Saya malah kebanyakan putih om, bosen juga liat warna putihpeterming77 wrote: Tue Aug 09, 2022 9:27Merah memang paling cakep, sayang kmrn di rumah udah ada CorCross merah, jadinya cari dan beli yg machine grey. Sebetulnya biar paling keliatan garis seksi CX3 itu kalo warna putih atau merah, grey ga terlalu keliatan garis dari pilar c ke belakang yg seksi itu.Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 8:20Kalo saya emang minat merah om, almost all cars. Bahkan gajah macem fortie aja suka merah yang di thaiyaseinotulip wrote: Tue Aug 09, 2022 8:17
Ya betul warna baru saat cx-3 1.5 masuk Indo..
Soul red nya cakep kok apalagi mobil kecil sih bagus2 aja warna terang..
Kayanya jd langka om, karena katanya ga masuk waktu april itu.. tp itu kota Semarang ya... mgkn di sikat jkt semua haha..
Setuju item paling kurang sih.. mobil kecil warna item itu kaya kurang cocok.. mau mini cooper klo warna item jg rasanya kurang menarik..
Klo dijalan jg plg byk merah... tapi di jkt aja jrg liat yg 1.5..
Needs Suggestion, Creta vs CX3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Yes... Creta Custom = Trend..Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 5:27
Creta custom = trend ya om? Apakah bakal dibedain dari build quality nya sama prime? Takutnya lebih rendah karena basicnya trim yang rendah
Saya juga rencana kalo creta yang custom sih om, salah satu plusnya creta buat saya ya ini
Hmmm, tapi soal ckd dari india lumayan debatable ya sepertinya. Safety nya kalo daerah sono juga rata2 3*. Selain itu saya agak ragu soalnya ckd sini. Btw masalahnya prime itu yang soal evap bocor ya?
Fun Fact tipe Trend yang custom nanti emblemnya bukan Tren melainkan: MyOwn
Manufakturing Hyundai ini bisa dibilang baru kali ini dng jml yang masspro ribuan.
Baru pertama kali maspro tentu ada yg defect (itulah fungsi dari garansi). But then dari komunitas creta yg sering dijumpai defect adalah yg Prime.
Saya ambil kesimpulan sementara: 1. Prime jmlnya banyak dipesan, bagian QC rada keteteran. 2. Trend Custom QCnya mungkin saja diperhatikan betul2 karena ini menyangkut customisasi. Ya itu tadi asumsi saya kan nggak lucu ada item custom yang belum terpasang. Yg jelas mobil saya sudah jalan almost 5000km alhamduliilah fine2 saja.
Oiya omong2 bener yg dibilang om diatas, dibedakan ya Om antara bahan material yg dipakai antar tipe dengan QC / BQ
Tttg prime yng evap bocor kurang jelas sampai skr. Apakah evapnya bocor bener, atau hanya sekedar sambungan klem yg kurang kencang, atau part AC lainnya.. Sampai skr nggak tahu kabarnya..
Untuk safety crash bintang 3... Si Om bekendara yng wajar saya kira cukup kok. Ok fine, memang betul bintang 5 itu bagus. Tapi balik tanya, pasti dulu diantara yng baca forum ini pernah naik minibus tnp hidung? atau pernah pasti pernah naik mobil era2 belum ada airbag dan rem ABS, gimana perasaannya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Makasih om atas jawabannya, selama ini saya juga sering ketemunya prime. Ada benernya kalo misalnya banyak prime yang kenaquyquy wrote: Tue Aug 09, 2022 11:08Yes... Creta Custom = Trend..Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 5:27
Creta custom = trend ya om? Apakah bakal dibedain dari build quality nya sama prime? Takutnya lebih rendah karena basicnya trim yang rendah
Saya juga rencana kalo creta yang custom sih om, salah satu plusnya creta buat saya ya ini
Hmmm, tapi soal ckd dari india lumayan debatable ya sepertinya. Safety nya kalo daerah sono juga rata2 3*. Selain itu saya agak ragu soalnya ckd sini. Btw masalahnya prime itu yang soal evap bocor ya?
Fun Fact tipe Trend yang custom nanti emblemnya bukan Tren melainkan: MyOwn
Manufakturing Hyundai ini bisa dibilang baru kali ini dng jml yang masspro ribuan.
Baru pertama kali maspro tentu ada yg defect (itulah fungsi dari garansi). But then dari komunitas creta yg sering dijumpai defect adalah yg Prime.
Saya ambil kesimpulan sementara: 1. Prime jmlnya banyak dipesan, bagian QC rada keteteran. 2. Trend Custom QCnya mungkin saja diperhatikan betul2 karena ini menyangkut customisasi. Ya itu tadi asumsi saya kan nggak lucu ada item custom yang belum terpasang. Yg jelas mobil saya sudah jalan almost 5000km alhamduliilah fine2 saja.
Oiya omong2 bener yg dibilang om diatas, dibedakan ya Om antara bahan material yg dipakai antar tipe dengan QC / BQ
Tttg prime yng evap bocor kurang jelas sampai skr. Apakah evapnya bocor bener, atau hanya sekedar sambungan klem yg kurang kencang, atau part AC lainnya.. Sampai skr nggak tahu kabarnya..
Untuk safety crash bintang 3... Si Om bekendara yng wajar saya kira cukup kok. Ok fine, memang betul bintang 5 itu bagus. Tapi balik tanya, pasti dulu diantara yng baca forum ini pernah naik minibus tnp hidung? atau pernah pasti pernah naik mobil era2 belum ada airbag dan rem ABS, gimana perasaannya?
Soal safety ya gimana ya om, ga ada yang mau celaka kan? Nah istilahnya 400jt itu uang yang banyak kenapa ga sekalian pilih yang sip. Kalo saya sih begitu, saya lebih milih airbag 6/7 + safety euroncap 5* daripada gadget macem sense sense an om. Menurut saya ga bisa dibandingkan dengan mpv tanpa hidung jaman baheula karena jaman berkembang om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Thu Mar 28, 2019 16:12
- Location: Bandung
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Gak selalu CBU is better than CKD.sh00t wrote: Mon Aug 08, 2022 9:11Dimana" yang namanya CKD itu dirakit di dalam negeri. Memang modelnya dia model dari India, bukan Korea Selatan. Kalau Seltos kan CBU yang dibawa langsung dari India. Saya kurang tau apakah bq antara Hyundai Creta CKD dan Kia Seltos beda. Tapi setau saya CBU more better than CKD. CMIIW.Omiyup wrote: Mon Aug 08, 2022 8:30CKD dari india kan, bukan korsel kan? Justru itu sih om yang jadi pikiran, sama aja ama seltos nanti (bq dan safety nya)sh00t wrote: Mon Aug 08, 2022 7:51
Hyundai Creta bukannya CKD yah om? Kalau mau real JDM ambil saudaranya om, Kia Seltos. Mesin 1.4T dan transmisi dry DCT (apalagi dipakai di daerah yang jarang macet).
Tergantung CBU nya drmn, kalo nehi2 si parah lebih ancur dr CKD Indo

Ertiga lama yg CBU Nehi malah lbh jelek finishing interior nya, Ignis pun jelek bener tuh plastik trim interior nya byk jabrik2 blm kepotong sempurna.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
CBU thai juga ga semuanya ok kan? Lihat2 harganya jugaVolk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Btw sudah berhasil TD Creta prime hari ini, poinnya:
- fit and finish nya cukup good, mendekati korsel punya. Cukup halus, meskipun console tengah bisa digoyang lumayan ya, tapi sejauh mata memandang ga ada gap2 kurang rapet atau bunyi2an. Sepertinya soal bq udah ga terlalu mengganjal
- suspensi empuk nyaman, tapi limbungnya lumayan. Tikungan 70-80kmh masih stabil tapi bodyroll cukup kerasa. Not bad
- Kayanya limiter mirip h tegak ya, saya masuk S lari 140an di gear 7 dan 8 ga bisa naik, kekunci di rpm 2-2.5k (kondisi mode sport), turun ke 6 rpm nya max di 4k dan ga mau naik juga speednya (Apalagi turun ke S, makin teriak mesinnya). Tenaganya cukup buat kota tapi kalo lari lari kecil kurang mantep
- kedap juga dalemnya, audio cukup (saya ga terlalu perhatiin audio, mostly mati kalau nyetir)
- FC cukup ok, lari 80-90 di tol dapat 1:18, dalkot macet2 masih 1:11
- Ruang sangat2 gede (ini katanya + nya creta dibanding cx3)
- di kota saya sih bilangnya belom ada yang masalah evap bocor, semoga bukan massal ya ini
Masalah yang belom clear adalah safety. Sense2an udah ada tapi crash rating 3* khas indihe emang ga bisa ilang ya? Amit2 gitu crash, tapi kan better safe than sorry kan?
Kalo bentuk no comment, eksentrik bin biasa aja. Ga ada spesialnya juga sih rasa drivingnya. Kurang sporty (kata orang2 ini lebih masuk ke CX3)
Ya kalo saya bilang, cukup untuk a to b, tapi ga ada passionnya (mau ganti velg rasanya percuma, bentuknya terlalu kaku. Mau main performance apalagi)
Next cari TD CX3 untuk bandingin
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Ga apple to apple bandingannya om.. brio tasya sama RS beda banget BQ nya krn yang satu LCGC yang satu bukan, memang disengajain di downgrade sama H tegak buat lineup LCGC.Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 8:08
Hmmm, saya kira kaya brio satya vs rs Agak takut soalnya kalo ckd yang suka kualitasnya caur
Tapi kok evap bocor bisa banyak di prime? Atau h miring nutup2 in soal ini?
Klo yang saya lihat sih buat mobil CKD klo bisa jangan ambil first batch krn sering ada cacat (transmisi jeduknya Fortuner, shock bocornya Xpander, dll) klo udah batch kesekian mestinya udah diperbaiki.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Yep brio tasya dan brio RS emang beda.HaykelAdityawarman wrote: Wed Aug 10, 2022 16:53Ga apple to apple bandingannya om.. brio tasya sama RS beda banget BQ nya krn yang satu LCGC yang satu bukan, memang disengajain di downgrade sama H tegak buat lineup LCGC.Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 8:08
Hmmm, saya kira kaya brio satya vs rs Agak takut soalnya kalo ckd yang suka kualitasnya caur
Tapi kok evap bocor bisa banyak di prime? Atau h miring nutup2 in soal ini?
Klo yang saya lihat sih buat mobil CKD klo bisa jangan ambil first batch krn sering ada cacat (transmisi jeduknya Fortuner, shock bocornya Xpander, dll) klo udah batch kesekian mestinya udah diperbaiki.
Sy pernah miara tasya hampir 3 thn, dan test juga RS, yg plg kentara adalah:
- power window = seri RS suara motornya aluss (klo tasya suara motor power windownya nyaring)
- kompresor ac = yg RS juga alus (klo tasya rada bunyi ngorok)
- bantingan suspensi yg RS lbh firm dan lbh mantep klo jalan di atas 60 km/h (bisa krn faktor ban juga, klo tasya pakai ban eco imut")
- peredaman kabin RS better (padahal profil ban lbh tipis dan pakai BS potenza)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Ya buat safety.Omiyup wrote: Wed Aug 10, 2022 15:46CBU thai juga ga semuanya ok kan? Lihat2 harganya jugaVolk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Btw sudah berhasil TD Creta prime hari ini, poinnya:
- fit and finish nya cukup good, mendekati korsel punya. Cukup halus, meskipun console tengah bisa digoyang lumayan ya, tapi sejauh mata memandang ga ada gap2 kurang rapet atau bunyi2an. Sepertinya soal bq udah ga terlalu mengganjal
- suspensi empuk nyaman, tapi limbungnya lumayan. Tikungan 70-80kmh masih stabil tapi bodyroll cukup kerasa. Not bad
- Kayanya limiter mirip h tegak ya, saya masuk S lari 140an di gear 7 dan 8 ga bisa naik, kekunci di rpm 2-2.5k (kondisi mode sport), turun ke 6 rpm nya max di 4k dan ga mau naik juga speednya (Apalagi turun ke S, makin teriak mesinnya). Tenaganya cukup buat kota tapi kalo lari lari kecil kurang mantep
- kedap juga dalemnya, audio cukup (saya ga terlalu perhatiin audio, mostly mati kalau nyetir)
- FC cukup ok, lari 80-90 di tol dapat 1:18, dalkot macet2 masih 1:11
- Ruang sangat2 gede (ini katanya + nya creta dibanding cx3)
- di kota saya sih bilangnya belom ada yang masalah evap bocor, semoga bukan massal ya ini
Masalah yang belom clear adalah safety. Sense2an udah ada tapi crash rating 3* khas indihe emang ga bisa ilang ya? Amit2 gitu crash, tapi kan better safe than sorry kan?
Kalo bentuk no comment, eksentrik bin biasa aja. Ga ada spesialnya juga sih rasa drivingnya. Kurang sporty (kata orang2 ini lebih masuk ke CX3)
Ya kalo saya bilang, cukup untuk a to b, tapi ga ada passionnya (mau ganti velg rasanya percuma, bentuknya terlalu kaku. Mau main performance apalagi)
Next cari TD CX3 untuk bandingin
Krn suspensi empuk hrs dilimit segitu, ditambah GC tinggi.
HRV yg lama, kena limit ~180 km/h
Old BRV limit di ~170 km/h
Klo brio mobilio ~145 km/h
Belum tau klo yg baru brp yah.
Tapiiii.. bahaya dan maut makin dekat klo mendekati top speed

Jadi emang bagusnya dilimit 140 km/h lah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Volk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?

Ayo kita urut meng-urut build up
Rank :
#1 CBU Japan
#2 CBU German / Italy / Sweden setara
#3 CBU US / England / French setara
#4 CBU Thai
#5 CBU Indo
#6 CBU Indihe
Japs rank 1 soalnya reliability lebih bagus drpd german

Ayo tambahin lg atau koreksi

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Cbu Korea gimana sekarang kualitasnya?KielConstantine wrote: Wed Aug 10, 2022 18:25Volk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Ayo kita urut meng-urut build up
Rank :
#1 CBU Japan
#2 CBU German / Italy / Sweden setara
#3 CBU US / England / French setara
#4 CBU Thai
#5 CBU Indo
#6 CBU Indihe
Japs rank 1 soalnya reliability lebih bagus drpd german
Ayo tambahin lg atau koreksi![]()
Trus CX5 Malaysia vs Jepang, beda ga?
Ini nanya karena ga tau

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Hmmmm gitu ya? Soalnya lumayan khawatir ama sunatan yang ga keliatan sih omSuryaputra wrote: Wed Aug 10, 2022 17:14Yep brio tasya dan brio RS emang beda.HaykelAdityawarman wrote: Wed Aug 10, 2022 16:53Ga apple to apple bandingannya om.. brio tasya sama RS beda banget BQ nya krn yang satu LCGC yang satu bukan, memang disengajain di downgrade sama H tegak buat lineup LCGC.Omiyup wrote: Tue Aug 09, 2022 8:08
Hmmm, saya kira kaya brio satya vs rs Agak takut soalnya kalo ckd yang suka kualitasnya caur
Tapi kok evap bocor bisa banyak di prime? Atau h miring nutup2 in soal ini?
Klo yang saya lihat sih buat mobil CKD klo bisa jangan ambil first batch krn sering ada cacat (transmisi jeduknya Fortuner, shock bocornya Xpander, dll) klo udah batch kesekian mestinya udah diperbaiki.
Sy pernah miara tasya hampir 3 thn, dan test juga RS, yg plg kentara adalah:
- power window = seri RS suara motornya aluss (klo tasya suara motor power windownya nyaring)
- kompresor ac = yg RS juga alus (klo tasya rada bunyi ngorok)
- bantingan suspensi yg RS lbh firm dan lbh mantep klo jalan di atas 60 km/h (bisa krn faktor ban juga, klo tasya pakai ban eco imut")
- peredaman kabin RS better (padahal profil ban lbh tipis dan pakai BS potenza)
Harga creta tipe bawah murah banget soalnya dibanding tipe teratasnya, jadi khawatir ada sunatan macem h tegak gitu.
Hahahaha bener om, kemaren cuma pengen coba boyo gak, ternyata enggak terlalu. Tapi cruising tol gear 8 irit jugaSuryaputra wrote: Wed Aug 10, 2022 17:46Ya buat safety.Omiyup wrote: Wed Aug 10, 2022 15:46CBU thai juga ga semuanya ok kan? Lihat2 harganya jugaVolk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Btw sudah berhasil TD Creta prime hari ini, poinnya:
- fit and finish nya cukup good, mendekati korsel punya. Cukup halus, meskipun console tengah bisa digoyang lumayan ya, tapi sejauh mata memandang ga ada gap2 kurang rapet atau bunyi2an. Sepertinya soal bq udah ga terlalu mengganjal
- suspensi empuk nyaman, tapi limbungnya lumayan. Tikungan 70-80kmh masih stabil tapi bodyroll cukup kerasa. Not bad
- Kayanya limiter mirip h tegak ya, saya masuk S lari 140an di gear 7 dan 8 ga bisa naik, kekunci di rpm 2-2.5k (kondisi mode sport), turun ke 6 rpm nya max di 4k dan ga mau naik juga speednya (Apalagi turun ke S, makin teriak mesinnya). Tenaganya cukup buat kota tapi kalo lari lari kecil kurang mantep
- kedap juga dalemnya, audio cukup (saya ga terlalu perhatiin audio, mostly mati kalau nyetir)
- FC cukup ok, lari 80-90 di tol dapat 1:18, dalkot macet2 masih 1:11
- Ruang sangat2 gede (ini katanya + nya creta dibanding cx3)
- di kota saya sih bilangnya belom ada yang masalah evap bocor, semoga bukan massal ya ini
Masalah yang belom clear adalah safety. Sense2an udah ada tapi crash rating 3* khas indihe emang ga bisa ilang ya? Amit2 gitu crash, tapi kan better safe than sorry kan?
Kalo bentuk no comment, eksentrik bin biasa aja. Ga ada spesialnya juga sih rasa drivingnya. Kurang sporty (kata orang2 ini lebih masuk ke CX3)
Ya kalo saya bilang, cukup untuk a to b, tapi ga ada passionnya (mau ganti velg rasanya percuma, bentuknya terlalu kaku. Mau main performance apalagi)
Next cari TD CX3 untuk bandingin
Krn suspensi empuk hrs dilimit segitu, ditambah GC tinggi.
HRV yg lama, kena limit ~180 km/h
Old BRV limit di ~170 km/h
Klo brio mobilio ~145 km/h
Belum tau klo yg baru brp yah.
Tapiiii.. bahaya dan maut makin dekat klo mendekati top speed![]()
Jadi emang bagusnya dilimit 140 km/h lah![]()
Lagian ga cocok juga buat ngebut si creta
Serius Indo diatas indihe? Saya malah mikir setara indo ama indihe lho (contoh rockze yang shocknya loncat, atau plastik nya kasar)KielConstantine wrote: Wed Aug 10, 2022 18:25Volk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Ayo kita urut meng-urut build up
Rank :
#1 CBU Japan
#2 CBU German / Italy / Sweden setara
#3 CBU US / England / French setara
#4 CBU Thai
#5 CBU Indo
#6 CBU Indihe
Japs rank 1 soalnya reliability lebih bagus drpd german
Ayo tambahin lg atau koreksi![]()
Thai bukannya tergantung harganya ya, bisa setara sini atau diatas sini kayanya
CBU korea bagus om, saya pernah pegang markonah gasoline. Jujur itu mobil jadi benchmark buat saya ambil creta itu (ya tetap menang markonah jauh quality nya, creta pakai plastik yang lebih kasar daripada markonah)grimjow wrote: Wed Aug 10, 2022 23:18Cbu Korea gimana sekarang kualitasnya?KielConstantine wrote: Wed Aug 10, 2022 18:25Volk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Ayo kita urut meng-urut build up
Rank :
#1 CBU Japan
#2 CBU German / Italy / Sweden setara
#3 CBU US / England / French setara
#4 CBU Thai
#5 CBU Indo
#6 CBU Indihe
Japs rank 1 soalnya reliability lebih bagus drpd german
Ayo tambahin lg atau koreksi![]()
Trus CX5 Malaysia vs Jepang, beda ga?
Ini nanya karena ga tau![]()
CX5 bukannya thai ya om? Kalo malay malah penasaran ama si myvi ama 2008. Kan cbu malay juga itu.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Emang harus nyobain sih mbah,Omiyup wrote: Thu Aug 11, 2022 1:14
Hmmmm gitu ya? Soalnya lumayan khawatir ama sunatan yang ga keliatan sih om
Harga creta tipe bawah murah banget soalnya dibanding tipe teratasnya, jadi khawatir ada sunatan macem h tegak gitu.
dan testnya jangka panjang, atau bbrp kali test drive.
jd bisa lebih "terdengar" dan "terlihat" bedanya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Model bodi kotak kayak Creta lebih cocok dikasih mesin turbo, contoh Chevy Trax 1.4 turbo: larinya enteng, di tol kalo mau naik dari 100 ke 120-140 tinggal totol gas juga cepet dapat, mesin ga jerit2, bodi juga cukup stabil dibawa lari segitu. Bawa Surabaya Yogya pas liburan tahun baru 2019 ga kerasa capeknya. Lawan2nya sampe hari ini cuma HRV RS baru yg pake turbo, tapi udah ga kepingin soalnya harga BBM turbo ikut ngebut + harga unit setengah M(ber)...Omiyup wrote: Wed Aug 10, 2022 15:46CBU thai juga ga semuanya ok kan? Lihat2 harganya jugaVolk wrote: Wed Aug 10, 2022 14:29 CBU Thai = KUALITAS BAGUS
CBU India = KUALITAS JELEK
CKD = MASIH LEBIH BETTER DRPD INDIA
So far sih begitu liat nya
Gatau VW ktnya CBU india y?bagus gak kualitasnya?
Btw sudah berhasil TD Creta prime hari ini, poinnya:
- fit and finish nya cukup good, mendekati korsel punya. Cukup halus, meskipun console tengah bisa digoyang lumayan ya, tapi sejauh mata memandang ga ada gap2 kurang rapet atau bunyi2an. Sepertinya soal bq udah ga terlalu mengganjal
- suspensi empuk nyaman, tapi limbungnya lumayan. Tikungan 70-80kmh masih stabil tapi bodyroll cukup kerasa. Not bad
- Kayanya limiter mirip h tegak ya, saya masuk S lari 140an di gear 7 dan 8 ga bisa naik, kekunci di rpm 2-2.5k (kondisi mode sport), turun ke 6 rpm nya max di 4k dan ga mau naik juga speednya (Apalagi turun ke S, makin teriak mesinnya). Tenaganya cukup buat kota tapi kalo lari lari kecil kurang mantep
- kedap juga dalemnya, audio cukup (saya ga terlalu perhatiin audio, mostly mati kalau nyetir)
- FC cukup ok, lari 80-90 di tol dapat 1:18, dalkot macet2 masih 1:11
- Ruang sangat2 gede (ini katanya + nya creta dibanding cx3)
- di kota saya sih bilangnya belom ada yang masalah evap bocor, semoga bukan massal ya ini
Masalah yang belom clear adalah safety. Sense2an udah ada tapi crash rating 3* khas indihe emang ga bisa ilang ya? Amit2 gitu crash, tapi kan better safe than sorry kan?
Kalo bentuk no comment, eksentrik bin biasa aja. Ga ada spesialnya juga sih rasa drivingnya. Kurang sporty (kata orang2 ini lebih masuk ke CX3)
Ya kalo saya bilang, cukup untuk a to b, tapi ga ada passionnya (mau ganti velg rasanya percuma, bentuknya terlalu kaku. Mau main performance apalagi)
Next cari TD CX3 untuk bandingin
Kalo soal driving CX3 udah pasti jauh diatas Creta, memanjakan driver ya, bukan penumpang (belakang). CX3 IMHO sedikit dibawah Ford Fiesta. Karakter transmisi dan mesin (yg 1.5) mirip FF: ngajak ngebut terus krn di bejek agak dalam dikit gigi langsung turun siap2 narik. Mungkin yg 2.0 bisa lebih santai krn torsinya lebih gede di RPM lebih rendah jadi transmisi ga bengal (belum pernah TD yg 2.0 sih).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Boleh coba lirik subaru xv yg baru launching hari ini om. Harga 450 jt - 499 jt dengan mesin 2000 cc boxer awd. Build quality khas CBU malaysia bisa dipegang. Menarik asalkan posisi om ada di daerah sekitar tangerang. Soalnya bengkel resminya cuma ada satu di alam sutra haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Wah Subaru XV vs HRV RS turbo, sama2 CVT, harga mepet masih dibawah HRV RS. Sudah ada Eyesight. Kalau suka model utilitarian boleh dilirik ya, krn fisiknya dari dulu ya gitu2 aja. Yg pasti sunroof nya bukan kaleng2 yang tambah bikin panas tanpa solusimobilover wrote: Thu Aug 11, 2022 8:12 Boleh coba lirik subaru xv yg baru launching hari ini om. Harga 450 jt - 499 jt dengan mesin 2000 cc boxer awd. Build quality khas CBU malaysia bisa dipegang. Menarik asalkan posisi om ada di daerah sekitar tangerang. Soalnya bengkel resminya cuma ada satu di alam sutra haha

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Gimana om?peterming77 wrote: Thu Aug 11, 2022 8:05
Kalo soal driving CX3 udah pasti jauh diatas Creta, memanjakan driver ya, bukan penumpang (belakang). CX3 IMHO sedikit dibawah Ford Fiesta. Karakter transmisi dan mesin (yg 1.5) mirip FF: ngajak ngebut terus krn di bejek agak dalam dikit gigi langsung turun siap2 narik. Mungkin yg 2.0 bisa lebih santai krn torsinya lebih gede di RPM lebih rendah jadi transmisi ga bengal (belum pernah TD yg 2.0 sih).
Dah mulai dapet feelnya belum?
Saya dah mulai terlatih nih ngegasnya biar ga downshift terus

P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Tue May 03, 2011 5:01
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Kalo suka nyetir memang better cx 3 om, dan ga peduli dgn akomodasi barang & penumpang. Tampilan memang lebih sporty.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb
Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb
Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Familiar nih kasusnya, awalnya incer cx3 tp setelah bandingin langsung ama mazda2, kok merasa sama aja. Om gagenly atau siapa gitu namanya di sini. Akhirnya beliau ambil mazda2 GT.Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 4:36 Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb
Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)

Build quality sih kalau saya perhatikan langsung mirip2 aja ya om, ga ada perbedaan sih d mazda. Terus ground clearance sbenernya kan ga beda jauh ya antara mazda 2 dan cx3.
Palingan mazda2 yg muka paling terakhir, ga ada foglamp. Cx3 masih ada. Tp ini sih minor ya. Sama ada beberapa fitur sensing yg disunat di mazda 2 (tipe GT).

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
mungkin boleh diperhatiin juga cost service nya. ini temen saya sharing di ig stories, katanya ganti oli, filter dll bisa abis 5 juta. Trus masuk service dikasih estimasi perbaikan sekitar 48 juta. akhirnya setelah dipilih2 yg crucial abisnya 12 juta (tanpa yang jasa oli sebelumnya itu) aki juga kayanya harus pake yang iss ya sekitar 3 juta. Sisanya dia mau pake bengkel luar beres.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Sense sama kok om cx3 kalo based on brochure. Saya suka depannya m2 tapi ga suka belakangnya (apalagi yang sedan)josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 4:49Familiar nih kasusnya, awalnya incer cx3 tp setelah bandingin langsung ama mazda2, kok merasa sama aja. Om gagenly atau siapa gitu namanya di sini. Akhirnya beliau ambil mazda2 GT.Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 4:36 Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb
Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
![]()
Build quality sih kalau saya perhatikan langsung mirip2 aja ya om, ga ada perbedaan sih d mazda. Terus ground clearance sbenernya kan ga beda jauh ya antara mazda 2 dan cx3.
Palingan mazda2 yg muka paling terakhir, ga ada foglamp. Cx3 masih ada. Tp ini sih minor ya. Sama ada beberapa fitur sensing yg disunat di mazda 2 (tipe GT).
Btw seriusan ganti oli filter jasa sampe 5 jt? Cx3 sih saya ditawarin dapet 3th 60k warranty (kalo M2HB dapet tambahan 2 th, lumayan worthed buat saya yang agak lama naik km nya)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Cx3 ya mbah?timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:27 mungkin boleh diperhatiin juga cost service nya. ini temen saya sharing di ig stories, katanya ganti oli, filter dll bisa abis 5 juta. Trus masuk service dikasih estimasi perbaikan sekitar 48 juta. akhirnya setelah dipilih2 yg crucial abisnya 12 juta (tanpa yang jasa oli sebelumnya itu) aki juga kayanya harus pake yang iss ya sekitar 3 juta. Sisanya dia mau pake bengkel luar beres.
Ada case mirip soal biaya servis.. Xpander pny ipar kmrn digetok 2 jt servis 20rb km atau thn ke 2 katanya
Dan dah dibayar

Pas sy itung" cm yg penting" aja harusnya kena <1jt
Include biaya servis dan pajak.
Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Biasa lah mbah, beberapa beres tarik cuan dr obat jamu. ATF malah yg lebih vital, seringnya di-skip. Wkwk.Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 5:46
Cx3 ya mbah?
Ada case mirip soal biaya servis.. Xpander pny ipar kmrn digetok 2 jt servis 20rb km atau thn ke 2 katanya
Dan dah dibayar![]()
Pas sy itung" cm yg penting" aja harusnya kena <1jt
Include biaya servis dan pajak.
Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu![]()

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Tue May 03, 2011 5:01
Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3
Cx3 memang lebih road noise dibanding creta, mungkin krn pake high performance tire Toyo proxes kali. Dan uda ring 18. Kalo yg 1.5 memang tarikannya 11-12 lah ama creta. Lain cerita kalo yg 2.0, masih berani lawan Pajero atau Fortuner. Space cabin memang ya begitu sempit hehehe..Omiyup wrote:Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb
Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
Buidl quality mazda terkenal bagus kok, dulu sempet miara mazda 2 HB & blm pernah ada rattle noise dr interiornya selama 3 th lebih.
Kalo harga spare part mazda memang sedikit lebih mahal karena masih CBU, tapi masih plus minus lah.
Uda om langsung deh SPK, warna selain soul red aja biar cepat dapatnya. Soul red banyak bgt peminatnya.