Ini memang penyakitnya... ndak cuma disini, sak semesta alam pada kena 12v nya. Berhubung masih transisi dr ICE ke EV kayaknya untuk memudahkan supply chain seluruh yg nyala di mobil ini sumbernya dr 12v (blower AC, audio, sensor2, motor liftgate, controller EV dll. dsb.). Nah kalo ICE nyala, bahkan idle kan kirim stroom ke aki, yg ini nentuin kapan kirim stroom ke aki pake algoritma.... naaah masalahnya kayaknya algoritmanya irit2 kirim daya ke 12v, terutama kalo sering idle.
Solusi paling pendek, kalo pas lg idle jgn lupa diset ke utility mode, jd batere traksi tetep kirim daya ke 12v. Yg repot itu kalo macet brenti, diset utility ndak bisa, jd tetep berdoa si algoritmanya tetep konsisten kirim stroom ke 12v

Solusi agak mendingan, ganti aki ke li-ion, kan dia ndak butuh C rating gede kayak aki starter...... cuma kagak ngerti merek ama harganya, kl aman si aman mestinya, kan ndak kumpul ama panas tinggi....
Urusan 12v ini kemaren nyaris kena, mau start tp kagak mau masuk D, diliat indikator aki nyala, lsg sy ganti ke utility mode tungguin 15an menit.... colok OBD dapet 14v kurang dikit baru sy nyalain, lsg bisa masuk D



Nah, kedepan si mestinya engineer Hyundai ada bikin perubahan dialgoritma kapan kirim stroom ke 12v, wong kl dicek pake OBD SOC-nya 12v kebaca, atau tanggung sekalian kl perlu sama sekali ndak pake 12v, lsg bypass dr HV-DC ke LV-DC.
Btw, penyakit terbaru, pintu belakang kriyet2, tebakan sy si stopper karetnya kekecilan, kyknya lama2 kalah sm pintu segede gaban, wong stoppernya lebih kecil dr stopper kap mesin papanjah lama.... Ntar lg dipikirin mau diganjel washer karet atau cari stopper karet gedean dikit, sementara si cukup gedein aja audionya... wong Bose koq....


