Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
AC ga ikut dalam perawatan berkala karena entah alasan kenapa di kitab primbon boil ga dicantumkan perawatannya tiap brp km or bulan. Ga kaya oli2, filter, dkk yg ada interval dari kitab primbonnya. Katanya juga tambah freon ga disarankan lbih baik kuras trs isi ulang freon baru. Nubie masih bingung jg kebenarannya gimana soal AC boil
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3daimler wrote: Wed Aug 24, 2022 13:09 AC ga ikut dalam perawatan berkala karena entah alasan kenapa di kitab primbon boil ga dicantumkan perawatannya tiap brp km or bulan. Ga kaya oli2, filter, dkk yg ada interval dari kitab primbonnya. Katanya juga tambah freon ga disarankan lbih baik kuras trs isi ulang freon baru. Nubie masih bingung jg kebenarannya gimana soal AC boil
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.
Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.

Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
kalo alasannya karena disupply pihak ke-3 aki mobil jg, ban mobil jg tapi di kitabnya tetep ada interval buat ngeceknyaSuryaputra wrote: Wed Aug 24, 2022 13:23
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.
Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.
Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat![]()

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
ntah lahdaimler wrote: Wed Aug 24, 2022 14:21kalo alasannya karena disupply pihak ke-3 aki mobil jg, ban mobil jg tapi di kitabnya tetep ada interval buat ngeceknyaSuryaputra wrote: Wed Aug 24, 2022 13:23
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.
Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.
Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat![]()
![]()

tp ngecek ac lbh simple, dingin atau kurang, bau atau nggak, dan suara kompresornya gmn ketika on

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan
, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja
, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Apa pengaruh kompresor non ori ya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Harusnya nga terlalu ngaruh ya kompresor ori non ori (harga yg ori bikin mules). Takaran freon semua sudah sesuai bengkel yg servis. Intinya kalo siang itu kabin susah dingin, kalo di rasa di depan kisi2 ac itu ga kerasa nyezzzz. Kalo pagi malam masih lumayan lebih dingin.ariswp wrote: Tue Aug 30, 2022 6:35Apa pengaruh kompresor non ori ya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Jadi awalnya ac udah lama ga terlalu dingin tapi krn saya jarang pake (dipake buat antar ponakan sekolah) dan kakak yg pake ga rewel ya dibiarin aja. Akhirnya saya yg penasaran soalnya tiap kali saya pake kok ga dingin, pas ditempelin di depan kisi2 ac juga nga bisa kerasa nyezzz. AKhirnya saya bawa ke bengkel, di flush vakum segala macam dll dkk, habis itu dingin setengah hari trus panas lagi, ternyata magnetic clutch katanya kebakarwicaksono99 wrote: Tue Aug 30, 2022 7:59Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
![]()


Pas penggantian kompresor udah di flush lagi semua, oli kompresor katanya sampe hitam ada gram2nya udah kelamaan nga di maintenance. Habis ganti kompresor memang beda suaranya, kalo dulu pas kompresor nyala ada bunyi2, habis ganti kalau nyala tinggal bunyi 'klik' lembut aja. Cuma masalah dingin nya kabin tetap aja nga bisa nyezzzzz, apalagi kalo siang, jadi kayaknya pengabutan hawa dingin di evaporatornya tidak maksimal (evap masih bagus tidak bocor/buntu).
Sempat baca2 memang Swift ini kompresor bawaan ac nya kurang dingin maksimal, beneran atau nga saya nga tau deh
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Sep 07, 2022 3:18
- Location: Tangerang-Jakarta
- Daily Vehicle: Avanza Veloz 2016 Manual
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
tebakan saya da sesuatu dengan kompresor nya om.AKAI88 wrote: Wed Sep 07, 2022 3:37 Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya?![]()
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kondensor udah cek bocor gaknya blum om? Klo gak bocor, mungkin perlu upgrade riben yg IRR nya tinggi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
misi om mau tny, sy habis check up ac inova di bengkel spesialis ac. jadi ceritanya 2 tahun lalu freon habis, sudah direfil trus sekarang habis lagi. sama bengkel divonis evap bocor dan harus ganti evap depan belakang (double blower) dgn biaya 4.5jt termasuk jasa. minta infonya om apakah itu harga yg wajar ya?
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Compressornya pake apa? Swift kalo mau hemat biaya pake Ertiga. Kalo udah jebol, Condenser dan Expansion Valve harus ganti.peterming77 wrote:Harusnya nga terlalu ngaruh ya kompresor ori non ori (harga yg ori bikin mules). Takaran freon semua sudah sesuai bengkel yg servis. Intinya kalo siang itu kabin susah dingin, kalo di rasa di depan kisi2 ac itu ga kerasa nyezzzz. Kalo pagi malam masih lumayan lebih dingin.ariswp wrote: Tue Aug 30, 2022 6:35Apa pengaruh kompresor non ori ya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Jadi awalnya ac udah lama ga terlalu dingin tapi krn saya jarang pake (dipake buat antar ponakan sekolah) dan kakak yg pake ga rewel ya dibiarin aja. Akhirnya saya yg penasaran soalnya tiap kali saya pake kok ga dingin, pas ditempelin di depan kisi2 ac juga nga bisa kerasa nyezzz. AKhirnya saya bawa ke bengkel, di flush vakum segala macam dll dkk, habis itu dingin setengah hari trus panas lagi, ternyata magnetic clutch katanya kebakarwicaksono99 wrote: Tue Aug 30, 2022 7:59Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya?peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan, dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).
Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja, tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
![]()
udah dibenerin dingin lagi cuma setengah hari trus kompresor mati total, ternyata setelah di cek ulang magnetic clutch nya lepas krn kompresor macet
. Ya memang udah mempersiapkan diri ganti kompresor sih soalnya mobil udah jalan 100rb km.
Pas penggantian kompresor udah di flush lagi semua, oli kompresor katanya sampe hitam ada gram2nya udah kelamaan nga di maintenance. Habis ganti kompresor memang beda suaranya, kalo dulu pas kompresor nyala ada bunyi2, habis ganti kalau nyala tinggal bunyi 'klik' lembut aja. Cuma masalah dingin nya kabin tetap aja nga bisa nyezzzzz, apalagi kalo siang, jadi kayaknya pengabutan hawa dingin di evaporatornya tidak maksimal (evap masih bagus tidak bocor/buntu).
Sempat baca2 memang Swift ini kompresor bawaan ac nya kurang dingin maksimal, beneran atau nga saya nga tau deh
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Agak sedikit kemahalan, tp tergantung daerah lg sih.MaddMaxx wrote:misi om mau tny, sy habis check up ac inova di bengkel spesialis ac. jadi ceritanya 2 tahun lalu freon habis, sudah direfil trus sekarang habis lagi. sama bengkel divonis evap bocor dan harus ganti evap depan belakang (double blower) dgn biaya 4.5jt termasuk jasa. minta infonya om apakah itu harga yg wajar ya?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Compressor bisa kemungkinan. Tp harus dicek dulu kan, apa bener compnya atau pulley2 yg lain. Karena saat Comp menyala, tekanan belt jg jadi lebih kenceng. Ngga dingin banyak faktor, bisa Compnya, bisa kurang freon, bisa motor fan lemah, dllAKAI88 wrote:Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Temperatur main di berapa? Coba fan 1, temperatur 3/4. Atau kalo yg udah tipe V main di 24.MaddMaxx wrote:misi om mau tny om, sy ada inofa bensin 2013. dr baru blm pernah perawatan ac, cuma rutin ganti oli kompresor sama filter kabin aja. waktu itu pernah awal 2021 mobil ga dipake sebulan tiba2 AC ga dingin, trus ditambah freon, sampe skrg dingin lg sih. cuma sekarang kalo pas idle fan nya di 2 bar, magnet clutch ga main, lock terus. tp kalo stel fan di 1 bar main tuh magnet clutch nya on-off 1-2 menit sekali. trus kalo diliat di sight glass, udah keliatan busa2nya gitu pas AC nyala. itu apa normal apa ga ya?
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Saya pake all new ertiga, emang sistem ac belakang begitu.. Tetap ada freon ngalir walau blower gak nyala (kalau sistem ac depan tetap nyala).. Kalau disentuh tangan grill acnya pasti ada dingin2nya. Itu normal kok. Kalau kaca film depan udah berapa lama gak ganti? Itu bisa jadi salah satu ac kurang cepat dingin tapi hanya dalam kondisi cuaca panas, kalau cuaca dingin harusnya gak pengaruh.r1409 wrote: Tue Sep 13, 2022 3:22ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Sharing Wagon R '14
Pekerjaan : (termasuk jasa)
1. Ganti Kompresor ori
2. Ganti MC ori
3. Ganti dryer
4. Ganti selang hitam besar
5. Cleaning evap
6. Cleaning blower & filter
7. Vakum & flush jalur freon
8. Refill oli AC & freon
Total 5jt an
Pekerjaan : (termasuk jasa)
1. Ganti Kompresor ori
2. Ganti MC ori
3. Ganti dryer
4. Ganti selang hitam besar
5. Cleaning evap
6. Cleaning blower & filter
7. Vakum & flush jalur freon
8. Refill oli AC & freon
Total 5jt an
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.
AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.
AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Gapapa, cuma suaranya aja kurang enak didienger. Tp ga ada masalah performa kok.r1409 wrote:ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Coba dicek pake scanner di relearning lg. Biasa ambient temperature sensor nya bermasalah.ninodiablo wrote:Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.
AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Terima kasih om, biasanya kl ini kena berapa ya om?kemuningauto wrote: Thu Sep 22, 2022 14:10Coba dicek pake scanner di relearning lg. Biasa ambient temperature sensor nya bermasalah.ninodiablo wrote:Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.
AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii