
Background Story
Berawal dari liat video youtube saat Vezel third generation launch di Jepang, saya cukup tertarik melihat design barunya yang lurus2 aja itu dan lampu depan serta belakang yang keren. Tapi di satu sisi , otak ini mikir “Well itu di Jepang lah, pakai mesin hybrid dengan segala kekerenan nya itu, ntar masuk Indo pasti lain jadinya dipotong sana sini, plat ditipisin, fitur disunat, Sensing paling juga tipe tertinggi doang, lampu syukur2 dapat LED forget lah tuh sequential, harga naik puluhan juta, dll”.
Benchmark “spek” mobil global kalau sudah masuk ke ASEAN itu banyak mengacu spek versi Thailand. Jadi waktu HRV Thailand launch juga di end 2021 dengan mesin Hybrid dan kelengkapan hampir mirip versi Jepang, saya jadi cukup penasaran nih spek Indo bakal kaya apa ya. Fast forward ke Maret 2022, meluncurlah versi Indo 4 variant lengkap dengan Honda Sensing all grade dan sunatan2 kecil (ehm no tweeter, dual climate, wireless charger) yang cukup buat bikin surprise “Kok bisa Honda Indo tumben keluarin mobil kaya gini. Well it’s not hybrid like Japan and Thai, tapi range of feature baik di S,E,SE dan RS is a very good start, nih mobil aslinya kaya apa ya”.

Vezel / HRV saat ini sudah masuk generasi ketiga (RV), dan seperti kita tahu generasi kedua (RU) yang meluncur di 2015 sudah menjadi mobil sejuta umat nya Honda di Indonesia, well selain Brio sih. Penjualan nya gen kedua itu menyentuh di atas 200 ribu unit selama 7 tahun. So hype itu berlanjut ke Gen ketiga dimana indent mobil in terus mengular baik di Indo maupun negara lain. Di Jepang tipe tertinggi EHev Play bahkan indent sampai 1 tahun, jadi bersyukurlah di Indo ga selama itu. Di Thailand penjualan HRV RV ini Jan-Jul 22 ada di posisi 2 di subsegment sana ( no 1 tuh Corolla Cross loh ya, hebat juga). Dan yang bikin bingung tuh Mazda Cx3 dan Cx 30 no issue di supply bisa jualan ampe ribuan gitu.


Ok back to topic, HRV RV ini head of project nya adalah Daisuke Akojima. Saya coba cari2 kayanya intinya ini orang Honda tulen, saya kirain ex Mazda gitu atau Porsche (karena RV ini ada mirip2nya ama Mazda dan Porsche). Dan berkat design ini pula, HRV RV ini juga menyabet Red Dot Award 2022.

Periode ampe mutusin ikutan SPK, masa2 indent sd mobil datang ga saya ceritain lah, karena nanti keinget lagi masa2 excited, masa terserah lah mo kapan datang tuh mobil, ampe masa senyum ditelpon sales bilang nomor rangka uda turun. Dan nanti bisa bikin baper yang masih nungguin.
Interior& Exterior Review Now and Then
4 hari setelah launching, saya lagi muter2 dan kebetulan lewat dealer Honda dekat rumah. Celingak celinguk dari jalan liat tuh HRV SE Sand Khaki lagi di display, jadi lah saya mampir. Pengalaman pertama ketemu nih RV uda pernah saya share di post lain. Point2 penting yang saya koreksi dan tekankan dari first encounter itu sd beneran dipake tuh mobil , saya highlight aja di sini.
Jok Depan dan Posisi Driver
First encounter :
Pas duduk tuh terasa diwrap oleh interior HRV nya , saya jadi inget rasa duduk di CX3 gitu ga tau kenapa. Posisi duduk sih enak banget, dan jok depan tuh rasanya tebal dan support paha dengan baik. Back support juga ok. Setir nya feel kulit nya nyaman, tapi ga tau kenapa saya rasa ini setir kok kecil ya. Tilt dan telescopic as usual Honda banget dan gampang dapat posisi jarak tangan dan kaki yang pas. Jarak pedal rem dan gas saya ga rasa ada beda ama Honda2 yang lama, walaupun katanya di Jepang itu jarak pedal nya dibuat lebih dekat 5 mm supaya gampang dan memudahkan user dibanding versi lama. sayang nya tadi ga bawa penggaris atau jangka sorong.
