Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
tp saran sy sebelum beli relay baru ditest dulu sirkuitnya utk power n ground nya.
atau bisa pinjem dr relay sebelah2nya utk ngetes.
tp kl etcs relay problem dgn P code itu biasanya digas ga mau tinggi rpm nya. sy ga tau apakah ada hub nya dgn radiator fan keep on apa engga.
oh ya, sebelum ngeclear dtc itu freeze frame data nya di foto dulu pake HP. kl ngga ikut kedelete. siapa tau perlu itu freeze frame data, yaitu data2 lain ketika P code tsb detected spt kecepatan, suhu, rpm, dll.
Jangan2
Ini gara2 relay nya made in minangsuang punya kl mbah
tp saran sy sebelum beli relay baru ditest dulu sirkuitnya utk power n ground nya.
atau bisa pinjem dr relay sebelah2nya utk ngetes.
tp kl etcs relay problem dgn P code itu biasanya digas ga mau tinggi rpm nya. sy ga tau apakah ada hub nya dgn radiator fan keep on apa engga.
oh ya, sebelum ngeclear dtc itu freeze frame data nya di foto dulu pake HP. kl ngga ikut kedelete. siapa tau perlu itu freeze frame data, yaitu data2 lain ketika P code tsb detected spt kecepatan, suhu, rpm, dll.
Jangan2
Ini gara2 relay nya made in minangsuang punya kl mbah
bukan juga mbah. bisa dr kabel korosi atau short atau digigit tikus. bisa jg dr salah pake busi. itu di video di atas mekaniknya udah cek circuit integrity semua fine2 aja. suspek terakhir businya, eh bener, busi apv dipake
Untuk busi terakhir ganti di beres honda nov 2021, dan km baru menyentuh 7000. Seharusnya kode busi tidak mungkin salah, tp bsk saha coba minta bengkel buka businya.
Gejalanya sekarang terkadang fan saat nyangkut nyala lama dan kencang, ac posisi off, saya coba mainin gas, dengan tempo tak menentu. Lalu fan mati. Perjalanan paling baru 10 menit dari rumah.
Ini saya ada foto sekring buku manual, tapi yang mana ya utk relay etcs?
Saya coba cari 15 A tp tidak ada keterangan yg langsung bilang etcs ya.
IMG_20220904_171702.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
di buku owners manual itu ga ada petunjuk relay, cuma petunjuk sekring.
kl busi yakin ga salah ya udah. dan bisa digas rpm tinggi berarti itu mungkin dtc yg lampau tp belum di clear. coba aja di clear dtc nya. mau hilang permanen atau nanti muncul lagi dtc itu.
kl masalah fan nyala lama tp kan toh itu bisa mati juga. nyala lama atau sebentar ya tergantung suhu ect nya berapa. hrs pake scanner masuk ke live data pilih PID nya: ECT dan Radiator Fan Signal. dr situ keliatan suhu brp fan on dan suhu brp dia off.
kl dr analisa tsb terlihat ketika fan on tp suhu ect turunnya lama banget barulah cek efisiensi radiator dan kawan2nya dlm membuang kalor.
oya 1 lagi yg sering terjadi, itu fan pernah diganti dgn produk aftermarket ga? kl pernah coba cek arah semburan angin nya, harusnya yg betul dr depan bemper ke arah dalam mesin. bukan dr dalam mesin ke depan bemper.
itu fan aftermarket cungkwo banyak yg kebalik terminal kabelnya jd si fan muternya berlawanan arah.
ini juga bisa bikin fan jalan terus krn ga berhasil dinginin radiator coolant.
ini contoh fan cungkwo arah muternya kebalik. pake tissue atau kertas utk tes arah semburannya.
coba cek arah semburan angin nya, harusnya yg betul dr depan bemper ke arah dalam mesin. bukan dr dalam mesin ke depan bemper.
itu fan aftermarket cungkwo banyak yg kebalik terminal kabelnya jd si fan muternya berlawanan arah.
coba cek arah semburan angin nya, harusnya yg betul dr depan bemper ke arah dalam mesin. bukan dr dalam mesin ke depan bemper.
itu fan aftermarket cungkwo banyak yg kebalik terminal kabelnya jd si fan muternya berlawanan arah.
menertawakan diri sendiri....
sy malah nertawain yg bikinnya. haha murah sih murah tp nyusahin orang. diprank overheat.
coba cek arah semburan angin nya, harusnya yg betul dr depan bemper ke arah dalam mesin. bukan dr dalam mesin ke depan bemper.
itu fan aftermarket cungkwo banyak yg kebalik terminal kabelnya jd si fan muternya berlawanan arah.
menertawakan diri sendiri....
sy malah nertawain yg bikinnya. haha murah sih murah tp nyusahin orang. diprank overheat.
trus apes nya lg kl dbawa nya ke montir2 depan musatek asemreges sana
dipasangin extra fan kaya jaman kijang super dulu
yg ada makin mabok tuh ECT sensor, kipas ud sekenceng2 nya koq malah makin panas
sy malah nertawain yg bikinnya. haha murah sih murah tp nyusahin orang. diprank overheat.
pernah ngalamin dulu mbah, jaman pake 18TL lagi macet²an di ciawi temperatur makin naik lebih dari setengah... iseng periksa sama bapak, kok asap rokok malah ketiup bukannya kesedot?
