frouple wrote: Fri Aug 12, 2022 2:34
Permisi para suhu mau minta saran untuk mobil pertama saya.
Untuk estimasi budget di sekitar 80-100jt.
Kebutuhan saya :
1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)
Ada beberapa kandidat yang saya sudah coba cari info
1. Nissan march XS (2011-2013)
+ Kabin dan Bagasi lumayan luas
+ Single Air Bag + ABS
+ AC digital
- 3 Silinder
- Baca2 info tenaga kurang apa lagi pas tanjakan
2. Daihatsu Sirion (2011-2014)
+ Kabin luas dan Bagasi cukup
+ 4 Silinder
+ Mesin 1300 sama dengan AVXEN
- Fitur pelit
- Fitur Safety kurang (gak ada ABS + Airbag)
- Ban serep Space saver
3. Duo kembar Ayla Agya
+ Kabin dan Bagasi luas
- 3 Silinder 1k cc
Sempet ngelirik Picanto 2012-2014 juga udah di coret dari list karena kabin dan bagasinya kecil dan fiturnya juga pelit
Apa para suhu punya rekomendasi lain selain inceran saya ?
Om...
Mau ngelurusin aja ya tentang mobil 3 silinder..
Jika sama2 CCnya, misal 1200cc, mobil A 4 silinder, mobil B 3 silinder, maka mobil B itu lebih kuat torsinya.
Jika Om bukan pembalap (yang mementingkan rpm tinggi), justru mobil B (yg 3 silinder) lebih menguntungkan buat daily use.
Lha kok bisa?
Begini, Daily use selalu menggunakan rpm rendah ke middle. Nah mobil 3 silinder karakternya bisa memberikan tenaga di area rpm itu.
Mobil 3 slinder torsinya lebih tinggi dan diraih di rpm lebih rendah ketimbang mobil 4 silinder, sehingga mobil 3 silinder:
1. Lebih gesit buat daily use.
2. Lebih fun to drive.
4. Nggak usah bejek rpm tinggi sudah ngacir.
5. Nggak perlu sering pindah gigi rendah sudah ngacir ketimbang 4 silinder
6. Karena poin 1-5 ujung2nya lebih irit bbm dari yang 4 silinder
Karakter mobil 3 silinder mirip mobil diesel, penuh torsi di rpm rendah.
Sehingga cara mengemudi mobil 3 silinder seperti mobil diesel, jng bejek2 rpm tinggi.
Dng mengemudi di rpm rendah, mobil 3 silinder bisa halus dan lebih ngacir ketimbang bejek di rpm atas.