Catatan setelah mobil dipakai :
Ternyata pas saya iseng cek after serah terima itu jarak pedal gas dan rem beneran lebih dideketin, bisa dicek dibanding Honda2 lain nya. Jok depan itu settingan posisi lowest to highest nya tuh cukup jauh menurut saya, jadi bisa tuh nyetir mata sejajar dashboard ampe nyetir kepala ampir mentok plafon juga bisa. Karena design mobil yang agak “pipih” , headrestjok depan ga bisa langsung ditarik ke atas kalau mau dicopot (ini baru sadar pas buka2in plastik2 nya), jadi jok perlu recline dulu dikit baru tarik headrest nya.
Setir dan MID
First encounter :
Pinjem kunci dan nyalain posisi stand by aja. dan mulai pencet2 tombol di stir. Enak sih tombolnya dan display BRV itu terasa cukup pas di HRV ini. Sayangnya saya belum terbiasa, dan agak bingung nih tombol back nya mana. Ampir ngomong " Halo Honda, masuk ke menu...(sayang nya ga keceplosan, ntar bisa langsung diusir sales nya). Display yang 4" sih di tipe non turbo cukup ok lah, tapi ya kalo mau lebih bagus ya ambil yang RS lengkap dengan menu G vectoring nya menggantikan menu display baterei level yang ada di versi hybrid.
Catatan setelah mobil dipakai :
Display dan akses menu, saya rasa cukup menyenangkan dan typical Honda seiring pemakaian akan memudahkan user. MID BRV itu ga terkesan jomplang di HRV ini, karena kebantu design setir HRV yang lebih nyaman dilihat dan dipegang. Saya juga lebih suka MID less colorful gini cukup hitam putih dengan sedikit ornament mirip Mazda, menurut saya ga bikin distracted saat nyetir. Tombol back itu ternyata pencet lagi si tombol Home nya dan beberapa menu memang ada opsi back nya. Satu catatan aja kalau barmeter BBM itu sekarang cuman jadi 10 garis dengan kapasitas tangki 40 liter, jadi per garisnya setara 4 liter. Di RU bar nya ada 20 (1 bar setara 2 liter), yang menyulitkan saat itung sisa BBm dari barmeter nya. Ini mungkin sedikit improvement di gen 3 jadi bisa gampang nakar sisa bensin berapa. Akses menu MID banyak bener opsinya, cuman belum bisa tampilin misal lagi setel lagu apa, dll. Gonta2 pilihan dari menu di MID ini cuman bisa diposisi P, jadi setting lah sebelum mobil jalan. Kalau mobil sudah jalan, ya ga uda bisa ganti misal settingan door lock, light, dll.



Tombol AC dan Parking Kamera-Sensor
First encounter :
Tombol AC itu aslinya agak kecil ya. Mungkin uda keseringan liat tuh tombol versi Zoom diperbesar di review2, tapi tuh mantep banget bunyi dan feel nya, kaya tombol di mobil luxury. Walaupun ini ga dual climate dan pas naik turunin suhu warna nya ga berubah biru / merah, tetap putih aja sepert City HB, tapi ya terbayar dengan bunyi click click nya itu yang enak bener. Tuas transmisi is reachable dengan enak, trus pindahin ke R dan kamera mundur menyala. Yang bagusnya ada 3 position camera mundurnya yang didukung oleh gambar jernih 4K. Oops becanda gambar kamera nya menurut saya sih kurang bagus ya. Tapi ya gampang lah kalo mao upgrade kamera gituan sih.
Catatan setelah mobil dipakai :
tombol AC beneran enak terutama bunyi2 nya waktu diputar jadi inget radio jaman dulu. Untuk tombol utama sector AC ada tiga tombol. Yang agak aneh, nyalain AC itu ada di tombol paling kiri (paling jauh dari driver), sedangkan tombol tengah itu nganggur alias ga bisa diteken cuman puter2 doang. Lagi mikirin, tuh tombol tengah apa buat tombol NOS aja ya. Tuas transmisi tuh beneran enak dipegangnya dan juga saat perpindahan PRND, terasa mobil premium gitu. Ini tuas transmisi dan tombol ac turunan Honda Accord gen10, jadi makanya feel premium nya terasa. Bahkan CRV 2023 kalau saya liat sekilas juga pake tombol AC dan tuas ini. Kamera mundur sih ok lah dapat rating 6 dari 10, gambarnya sih kurang jelas tapi ya masih memudahkan. Parking line itu ga gerak ama putaran setir jadi flat gitu aja (apa sih itu istilahnya) . Patokan nya pas garis putus2 terakhir, mobil masih jarak 30cm an dari target. Yang bikin berasa upgrade justru parking sensor nya dimana sensornya itu nyambung ama MID dan bunyinya tuh enak (bep bep), jarang2 gitu Honda. Kalau jaman dulu paling modul sensor parkir adalah bonus sales atau kudu pasang sendiri, modul nya terpisah dan bunyi2ga enak (BEEEP BEEEP BEEEP), bukan bawaan mobil yang ampe nyambung ke MID.




