Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue May 30, 2017 8:04
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro
Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Halo suhu2
Dari dulu mindset gw kalo mau mobil itu yg mesinnya bensin, bukan diesel.. Tapi kok makin sekarang gw makin tersadar kalo makin banyak mobil2 diesel yang menawarkan performa dan kehematan yg relatif lebih oke ya sama mobil bensin (contohnya kia seltos, hyundai santa fe).. So far gw baru piara 1 mobil bensin, taon depan udah 5 tahun jadi udah waktunya mikirin buat ganti mobil dan mobil diesel mulai masuk pertimbangan gw (goal utama sih ioniq 5 signature prime krn bisa buat genset rumah tapi mahal bener wkwkwk)
sebagai orang yg awam permobilan dan soal standar emisi (Euro 4, 5, etc), gw mau mencoba mengerti soal ketentuan standar emisi masa depan vs tipe bahan bakar yang dipake oleh mobil. Dengan mempertimbangkan standar emisi yg meningkat terus, kira2 mobil jenis bensin atau diesel yang bakal "kesandung" standar emisi baru yg akan diterapkan di masa yg akan datang (untuk model2 yang available untuk dibeli sekarang)?
Dari dulu mindset gw kalo mau mobil itu yg mesinnya bensin, bukan diesel.. Tapi kok makin sekarang gw makin tersadar kalo makin banyak mobil2 diesel yang menawarkan performa dan kehematan yg relatif lebih oke ya sama mobil bensin (contohnya kia seltos, hyundai santa fe).. So far gw baru piara 1 mobil bensin, taon depan udah 5 tahun jadi udah waktunya mikirin buat ganti mobil dan mobil diesel mulai masuk pertimbangan gw (goal utama sih ioniq 5 signature prime krn bisa buat genset rumah tapi mahal bener wkwkwk)
sebagai orang yg awam permobilan dan soal standar emisi (Euro 4, 5, etc), gw mau mencoba mengerti soal ketentuan standar emisi masa depan vs tipe bahan bakar yang dipake oleh mobil. Dengan mempertimbangkan standar emisi yg meningkat terus, kira2 mobil jenis bensin atau diesel yang bakal "kesandung" standar emisi baru yg akan diterapkan di masa yg akan datang (untuk model2 yang available untuk dibeli sekarang)?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Kl mana yang kesandung duluan, skrg diesel yang banyak kesandung. Bahkan sekelas toyota.
Jerman uda pada kesandung dieselgate
Toyota di ostrali kena kasus dpfnya.
Petrol cars dari dulu adem2 aja. Petrol turbo udah makin umum dan makin kesini makin reliabel.
Bbrp taun lalu western tergila.gila sama diesel sama kayak skrg ama listrik. Sekarang orang pake diesel disuruh bayar pajak lebih.
Jerman uda pada kesandung dieselgate
Toyota di ostrali kena kasus dpfnya.
Petrol cars dari dulu adem2 aja. Petrol turbo udah makin umum dan makin kesini makin reliabel.
Bbrp taun lalu western tergila.gila sama diesel sama kayak skrg ama listrik. Sekarang orang pake diesel disuruh bayar pajak lebih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Menurut ane, ini urutannya dari yang paling ideal sampe tidak ideal dari aspek ekologi:
1. Gak pake kendaraan pribadi - 100 % reliance on public transport. Achievable only in developed regions with exceptional public infrastructure (Europe, Japan, Singapore, etc)
