Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Sun Dec 16, 2018 2:03
- Location: Brunei
- Daily Vehicle: FJ Cruiser
Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Banyak faktor si. Misal kalau ingin kencang, bisa isi solar murah dan tinggal di daerah banyak tanjakan, diesel lebih better. Tapi ke depannya mungkin dibatasi isi solar.
Kalau ngejar irit, ya hybrid, tapi biasanya harga nya mahal 100-200 juta dari sejenisnya, belum lagi consider harga batre. Alternatif untuk mobil perang selain diesel. misal diesel 1:8 dalam kota tapi harga bbm solar 6800. mesin hybrid bisa sekitar 1:18 dengan minum pertamax. Jatuh2 operational costnya mirip. Tapi balik lagi, harga batre nya bisa puluhan juta. Kalau tertarik hybrid, akhir taun ini ada innova hybrid. mungkin bisa cocok sama pertalite, cost operational nya bisa lebih murah dari mobil solar. contoh berbanding solar : 50rb km dengan FC di atas = diesel 6.250 l / hybrid 2.777 l= diesel solar 42.5 juta / hybrid pertalite 27.7 juta. Menurut saya si cepat atau lambat, innova hybrid akan menggantikan innova diesel.
Kalau ga mau ribet, tinggal pake, ambil bensin aja. Biasanya cocok untuk yang bawa mobil jarang2 atau dipakai tiap weekend saja.
Kalau ev untuk mobil pertama, mending jangan, secara infrastruktur untuk ev masih belum siap.
Kalau ngejar irit, ya hybrid, tapi biasanya harga nya mahal 100-200 juta dari sejenisnya, belum lagi consider harga batre. Alternatif untuk mobil perang selain diesel. misal diesel 1:8 dalam kota tapi harga bbm solar 6800. mesin hybrid bisa sekitar 1:18 dengan minum pertamax. Jatuh2 operational costnya mirip. Tapi balik lagi, harga batre nya bisa puluhan juta. Kalau tertarik hybrid, akhir taun ini ada innova hybrid. mungkin bisa cocok sama pertalite, cost operational nya bisa lebih murah dari mobil solar. contoh berbanding solar : 50rb km dengan FC di atas = diesel 6.250 l / hybrid 2.777 l= diesel solar 42.5 juta / hybrid pertalite 27.7 juta. Menurut saya si cepat atau lambat, innova hybrid akan menggantikan innova diesel.
Kalau ga mau ribet, tinggal pake, ambil bensin aja. Biasanya cocok untuk yang bawa mobil jarang2 atau dipakai tiap weekend saja.
Kalau ev untuk mobil pertama, mending jangan, secara infrastruktur untuk ev masih belum siap.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
diesel. nyari masa pakai saja kan. diesel, selama masih ada bus dan truk ya bisalah jalan pake biosolarwisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05 Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Saya si pengen EV, kalau ga bisa ya hybridwisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05 Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan

Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Nubi mencoba menjawab
Kalo saat ini hindari dulu full EV, infrastruktur belum siap teknologinya pun masih belum mature. Kecuali siap jd early adopter dan siap dengan segala hal ga terduganya ( biar ancang2 bukan bermaksud fear mongering). Main2 ke trit sebelah
viewtopic.php?t=31456&sid=3fea8a15b2d68 ... &start=175
Bensin pilihan paling praktis utk saat ini.
Kalau diesel bbm nya bisa lebih irit kalo ambil yg masih bisa nenggak solbus, cm kudu rutin cek filsol, purging.
Hybrid lumayan bisa irit kalo lebih sering dalkot pemakaiannya.
Kalo saat ini hindari dulu full EV, infrastruktur belum siap teknologinya pun masih belum mature. Kecuali siap jd early adopter dan siap dengan segala hal ga terduganya ( biar ancang2 bukan bermaksud fear mongering). Main2 ke trit sebelah
viewtopic.php?t=31456&sid=3fea8a15b2d68 ... &start=175
Bensin pilihan paling praktis utk saat ini.
Kalau diesel bbm nya bisa lebih irit kalo ambil yg masih bisa nenggak solbus, cm kudu rutin cek filsol, purging.
Hybrid lumayan bisa irit kalo lebih sering dalkot pemakaiannya.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
kalo saya sih stay di combustion om di rumah 2 bensin buat having fun karena body ringan dan bisa hajar rpm tinggiwisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05 Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?
Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb
Mohon pencerahan


listrik ntar kalo darurat pun butuh genset diesel gak mungkin kan ngechargenya pake sepeda statis, solar panel gak guna sama sekali soalnya buat isi mobil listrik, jadi kenapa gak sekalian aja pake yang mesinnya diesel

hybrid juga kenape2x berabe pokoknya sebisa mungkin hindari kendaraan yang pake batre gede itu mah cuma money pit

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Kalo ane sih, asal ada mobil keluarga 1 (mesin ICE ya) & ada duitnya, langsung angkut EV aja lah. Klo duit masi lebih pasang solar panel yg bagusan dikit di atap garasi, udah deh beres masalah trasnspor dalkot
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
untuk 5 tahun ke depan...saya masih kepingin internal combustion kayak sekarang
ev kayak belum siap & harga masih mahal
paling mentok ke hybrid yg mesin bensinnya jadi genset
ev kayak belum siap & harga masih mahal
paling mentok ke hybrid yg mesin bensinnya jadi genset
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
sama nih om.. udah ada all new ertiga, sepertinya pilihan saya nambah 1 lagi air ev yg short range buat antar jemput anak.. motor aja mau saya ganti motor listrikqushay20019 wrote: Sun Sep 25, 2022 23:47 Kalo ane sih, asal ada mobil keluarga 1 (mesin ICE ya) & ada duitnya, langsung angkut EV aja lah. Klo duit masi lebih pasang solar panel yg bagusan dikit di atap garasi, udah deh beres masalah trasnspor dalkot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Iya, ane pengen langsung EV aja krn klo hybrid udah berumur, harus mikirin solusi problem2 umum mesin ICE tua + mikir ganti batre pula.
Pusingnya dua kali kan?
Pusingnya dua kali kan?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
ini budgetnya berapa?
kalo asumsi saya sekitar 500 an soalnya ya minimum nya segini yang bisa kebeli semua.
gasoline : honda hrv, hyundai creta, geng LMPV / LSUV (rate power 100-120hp)
diesel : pujaan warga SM (innivi disil mitic) (150hp)
hybrid : kicks, corcross (~130hp)
EV : odong odong wuling. (40hp)
kalau budgetnya cuma dapet wuling air EV, lebih baik coret saja opsi EV. tuh mobil dipertanyakan sekali kelayakan jalannya. suspensi belakang live axle (macem mobil katana jadul), naikan tidak enak, power 40hp itu separonya ayla dengan harga 2 kali lipet. kok saya ngerasa kayak ditipu sih beli mobil gini 300 juta. kecuali kona EV minimal lah. itu aja sebenernya yang bikin agak parno fire risk nya. rumah ama tetangga gimana dulu? wkwkwkkw. kalo tinggal di apartemen atau dempet tetangga jangan ambil resiko.
kicks, corcross. bahan bakar hemat sekali bisa 2-3kali lebih hemat dari mobil bensin sepantaran. tapi kemarin baru aja opname kicks punya ce ane, batrenya tidak mau di charge 100%. odometer padahal baru jalan 20 ribu. ini yang bikin ane makin skeptis krn sistem charging otomatis di mobil2 hybrid dengan kapasitas batre kecil, otomatis jadi sering charge. sering charging artinya umur batre berkurang.
diesel. menang bisa mimik solar 6800. tapi masih gamang nunggu kebijakan pemerintah tentang pembatasan bbm biosolar. akhirnya kalau harus isi solar mahal, ya akhirnya tidak jadi murah toh? belum sebenernya perawatan innivi disil gak murah2 amat juga sih, oli nya aja pake 7 liter banding bensin cuma 4 liter. blom oli transmisi dan oli gardan. oli transmisi sekarang jelas kalah sama bensin yang pake CVT cuma 3.5 liter sekali ganti.
gasoline. the most boring yet the most sensible sih sebenernya. emang bosen gak ganti suasana, tapi kalau secara ekonomi dan safety, tetep paling ok beli mobil bensin sekarang. CVT 1500cc dah makin efisien (HRV 1.5 pada bisa tuh di atas 13 kml, lebih irit drpd innova 2GD di dalem kota), perawatan mudah dan murah (bayangin EV mogok di tengah jalan dibawa ke bengkel sembarang mekaniknya pada bingung semua). kadang kadang, pilihan terbaik emang yang paling membosankan. wkwkwkwkw.
tapi kalau mau coba coba teknologi lain, corcross aja. toyota hybrid udah teruji.
kalo asumsi saya sekitar 500 an soalnya ya minimum nya segini yang bisa kebeli semua.
gasoline : honda hrv, hyundai creta, geng LMPV / LSUV (rate power 100-120hp)
diesel : pujaan warga SM (innivi disil mitic) (150hp)
hybrid : kicks, corcross (~130hp)
EV : odong odong wuling. (40hp)
kalau budgetnya cuma dapet wuling air EV, lebih baik coret saja opsi EV. tuh mobil dipertanyakan sekali kelayakan jalannya. suspensi belakang live axle (macem mobil katana jadul), naikan tidak enak, power 40hp itu separonya ayla dengan harga 2 kali lipet. kok saya ngerasa kayak ditipu sih beli mobil gini 300 juta. kecuali kona EV minimal lah. itu aja sebenernya yang bikin agak parno fire risk nya. rumah ama tetangga gimana dulu? wkwkwkkw. kalo tinggal di apartemen atau dempet tetangga jangan ambil resiko.
kicks, corcross. bahan bakar hemat sekali bisa 2-3kali lebih hemat dari mobil bensin sepantaran. tapi kemarin baru aja opname kicks punya ce ane, batrenya tidak mau di charge 100%. odometer padahal baru jalan 20 ribu. ini yang bikin ane makin skeptis krn sistem charging otomatis di mobil2 hybrid dengan kapasitas batre kecil, otomatis jadi sering charge. sering charging artinya umur batre berkurang.
diesel. menang bisa mimik solar 6800. tapi masih gamang nunggu kebijakan pemerintah tentang pembatasan bbm biosolar. akhirnya kalau harus isi solar mahal, ya akhirnya tidak jadi murah toh? belum sebenernya perawatan innivi disil gak murah2 amat juga sih, oli nya aja pake 7 liter banding bensin cuma 4 liter. blom oli transmisi dan oli gardan. oli transmisi sekarang jelas kalah sama bensin yang pake CVT cuma 3.5 liter sekali ganti.
gasoline. the most boring yet the most sensible sih sebenernya. emang bosen gak ganti suasana, tapi kalau secara ekonomi dan safety, tetep paling ok beli mobil bensin sekarang. CVT 1500cc dah makin efisien (HRV 1.5 pada bisa tuh di atas 13 kml, lebih irit drpd innova 2GD di dalem kota), perawatan mudah dan murah (bayangin EV mogok di tengah jalan dibawa ke bengkel sembarang mekaniknya pada bingung semua). kadang kadang, pilihan terbaik emang yang paling membosankan. wkwkwkwkw.
tapi kalau mau coba coba teknologi lain, corcross aja. toyota hybrid udah teruji.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
toyota hybrid teruji apa om???ChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 3:38 ini budgetnya berapa?
kalo asumsi saya sekitar 500 an soalnya ya minimum nya segini yang bisa kebeli semua.
gasoline : honda hrv, hyundai creta, geng LMPV / LSUV (rate power 100-120hp)
diesel : pujaan warga SM (innivi disil mitic) (150hp)
hybrid : kicks, corcross (~130hp)
EV : odong odong wuling. (40hp)
kalau budgetnya cuma dapet wuling air EV, lebih baik coret saja opsi EV. tuh mobil dipertanyakan sekali kelayakan jalannya. suspensi belakang live axle (macem mobil katana jadul), naikan tidak enak, power 40hp itu separonya ayla dengan harga 2 kali lipet. kok saya ngerasa kayak ditipu sih beli mobil gini 300 juta. kecuali kona EV minimal lah. itu aja sebenernya yang bikin agak parno fire risk nya. rumah ama tetangga gimana dulu? wkwkwkkw. kalo tinggal di apartemen atau dempet tetangga jangan ambil resiko.
kicks, corcross. bahan bakar hemat sekali bisa 2-3kali lebih hemat dari mobil bensin sepantaran. tapi kemarin baru aja opname kicks punya ce ane, batrenya tidak mau di charge 100%. odometer padahal baru jalan 20 ribu. ini yang bikin ane makin skeptis krn sistem charging otomatis di mobil2 hybrid dengan kapasitas batre kecil, otomatis jadi sering charge. sering charging artinya umur batre berkurang.
diesel. menang bisa mimik solar 6800. tapi masih gamang nunggu kebijakan pemerintah tentang pembatasan bbm biosolar. akhirnya kalau harus isi solar mahal, ya akhirnya tidak jadi murah toh? belum sebenernya perawatan innivi disil gak murah2 amat juga sih, oli nya aja pake 7 liter banding bensin cuma 4 liter. blom oli transmisi dan oli gardan. oli transmisi sekarang jelas kalah sama bensin yang pake CVT cuma 3.5 liter sekali ganti.
gasoline. the most boring yet the most sensible sih sebenernya. emang bosen gak ganti suasana, tapi kalau secara ekonomi dan safety, tetep paling ok beli mobil bensin sekarang. CVT 1500cc dah makin efisien (HRV 1.5 pada bisa tuh di atas 13 kml, lebih irit drpd innova 2GD di dalem kota), perawatan mudah dan murah (bayangin EV mogok di tengah jalan dibawa ke bengkel sembarang mekaniknya pada bingung semua). kadang kadang, pilihan terbaik emang yang paling membosankan. wkwkwkwkw.
tapi kalau mau coba coba teknologi lain, corcross aja. toyota hybrid udah teruji.