Konsole Tengah dan tombol nya
First encounter :
Tombol ECON di bawah tuas transmisi tuh juga enak bunyinya. Beep..beep nya menenangkan dan menyejukkan hati. Rem parkir tadi sih aktif dan saya ga main2in. Tombol di area itu aja yang terasa plastik, tapi plastik bagus sih. Dan area konsole itu pula yang jadi sasaran modifikasi di Thailand dengan ditempelin krom2 an atau piano black after market biar terkesan exclusive.
Catatan setelah mobil dipakai :
ECON saya jadinya aktifin mlulu, nanti dibahas lebih lanjut di driving experience. Area console saya termasuk yang kena racun beli piano black after market dari China lewat Toko orange, plus piano black buat di setir. Ini salah satu kelebihan Honda dari jaman dulu tuh aksesorisnya banyak bener mo dari versi lurus biasa2 aja ampe versi preman jalanan. HRV gen 3 ini uda banyak banget aksesorisnya, aksesoris bumper depan, cover lampu, list samping , handle pintu belakang (krom , piano black, carbon), krom2an belakang, cover setir, cover ac, cover spion, mud guard, stiker hello kitty, stiker doraemon, stiker mugen, ya you name it lah pasti ada yang jual
Ini foto saya ambil dari Thailand, uda banyak bener aksesorisnya

Arm rest dan glove box
First encounter :
Arm rest aka tempat penyimpanan depan no issue dan pas saya cobain posisi setir, maka tangan masih bisa bersandar sedikit di situ. Bahan nya betul empuk dan tebal, jadi terasa enak aja. Glove box soft opening yang sudah dilengkapi APAR sehingga mengambil 2/3 space di situ. Tuh APAR harusnya dibikin gantungan atau apa lah yang bisa nempel di sisi dekat kaki kek.
Catatan setelah mobil dipakai :
Arm rest ternyata saya belum dapat posisi yang paling pewe bisa sender tangan dan tangan kiri pegang setir. Masih agak nanggung gitu rasanya berasa kurang ke depan dan kurang tinggi tuh arm rest, dan space storage di bawah arm rest ini aslinya kecil bener, ga muat banyak barang. Kecil karena bawah nya ada jalur AC penumpang belakang. Jadinya tuh cup holder tengah bisa alih fungsi bukan hanya simpan botol tapi lain2 juga. APAR akhirnya saya taro dekat kaki beneran, ntar lah cari cara biar lebih proper simpan nya.
Lampu interior
First encounter :
Lampu2 interior depan no issue, tombol nya juga enak. Lampu belakang yang electrostatic juga keren bener dah. Lampu di dekat tuas transmisi sih ga terlalu terang, tapi ya kembali lagi easy to modified. Dan saya yakin ruang penyimpanan dekat transmisi itu di versi facelift akan menjadi wireless charging seperti versi Thai.
Catatan setelah mobil dipakai :
storage di dekat transmisi itu kepake bener kalo connect Android Auto / Apple Car Play. Lampu interior semua ok. Cuman saat malam hari, ada yang penting tapi ga ada back lightnya yaitu tuas wiper dan headlamp. Tombol2 lain sih ok lah masih bisa terlihat dengan baik karena ada back light saat malam baik di tombol setir, transmisi, headunit, dan pengaturan jendela ama spion.
Headunit
First encounter :
Headunit salam satu headunit dengan City HB. Pengaturan sih banyak lah dan respon time baik. Tapi sayangnya di Audio ga ada pengaturan ekualizer, dan juga tadi ga tes suara. Tapi ya back again its Honda, speaker Accord aja juga ga terasa premium, baik diupgrade aja lah. Ruang tweeter juga sudah disiapin kalau mau pake tweeter seperti RS. Headunit potensi banget diupgrade kalau yang demen, dan nanti bisa terkesan floating gitu mirip Mazda beneran atau manatau nanti ada headunit copotan Civic
Catatan setelah mobil dipakai :
Mengingat spekaer Honda tuh ga istimewa, maka ini jadi salah satu improvement yang langsung dilakukan saat mobil dipakai. Saya ambil speaker yang dulu dibeli untuk mobil lama dan dipasang di HRV ini. Lumayan kualitas suara naik, cuman kembali lagi terkendala di setting ekualizer headunit yang ga ada jadi susah settingnya. Akhirnya pakai music app connect ke android auto untuk setting2 treble, bass, frekuensi. Tapi tuh headunit connect Android Auto dan Apple Car Play cukup effortless ya walaupun masih pakai kabel. Tapi karena posisi headunit beneran lurus jaman tv tabung dulu, maka posisi mata driver ngeliat ke headunit menurut saya kurang proporsional. Masih enak liat headunit yang agak miring ke driver. Kelemahan lain headunit ini adalah tuh headunit ga bisa standby saat nyetir malam hari (maksudnya masih keluarin suara tapi layar matinya gitu), jadi kalo dimatiin ya bener2 mati. O ya untuk headunit 8 inch HRV SE / RS bagi yang takut kegores bisa beli hydrogel atau tempered yang untuk iphone mini 6. Ukuran sih mirip2 ya, tapi ga ampe rapi bener. Lebih hemat dibanding beli khusus untuk headunit. Selisih 100 ribuan lumayan buat beli bensin atau dapat peredam 1 lembar. Ehm… peredam emang buat apaan? We’ll see.
Jok belakang dan moon roof
First encounter :
Pindah ke belakang posisi duduk enak, dan back pocket tuh ada pocket untuk handphone. Small detail tapi ya bagus lah diperhatiin ama HPM. Jarak kaki ciri khas Honda luas banget dari Anyer ke Malang, jadi no issue sama sekali. Jarak pandang ke depan saat duduk di belakang sih enak, tapi pas noleh ke samping terasa cocooned itu lagi. Tengok ke atas ada panoramic itu yang dikutuk banyak orang, dan beneran tadi saya kesusahan pasang klip nya. Uda lah forget about that cover dan mening uda pasang kaca film aja. Pas lagi liat itu, Sales info itu uda ada UV Block nya. Dan sayangnya mobil di dalam showroom jadi ya ga tau juga nanti beneran ke blovk tuh UV atau malah abis nyetir HRV dalam waktu lama maka akan dikomenin orang "U kok kayanya lebih gelap ya sekarang..., " atau "Abis liburan ke pantai ya minggu lalu..."
Catatan setelah mobil dipakai :
Tuh panoramic belakang akhirnya beneran dibuka terus cover nya, dan ga tau apa feeling saya doang tapi tuh kaca sih ga bikin suasana dalam jadi panas. Kalau liat seperti uda ada kaca film yang lebih gelap dari kaca film samping mobil. Tapi memang belum pernah jalan full 2 jam di tengah matahari terik suhu 40’C, mungkin outcome nya akan beda. Pembeda SE ini dengan E dan S adalah si “You can not open” roof ini, dan menurut saya nyambung ama design HRV ini. Karena kalau cover2nya dibuka, kesan luas s HRV ini jadi dapet banget. Jadi menurut saya tetap worth it yang SE dibanding S atau E.
Pintu belakang dan bagasi
First encounter :
Pintu belakang seperti yang uda dibahas di atas juga mantap berat, plastik handle terasa lebih turun sedikit dibanding yang lama posisinya, terbantu dengan sudut rear yang slope itu sehingga mau ga mau posisi nya agak diturunin. Jadi untuk anak2 akan lebih mudah ya, kecuali anaknya ya masih kecil misal Balita ya tetap harus dibantuin masuk mobil. Bahan plastik handle pintu belakang sih menurut saya sama dengan HRV lama, ga premium kaya apa lah. Tapi ya gampang nanti di krom in aja yang ampe bisa ngaca biar terkesan exclusive lagi. Bagasi sih no issue, lapang gede dengan ban serep full size. Pintu juga terasa mantap pas ngunci.
Catatan setelah mobil dipakai :
Pintu belakang seperti Honda pada umumnya, ternyata lebih ringan dibanding pintu depan. Cover ban serep full size nya solid gitu bagus lah, dan storage tambahan ada di kiri kanan. Storage kanan ada buat nyimpen dongkrak, yang kalau kuncinya ga pass, ternyata bikin bunyi2an saat lewat jalan gelombang atau polisi tidur. Lampu bagasi juga ada kiri kanan. Pintu bagasi dengan design coupe slope gitu ternyata ada point plus nya di opening pintu bagasi. Posisi mobil belakang nya cukup dijarakin ± 30 cm dari tembok atau apa lah di rumah masing-masing (posisi mentok garis putus di kamera belakang), dan pintu bagasi masih bisa kebuka dengan comfortable ga mentok tembok. So good solution untuk yang punya carport atau bagasi agak pendek.