2. Kendaraan pribadi fully electric. Achievable in US, China & other developed regions
3. Kendaraan pribadi hybrid. Achievable in developed + some developing regions
4. Kendaraan pribadi bensin. Achievable in most countries
5. Kendaraan pribadi diesel. Achievable in most countries, but is starting to be banned in some developed regions.
Buat orang2 macam ane (middle to low income families from developing countries BUT aspiring to participate in reducing environmental destruction), keep using old gasoline cars may be the least painful option, both economically and ecologically. CMIIW
1. Gak pake kendaraan pribadi - 100 % reliance on public transport. Achievable only in developed regions with exceptional public infrastructure (Europe, Japan, Singapore, etc)
2. Kendaraan pribadi fully electric. Achievable in US, China & other developed regions
3. Kendaraan pribadi hybrid. Achievable in developed + some developing regions
4. Kendaraan pribadi bensin. Achievable in most countries
5. Kendaraan pribadi diesel. Achievable in most countries, but is starting to be banned in some developed regions.
Buat orang2 macam ane (middle to low income families from developing countries BUT aspiring to participate in reducing environmental destruction), keep using old gasoline cars may be the least painful option, both economically and ecologically. CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
kalau bicara hanya di Indonesia, yang masih longgar soal emisi, keputusan tepat beli diesel asal sanggup kasih Pertadex demi menjaga lingkungan tapi kalau cuek ya hajar biosolar. secara global sudah jelas diesel passenger akan kesandung duluan, apalagi per tahun ini saja kategori commercial di Indo sudah Euro4 dan UD jualan AdBlue (urea) demi jaga emisi. jadi amannya ya beli bensin saja.
kedepannya, selama pemerintahan berikutnya ngikutin pemerintahan yang sangat pro EV, kayanya si mesti siap2 beli EV. terutama segi pajak. sekarang belum berasa, tapi bisa jadi 2-3 tahun lagi tau2 Astra bisa bikin LCGC EV murmer
kedepannya, selama pemerintahan berikutnya ngikutin pemerintahan yang sangat pro EV, kayanya si mesti siap2 beli EV. terutama segi pajak. sekarang belum berasa, tapi bisa jadi 2-3 tahun lagi tau2 Astra bisa bikin LCGC EV murmer
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue May 30, 2017 8:04
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
ah right, keinget lagi gw soal VW palsuin data uji emisi..ChZ wrote: Sat Jul 09, 2022 5:28 Kl mana yang kesandung duluan, skrg diesel yang banyak kesandung. Bahkan sekelas toyota.
Jerman uda pada kesandung dieselgate
Toyota di ostrali kena kasus dpfnya.
Petrol cars dari dulu adem2 aja. Petrol turbo udah makin umum dan makin kesini makin reliabel.
Bbrp taun lalu western tergila.gila sama diesel sama kayak skrg ama listrik. Sekarang orang pake diesel disuruh bayar pajak lebih.
urutannya sama sih gw, tapi nomor 1 menurut gw super menghayal even untuk 10 taon kedepan di jakarta.. kendaraan full electric sih ideal, tapi gw bakal beli ioniq 5 kalo ada rejeki aja sih.. untuk hybrid, belom ada model yg bikin gw tertarik disiniqushay20019 wrote: Sat Jul 09, 2022 6:01 Menurut ane, ini urutannya dari yang paling ideal sampe tidak ideal dari aspek ekologi:
1. Gak pake kendaraan pribadi - 100 % reliance on public transport. Achievable only in developed regions with exceptional public infrastructure (Europe, Japan, Singapore, etc)
2. Kendaraan pribadi fully electric. Achievable in US, China & other developed regions
3. Kendaraan pribadi hybrid. Achievable in developed + some developing regions
4. Kendaraan pribadi bensin. Achievable in most countries
5. Kendaraan pribadi diesel. Achievable in most countries, but is starting to be banned in some developed regions.
Buat orang2 macam ane (middle to low income families from developing countries BUT aspiring to participate in reducing environmental destruction), keep using old gasoline cars may be the least painful option, both economically and ecologically. CMIIW
selonggar2nya indo, sekarang makin gampang buat catch up sama standar luar.. di dunia keuangan aja green2an dan ESG thingy uda ga asing lagi sekarang..kunaskun wrote: Sat Jul 09, 2022 13:13 kalau bicara hanya di Indonesia, yang masih longgar soal emisi, keputusan tepat beli diesel asal sanggup kasih Pertadex demi menjaga lingkungan tapi kalau cuek ya hajar biosolar. secara global sudah jelas diesel passenger akan kesandung duluan, apalagi per tahun ini saja kategori commercial di Indo sudah Euro4 dan UD jualan AdBlue (urea) demi jaga emisi. jadi amannya ya beli bensin saja.