teruji banyak yang rontok juga kalo ud dincer pedagang gampang di jatohin tuh harganya buat backup benerin batre padahal di pasaran user harganya diatas 2.5V

yang lucu malah honda hybrid dari CRZ itu gak pernah denger horor story entah CRZ itu pada low km karena mayoritas camry hybrid odonya bagai kuda......

jgnkan camry yang jarang macem prius aja saya pernah denger orang ganti batre abis 30jtan kalo gak salah, CRZ ini agak anomali sih apa belom kebetulan dapet aja yang batrenya rontok

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
pilih PHEV. plug in hybrid electric vehicle. best of both worlds.
rata2 sudah bisa diatas 50-60km sekali charge, bisa regenerative juga batre nya, gausah pusing mati di tengah jalan karena masih ada bensin atau diesel. full charge 30 menit aja, 1 liter bensin bisa tembus 1:30 kalo phev saman sekarang dr eropa2.
kalo tinggal aktivitas sehari cuma 50km, itu mesin bensin bakal jarang nyala kecuali di geber. kmrn coba prius phev di bali aduh itu enak sih.
rata2 sudah bisa diatas 50-60km sekali charge, bisa regenerative juga batre nya, gausah pusing mati di tengah jalan karena masih ada bensin atau diesel. full charge 30 menit aja, 1 liter bensin bisa tembus 1:30 kalo phev saman sekarang dr eropa2.
kalo tinggal aktivitas sehari cuma 50km, itu mesin bensin bakal jarang nyala kecuali di geber. kmrn coba prius phev di bali aduh itu enak sih.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
ya minimal lesser evil nya sih klo mau coba-coba doank. nissan punya lebih konyol soalnya 20rebu udah rewel.b0ku wrote: Mon Sep 26, 2022 3:48
toyota hybrid teruji apa om???![]()
teruji banyak yang rontok juga kalo ud dincer pedagang gampang di jatohin tuh harganya buat backup benerin batre padahal di pasaran user harganya diatas 2.5V![]()
yang lucu malah honda hybrid dari CRZ itu gak pernah denger horor story entah CRZ itu pada low km karena mayoritas camry hybrid odonya bagai kuda......![]()
jgnkan camry yang jarang macem prius aja saya pernah denger orang ganti batre abis 30jtan kalo gak salah, CRZ ini agak anomali sih apa belom kebetulan dapet aja yang batrenya rontok![]()
CRZ kan batrenya cuma buat boost torsi ya semi-semi mild hybrid gitu lah. gak bisa full EV mode.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
nah ini om yang saya gak suka dari batre cuma tuhan yang tahu kapan tewasnya bisa aja kejadian di toyota kasus kek gituChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 4:02 ya minimal lesser evil nya sih klo mau coba-coba doank. nissan punya lebih konyol soalnya 20rebu udah rewel.
CRZ kan batrenya cuma buat boost torsi ya semi-semi mild hybrid gitu lah. gak bisa full EV mode.

