Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Selamat malam mimin, suhu dan semua.
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
1. 5w40 atau 5w30 no issue krn sesuai manual bookdregon wrote: Sun Sep 18, 2022 16:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
2. Toko rekomendasi bisa mampir ke viewtopic.php?t=28844
3. Pilihan pribadi sih ini, salah satu best choice bisa pakai PTT flushing oil 8 liter (klo aditif engine flush hati-hati, karena lihat bbrp SDS nya contains kerosene)
Klo #3 tidak dilakukan, cukup tuang oli mesran murah 1-2 liter ketika oli lama tinggal netes.
Untuk buang sisa oli lama yg ngendap di oil pan.
Last edited by Suryaputra on Mon Sep 19, 2022 0:50, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Sebagai pemakai 2GD, sayang Om pake oli 5w40/10w40, mending pake yg 5w30/10w30 diesel, pake dexlite aja tarikan Jd berat kalo pake oli buntut 40. Di buku manual juga jelas2 dibilang recommend ke 5w30 kan ya. Btw, kapasitas oli 7.5 liter tuh om, bukan 8 liter, kalo d isi 8l, bakal kerasa berat tarikan.dregon wrote: Sun Sep 18, 2022 16:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
Oli yg Murmer bisa sampe 10k km itu ada PTT 10w30 diesel, bardhal 5w30 S9. Kalo yg full sintetis pake bisa macam2 sih om. Hx6 gak gitu bagus kayak nya sih Om.
Kalo market place cari oli asli ke official store nya Om, atau cari yg toko yg berani minum oli nya kalo palsu hehehehe

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Betul banget om..kalo mau pake aditif oli, ngapain pake oli keratonSuryaputra wrote: Sun Sep 18, 2022 13:59Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.gaspol wrote: Sun Sep 18, 2022 13:55daimler wrote: Sun Sep 18, 2022 8:16
Wah budget segitu dapet tuh oli keraton bisa
Ams ss 0W20
TQ9000 0W20
Helix ultra 0W20
Q8 special D1 0W20
PTT performa/evotec 0W20
Engine flush ga harus, bisa dituang oli mesran sebelum tuang oli barunya. Trs tambah aditif oli mannol ester atau HSS FRE3 perbandingan 1:10 di awal2 atau setelah km jalan 5000 sesuai petuah suhu dimari.
Kalo fuel additive pernahnya pakai redline CFSC dosis 5ml/L bensin buat tuang awal2, seterusnya 1ml/L bensin. Pilihan lain ada amsoil performance improver atau HSS FR3
Udah pake oli keraton, masih pake aditif oli??![]()
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Saya pakai Innova Reborn 2017 diesel matic KM sekarang 31rb KMdregon wrote: Sun Sep 18, 2022 16:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
Pernah pakai TMO 15w40, PTT 10w30, Kendall 10w30, Amsoil OE Turbo Truck 5w40, PTT 5w30 yang acea A5/B5.
Yang paling cocok menurut saya pribadi PTT 5w30 acea a5/b5 atau Kendall 10w30.
Tapi sayang Kendall sudah gak masuk.
PTT biarpun 5w30 tapi menurut telinga saya paling adem, dan di mesin tarikan paling ringan nomer 2 setelah Kendall 10w30.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itudregon wrote: Sun Sep 18, 2022 16:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.
sama nih pertanyaannya:
karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)
pertanyaannya:
1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?
2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.
3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Terima kasih sebelumnya
2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop
3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Q8 sama Amsoil gak recommend pake additive.Suryaputra wrote: Sun Sep 18, 2022 13:59 Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
Ibaratnya jalan jalan ke eropa ato amerika , makan steak michelin star trus minta saos tomat sama saos sambel. Chefnya dibelakang bete, steak gw udah perfect kok malah mau di bumbuin sendiri

IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
yah namanya jg orang indonesia.sahabatq8 wrote: Mon Sep 19, 2022 2:58Q8 sama Amsoil gak recommend pake additive.Suryaputra wrote: Sun Sep 18, 2022 13:59 Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
Ibaratnya jalan jalan ke eropa ato amerika , makan steak michelin star trus minta saos tomat sama saos sambel. Chefnya dibelakang bete, steak gw udah perfect kok malah mau di bumbuin sendiri![]()
gakda micin, gak asik

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Maap, klarifikasi dikit om.Chr1stm1 wrote: Mon Sep 19, 2022 2:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu
2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop
3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):qushay20019 wrote: Mon Sep 19, 2022 3:21Maap, klarifikasi dikit om.Chr1stm1 wrote: Mon Sep 19, 2022 2:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu
2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop
3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia
Wah bentar lg Part 17...

