dalam 5-10 thn hajar 500.000km baru gak rugi
soalnya banyak cases tesla taon muda km 300.000 miles baek2x aja tuh batre cuma banyak juga taon tua km belom 100.000miles ud pada rontok jd ya itu mobil ya kek kejar sentoran jadi pakenya pake sebanyak mungkin sebelom masa garansi abis
lah um, itu tesla model S aja yg 400rb miles ++, battery healthnya masi 90%. padahal yg model jadul lho
darrelund wrote: Thu Sep 29, 2022 19:40
lah um, itu tesla model S aja yg 400rb miles ++, battery healthnya masi 90%. padahal yg model jadul lho
yaaa om tahun berapa 2014-2015 mah masih 8-9thn loh kan saya bilang abuse pake kalo dari yang ud 1juta mile sih 500rb motor listriknya rontok itu aja dia abis ganti motor tiap 200rb mile jebol terus motor sampe 8x ganti batre sih 3x ganti
dan lagian banyak cased kek gini juga warranty abis batre lsg rontok padahal LOW km
28000CAD = 310jt
value mobilnya katanya 37.000cad = 410jt
ya ud pretelin aja buang ke crusher
makannya saya bilang makenya kejar setoran kalo mau gak rugi cuma indo susah apalagi di jakarta
saya bakal tetep ambil diesel or bensin, selama hybrid or EV infrastrukturnya masih blm memadai (masih lebih condong di jabodetabek saja) & harganya masih tinggi (diatas 550 jt)
Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
Buat di indo ane sih masih yakin buat 10-15 tahun kedepan stick to petrol/diesel (preferebly petrol, Krn diesel dexlite/dex lebih mahal d banding bensin).
Intermezzo buat Tesla yg terbakar abis kena banjir, jaman dulu klo mobil kena banjir mogok kalo skrg mobil kena banjir kebakar wakakakak :
ac235287 wrote: Fri Oct 07, 2022 4:18
Buat di indo ane sih masih yakin buat 10-15 tahun kedepan stick to petrol/diesel (preferebly petrol, Krn diesel dexlite/dex lebih mahal d banding bensin).
Intermezzo buat Tesla yg terbakar abis kena banjir, jaman dulu klo mobil kena banjir mogok kalo skrg mobil kena banjir kebakar wakakakak :
masalah gini mau sampe kapapun gak bakalan bisa beres karena batrenya itu nyimpen listrik bukan generate kalo generate kita tinggal bikin sesuatu yang bisa bikin cut off ini karena dia nyimpen energi dalam bentuk plasma ya hasilnya jd kek gitu
makannya saya selalu bilang salah banget fokusnya ke pengembangan batre bukan ke generatornya
Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.
Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:21
Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.
Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
kalo kita selama itu ada batre gede SKIP aja laah.......
Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:21
Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.
Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
kalo kita selama itu ada batre gede SKIP aja laah.......
Biasanya utk hybrid itu batrenya kecil om. Hanya 1.5-2 kwh saja. Bandingkan dgn full ev (wuling 20an kwh, ioniq 5 77kwh). Jd logikanya batre kecil itu harusnya ga terlalu mahal nantinya. Mgkn sekarang atpm mau ambil profit besar. Apalagi nanti akan banyak yg bisa rekondisi batre, jd drpd ganti 1 set batre 30jt, dicari aja cell atau modul yg rusak, mgkn 10jt beres.
Setau saya batre ev atau hybrid itu di set supaya hanya memakai 35-85% dari capacity aslinya. Tujuan supaya bisa ribuan cycle instead hanya ratusan kalau di set 20-100% capacity. Jd range ev memang terbatas, tapi mendapatkan cycle dan umur yg panjang utk batrenya.
adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48
Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini
ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane.
Last edited by ChZ on Fri Oct 07, 2022 6:56, edited 1 time in total.
Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:31
Biasanya utk hybrid itu batrenya kecil om. Hanya 1.5-2 kwh saja. Bandingkan dgn full ev (wuling 20an kwh, ioniq 5 77kwh). Jd logikanya batre kecil itu harusnya ga terlalu mahal nantinya. Mgkn sekarang atpm mau ambil profit besar. Apalagi nanti akan banyak yg bisa rekondisi batre, jd drpd ganti 1 set batre 30jt, dicari aja cell atau modul yg rusak, mgkn 10jt beres.
Setau saya batre ev atau hybrid itu di set supaya hanya memakai 35-85% dari capacity aslinya. Tujuan supaya bisa ribuan cycle instead hanya ratusan kalau di set 20-100% capacity. Jd range ev memang terbatas, tapi mendapatkan cycle dan umur yg panjang utk batrenya.
om batre mau diapain aja itu ada umurnya mau rekondisi itu dgn syarat abis rekondisi jual, kalo dipake terus rekondisi abis itu pake lagi itu sebenernya cuma nambah2xin cost doank yang ada bengkak di labour cost di lapak sebelah saya ud diskusi ujung2xnya gak jauh beda malah pake packnya ATPM sekalian dapet casenya
dari 50 juta turun 15 juta, ya selevel lah ongkosnya sama ongkos di bengkel spesialis macam Anugerah. Modal balance charger kayaknya…
cocok ni buat pedagang atau abis bawa ke dia mobilnya lsg lembiru
seperti biasa om infonya biased lagi
sebenernya kalo benerin sama dia longtermnya bisa lebih babak belur
CELLNYA 34 1 cell 1,2jt = 40.800.000
katanya ongkos kerja dia 1jt
kalo itu buat rusak sampe semua cell digilir terus manggil dia bisa mungkin 5-10 kali ongkos kerja ud 5-10jt
belom kalo beli baru sama toyota 46jt itu sama casenya sama dia 40jt telanjang cuma batrenya tok
dia cuma ganti cell yang rusak cuma namanya batre baru ganti 2 cell besok kumat lagi cell yang laen 1jt lagi plus parts
makannya kenapa toyota ngerjainnya pack biar gak banyak bolak balik customernya cuma kalo hyundai sama tesla evolusi dari pack ke module biar bisa nyicil kalo batre jebol cuma ya jatohnya sama aja malah lebih bonyok di labour
balik lagi om propaganda batre itu biased banget kalo gak teliti bakalan kena OOOH Murah padahal
kayak EV buat nebus carbon footprint dibawah mobil bensin aja musti jalan 70.000KM itu belom kalo kena penggantian batre akan nambah lagi carbonnya karena ya manufacturing batrenya kena footprint lagi
terus emang murah pake EV/HYBRID cuma buat nutup cost batre jebolnya itu mobil musti kejar setoran kayak EV ya mungkin hajar 300-600rb km dalem 10thn baru jatohnya untung pake EV kalo cuma 10th jalan 100rb terus batrenya rontok ya lupain aja mendingan pake mobil bensin om
karena faktor paling bikin batre rusak itu umur jd kalo dipake jauh2x selama umurnya belom uzur dijamin emang lebih untung di banding bensin
ChZ wrote: Fri Oct 07, 2022 6:55
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini
ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane.
kemaren saya nemu video influencer dari UK omongin EV bener kayak saya ngomong dulu mendingan kei car aja 660cc turbo low emision dan bensin irit
adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48
Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini
ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane.
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48
Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini
ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane.
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
saya abis ngeliat ioniq ritualnya susah, kalo salah bisa bikin aki drop sampe 2v, jadi lemes
ini sangat ga praktis kalo ritualnya harus dijalanin melulu, kadang kalo keluar negri atau kota mobilnya ditinggal, masa pas balik ketar ketir nyala ga ya mobilnya
stick to solbus dulu sampe ada yang lebih hemat tapi praktisnya at least mirip mirip. saya sejauh ini 23 rebu km, maintenance cuman gantol dan filternya aja. stiap isi solar cukup tambah aditif pembersih aja
ac235287 wrote:
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
saya abis ngeliat ioniq ritualnya susah, kalo salah bisa bikin aki drop sampe 2v, jadi lemes
ini sangat ga praktis kalo ritualnya harus dijalanin melulu, kadang kalo keluar negri atau kota mobilnya ditinggal, masa pas balik ketar ketir nyala ga ya mobilnya
stick to solbus dulu sampe ada yang lebih hemat tapi praktisnya at least mirip mirip. saya sejauh ini 23 rebu km, maintenance cuman gantol dan filternya aja. stiap isi solar cukup tambah aditif pembersih aja
nah iya om akhirnya kan emang lagi-lagi banyak sekali bukti kalo EV bukan solusi one size fits all. untuk banyak skenario ICE masih dan akan terus jadi pilihan paling masuk akal.
ok EV bakal jadi mobil kota-kota aja, pertanyaannya kalau bisa beli 1 mobil aja untuk segala kegunaan ngapain beli 2 mobil dari daihatsu ayla terus orang disuruh beli mobil mini EV mah lawak.
pada akhirnya market jg akan terbentuk organik sendiri dan EV cuma jadi satu dari sekian banyak pilihan penggerak, ngga akan menyingkirkan ICE juga.
ChZ wrote: Mon Oct 10, 2022 2:43
nah iya om akhirnya kan emang lagi-lagi banyak sekali bukti kalo EV bukan solusi one size fits all. untuk banyak skenario ICE masih dan akan terus jadi pilihan paling masuk akal.
ok EV bakal jadi mobil kota-kota aja, pertanyaannya kalau bisa beli 1 mobil aja untuk segala kegunaan ngapain beli 2 mobil dari daihatsu ayla terus orang disuruh beli mobil mini EV mah lawak.
pada akhirnya market jg akan terbentuk organik sendiri dan EV cuma jadi satu dari sekian banyak pilihan penggerak, ngga akan menyingkirkan ICE juga.