[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Ga mau ribet. Toh murah jg oli beres
Maklum masi pake mobil jadul umur udah 9 taon
Ntah kalo nanti ada rejeki beli mobil anyar diatas stgh milyard. Mungkin iseng kasi oli sultan deh wkwkw
Maklum masi pake mobil jadul umur udah 9 taon
Ntah kalo nanti ada rejeki beli mobil anyar diatas stgh milyard. Mungkin iseng kasi oli sultan deh wkwkw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1376
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Iyoo om, mumpung msh gratisomnyanaira wrote: Wed Aug 31, 2022 0:04Klo skrg pas udh ganti XP pake olinya apa om kenop??kenop wrote: Tue Aug 30, 2022 6:17 Pake SGO dr baru sampe 160rb km pas dijual, krn murah dan sekalian servis berkala (yg jasanya murah jg di suzuki)
Oli mitsubhisi jg kah om?

Sm biar ngga usah pindah2 bengkel buat ganti oli sm servis berkalanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Penasaran ini om b0ku pake gerobak apa dan atf aftermarketnya apa, H tegak kah? Soalnya 5AT jadulnya pernah dibedah oleh member BiTOG rada beda, dan kandungan ATF Z1/DW1 juga rada beda dengan kebanyakan ATF lainb0ku wrote: Mon Aug 29, 2022 23:40 itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian![]()
kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas![]()
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
itulah. oli beres kadang ngga transparan cuma dibilang "sudah di formulasikan sesuai dengan mobil mobil kami, gak pake ini ya resiko garansi hangus".daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Belum lagi oli2 sebenernya ada 5 grup ga hanya mineral dan sintetis doang. Botol oli paling cm nyantumin API, SAE. Bbrp ada yg ILSAC sama ACEA, tapi oli beres sejauh ini cuma API sama SAE. Mana kalo mau tah MSDS atau PDS nya kudu googling, setidaknya klo disediain QR code di botol oli yg merujuk ke MSDS/PDS kan lebih detil, ibaratnya itu komposisi nilai gizi olinya ya
pdhl ada kejadian ya diem diem bae, pokoknya tau tau nanti ganti oli berikutnya udah beda aja jenisnya

mbah apa ini yang bikin subaru XV rasanya lemot gila yah... dulu unit TD di sini rasanya lelet bener. udah awd olinya berat gituac235287 wrote: Tue Aug 30, 2022 22:35 Teringat dulu waktu pake subaru XV, sama beres dikasi oli mobil1 5w50, hahhaahah. Ane protes sampe email ke motor image JKT. Akhirnya OCi selanjutnya beres Subaru d kota ane nyetok Shell hx8 5w30. Subaru XV d bukman minta 0w20 sampe buntut 30 hahha. Untung ane protes, hitung2 nolong konsumen lain yg gak ngeh.

wkwkwkwkkw ane masih gini mbah. biasa indikator oil life di civic nyalanya bisa pas per 1/2 taun.DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
bon-bon servis pun masukin ke buku semua. buat record

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
pake crv gen 2 om atfnya spirax shell jaman itu paling mahal saya pake seliter 70rban kalo gak salahariswp wrote: Wed Aug 31, 2022 2:11
Penasaran ini om b0ku pake gerobak apa dan atf aftermarketnya apa, H tegak kah? Soalnya 5AT jadulnya pernah dibedah oleh member BiTOG rada beda, dan kandungan ATF Z1/DW1 juga rada beda dengan kebanyakan ATF lain

ternyata lupa honda bikin gearboxnya sendiri keknya gak cocok akhirnya bubar di km 70rban umur 7th overhaul ganti kopling abis 8jtan ud gitu kejebak pula deket situ ada amiaw akhirnya buru2x bawa ke amiaw gigi cuma fungsi gigi 2 doank

sejak itu semua honda pake atf honda mulu baek2x aja tuh padahal saya pake jazz freed ud mau 10th semua freed malah ud 125rbkm baek2x aja jazz 90rb juga baek2x aja
itu ke 2 kali saya urusan sama kopling jackpot sebelomnya manual chevy optra saya tarik gigi 2 sampe 80kmh abis itu lsg gak mau masuk gigi akhirnya masih bisa pulang pake gigi 3 doank cepaka putih-gading cuma pake gigi 3, lucunya pas mau parkir lagi posisi mobil pararel eh ud gak mau masuk gigi sama sekali karena ud sampe rumah ya ud tinggalin aja besoknya di cek koplingnya bubar

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"

karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasaSuryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"
![]()

malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar

berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi..........

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
b0ku wrote: Wed Aug 31, 2022 3:56bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasaSuryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"
![]()
![]()
malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar![]()
berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi..........![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Tergantung bengkel resmi mana, klo BMW & Mercedes malah saya percaya sama oli bawaan mereka.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
kenapa pakai bawaan beres ?
karena "GRATIS"
masih dapet free service soalnya, nanti kalo udah abis free service seandainya ngak bisa di perpanjang paketan servicenya baru deh ganti yg lain
karena "GRATIS"

masih dapet free service soalnya, nanti kalo udah abis free service seandainya ngak bisa di perpanjang paketan servicenya baru deh ganti yg lain

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih bangetrendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Lah itu mikrolet2, kwk, kojang jaya dkk emg perna ganti oli slama idup nya, wong tinggal top up mulub0ku wrote: Wed Aug 31, 2022 3:56bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasaSuryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"
![]()
![]()
malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar![]()
berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi..........![]()

numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
literasi membaca nya kurangDOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih bangetrendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Padahal DGO 5w30 bisa murah ya wkwkwkwkwkwkDOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih bangetrendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Yg punya sigra sih lebih enak
Yasudahlah mbah, trit oli setaun aja bisa ganti rumah, tapi kenyataannya di trit ini aja masih banyak yg ga peduli soal oli.. malah kita yg dianggep aneh..
Org indo kudu kejedot dulu baru tau sakit..
Nnti kalo mesinnya rusak paling yg disalahin mobilnya...


gaspol resing tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Montir2 masih banyak yg belajar ilmu turun temurun mbah, RI negara tropis mobil apapun (agya sampe alphard) oli nya mesti kentel, mereka percaya sesepuh nya bukan percaya engineer & manual book.DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih bangetrendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
ngakalin aja di 5000 km ganti sendiri di bengkel luar
nnti 10 rebu km ke beres..
15 rebu km ganti lagi..
selama msh garansi nurut2 aja deh wkwkwk
begitu garansi abis ya bye2 bengkel resmi
tp untungnya bengkel ford auto kencana ane dr dlu ga ngilangin angus garansi kalo ganti oli diluar sih
jd aman wkwk bisa pake oli bagusan, kalo penyakit ud berat kek TCM / transmisi / Cooling system baru deh ke Beres
nnti 10 rebu km ke beres..
15 rebu km ganti lagi..
selama msh garansi nurut2 aja deh wkwkwk
begitu garansi abis ya bye2 bengkel resmi

tp untungnya bengkel ford auto kencana ane dr dlu ga ngilangin angus garansi kalo ganti oli diluar sih
jd aman wkwk bisa pake oli bagusan, kalo penyakit ud berat kek TCM / transmisi / Cooling system baru deh ke Beres
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
NAH mungkin itu mikrolet pistonya ud abis kali ringnya jadi pas piston naek ikut semprotin oil ke ruang bakarDOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:21
Lah itu mikrolet2, kwk, kojang jaya dkk emg perna ganti oli slama idup nya, wong tinggal top up mulu![]()

ya bener om gak usah ganti oli tinggal isi bbm sama isi oli kan dibakar semua

emang 2 tak doank kudu isi oli 4tak juga bisa

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Bicara soal TMO 10W40 pernah suatu kali pas lagi servis di beres toyota, ngelihat Cayla dikasi TMO 10W40DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20 Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Lalu tanya ke Kabeng nya "Bukan nya LCGC butuh nya oli 0W20 yah?"
Ditunjukin label belakang nya TMO 10W40 ada tulisan:
"TMO 10W40 adalah formula yang disetujui oleh toyota untuk mesin bensin toyota, cocok digunakan untuk semua mesin mobil baik SUV, MPV, Sedan, Hatchback, maupun LCGC"



foto tulisan belakang TMO 10W40
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Mesin sapu jagatarfs wrote: Wed Aug 31, 2022 14:28Bicara soal TMO 10W40 pernah suatu kali pas lagi servis di beres toyota, ngelihat Cayla dikasi TMO 10W40DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20 Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget
Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Lalu tanya ke Kabeng nya "Bukan nya LCGC butuh nya oli 0W20 yah?"
Ditunjukin label belakang nya TMO 10W40 ada tulisan:
"TMO 10W40 adalah formula yang disetujui oleh toyota untuk mesin bensin toyota, cocok digunakan untuk semua mesin mobil baik SUV, MPV, Sedan, Hatchback, maupun LCGC"![]()
![]()
foto tulisan belakang TMO 10W40
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Kalo kondisi seperti itu di engine flush bisa bersihin ga mbah? Atau dibongkar mesinnya dibersihin langsung?rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00 yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...
keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Iya suhu, nubi jg beberapa kali sempat servis di beres.Suryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.
cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd
"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"
![]()
Ya kata salah satu suhu, BMW bbrapa tipenya salam satu mesin juga. Lebih tenang juga percayain ke beresDat510 wrote: Wed Aug 31, 2022 4:10 Tergantung bengkel resmi mana, klo BMW & Mercedes malah saya percaya sama oli bawaan mereka.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Bisa jd jurus balesannya sales honda kalo dibully salam satu mesin
"Eh, kaya udah bener aja ganti olinya, masih kasi mesin turbo gdi modern 10w40 mah ga usa sok ngebully"

"Eh, kaya udah bener aja ganti olinya, masih kasi mesin turbo gdi modern 10w40 mah ga usa sok ngebully"

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
turbo kalo mau aman mah kasih aja yang kentel soalnya mesinya panas itu pajero saya aja jorok banget oli turbonya kemana2xChZ wrote: Wed Aug 31, 2022 17:04 Bisa jd jurus balesannya sales honda kalo dibully salam satu mesin
"Eh, kaya udah bener aja ganti olinya, masih kasi mesin turbo gdi modern 10w40 mah ga usa sok ngebully"
![]()

ini malah di kasih oli 5w30 kelasnya kelas std lagi bukan fully syntetic biasanya kalo 5w30 kelas murah itu top speednya berasa banget kesunatnya, saya pake 5w30 yang fully syntetic baru balance antara putaran bawah sama top speednya biarpun kesunat dikit

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Hahah ya gitu deh beres suba*u, kalo unit testdrive itu lemot karena d isi Pertamax Om ( mngkin jg pertalite) padahal minimal ron95. Isi Pertamax aja bakal super lemot+ ngelitik halus.ChZ wrote: Wed Aug 31, 2022 2:29
mbah apa ini yang bikin subaru XV rasanya lemot gila yah... dulu unit TD di sini rasanya lelet bener. udah awd olinya berat gitu