emang si garansi cuma in cased garansinya angus macem kasus ATPM cabs tiba2x kan bonyok

cuma satu faktor lagi yang bikin batre rontok juga faktor U kalo ud ini biangnya mau km baru 10rb pun juga tewas om

makannya satu hal yang saya pelajari dari mobil batre terutama EV kalo gak mau rugi pakenya kejar setoran aja munkin dalam 5-10 thn hajar 500.000km baru gak rugi

soalnya banyak cases tesla taon muda km 300.000 miles baek2x aja tuh batre cuma banyak juga taon tua km belom 100.000miles ud pada rontok jd ya itu mobil ya kek kejar sentoran jadi pakenya pake sebanyak mungkin sebelom masa garansi abis

mungkin CRZ gak terlalu kepake juga batrenya


entah ngarang bebas apa emang segitu soalnya selama ini saya taunya harga di amrik bisa jadi ini bener harga dari ATPM sini ngingat camry aja ud 50jt malah denger2x bisa 100jt dan rumor bajaj wuling 150jt

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Kalo ada yg nungguin Toyota, barusan buka PLN Mobile, tdnya mau cek smlm cas dpt diskon berapa, eeeee malah nemu : Sellernya si valid, TRAC Bali... kagak tau ini error harusnya ndak diupload tp malah masuk apa gimana... Pada pilih mana coba ini vs WulingChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 3:38 ini budgetnya berapa?
kalo asumsi saya sekitar 500 an soalnya ya minimum nya segini yang bisa kebeli semua.
gasoline : honda hrv, hyundai creta, geng LMPV / LSUV (rate power 100-120hp)
diesel : pujaan warga SM (innivi disil mitic) (150hp)
hybrid : kicks, corcross (~130hp)
EV : odong odong wuling. (40hp)
kalau budgetnya cuma dapet wuling air EV, lebih baik coret saja opsi EV. tuh mobil dipertanyakan sekali kelayakan jalannya. suspensi belakang live axle (macem mobil katana jadul), naikan tidak enak, power 40hp itu separonya ayla dengan harga 2 kali lipet. kok saya ngerasa kayak ditipu sih beli mobil gini 300 juta. kecuali kona EV minimal lah. itu aja sebenernya yang bikin agak parno fire risk nya. rumah ama tetangga gimana dulu? wkwkwkkw. kalo tinggal di apartemen atau dempet tetangga jangan ambil resiko.
kicks, corcross. bahan bakar hemat sekali bisa 2-3kali lebih hemat dari mobil bensin sepantaran. tapi kemarin baru aja opname kicks punya ce ane, batrenya tidak mau di charge 100%. odometer padahal baru jalan 20 ribu. ini yang bikin ane makin skeptis krn sistem charging otomatis di mobil2 hybrid dengan kapasitas batre kecil, otomatis jadi sering charge. sering charging artinya umur batre berkurang.
diesel. menang bisa mimik solar 6800. tapi masih gamang nunggu kebijakan pemerintah tentang pembatasan bbm biosolar. akhirnya kalau harus isi solar mahal, ya akhirnya tidak jadi murah toh? belum sebenernya perawatan innivi disil gak murah2 amat juga sih, oli nya aja pake 7 liter banding bensin cuma 4 liter. blom oli transmisi dan oli gardan. oli transmisi sekarang jelas kalah sama bensin yang pake CVT cuma 3.5 liter sekali ganti.
gasoline. the most boring yet the most sensible sih sebenernya. emang bosen gak ganti suasana, tapi kalau secara ekonomi dan safety, tetep paling ok beli mobil bensin sekarang. CVT 1500cc dah makin efisien (HRV 1.5 pada bisa tuh di atas 13 kml, lebih irit drpd innova 2GD di dalem kota), perawatan mudah dan murah (bayangin EV mogok di tengah jalan dibawa ke bengkel sembarang mekaniknya pada bingung semua). kadang kadang, pilihan terbaik emang yang paling membosankan. wkwkwkwkw.
tapi kalau mau coba coba teknologi lain, corcross aja. toyota hybrid udah teruji.



You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
baca yang bener dulu om 250jt range 50-80km wuling bisa 250 sama 300km ud mobilnya jelek ngrobanin range gak sekalian aja beli wuling sebagus2xnya tuh toyota juga tetep keliatan kek bajaj atau mobil orang kisminBibieight wrote: Mon Sep 26, 2022 6:23
Kalo ada yg nungguin Toyota, barusan buka PLN Mobile, tdnya mau cek smlm cas dpt diskon berapa, eeeee malah nemu :
20220926_132156.jpg
Sellernya si valid, TRAC Bali... kagak tau ini error harusnya ndak diupload tp malah masuk apa gimana... Pada pilih mana coba ini vs Wuling![]()
![]()
... Boyota lho... paten punya....

kalo 250jt bentukannya agya saya berat di toyota deh

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Lhooo... kalo dimarih itu apapun dikasih cap2an tripel elips pasti laku laaa.... Tu NEW FORTUNER 4x4 2.4 G A/T DSL di Auto2000 IDR 613.450.000, di tetangga sebelah 2022 Toyota Fortuner GX AUD 49.715, dah dikasih markup 200 juta alias 50% si Fortie dimarih masih laku bener toch.....b0ku wrote: Mon Sep 26, 2022 6:26baca yang bener dulu om 250jt range 50-80km wuling bisa 250 sama 300km ud mobilnya jelek ngrobanin range gak sekalian aja beli wuling sebagus2xnya tuh toyota juga tetep keliatan kek bajaj atau mobil orang kisminBibieight wrote: Mon Sep 26, 2022 6:23
Kalo ada yg nungguin Toyota, barusan buka PLN Mobile, tdnya mau cek smlm cas dpt diskon berapa, eeeee malah nemu :
20220926_132156.jpg
Sellernya si valid, TRAC Bali... kagak tau ini error harusnya ndak diupload tp malah masuk apa gimana... Pada pilih mana coba ini vs Wuling![]()
![]()
... Boyota lho... paten punya....
kalo 250jt bentukannya agya saya berat di toyota deh![]()



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
keknya konsumennya dah pinter deh beli EV pasti di incer range dulu kalo gak ngapain om demi merek malah ngorbanin range dan tujuan beli mobil buat kenyamanan lah ini bukannya malah kagak nyaman baru jalan 50-80 ngechas lagiBibieight wrote: Mon Sep 26, 2022 6:44
Lhooo... kalo dimarih itu apapun dikasih cap2an tripel elips pasti laku laaa.... Tu NEW FORTUNER 4x4 2.4 G A/T DSL di Auto2000 IDR 613.450.000, di tetangga sebelah 2022 Toyota Fortuner GX AUD 49.715, dah dikasih markup 200 juta alias 50% si Fortie dimarih masih laku bener toch.....![]()
![]()
![]()

ud keluar 250jt beli ev bajaj aja ud ngrobanin kenyamanan sama dilihat jelek, terus bela2xin beli yang range cuma 80km demi merek triple elips

gak sekalian aja beli raize turbo

ya kalo fortuner beda cerita loh ud kebukti tangguh pajero juga keliatan jd mobil cengeng kalo cuma adu kuat sama fortuner mah fortuner mobil robust itu beda cerita

toyota EV ya hybrid aja babak bonyok


dan gak semua cap triple elips laku chr gagal maning, cross gagal maning, sienta gagal maning padahal freed ud cabs, altis idup segan mati sayang

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Ya kalau sekarang kepakenya cuma 1 mobil ya ambil mobil bensin. Mau upgrade juga nanggung keluar duit lagi jadi ya yang sudah ada aja. Sekarang pake all new ertiga.. Udah irit sih tapi karna harga bbm udah gak ngotak dan kualitasnya juga turun jadinya konversi ke bbg (CNG) yang harganya lebih manusiawi.. Hemat dari selisih harga 55% dibanding pertalite dan gas buang yang jauh lebih bersih. Konsumsi bahan bakar CNG sama aja dengan bensin kalau dihitung dengan satuan liter. Memang power & torsi berkurang dibanding pakai bensin, tapi toh kalau butuh power buat kebut2an tinggal switch ke bbm (tinggal pencet tombol dah otomatis pindah tanpa delay).. Udah selesai pindah lagi ke CNG... Bbm tetap kepake buat warming up mesin, saat suhu tercapai otomatis pindah CNG.
Rencana minggu ini baru mau pasang kitnya, yg mahal tabungnya karna cari yg komposit biar ringan (kapasitas 66LWC setara 16liter bbm berat kosong hanya sekitar 20kg, kalau yg besi bisa sampe 55kg).. Mengorbankan sedikit kapasitas bagasi tapi untuk mobil mpv masih banyak sisa bagasi dibelakang kalau row 3nya dilipat. FulltankCNG bisa keisi 16liter, itungan konsumsi bahan bakar sekitar 1:14 jadi untuk 16liter jarak tempuh kira2 sampai 224km.
EV untuk saat ini lebih untung & hemat untuk kendaraan motor.
Rencana minggu ini baru mau pasang kitnya, yg mahal tabungnya karna cari yg komposit biar ringan (kapasitas 66LWC setara 16liter bbm berat kosong hanya sekitar 20kg, kalau yg besi bisa sampe 55kg).. Mengorbankan sedikit kapasitas bagasi tapi untuk mobil mpv masih banyak sisa bagasi dibelakang kalau row 3nya dilipat. FulltankCNG bisa keisi 16liter, itungan konsumsi bahan bakar sekitar 1:14 jadi untuk 16liter jarak tempuh kira2 sampai 224km.
EV untuk saat ini lebih untung & hemat untuk kendaraan motor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
pajero cengeng kalo kondisinya apa om? dulu saya pake ops sama anps gaada keluhan sama skali, colok solbus dari baru aman. pake nya cuman sampe 50-60 rebu km sihb0ku wrote:keknya konsumennya dah pinter deh beli EV pasti di incer range dulu kalo gak ngapain om demi merek malah ngorbanin range dan tujuan beli mobil buat kenyamanan lah ini bukannya malah kagak nyaman baru jalan 50-80 ngechas lagiBibieight wrote: Mon Sep 26, 2022 6:44
Lhooo... kalo dimarih itu apapun dikasih cap2an tripel elips pasti laku laaa.... Tu NEW FORTUNER 4x4 2.4 G A/T DSL di Auto2000 IDR 613.450.000, di tetangga sebelah 2022 Toyota Fortuner GX AUD 49.715, dah dikasih markup 200 juta alias 50% si Fortie dimarih masih laku bener toch.....![]()
![]()
![]()
![]()
ud keluar 250jt beli ev bajaj aja ud ngrobanin kenyamanan sama dilihat jelek, terus bela2xin beli yang range cuma 80km demi merek triple elips![]()
gak sekalian aja beli raize turbo
ya kalo fortuner beda cerita loh ud kebukti tangguh pajero juga keliatan jd mobil cengeng kalo cuma adu kuat sama fortuner mah fortuner mobil robust itu beda cerita
toyota EV ya hybrid aja babak bonyokbezek aja nebeng subaru
dan gak semua cap triple elips laku chr gagal maning, cross gagal maning, sienta gagal maning padahal freed ud cabs, altis idup segan mati sayang
tahun kemaren kalo anps fl dapet diskon ppnbm saya sbnernya bakal lebih pilih anps fl drpd fortuner.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
dulu pernah adik bokap beli OPS dakar first batch, kyknya fuel filter belum didobel sama mitsu. kena solbus langsung nyala tuh CE (mitsu kalo filter solar kotor pake lampu CE). batch2 berikutnya baru didobel sepertinya.ctopher7 wrote: Mon Sep 26, 2022 7:35 pajero cengeng kalo kondisinya apa om? dulu saya pake ops sama anps gaada keluhan sama skali, colok solbus dari baru aman. pake nya cuman sampe 50-60 rebu km sih
tahun kemaren kalo anps fl dapet diskon ppnbm saya sbnernya bakal lebih pilih anps fl drpd fortuner.
ngomong2 soal pajero... ane adanya pengalaman sama sodara satu mesin. enjin 4D56 ni gampang overheat. ada armada L300 saya udah overheat 2 kali dari pertama pake pdhl taun 2018. abis googling bener dong keluaran yang baru-baru 4D56 radiatornya diganti imut-imut. d banding radiator L300 lama, tuh radiator L300 baru kyk maenan. pipingnya ya pake plastik bukan pake besi kyk dulu.
ini mitsu dah macem mobil eropa dah apa2 diganti plastik... ya wajar sih belajarnya ama nissan/renault

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
saya punya ops ud turun mesin biangnya spele termostart mampet ini bukan cuma saya doank yang kena turun mesin gara2x thermostart di bengkel juga banyak korban thermostartctopher7 wrote: Mon Sep 26, 2022 7:35
pajero cengeng kalo kondisinya apa om? dulu saya pake ops sama anps gaada keluhan sama skali, colok solbus dari baru aman. pake nya cuman sampe 50-60 rebu km sih
tahun kemaren kalo anps fl dapet diskon ppnbm saya sbnernya bakal lebih pilih anps fl drpd fortuner.

joint sterr kemaren baru ganti, rack bocor baru service, shock belakang umur pendek saya ganti profender aja sekalian, rem suka geter saya ganti pake brembo sekarang harusnya pake runstop aja tuh

sekarang aja lari ampir 160kmh setir geter belom chek lagi balancingnya padahal belom lama balancing

ya saya punya 2012 km 80rb masalahnya saya punya GE8 2013 KM 90RBan aman damai tentram paling baru ganti shock doank yang mahal

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
yang parah om kipas gopeceng aja pelit banget di pajero CBU kek dakar 4x4 ada tuh barang kalo saya kudu beli sendiri pasang sendiri padahal soket dudukan ada semua tinggal pnpChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 7:49
dulu pernah adik bokap beli OPS dakar first batch, kyknya fuel filter belum didobel sama mitsu. kena solbus langsung nyala tuh CE (mitsu kalo filter solar kotor pake lampu CE). batch2 berikutnya baru didobel sepertinya.
ngomong2 soal pajero... ane adanya pengalaman sama sodara satu mesin. enjin 4D56 ni gampang overheat. ada armada L300 saya udah overheat 2 kali dari pertama pake pdhl taun 2018. abis googling bener dong keluaran yang baru-baru 4D56 radiatornya diganti imut-imut. d banding radiator L300 lama, tuh radiator L300 baru kyk maenan. pipingnya ya pake plastik bukan pake besi kyk dulu.
ini mitsu dah macem mobil eropa dah apa2 diganti plastik... ya wajar sih belajarnya ama nissan/renault![]()

ya gimane kagak overheat thermostart yang laen gak jelas kapan rusak ini baru 70rb ud rontok makanya saya serem tuh sama exced bokap ud 10th km sih baru 40rban tapi ngeri dia mampet dijalan saya suruh ganti aja cuma gak tau deh dikerjain apa kagak kalo saya mah saya cabut tuh thermo kagak guna malah bikin masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
jgn dicabut om...better ganti aja...termostat kan mestinya ga sampe jutaan jgb0ku wrote: Mon Sep 26, 2022 7:57yang parah om kipas gopeceng aja pelit banget di pajero CBU kek dakar 4x4 ada tuh barang kalo saya kudu beli sendiri pasang sendiri padahal soket dudukan ada semua tinggal pnpChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 7:49
dulu pernah adik bokap beli OPS dakar first batch, kyknya fuel filter belum didobel sama mitsu. kena solbus langsung nyala tuh CE (mitsu kalo filter solar kotor pake lampu CE). batch2 berikutnya baru didobel sepertinya.
ngomong2 soal pajero... ane adanya pengalaman sama sodara satu mesin. enjin 4D56 ni gampang overheat. ada armada L300 saya udah overheat 2 kali dari pertama pake pdhl taun 2018. abis googling bener dong keluaran yang baru-baru 4D56 radiatornya diganti imut-imut. d banding radiator L300 lama, tuh radiator L300 baru kyk maenan. pipingnya ya pake plastik bukan pake besi kyk dulu.
ini mitsu dah macem mobil eropa dah apa2 diganti plastik... ya wajar sih belajarnya ama nissan/renault![]()
![]()
ya gimane kagak overheat thermostart yang laen gak jelas kapan rusak ini baru 70rb ud rontok makanya saya serem tuh sama exced bokap ud 10th km sih baru 40rban tapi ngeri dia mampet dijalan saya suruh ganti aja cuma gak tau deh dikerjain apa kagak kalo saya mah saya cabut tuh thermo kagak guna malah bikin masalah![]()
plus tambahin extra fan kan kl ga salah soket udh ada tinggal pasang + relay