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
tambahin oli diesel menarik juga, acea E9 (heavy duty)Suryaputra wrote:Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):qushay20019 wrote: Mon Sep 19, 2022 3:21Maap, klarifikasi dikit om.Chr1stm1 wrote: Mon Sep 19, 2022 2:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu
2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop
3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia
Wah bentar lg Part 17...
unil opal pallas 2000, tbn 9.8
https://www.unil-opal.com/wp-content/up ... 0_5W30.pdf
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Sep 19, 2022 5:07
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VNT 2013
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Permisi sedulur, newbie ijin nimbrung buat mengobati rasa penasaran sama oli liqui moly 10w40 mos2 leichtlauf karena ada kandungan mos2 nya. Yang saya tanyakan apakah oli tsb "aman" or kompatibel buat mesin diesel??? Secara dia oli bisa buat gasoline and diesel engine. Oli tersebut tbn nya 9, acea a3/b4, api sl/cf
Sebelumnya saya pake tmo diesel 15w40. Kuda besi harian saya pake fortuner vnt 2013 peminum biosolar + ptt dfc... Odo 90rb ongoing pemakaian daily kurleb 40km++
Sebelumnya saya pake tmo diesel 15w40. Kuda besi harian saya pake fortuner vnt 2013 peminum biosolar + ptt dfc... Odo 90rb ongoing pemakaian daily kurleb 40km++
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
trebla88 wrote: Sun Sep 18, 2022 3:54Shell astra premium 0w20 di shopndrive 525rb /4 ltrvolcanoman wrote: Sun Sep 18, 2022 2:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.
Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times
Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?
Terima kasih sebelumnya.
Ptt supersyn 0w20 665b/4ltr
Tahan lah 1thn /7500km, bisa push 10k kalau sering ga jadi genset dan sering tol
Cmiiw![]()
Okay noted om, saya malah lebih tertarik PTTnya daripada Shell Astra Premium.
sahabatq8 wrote: Sun Sep 18, 2022 4:26Budget 850rb , 0w20 seri tinggi masih dapet cuma butuh 4 liter kan. Karena sebelumnya pake 0w20 gak ada masalah/keluhan lanjut aja omvolcanoman wrote: Sun Sep 18, 2022 2:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.
Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times
Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?
Terima kasih sebelumnya.
Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?
AbdulHakim wrote: Sun Sep 18, 2022 5:09Mobil 1 Extended Performance Nascar 0W-20volcanoman wrote: Sun Sep 18, 2022 2:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.
Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times
Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?
Terima kasih sebelumnya.
Amsoil Signature Series 0W-20
toh uangnya ada.. habiskan!
uang terpakai, hati senang, mobil terawat.
Yoi om, mumpung budget buat oli udah approved sama Menkeu di rumah haha
boleh diceritain om, impresi mobil 1 extended performance nascar kayak gimana?
Noted om, terima kasih utk advice bbrp opsinya.daimler wrote: Sun Sep 18, 2022 8:16Wah budget segitu dapet tuh oli keraton bisavolcanoman wrote: Sun Sep 18, 2022 2:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.
Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.
Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times
Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?
Terima kasih sebelumnya.
Ams ss 0W20
TQ9000 0W20
Helix ultra 0W20
Q8 special D1 0W20
PTT performa/evotec 0W20
Engine flush ga harus, bisa dituang oli mesran sebelum tuang oli barunya. Trs tambah aditif oli mannol ester atau HSS FRE3 perbandingan 1:10 di awal2 atau setelah km jalan 5000 sesuai petuah suhu dimari.
Kalo fuel additive pernahnya pakai redline CFSC dosis 5ml/L bensin buat tuang awal2, seterusnya 1ml/L bensin. Pilihan lain ada amsoil performance improver atau HSS FR3
setelah saya cek market place masih masuk budget.
oli mesran itu dituang dalam keadaan drain hole tetap terbuka kah om?
2004 U268/UR WLAT
2005 RN1 D17A5
2005 RN1 D17A5
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Kalo Q8 sih 0w20nya kita cuma masukin 1 macem yaitu Q8 D1 FE 0w20volcanoman wrote: Mon Sep 19, 2022 6:39
Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
terima kasih masukannya om2,Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 4:02Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):qushay20019 wrote: Mon Sep 19, 2022 3:21Maap, klarifikasi dikit om.Chr1stm1 wrote: Mon Sep 19, 2022 2:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu
2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop
3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia
Wah bentar lg Part 17...![]()
penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.
kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?
saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.dregon wrote: Mon Sep 19, 2022 9:18 terima kasih masukannya om2,
penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.
kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?
saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
dregon wrote: Mon Sep 19, 2022 9:18 terima kasih masukannya om2,
penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.
kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?
saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
gileee itu pemalsunya super pro,josomba wrote: Mon Sep 19, 2022 9:19
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.
Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
fisik botol dsb gak tampak palsu.
11 12 sama asli.
kayanya base oil polos tanpa aditif.
karena aditifnya super minim, Viscocitynya kentel amatt, dan TBN juga gak ada.
buat flushing oil doang itu kayanya

