cuma sekedar berbagi keresahan tentang sebuah mobil yang (katanya) best of both worlds - electric dan petrol. dan tentu saja pertanyaan besar tentang keyakinan negara bule dan china untuk phase out ICE (yang menurut saya tidak realistis).
singkat cerita, kemarin ce ane baru aja dibawain Nissan Kicks buat mobil dinasnya di semarang (ce ane asli BSD), ortunya bilang ke ane habis servis di BSD, mobilnya jadi aneh. gensetnya tidak mau mati sepanjang jalan dari BSD-SRG, terus battery tidak mau full, tarikan lemot + boros.
iya, biasa bisa di atas 20 km/l ini tinggal 17 km/l.......... sambil mbatin duh borosnya mobil genset tuh segini ya gw pake civic aja udah eco driving cuma dpt 12 kml wkwkwkwkwk.
prasangka awal mungkin dealer nya ada kesalahan waktu servis. baiklah.
ya sudah, janjian sama ce ane kita bareng ke diler batumakam di kota ane sabtu kemarin. cuma krn antrian menumpuk (diler batumakam di sini tinggal 1 jadi ya gt deh. jauh pula) akhirnya disarankan untuk nginep. sepanjang jalan ane yang nyetir. emang dibandingin waktu terakhir TD unit diler, ni mobil kok loyo amat yak. kyknya sama xpander bokap jg kencengan xpander bokap. pdhl ini kan mobil lestrek dengan instant torque yang dibangga banggakan fanboynya

Ngineplah tuh mobil 2 malam dan sampe senin dikabarin : "semua sistemnya baik-baik saja kok bu". ce ane nanya ane, ane pun makin bingung. wkwkwkwkw mampuslah gw mo diagnosa apa. SA nya bilang emang gak bisa mendekati 100% kecuali di charge mode.
logika ane sih kalo emang biasa gini kenapa pemilik mobil baru ngeluh sekarang kan aneh..... ud pake dari 2021 loh. ce ane aja heran katanya "masa gw selama ini halu."
dibalikin, gw suruh ya udah bawa puter puter dulu aja. eh di MID nya malah makin boros cuma 13.8 km/l wkwkwkwkw kok kayak civic gw kalo lancar. terus indikator batrenya udah tinggal 1/4 kurang. sangat aneh masa mobilnya gak nge-charge udah tinggal segitu?
akhirnya di jadwalkan mobil mau dipick-up nissan lagi hari ini.
kemarin lalu iseng tanya om ween member sini yang juga pake kicks, ngga pernah ada masalah serupa, padahal odometer mobilnya sama (20 ribuan). ybs dugaan sama kyk ane batrenya udah jelek.
benang merahnya : mesin charging terus --- boros --- batre drop --- power direduksi. it all makes sense. lalu ane sesuai saran om ween, lebih baik coba minta warranty claim aja.
jujurly tentu saja ane yang sudah skeptis dengan EV, jadi makin skeptis setelah kejadian ini.

ane tidak suka feeling powerless ketika ada masalah harus pol polan pasrah ke dealer, perasaan gak berdaya kalo mobilnya kenapa-napa. memang sih faktor kebiasaan tapi justru karena faktor kebiasaan itu, bayangin seperti orang sudah 100 tahun lebih terbiasa dengan sesuatu lalu disuruh cepat berubah dengan sesuatu yang sama sekali baru. orang tua kita yang biasa pake uang kertas disuruh cashless aja bilang ribet, padahal umurnya baru gocap.
"tapi kan karbu vs injeksi dulu juga gitu"
tunggu dulu, coba liat mesin praktek anak STM sekarang (well, ane S1 otomotif jg mobil prakteknya sama sih). masih pake mesin 5K kisup! ketika mereka lulus cuma butuh waktu dikit buat adaptasi dan belajar baca scanner serta ngerti dikit2 modul elektronik. bahkan mekanik kenalan saya jg banyak yang tua dan paham sekali soal per-injeksian. karbu ke EFI itu gampang, transitioningnya tidak ribet. struktur rancang bangun mesinnya masih sama. tinggal ada hal-hal yang digantikan peran modul dan sensor. EV kan tidak ada sama-samanya.
"ya kan tinggal nunggu waktu aja, namanya jg barang baru"
dengan trust issue saya ke beberapa bengkel resmi yang kadang masih gagap troubleshooting ICE, saya tidak terlalu yakin indonesia siap kalau modalnya cuma latah (walau kalo mau fair sebenernya negara bule juga banyak yg punya masalah powergrid). belum sebenarnya masalah EV bukan cuma power grid tapi juga mencakup kebiasaan masyarakat secara keseluruhan termasuk bengkel dan the infamous fire risk.
mungkin ya EV akan jadi business model yang menguntungkan untuk dealer yang suka langsung ganti segelondong krn sedikit parts yang replaceable.