Driving Experience
Sudah ada beberapa review terkait driving experience nih mobil, jadi saya coba rangkum yang saya rasain aja dan mungkin ada mirip2 ama yang uda pernah review, karena memang itu rasanya
Saat mobil ini datang setelah mengandalkan video2 youtube Master2 audio yang bongkar panel pintu HRV ini, maka saya memberanikan diri coba bongkar panel pintu sambil berdoa ga ada yang patah pas saya tarik2. Abis berhasil urus ganti speaker yang saya ceritain di atas, keluarin shinemate dan collinite buat kinclongin, pasang dashcam, pasang tpms, maka langkah selanjutnya isi bensin. Bensin pertama yang saya isi pertamax turbo supaya tahu feel nya pake ron 98 sebelum harga naik lagi. Setelah coba turbo 1 kali akhirnya sebagai pengguna yang baik saya isi sesuai petunjuk manual book dan tutup tangki mobil menggunakan ron 90 aka Pertalite.
Masuk ke mobil, akan ada logo Honda di MID saat pintu ditutup dan ada bunyi enak nya. Nyalain mesin dengan tombol, pindahin transmisi ke D, dan deaktivasi parking brake. Suara mesin di HRV RV ini beneran ga berasa di dalam mobil, beneran ada effort peredaman di area firewall. Kaki injek gas dikit, dan surprisingly yang saya kira nih mobil akan teramat lemot karena saya aktifin ECON, ternyata ga loh. Laju mobil memang di start from zero position agak seperti tertahan berat mobil yang di manual book ditulis 1270-1302 kg, tapi ga ampe tahap bikin kesel atau pengen injek pedal gas sementok2 nya supaya tuh mobil jalan. Typical CVT Honda 1500 Non Turbo lah, it will glide, ga ngeselin tapi juga ga racing.
Mobil ini masih cukup buat selap-selip, dan kebantu dengan settingan suspensi yang bikin enak pas pindah2 jalur. Dalam kota, akserelasi so so kembali lagi ga special. Di highway yang menjadi highlight, karena tuh mesin dan kalau di mode Econ akan berusaha kejar rpm bawah terus di bawah 2 dan efeknya adalah konsumsi bbm jadi sangat baik. Selama pemakaian 2000 an km ini (ini sudah campur dalam kota dan toll dengan saya liat di MID average speed 33 kmh), average bbm ada di 17,9 km /liter.
Mode S jadinya saya jarang banget pake, kecuali buat naik jalan yang nanjak atau lagi kesel liat mobil atau truk lelet. Moment2 mode S pas awal2 pake itulah, otak saya langsung teriak 3 kata : “CVT, RPM, Inreyen”. Jadi dengan ECON saya sudah cukup puas dengan mobilnya. Again ini trip daily car bukan racing car, kalo yang suka akserelasi spontan dan main di atas 100 km/jam terus ya baiknya beli RS.
Setir di mobil ini selain feel kulitnya enak, juga cukup effortless dibantu EPS dan VSA nya. Setir nya ga ampe ringan banget tapi juga ga ampe berat banget , pas gitu aja. Buat belok belok atau putar balik juga enak, again mirip Mazda loh direct2nya (terlalu lebai ga ya). Di area visibilitas, ke depan visibilitasnya baik dan ampir ada rasa nyetir CRV karena kap mesin yang lurus itu , cuman jarak kap mesin depan itu masih lebih tolerable untuk ukur jarak aman dengan surrounding sehingga fun to drive factor nya masih ada terutama dibantu direct setirnya itu. Visibilitas belakang sebetulnya ok, apalagi kalo panoramic nya dibuka covernya bikin cahaya masuk. Nah visibilitas ke samping yang agak kurang feelnya, karena kaca jendela di RV ini memang kecil2 mengikuti desain coupenya. Yang justru menarik bantuan liat samping yaitu penggunaan lane watch yang awalnya saya ga terlalu demen, tapi malah keseringan.
Break hold, auto parking brake idem generasi sebelumnya, cuman feel saya ada lebih improve nya juga. Ga tau apa cuman perasaan doang karena kebawa ambient interiornya yang lebih modern atau memang beneran diupgrade. Pedal rem di mobil ini enak feelnya, injek dikit ada langsung gigitan rem nya, dan terasa alami gitu.
Area lain yang saya sukai dari mobil ini adalah setting suspensi. Suspensinya jelas bukan tipe lembut, ini tipe kaku tapi kaku European gitu. Bukan kaku yang bikin segala bunyi waktu lewatin jalan ga rata, tapi kaku empuk yang nyaman ada miripnya ama mobil premium (belum nyampe sih terus terang, tapi it’s getting there). Gampangnya kalau lewatin speedbump pintu toll itu ga bunyi “duk duk duk” atau’ dak dak dak” tapi “dep dep dep”. Ini lagi bahas apaan sih. Awal2 pemakaian, ban Alenza nya diisi tekanan 24 ternyata ama dealer, dan setelah saya turunin ke 22-23, bawaan mobil nya jadi lebih nyaman. So untuk tuning area driving feel, feeling sotoy saya nih mobil cukup dengan upgrade ban. Kalau mau nukik2 agak tajam, bisa pilih Pilot sport 5 atau yang empuk2an senyap ke Primacy 4+. Note, bukan Sales Ban Michelin.
Road noise hanya very slightly improve menurut saya dari typical Honda, ya jangan compare ama mobil merk lain apalagi merk non Jepang yang beneran focus di interior engagement dengan user. Karena telinga terlalu sensitive dan memang ga cocok ama peredaman bawaan Honda dari dulu,akhirnya saya mampir ke MGK untuk pasang peredam full body (lantai dan pintu 2 lapis). Haduh mudah2an racun nya berhenti di sini, ga nambah yang lain2. Dasar mobil bahan, bikin g keluar duit lagi dah. Stay away from my mind Phase2an, Full Audio system, kit2an, or racun2 lain nya.



Honda Sensing Time
Inilah fitur yang menjadi andalan HRV RV ini dan menjadi gimmick jualan HPM. So does it work?
Sensing di HRV RV ini mengandalkan kamera yang nempel di windshield depan, dan ga ada tambahan radar2an kaya CRV Turbo. Kenapa beda, saya juga ga tau, tanya lah Pak JB. DI satu sisi akan lebih aman karena kamera tuh ada di dalam mobil, kalau radar2 an gitu ternyata jadi inceran kleptomania juga kalau di luar negeri.
CMBS
Saya pernah punya pengalaman yang kurang nyaman pake CMBS2an gini di mobil lain. Ya mungkin karena belum di setting bener. Di HRV ini, saya sempet worry juga tuh ntar mobil mendadak mendadak rem ga jelas, mo dimatiin cuman mikir sayang juga kalau suatu saat perlu. Jadi akhirnya saya tetap aktifin (walaupun di tengah hutan rimba motor di Jakarta). CMBS ini akhirnya beneran kepake saat saya melintas di satu wilayah dan mobil depan rem mendadak menghindari apa lah ga tau. CMBS ini kasih bunyi dan mulai rem, dan memang insting saya pas tuh CMBS bunyi pas otak juga ngomong “Woi, rem tuh, depan u ngawur”. Jadi ini sepersekian detik ama intuisi nge rem kita. So in conclusion it works, ya tapi jangan diandelin terus karena itu bukan rem yang gradual pelan2, dia akan rem kaya diinjek full tuh pedal rem alias mendadak.
ACC dan LSF
ACC dengan LSF ini fitur yang menarik. Dan saya termasuk tertarik dengan HRV RV ini karena ini mobil brand Jepang yang punya ACC ampe 0 km/jam termurah di Indo. Fitur ini punya 4 pengaturan jarak dengan mobil depan . Dan setelah 2000 an km ini, saya simpulin :
1. Jarak paling jauh dan nomor 2 (garis 4 dan garis 3) : kepake di toll yang amat teramat kosong dan tidak dipepet kendaraan dari belakang
2. Jarak 3 makin dekat (garis 2): kepake di speed 80 km ke atas di toll dan kembali lagi ga dipepet kendaraan dari belakang atau mobil di depan kita ga tiba tiba disalip dari lajur kiri atau kanan.
3. Jarak paling dekat (garis 1): kepake di speed 80 km ke bawah di toll, dan tidak dipepet kendaraan dari belakang.
Jaga jaraknya cukup ok, cuman ya nge rem nya ga sealami kita rem sendiri, karena Kameranya seperti ada mode mikir bentar banget baru terjemahin ke laju mobil. Saya cukup yakin saat ini dipake, HRV nya dikira lagi disetir orang yang baru bisa belajar mobil. Not in a bad way, tapi kalo kita misal setir di belakang HRV ini saat ACC LSF nya aktif, ya akan mikir “Nih supir mobil depan yang HRV aneh bener. Jarak ama mobil depan nya masih sepelemparan satu mobil, dia uda rem2 sendiri, nyantai aja Mas. Tapi cakep ya lampu belakangnya.


Kalau di atas 60 km / jam sih ok lah masih lumayan alami jaga jarak dan rem2 nya. Kalau speed rendah maka setelah rem, dan misal mobil depan maju agak agresif atau tiba2 disalip, maka timing untuk HRV ini gerak atau rem lagi jadi kurang humanoid.

Di speed nol, LSF ini juga bisa langsung diaktifin kalau kendaraan depan kedetect dan pedal rem ga diinjak. Kalau mobil depan berhenti lebih dari 3 detik, maka perlu injek gas atau pencet Res + (saya sih banyak an pencet Res+). Di Speed nol, jarak paling dekat masih sisa sekitar 2 meter kali ama mobil di depan, jadi ya masih agak jauh juga. LSF yang speed rendah (under 30 kmh) beneran kepake di situasi traffic crawling misal macet di toll, macet keluar toll, macet mau masuk toll. Loh kok deket2 toll macet terus ya. Kalau di jalan biasa soalnya saya ga berani terlalu sering aktifin mengingat banyak belalang tempur aka motor lalu lalang.
ACC LSF ini dari user experience saya sudah saya coba di beberapa situasi buntutin macam2 kendaraan (mobil hitam, putih, abu2, merah, kuning, biru, mobil from the dealer yang lampunya masih super bright, mobil jadul yang lampunya uda redup2, mobil pake lampu modifikasi warna warni, mobil lampu putus sebelah, truk, bus). Dan menurut sotoy nya saya, gas rem nya ada bedanya tergantung kendaraan di depan kita dan suasana siang-malam. Paling bahaya adalah buntutin truk yang ga kerawat (yang lampu nya ga nyala sama sekali, please deh) dan mobil abu2/ hitam dan stoplamp nya uda buram. Dan paling aman tuh buntutin mobil ini loh, pas buntutin GD3 kuning ini tuh benar2 terasa alami banget gas rem nya. Saya curiga tuh Sensing ditrial dan kalibrasi pake GD3 ini




Jadi ACC dengan LSF ini ya kepake lah, cuman jangan ampe mikir mobil tinggal nyala in trus jalan sendiri, tetap driver nya harus inisiatif nentuin sendiri dengan bijak timing kapan pakenya, setting jarak pake yang mana. Dan sesuai dugaan saya sensor, radar atau kamera gini2an yang jadi bahan upgrade dan jualan pabrikan mobil saat launch gen baru. Itu CRV 2023 uda launch 12 Jul 22 di US dengan segala fitur mirip2 lah ama yang sekarang, tapi dengan ditonjolin NEW upgraded Honda Sensing. Jadi ntar 20 taon ke depan, orang beda2in mobil mungkin ngomong gini “Oh u punya yang sebelumnya ya yang kamera radar nya masih 20 MP dan range baterei 110KwH. Punya g kamera nya uda 40 MP dan batereinya 150KwH”. Dan generasi Bapak2 jaman sekarang akan celingak celinguk kirain ini lagi bahas handphone.
LKAS
LKAS bekerja di speed 72 kmh ke atas. Dan ini kepake kalau jalan kosong dan mo santai ga pusingin setir perlu adjust ama kontur belok belok jalan. Saya belum pake sih di belokan ektrim, tapi feeling saya sih ga bisa adjust kayanya. LKAS ini kalau saya jarang pake, karena saya rasa ada hal yang saya tetap perlu bisa kendaliin yaitu setir. Yang surprisingly good adalah kemampuan si Sensing ini ngenalin garis-garis jalan dengan cepat. Saya beberapa kali lewat jalan yang garis nya uda beneran tipis dan samar (sepertinya di cat terakhir di tahun 90 an), s Sensing masih bisa kenalin ada garis. Keliatannya lebih bisa kenalin garis putih daripada garis kuning.
RDMS / Lane departure
RDMS terus terang baru kepake sekali waktu saya injek garis marka jalan, mobilnya kasih warning dan setir agak goyang2. Abis dibalikin ya udah aman. Ga terlalu kepake sih menurut saya kecuali emang seneng nyetir mepet garis atau mungkin pas ngantuk2 akan bantu ingetin.
Lane Watch
Fitur yang saya underestimated karena cuman berupa kamera di spion kiri. Cuman anehnya saya jadi sering pake juga. Kualitas kamera sih nothing special, cuman berguna karena akhirnya uda sering belok sein kiri tinggal liat layar headunit itu.ga perlu nengok leher sudut 90’ gitu ke spion kiri. Bagi yang biasa tetap liat spion kiri, nih lanewatch tetap berguna kalau mo double konfirmasi posisi kiri beneran aman atau ga, atau sekedar mo cek ada berapa banyak motor yang mepet mobil. Lanewatch ini jadi salah satu fitur kebiasaan yang pas pindah nyetir mobil lain dan aktifin sein kiri bikin saya hilang ingatan karena malah liat layar headunit. “Wait lupa g, ini bukan HRV”.

Hill Descent Control
Ini fitur yang belum kepake ampe saat ini , karena banyak jalan lurus2 aja. HDC ini pernah diaktifin saat turunan2 kecil dan dia sepertinya bisa jalan dari speed 0-20 kmh. Kalau di atas 20 kmh, akan kasih warning ”u kecepatan turun nya, Bos, g ga sanggup dah”. Efeknya apa saya belum explore lebih lanjut, karena memang sangat sebentar banget di turunan2 gitu. Mungkin next nya coba di turunan mall2.
Autoheadlight
Nah masuk fitur yang saya paling ga suka di HRV ini. Fitur ini akan nyalain lampu depan (bukan DRL) dan belakang kalau dia rasa sudah gelap, agak mendung atau ya yang darkness2 gitu lah. Di malam hari sih no problem lah, tapi di siang hari bolong tuh fitur masih nyalain lampu depan dan lampu belakang full kalau jalan misal di bawah jalan layang, atau jalan dekat area remang2 which is sebetulnya “g ga perlu u nyala oy, tenang this is broad day light”. Dan ini hanya bisa di off kan saat mobil di posisi P parkir. Kalau mobil jalan, maka dia akan auto lagi. (atau saya nya yang belum ketemu di manual book nya). Jadi beberapa hari setelah menyadari hal ini, dan setelah melalui pertimbangan yang sangat matang maka saya memutuskan menjual unit eh salah membeli unit lampu baca kecil banget untuk akalin tuh sensor yang sit nicely di atas headunit. Pas siang saya arahin lampu baca ke sensor itu supaya dia kira aman ga perlu nyala selain DRL, dan pas malam ya lampu baca saya matiin supaya dia bekerja otomatis. Saya agak sensitive masalah lampu2 an gini soalnya, dan mungkin ga jadi masalah di user lain. Sensitif dalam artian ga kebayang harus keluar berapa duit kalau lampu depan dan belakang putus sering2 gara2 sering mati nyala 10-20x sehari ga jelas.

In Conclusion
Di tengah situasi BBM yang jadi banyak bahan diskusi, bagi yang cari mobil baru dengan design keren, fitur komplit dan update, premium feel ada, konsumsi dan jenis bbm ga bikin jebol, layanan bengkel yang luas, ga perlu isi 7 orang, resale value yang baik maka tidak lain dan tidak bukan untuk memilih INNO… eh salah HRV SE 1,5 AT 2022. Dengan masih possible minum pertalite (sudah di aminkan HPM) dan potensi harga2 mobil makin naik ke depan nya gara2 inflasi global, perang Ukraina-Rusia, dll, maka tidak salah pilih mobil ini.
HRV RV ini kalau menurut saya menjadi semacam tonggak sejarah baru Honda di tengah gempuran dari mobil2 baru China yang lebih hi tech (mobil bisa diajak ngobrol, mobil bisa parkir sendiri, mobil yang memory seat nya face recognition, dll) , adanya peralihan mobil ICE ke EV yang slowly but sure mulai ada, dan juga makin dewasanya industry film dan mobil Korea. Sebagai catatan di Thailand di segmen C SUV, nomor 1 dan 2 Jan-Jul 22 ini sudah bukan si mobil naik seratus juta dalam setaun itu (CRV), malah Haval H6 dan MG HS – dua duanya brand China. So kalau tidak berbenah, pabrikan Jepang pasti akan keteteran di persaingan dalam beberapa tahun ke depan.


Demikian review singkat saya semoga berkenan, Jika ada hal2 yang salah mohon bantu koreksi juga.
Foto2 tambahan design dan konsep awal