Omnibus wrote:di buku owners manual itu ga ada petunjuk relay, cuma petunjuk sekring.
kl busi yakin ga salah ya udah. dan bisa digas rpm tinggi berarti itu mungkin dtc yg lampau tp belum di clear. coba aja di clear dtc nya. mau hilang permanen atau nanti muncul lagi dtc itu.
kl masalah fan nyala lama tp kan toh itu bisa mati juga. nyala lama atau sebentar ya tergantung suhu ect nya berapa. hrs pake scanner masuk ke live data pilih PID nya: ECT dan Radiator Fan Signal. dr situ keliatan suhu brp fan on dan suhu brp dia off.
kl dr analisa tsb terlihat ketika fan on tp suhu ect turunnya lama banget barulah cek efisiensi radiator dan kawan2nya dlm membuang kalor.
oya 1 lagi yg sering terjadi, itu fan pernah diganti dgn produk aftermarket ga? kl pernah coba cek arah semburan angin nya, harusnya yg betul dr depan bemper ke arah dalam mesin. bukan dr dalam mesin ke depan bemper.
itu fan aftermarket cungkwo banyak yg kebalik terminal kabelnya jd si fan muternya berlawanan arah.
ini juga bisa bikin fan jalan terus krn ga berhasil dinginin radiator coolant.
ini contoh fan cungkwo arah muternya kebalik. pake tissue atau kertas utk tes arah semburannya.
Untuk fan sptnya blom perna diganti, cuma saya ga dapat bon bon perawatan beresnya. Hamya dicoret aja di buku servis utk perawatannya.
Besok saya coba cek lagi utk arah fan. Tadi di tes lagi sendiri oleh saya sepanjang perjalanan 15-20 menit kipas nya on terus, baru mati ketika saya starter ulang lagi.
Ketika colok live data, kipasnya normal mulai nyala ketika suhu 96 derajat dan bergerak kencang ketika 98 derajat, tapi tidak lama nyala fan nya.
PR jazz ini ada 2 yaitu kipas fan kadang nyangkut dan bunyi kaki2.
Kemarin saya 6 hari fokus bereskan kaki2, karet support, link stabil, tie rod, long tie rod semua sudah ganti baru. Bushing rack stir sudah servis, tapi ada bunyi gluduk2 belum hilang sepenuhnya dan bengkel sudah akan menyerah cari bunyi tersebut sehingga utk kipas fan hanya cek sekilas dan dibilang normal kecuali hasil scan trakhir itu ects malfunction.
Escaflowne wrote: Sun Sep 04, 2022 15:08
Untuk fan sptnya blom perna diganti, cuma saya ga dapat bon bon perawatan beresnya. Hamya dicoret aja di buku servis utk perawatannya.
Besok saya coba cek lagi utk arah fan. Tadi di tes lagi sendiri oleh saya sepanjang perjalanan 15-20 menit kipas nya on terus, baru mati ketika saya starter ulang lagi.
Ketika colok live data, kipasnya normal mulai nyala ketika suhu 96 derajat dan bergerak kencang ketika 98 derajat, tapi tidak lama nyala fan nya.
PR jazz ini ada 2 yaitu kipas fan kadang nyangkut dan bunyi kaki2.
Kemarin saya 6 hari fokus bereskan kaki2, karet support, link stabil, tie rod, long tie rod semua sudah ganti baru. Bushing rack stir sudah servis, tapi ada bunyi gluduk2 belum hilang sepenuhnya dan bengkel sudah akan menyerah cari bunyi tersebut sehingga utk kipas fan hanya cek sekilas dan dibilang normal kecuali hasil scan trakhir itu ects malfunction.
sepanjang perjalanan 15-20 menit kipas nya on terus, baru mati ketika saya starter ulang lagi.
>>harusnya ketika ini terjadi diliat di live data, berapa suhu ect nya? apakah ada penurunan suhu selama fan menyala atau tidak. kl tdk ada penurunan suhu ya pantas fan nyala terus krn ecm memerintahkan utk terus nyala. problemnya kenapa suhu ga mau turun.
Ketika colok live data, kipasnya normal mulai nyala ketika suhu 96 derajat dan bergerak kencang ketika 98 derajat, tapi tidak lama nyala fan nya.
>>momen menyala nya normal. tapi momen matinya di suhu brp? harusnya mati itu di sekitar 86°C di jazz GK saya (by live data scanner). jd kl u bilang "tidak lama nyala fan nya", itu sampe suhu turun ke berapa fan mati?
tp drpd ga kelar2 mending bawa ke beres, suruh kuras coolant ganti yg baru sama sekalian cek fungsi motor fan nya.
ttg kaki2 msh ada karet roti (karet stabilizer bar yg ke subframe) dan bushing control arm yg belom diganti. usahakan pakai parts genuine beli di beres. terutama karet support shock. kl pake gebox atau kw sdh hampir pasti bunyi ga hilang. buang uang doang.
harusnya mati itu di sekitar 86°C di jazz GK saya (by live data scanner).
ngga salah mati di 86°c? kok di scanner saya fan mati di kisaran 91°-92°c?
kalo nyala, kadang di 96° kadang di 95°c. ini umum di mesin honda L15 nggak cuma GK.
ttg kaki2 msh ada karet roti (karet stabilizer bar yg ke subframe) dan bushing control arm yg belom diganti. usahakan pakai parts genuine beli di beres. terutama karet support shock. kl pake gebox atau kw sdh hampir pasti bunyi ga hilang. buang uang doang.
jangan² cuma karena castle nut ditorsi 2 n.m alias hand tighten...
atau bisa jadi kasus kaya mbah blower tempo hari, stabil link nut kendor.
harusnya mati itu di sekitar 86°C di jazz GK saya (by live data scanner).
ngga salah mati di 86°c? kok di scanner saya fan mati di kisaran 91°-92°c?
kalo nyala, kadang di 96° kadang di 95°c. ini umum di mesin honda L15 nggak cuma GK.
ttg kaki2 msh ada karet roti (karet stabilizer bar yg ke subframe) dan bushing control arm yg belom diganti. usahakan pakai parts genuine beli di beres. terutama karet support shock. kl pake gebox atau kw sdh hampir pasti bunyi ga hilang. buang uang doang.
jangan² cuma karena castle nut ditorsi 2 n.m alias hand tighten...
atau bisa jadi kasus kaya mbah blower tempo hari, stabil link nut kendor.
ya mirip lah ama yg di tret sebelah, kenapa lg jalan tiba2 mobil mati.
ntu kan bisa dr mur aki kendor sampe fuel pump. ga taunya gara2 batere remote soak.
ya mirip lah ama yg di tret sebelah, kenapa lg jalan tiba2 mobil mati.
ntu kan bisa dr mur aki kendor sampe fuel pump. ga taunya gara2 batere remote soak.
gimana caranya tau. mbah ono aja diem ga jawab.
saya udah tau tapi sengaja gamau jawap.... ilmunya dapet dari koh
ttg kaki2 msh ada karet roti (karet stabilizer bar yg ke subframe) dan bushing control arm yg belom diganti. usahakan pakai parts genuine beli di beres. terutama karet support shock. kl pake gebox atau kw sdh hampir pasti bunyi ga hilang. buang uang doang.
jangan² cuma karena castle nut ditorsi 2 n.m alias hand tighten...
atau bisa jadi kasus kaya mbah blower tempo hari, stabil link nut kendor.
ya mirip lah ama yg di tret sebelah, kenapa lg jalan tiba2 mobil mati.
ntu kan bisa dr mur aki kendor sampe fuel pump. ga taunya gara2 batere remote soak.
gimana caranya tau. mbah ono aja diem ga jawab.
Mbah klo di xpander kmrn sy coba,
Batre remote soak mah nyala warning di MID "batre remot lemah sahwat"
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sekitar tu deket. 89 sampe 91 masih diterima.
lha ini 86 ke 91.... udah lain kecamatan.
haiyyyaaaaaaaa........
preett
iya ngana bener 91-92
kl yg 86 itu kl digas alus jd water pump deras, bisa ke 86. itu jg kl ga salah inget. pokoknya kok sering bgt sy liat nongkrong di 86 itu n fan ga nyala. apa nyala ya krn sambil pake ac.
ya mirip lah ama yg di tret sebelah, kenapa lg jalan tiba2 mobil mati.
ntu kan bisa dr mur aki kendor sampe fuel pump. ga taunya gara2 batere remote soak.
gimana caranya tau. mbah ono aja diem ga jawab.
saya udah tau tapi sengaja gamau jawap.... ilmunya dapet dari koh
kl yg 86 itu kl digas alus jd water pump deras, bisa ke 86. itu jg kl ga salah inget. pokoknya kok sering bgt sy liat nongkrong di 86 itu n fan ga nyala. apa nyala ya krn sambil pake ac.
..... kabur aja deh
86° kayanya kalo lagi turunan panjang banget dan ambien temp 18°c.