kedepannya, selama pemerintahan berikutnya ngikutin pemerintahan yang sangat pro EV, kayanya si mesti siap2 beli EV. terutama segi pajak. sekarang belum berasa, tapi bisa jadi 2-3 tahun lagi tau2 Astra bisa bikin LCGC EV murmer
soal harga EV, gw takutnya kalo EV demand naik, maka harga nickel jg bakal naik dan akhirnya harga EV kaga turun2 deh..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
sebagai pemilik mobil diesel yang slalu isi bbm subsidi, memang enak skrg
tapi gatau sampe kapan bisa bertahan, rasanya uda ga bakal lama. logika saya kalo ngejer efisiensi, mending ga beli mobil baru dulu, jadi wait and see aja
saya mah kaum pekerja doang. lebih pilih kalo punya duit skrg, dijadiin aset yang ga depreciative aja
just my 0.00000002 rupiah. take it with a baskom of salt hehehe
tapi gatau sampe kapan bisa bertahan, rasanya uda ga bakal lama. logika saya kalo ngejer efisiensi, mending ga beli mobil baru dulu, jadi wait and see aja
saya mah kaum pekerja doang. lebih pilih kalo punya duit skrg, dijadiin aset yang ga depreciative aja
just my 0.00000002 rupiah. take it with a baskom of salt hehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue May 30, 2017 8:04
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
sama, gw jg kaum pekerjactopher7 wrote: Sat Jul 09, 2022 15:39 sebagai pemilik mobil diesel yang slalu isi bbm subsidi, memang enak skrg
tapi gatau sampe kapan bisa bertahan, rasanya uda ga bakal lama. logika saya kalo ngejer efisiensi, mending ga beli mobil baru dulu, jadi wait and see aja
saya mah kaum pekerja doang. lebih pilih kalo punya duit skrg, dijadiin aset yang ga depreciative aja
just my 0.00000002 rupiah. take it with a baskom of salt hehehe
sblm pasar saham jebol, gw semangat bener pasang target mau beli mobil listrik karena lumayan bisa buat gantiin powerwall/genset kalo mati lampu.. tapi ketika portfolio saham jebol gini, amount COP kantor jg masih belom jelas, jadi mikir2 mau beli mobil 800 juta.. mentok2 beli HRV 1.5 (meskipun downgrade dari segi mesin dari current cx3 yg penting jauh lebih lega dan muat banyak dibanding cx3) atau wuling almaz yg value for money nya oke banget
nunggu bentukan stargazer kaya apa nanti
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
itu dieselgate malah trainwreck. jadi pintu masuk buat skandal emisi yang lain seperti ketauan BMW dan Mercedes juga pake method yang sama. belakangan jepang mitsubishi juga kena.banglontong wrote: Sat Jul 09, 2022 14:47
ah right, keinget lagi gw soal VW palsuin data uji emisi..
soal harga EV, gw takutnya kalo EV demand naik, maka harga nickel jg bakal naik dan akhirnya harga EV kaga turun2 deh..
https://www.team-bhp.com/news/mitsubish ... 20vehicles.
yang ironi orang berpikir beli EV buat ngurangin ketergantungan minyak, padahal listrik dan produksi EV pake minyak. kalo minyak naik, ya harga produksi naik. apalagi masa sekarang.
ujungnya EV murah jadi cuma mimpi siang bolong.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
ujung2xnya pak tech yang dulu pernah om shareChZ wrote: Mon Jul 11, 2022 2:53
itu dieselgate malah trainwreck. jadi pintu masuk buat skandal emisi yang lain seperti ketauan BMW dan Mercedes juga pake method yang sama. belakangan jepang mitsubishi juga kena.
https://www.team-bhp.com/news/mitsubish ... 20vehicles.
yang ironi orang berpikir beli EV buat ngurangin ketergantungan minyak, padahal listrik dan produksi EV pake minyak. kalo minyak naik, ya harga produksi naik. apalagi masa sekarang.
ujungnya EV murah jadi cuma mimpi siang bolong.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 367
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Era diesel uda di pucuk, pelan pelan berkurang. Keganti bensin turbo atau bensin hybrid.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue May 30, 2017 8:04
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
per sekarang memang supply chain buat pembuatan EV dan sumber listrik buat charge EV emang masih tergantung bahan bakar fosil, tapi ya mudah2an kedepannya makin efisien.. kalo ICE kan banyak energi yang kebuang di panas, at least motor listrik bisa lebih efisien disitu.. tapi ya motivasi utama gw tertarik Ioniq 5 sih bukan soal peduli lingkungan.. in a perfect scenario, gw mo pasang solar panel juga di rumah buat hemat listrik / charge EV kalo darurat.. jadi di skenario doomsday dimana BBM langka dan listrik byarpet, mobil gw masih bisa dicharge dan even energinya bisa disimpen di batrenya buat keperluan esensial rumah (kulkas, kompor listrik)ChZ wrote: Mon Jul 11, 2022 2:53itu dieselgate malah trainwreck. jadi pintu masuk buat skandal emisi yang lain seperti ketauan BMW dan Mercedes juga pake method yang sama. belakangan jepang mitsubishi juga kena.banglontong wrote: Sat Jul 09, 2022 14:47
ah right, keinget lagi gw soal VW palsuin data uji emisi..
soal harga EV, gw takutnya kalo EV demand naik, maka harga nickel jg bakal naik dan akhirnya harga EV kaga turun2 deh..
https://www.team-bhp.com/news/mitsubish ... 20vehicles.
yang ironi orang berpikir beli EV buat ngurangin ketergantungan minyak, padahal listrik dan produksi EV pake minyak. kalo minyak naik, ya harga produksi naik. apalagi masa sekarang.
ujungnya EV murah jadi cuma mimpi siang bolong.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue May 30, 2017 8:04
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
bensin turbo ya hmm.. lebih rewel ga sih kalo dibandingin sama bensin N/A? apakah perawatan bare minimum (tiap 6 bulan sekali ke BeRes) udah cukup?KSG88 wrote: Tue Jul 12, 2022 10:04 Era diesel uda di pucuk, pelan pelan berkurang. Keganti bensin turbo atau bensin hybrid.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
cukup harusnya ya om, asal pake oli dan bbm nya yang bener jangan yang kerehore wkwk. saya yakin seandainya pake pertabo sama amsoil ss, oci sesuai kaga di lama lamain, bakal amanbanglontong wrote:bensin turbo ya hmm.. lebih rewel ga sih kalo dibandingin sama bensin N/A? apakah perawatan bare minimum (tiap 6 bulan sekali ke BeRes) udah cukup?KSG88 wrote: Tue Jul 12, 2022 10:04 Era diesel uda di pucuk, pelan pelan berkurang. Keganti bensin turbo atau bensin hybrid.
diesel turbo di indo tuh mantep, di abuse sama solar goceng dan oli tmo 15w40 juga jalan aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Saya udah 4tahun+ miara gasoline turbo ga ribet sih. 2 mobil pake harian. Yang CRV malah lumayan sering hajar luar kota pre pandemic dulu.banglontong wrote: Wed Jul 13, 2022 6:33bensin turbo ya hmm.. lebih rewel ga sih kalo dibandingin sama bensin N/A? apakah perawatan bare minimum (tiap 6 bulan sekali ke BeRes) udah cukup?KSG88 wrote: Tue Jul 12, 2022 10:04 Era diesel uda di pucuk, pelan pelan berkurang. Keganti bensin turbo atau bensin hybrid.
Cm in the long run ya pasti butu extra maintenance. Kl karet pasti ada umur jd expect bakal perlu diganti jg. Head gasket jg sering jadi korban krn mesin lbh panas.
Tp buat fastmoving aman jaya. Kurleb 5 thn pertama regular maintenance + ron92 gas aja udah cukup dgn asumsi all stock ya.
Kalau tuned ya sama, with more extras wkwkwkwk. Ron98 gas + oli keraton.
Pernah piara jerman dual charger usia 9 tahun juga gak ada trobel di mesin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Unpopular opinion, menurut ogut siih standar euro IV buat kendaraan pribadi udh cukup yaa, asal uji emisi berlaku ( seperti di negara maju kaya beberapa state di US dan singapore misalnya). Yang perlu digalakin itu standar emisi buat pabrik2, yg tiap beroperasi menghasilkan emisi CO2, NOx lebih banyaaak drpd kendaraan pribadi jmn sekarang just my 2cents
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Menurut saya diesel tetap aman meski tercoreng dieselgate. Karena teknologi diesel tetap ada advancement di bidan emisi dan power. Contoh teknologi terbaru antara lain bunsen injector yang mempremix oksigen dengan BBM, sehingga menekan soot dan Nox. Teknologi DPF juga lebih efisien dan lebih murah daripada saat dieselgate. Piezoinjector yg sekarang dipake di mobil diesel Eropa dan Hyundai juga menekan emisi dan menambah power karena injection eventnya lebih banyak (Toyota dan Mitsubishi masih pake solenoid type injector.)
Beda dengan aplikasi mesin bensin yang virtually dapat digantikan baterai, truk, genset, alat berat, traktor, kapal, kereta, mesin industri masih mengandalkan diesel sebagai mesinnya. Daya angkut dan produktivitas mesin2 tersebut bakal sangat kecil kalau dipaksa beralih ke listrik dgn teknologi yg ada sekarang.
Yang terjadi menurut saya ke depan itu akan ada equilibrium, mobil listrik akan terbatas di kota2 atau sebagai mobil ke-2, tapi mobil bensin dan solar tetap laku di negara kita. Tapi insentif pajak mobil listrik akan diperkecil, karena mobil listrik basicnya lebih mahal. Tentu tidak adil bagi warga yg cuma mampu beli mobil BBM bekas, tapi mensubsidi orang kaya yang mampu beli mobil listrik baru.
Beda dengan aplikasi mesin bensin yang virtually dapat digantikan baterai, truk, genset, alat berat, traktor, kapal, kereta, mesin industri masih mengandalkan diesel sebagai mesinnya. Daya angkut dan produktivitas mesin2 tersebut bakal sangat kecil kalau dipaksa beralih ke listrik dgn teknologi yg ada sekarang.
Yang terjadi menurut saya ke depan itu akan ada equilibrium, mobil listrik akan terbatas di kota2 atau sebagai mobil ke-2, tapi mobil bensin dan solar tetap laku di negara kita. Tapi insentif pajak mobil listrik akan diperkecil, karena mobil listrik basicnya lebih mahal. Tentu tidak adil bagi warga yg cuma mampu beli mobil BBM bekas, tapi mensubsidi orang kaya yang mampu beli mobil listrik baru.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Betul om euroIV dah paling pas, diesel enjin makin dicekek emisinya makin problematik. Di luaran negara yang udah eco conscious bikin aturan euro makin tinggi diesel makin banyak yang rewel.daimler wrote: Sat Sep 17, 2022 5:55 Unpopular opinion, menurut ogut siih standar euro IV buat kendaraan pribadi udh cukup yaa, asal uji emisi berlaku ( seperti di negara maju kaya beberapa state di US dan singapore misalnya). Yang perlu digalakin itu standar emisi buat pabrik2, yg tiap beroperasi menghasilkan emisi CO2, NOx lebih banyaaak drpd kendaraan pribadi jmn sekarang just my 2cents
Missing linknya di situ om, transport pribadi itu cm 14% dari total emisi. Ada yang itung2 kl kita pindah ke listrik semua, sebenernya total emisinya tetep segitu-segitu aja krn infrastruktur power grid dll jg abisin energi gede.
Sisanya industri ma alat berat, aktivitas penambangan pembangunan included. Percuma donk pindah mbl listrik tapi proyek abisin anggaran akhir taun jalan terus.
Harusnya kl gini yang disubsidi ya dex bukan biosolar. Itu truk truk gmn mau naik grade emisinya kalo disuruh euro4 tapi dex mahal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Kalimat terakhir, setuju aja untuk mempercepat penetrasi dex. Namanya juga komentar orang awam.. [emoji2960]ChZ wrote:Betul om euroIV dah paling pas, diesel enjin makin dicekek emisinya makin problematik. Di luaran negara yang udah eco conscious bikin aturan euro makin tinggi diesel makin banyak yang rewel.daimler wrote: Sat Sep 17, 2022 5:55 Unpopular opinion, menurut ogut siih standar euro IV buat kendaraan pribadi udh cukup yaa, asal uji emisi berlaku ( seperti di negara maju kaya beberapa state di US dan singapore misalnya). Yang perlu digalakin itu standar emisi buat pabrik2, yg tiap beroperasi menghasilkan emisi CO2, NOx lebih banyaaak drpd kendaraan pribadi jmn sekarang just my 2cents
Missing linknya di situ om, transport pribadi itu cm 14% dari total emisi. Ada yang itung2 kl kita pindah ke listrik semua, sebenernya total emisinya tetep segitu-segitu aja krn infrastruktur power grid dll jg abisin energi gede.
Sisanya industri ma alat berat, aktivitas penambangan pembangunan included. Percuma donk pindah mbl listrik tapi proyek abisin anggaran akhir taun jalan terus.
Harusnya kl gini yang disubsidi ya dex bukan biosolar. Itu truk truk gmn mau naik grade emisinya kalo disuruh euro4 tapi dex mahal.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Serba salah emisi vs cost operasional. nanti kalau solar ga disubsidi, malah ekonomi indonesia yang ancur. nanti belanja online kirim barang reguler bukan 9rb lagi, atau ga ada bebas ongkir lagiChZ wrote: Sat Sep 17, 2022 7:16
Harusnya kl gini yang disubsidi ya dex bukan biosolar. Itu truk truk gmn mau naik grade emisinya kalo disuruh euro4 tapi dex mahal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
makin euro naik, makin mahal jg tuh mobilChZ wrote: Sat Sep 17, 2022 7:16Betul om euroIV dah paling pas, diesel enjin makin dicekek emisinya makin problematik. Di luaran negara yang udah eco conscious bikin aturan euro makin tinggi diesel makin banyak yang rewel.daimler wrote: Sat Sep 17, 2022 5:55 Unpopular opinion, menurut ogut siih standar euro IV buat kendaraan pribadi udh cukup yaa, asal uji emisi berlaku ( seperti di negara maju kaya beberapa state di US dan singapore misalnya). Yang perlu digalakin itu standar emisi buat pabrik2, yg tiap beroperasi menghasilkan emisi CO2, NOx lebih banyaaak drpd kendaraan pribadi jmn sekarang just my 2cents
yg susah bukan enjin nya, tpi sistem exhaustnya. belom mesti colok adblue segala. mahal & ribett
yg eu6 aja skrg udah 3 lapis tuh katalis, DP, midpipe sama di muffler. eu7 berapa lapis tuh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Standar emisi masa depan vs tipe mesin (bensin vs diesel)
Sebenarnya aturan euro bagus sekali untuk kesehatan pengendara motor, yang setiap hari berjibaku dengan asap kendaraan