Hasil test Lab dari Mbah turboman, cek aja mulai dari sini
viewtopic.php?p=1219276#p1219276
70rb-an seliter
Asli,
Palsu,
Perbandingan Fisik,
Last edited by Suryaputra on Mon Sep 19, 2022 9:42, edited 9 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
70 rebuan palsu ??josomba wrote: Mon Sep 19, 2022 9:19TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.dregon wrote: Mon Sep 19, 2022 9:18 terima kasih masukannya om2,
penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.
kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?
saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah


kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store hahaDOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:2270 rebuan palsu ??josomba wrote: Mon Sep 19, 2022 9:19TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.dregon wrote: Mon Sep 19, 2022 9:18 terima kasih masukannya om2,
penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.
kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?
saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah![]()
kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2![]()
![]()
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Aug 02, 2020 0:18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Nubi coba jawab yaa mbah..gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter
Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.
Jadi setahun ganti 2x filter oli.
Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Aug 02, 2020 0:18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Terima kasih sarannya, om.Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 9:54Nubi coba jawab yaa mbah..gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter
Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.
Jadi setahun ganti 2x filter oli.
Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Kalau untuk coolant, ada rekomendasi yang bagus, om? Selama ini, dari awal masih pakai coolant bawaan BeRes.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
nah makanya ragu juga nih, tapi udah terjual hampir 800x. nama tokonya MJMsunjaya ini link toko ijonya: https://www.tokopedia.com/mjmsunjaya/ol ... %3D7589380Spies wrote: Mon Sep 19, 2022 9:40DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store hahaDOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:2270 rebuan palsu ??josomba wrote: Mon Sep 19, 2022 9:19
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.
Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah![]()
kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Coba cek official store Densogr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 10:08Terima kasih sarannya, om.Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 9:54Nubi coba jawab yaa mbah..gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter
Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.
Jadi setahun ganti 2x filter oli.
Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Kalau untuk coolant, ada rekomendasi yang bagus, om? Selama ini, dari awal masih pakai coolant bawaan BeRes.
Denso Radiator Coolant
Ada warna merah dan biruu.
Avanza or Rush 2nr-ve
Itu klo gak salah butuh coolant + reservoir tank 5 liter.
Coba cek manual book nya ajah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
- Location: tangerang selatan
- Daily Vehicle: Xpander Cvt
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16
Kalau bbm ny pakai pertalite & aditif , interval pergantian nya ttp 10k km jg mbah?Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 9:54Nubi coba jawab yaa mbah..gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter
Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.
Jadi setahun ganti 2x filter oli.
Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap