Nah barusan iseng colok OBD ke Ioniq 5, dan asumsi EV yang lain juga punya parameter yang sama. Ternyata informasinya banyak banget yg bisa dipakai buat valuasi mobil.
Kasus 1 : Sesuai manuai Hyundai ndak boleh sering2 dipakai dibawah 20% dan ndak boleh sering2 dicas di 100%, Nah dengan kapasitas 73 kwh kl kita ngerti rata2 cas > 45 kwh berarti orangnya sering pakai sampai abis atau cas sampai mentok. Terus juga ndak bole sering2 dihajar DC charging lama2. Disini bisa diliat, cas AC rata2 14 kWh, terus fast charging baru 2x @ 13 kWh... berati sampai sejauh ini orangnya rapih.
Kasus 2 : Efisiensi batere, ratio cumulative energy discharge/cumulative energy charge, tambah gede tambah efisien. Disini keliatan rasio CEC vs CED : 569.1/576.5=98.7% (sayang nggak ngukur dari km 0). Selain itu kayaknya ini bisa dipakai juga buat ngukur itu batere dah berapa cycle (576.5/73), baru 8 cycle, kalo umur batere 1200an cycle berarti baru 0.67%.
Kasus 3 : Voltase dari masing2 cell, idealnya kalo ada 180 cell semua2nya harus sama voltasenya, beda satu aja BMS akan de-rated ke cell paling rendah kalo ndak mau mbledug. Nah bisa dilihat (yg ini view per 10 bank, tp ada yg per individu cell) semua sama di 3.7v (posisi di 51%), ndak ada yang beda min-max sama.
Nah bandingin ama mobil ICE, mana kita tau seumur hidup tu mobil isi solbus, mau dijual baru isi dex. Mana kita tau selalu isi oli mesran, mau dijual baru isi sintetis...

Nah kira2 5 taunan lagi tu para pdg mobkas yg suka ngakalin odo pada gimana ya caranya ?... satu2nya jalan kan cuma ganti itu ECU ya ?, terus kalo datanya malah jadi blak2an gini, pricing mobkas dimasa depan mau jadi seperti apa ya ?....