Betul Om hanya di sisi driver saja. Udah say coba ga bisa. Dan memang ga ada triple garis sensor nya itu.kingpower wrote: Mon Aug 08, 2022 1:58 Nice sharing om.
Btw masa sih keyless entry cuma ada di pintu driver? Saya punya corolla cross ada di pintu depan kiri juga.
So far yang bikin iri sama altis hybrid adalah headunitnya. Rapi dan integrated ga kayak corolla cross mirip aftermarket.
Enjoy hybridnya om
Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Hahaha, kirain saya aja yg kagok. Memang aneh tombol track dikanan dan volume dikiri. Posisi volune pun kiri dan kanan bukan atas dan bawahpeterming77 wrote: Mon Aug 08, 2022 2:05Setuju, itu HU nya bikin illfeel soalnya full touch, mau naik turun volume, pindah ke Bluetooth juga ribetnya ampun apalagi kalo lagi nyetir + Toyota aneh sih taruh tombol di setir: volume di kiri, track di kanan, kalo mobil2 lain biasanya semua urusan media di satu sisi aja entah kiri atau kanan (chevy)kingpower wrote: Mon Aug 08, 2022 1:58 Nice sharing om.
Btw masa sih keyless entry cuma ada di pintu driver? Saya punya corolla cross ada di pintu depan kiri juga.
So far yang bikin iri sama altis hybrid adalah headunitnya. Rapi dan integrated ga kayak corolla cross mirip aftermarket.
Enjoy hybridnya om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Iya Chris. First time beli mobil (atau barang apapun) diatas 200 juta tanpa liat apalagi tes barangnya. Berbulan bulan liat ratusan review di youtube, luar dan dalam negri....baru berani ambil keputusan.ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 3:09 akhirnya jdnya pake jalan ninja beli tanpa test drive yah om![]()
ada temen pake corcross hybrid emang katanya paling enak itu buat perkotaan low speed aja kebantu torsi motor listrik. kalau high speed udah jangan coba coba nantangin mobil lain. wkwkkwkwkww. emang mobil buat irit iritan.
yg menarik soal ban toyota ini rasanya lumayan royal utk lineup corolla. cross dan altis hybrid dikasih primacy 4. previous gen malah pilot sport 3. camry aja cuma dapet turanza.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Belum pernah coba sih Om. Belum sempat lewat toll, hehehe. Tapi kata salesnya sih karena sudah TSS 3.0, sudah bisa ngatur jarak dengan mobil depan sampai low speedMcLaren wrote: Mon Aug 08, 2022 2:10 Om, klo altis hybrid ini udah low speed follow belum yaa ACCnya?
Saingannya si civic kn udah.. walo bensinnya 10 km perliter wkwkwk, separonya hybrid altis
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Salam kenal, Om. Wah harganya bagus tuh. Di asri motor atau auto2000? Warna super white atau pearl white?Sanasini wrote: Mon Aug 08, 2022 3:22 Halo Om,
Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.
Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.
Rgds,
Sempat putus asa saya waktu dikasih tahu warna celestite grey bakal lama...sempat kepikiran ganti ke silver atau putih...tiba tiba ada pembeli lain yang cancel warna grey nya. Memang jodoh saya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnyahosea wrote: Mon Aug 08, 2022 4:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.
Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om

Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Belum tahu harga baterai nya, om. Tanggal 15 agustus manti servis pertama, mau saya tanyakan sih.pengendiesel wrote: Mon Aug 08, 2022 5:01Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnyahosea wrote: Mon Aug 08, 2022 4:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.
Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om![]()
Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
Btw di amerika dan eropa sudah launching new altis.
Yang bensin pakai mesin 2.0 sama seperti Voxy baru, tenaga 169 hp.
Yang hybrid tetap 1.8 tapi baterainya ganti lithium ion dan kapasitas lebih besar, total output tenaga 138 hp (naik 17 hp dari yang sekarang).
Penasaran kalau ganti baterai apa compatible dengan yang generasi baru, atau harus ganti mobil nya juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Ga ngaruh sih, biasanya kalo brenti lama gitu baru notif ting tung ting tung, tergantung juga posisi batre, istilahnya 'traction battery needs charging' atau apa semacam gitu, begitu saya pindah P atau D beneran mesin bensinnya nge charge batre.hosea wrote: Mon Aug 08, 2022 4:49Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhentipeterming77 wrote: Mon Aug 08, 2022 1:56Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)hosea wrote: Sun Aug 07, 2022 6:15
Konsumsi BBM.
Ini point utama mobil hybrid, dan disini Altis memberikan hasil yang luar biasa. Setelah jarak tempuh 700 km, dari MID saya dapat 19 km/liter, pakai pertamax. Gaya mengemudi normal, sering kena macet, dan kadang agresif kalau jalanan lengang. Impresif. Kalau luar kota yakin bisa 25 km/liter. Saya masih akam tes dengan metode full tank, nanti saya update hasilnya. Jika benar diatas 18 km/liter, diisi pertamax turbo pun worthed, karena penghematan bbm nya lebih dari 50% dibanding mobil saya lainnya. Well done Toyota.
Catatan khusus :
1. Mobil ini ketika dalam posisi transmisi N dan mesin hidup, ketika lebih dari 10 menit muncul warning di MID bahwa transmisi panas dan energh baterai depleted, dan diminta segera pindah ke posisi P. Saya belum sempat tanya bengkelnya, tapi pernah baca di google bahwa ECVT hybrid ini beda dengan CVT biasa, dalam arti dia tidak punya rasio pulley variable sesungguhnya. Hanya ada 2 posisi : jalan (D , R dan N) atau stop (P). Jadi ketika posisi N, sebetulnya pulley tetap berputar tapi tidak terkoneksi ke roda. Dalam keadaan lama aka timbul panas di transmisi dan mengambil energy dari baterai tanpa ada charging.
Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
congrats mobil barunya 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Ya kayak CHR improvement kan, motor listriknya nambah power. Kalo cuma ganti batre ga ngaruh ke output HP nya.hosea wrote: Mon Aug 08, 2022 5:06Belum tahu harga baterai nya, om. Tanggal 15 agustus manti servis pertama, mau saya tanyakan sih.pengendiesel wrote: Mon Aug 08, 2022 5:01Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnyahosea wrote: Mon Aug 08, 2022 4:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.
Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om![]()
Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
Btw di amerika dan eropa sudah launching new altis.
Yang bensin pakai mesin 2.0 sama seperti Voxy baru, tenaga 169 hp.
Yang hybrid tetap 1.8 tapi baterainya ganti lithium ion dan kapasitas lebih besar, total output tenaga 138 hp (naik 17 hp dari yang sekarang).
Penasaran kalau ganti baterai apa compatible dengan yang generasi baru, atau harus ganti mobil nya juga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Di Auto2000 Om, warna Pearl White. Udah coba cruise control sampai mobil berhenti kah Om? Saya belum pernah sih, kemarin waktu jalan agak jauh pas di tol set cruise 80kmh, begitu depan ngelambat sampe 50an kmh, mayan halus deselerasi nya.hosea wrote: Mon Aug 08, 2022 4:59Salam kenal, Om. Wah harganya bagus tuh. Di asri motor atau auto2000? Warna super white atau pearl white?Sanasini wrote: Mon Aug 08, 2022 3:22 Halo Om,
Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.
Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.
Rgds,
Sempat putus asa saya waktu dikasih tahu warna celestite grey bakal lama...sempat kepikiran ganti ke silver atau putih...tiba tiba ada pembeli lain yang cancel warna grey nya. Memang jodoh saya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Belum sempat lewat toll sama sekali sih. Karena mobil sering dipakai istri untuk dalam kota saja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Wah selamat om..
Pingin rasanya sunroof co cross dituker head unit oem, TSS, electric brake n auto hold haha..
Di cocross gw rata2 21.5 km/ liter si.. klo rajin2 ngeglide pas cruising di tol bisa di 23 an km/l, cm skrg jarang lakuin jd turun..
Dan sama minus nya auto head light nya ga bisa di off, kadang sampe masukin ke lampu kecil supaya ga silau cm kadang lupa balikin lagi.. satu lagi klakson nya cupu klo di cocross hehe..
Suara audio klo di cocross si jelek ya padal kekedapan udah bagus, gmn klo di altis?

Pingin rasanya sunroof co cross dituker head unit oem, TSS, electric brake n auto hold haha..
Di cocross gw rata2 21.5 km/ liter si.. klo rajin2 ngeglide pas cruising di tol bisa di 23 an km/l, cm skrg jarang lakuin jd turun..
Dan sama minus nya auto head light nya ga bisa di off, kadang sampe masukin ke lampu kecil supaya ga silau cm kadang lupa balikin lagi.. satu lagi klakson nya cupu klo di cocross hehe..
Suara audio klo di cocross si jelek ya padal kekedapan udah bagus, gmn klo di altis?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Suara audio nya lumayan kalau pakai bluetooth atau android auto. Kalau dari flash disk agak kurang nendang bass nya. Overall not bad, tidak se "sampah" hyundai santa fe saya, tapi masih kalah dengan subaru impreza dan swift sport yang keduanya CBU Jepang.yaseinotulip wrote: Mon Aug 08, 2022 11:41 Wah selamat om..![]()
Pingin rasanya sunroof co cross dituker head unit oem, TSS, electric brake n auto hold haha..
Di cocross gw rata2 21.5 km/ liter si.. klo rajin2 ngeglide pas cruising di tol bisa di 23 an km/l, cm skrg jarang lakuin jd turun..
Dan sama minus nya auto head light nya ga bisa di off, kadang sampe masukin ke lampu kecil supaya ga silau cm kadang lupa balikin lagi.. satu lagi klakson nya cupu klo di cocross hehe..
Suara audio klo di cocross si jelek ya padal kekedapan udah bagus, gmn klo di altis?
Memang audio bawaan CBU jepang ga bisa dikalahkan atau disamai dengan rakitan thailand, filipina, apalagi Indo

Kalau di cocross mungkin karena headunit nya after market ya Om? Bukan bawaan dari pabrik?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.AbdulHakim wrote: Mon Aug 08, 2022 0:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.
kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 5:21ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.AbdulHakim wrote: Mon Aug 08, 2022 0:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.
kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
Makasih tips-nya om sherryandkez

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensinAbdulHakim wrote: Tue Aug 09, 2022 6:06ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 5:21ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.AbdulHakim wrote: Mon Aug 08, 2022 0:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.
kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
Makasih tips-nya om sherryandkez![]()

“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Tapi kalo full EV kan 1) jaraknya ga bisa jauh, 2) ada speed limit (belum pernah coba pake full EV dng speed tinggi, soalnya jarang bisa dapat kondisi full EV, mesti tet tet - batre ga cukup terus kalo dipencet full EV)sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 6:24betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensinAbdulHakim wrote: Tue Aug 09, 2022 6:06ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 5:21
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.
kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.
kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
Makasih tips-nya om sherryandkez![]()
![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Head unit nya sm dengan venturer dan fortuner klo ga salah ya..hosea wrote: Mon Aug 08, 2022 15:29
Suara audio nya lumayan kalau pakai bluetooth atau android auto. Kalau dari flash disk agak kurang nendang bass nya. Overall not bad, tidak se "sampah" hyundai santa fe saya, tapi masih kalah dengan subaru impreza dan swift sport yang keduanya CBU Jepang.
Memang audio bawaan CBU jepang ga bisa dikalahkan atau disamai dengan rakitan thailand, filipina, apalagi Indo![]()
Kalau di cocross mungkin karena headunit nya after market ya Om? Bukan bawaan dari pabrik?
Klo ga salah ya emg batere akan diposisi 3-4 bar terus normal nya kok.. kecuali emg lagi jalan turunan jd regenerative nya ngisi bisa sampe full kurang 1 bar.. ga perlu dikuatirkan gan haha..AbdulHakim wrote: Tue Aug 09, 2022 6:06ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 5:21ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.AbdulHakim wrote: Mon Aug 08, 2022 0:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.
kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
Makasih tips-nya om sherryandkez![]()
Klo spped tinggi dipencet tombol full EV bs ga ya? Ga perna coba hahapeterming77 wrote: Tue Aug 09, 2022 7:00Tapi kalo full EV kan 1) jaraknya ga bisa jauh, 2) ada speed limit (belum pernah coba pake full EV dng speed tinggi, soalnya jarang bisa dapat kondisi full EV, mesti tet tet - batre ga cukup terus kalo dipencet full EV)sherryandkez wrote: Tue Aug 09, 2022 6:24betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensinAbdulHakim wrote: Tue Aug 09, 2022 6:06 ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez![]()
![]()
Biasanya Speed tinggi full EV gw caranya di gas dulu sampe 80-100 km/h setelah stabil, trus lepas gas dikit sampe ev nyala trus tahan.. tp ga lama jg si karena tekan gas dikit aja lgsg jalan ICE nya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Honda CRV Prestige
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Halo om, harga 499jt itu setelah dapat diskon berapa? Cruise controlnya ada Low Speed Follow nya jg kah?Sanasini wrote:Halo Om,
Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.
Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.
Rgds,
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Honda CRV Prestige
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Tetap di D dan pasang auto hold brake tetap aman om. Di crv turbo saya selalu begitu...hosea wrote:Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhentipeterming77 wrote: Mon Aug 08, 2022 1:56Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)hosea wrote: Sun Aug 07, 2022 6:15
Konsumsi BBM.
Ini point utama mobil hybrid, dan disini Altis memberikan hasil yang luar biasa. Setelah jarak tempuh 700 km, dari MID saya dapat 19 km/liter, pakai pertamax. Gaya mengemudi normal, sering kena macet, dan kadang agresif kalau jalanan lengang. Impresif. Kalau luar kota yakin bisa 25 km/liter. Saya masih akam tes dengan metode full tank, nanti saya update hasilnya. Jika benar diatas 18 km/liter, diisi pertamax turbo pun worthed, karena penghematan bbm nya lebih dari 50% dibanding mobil saya lainnya. Well done Toyota.
Catatan khusus :
1. Mobil ini ketika dalam posisi transmisi N dan mesin hidup, ketika lebih dari 10 menit muncul warning di MID bahwa transmisi panas dan energh baterai depleted, dan diminta segera pindah ke posisi P. Saya belum sempat tanya bengkelnya, tapi pernah baca di google bahwa ECVT hybrid ini beda dengan CVT biasa, dalam arti dia tidak punya rasio pulley variable sesungguhnya. Hanya ada 2 posisi : jalan (D , R dan N) atau stop (P). Jadi ketika posisi N, sebetulnya pulley tetap berputar tapi tidak terkoneksi ke roda. Dalam keadaan lama aka timbul panas di transmisi dan mengambil energy dari baterai tanpa ada charging.
Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Oh gitu ya Om. Thanks pencerahan nyakorzlet wrote: Tue Aug 09, 2022 10:55Tetap di D dan pasang auto hold brake tetap aman om. Di crv turbo saya selalu begitu...hosea wrote:Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhentipeterming77 wrote: Mon Aug 08, 2022 1:56
Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)
Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Nice review Om,
Dulu pernah nonton ini, cara berkemudi toyota lexus hybrid supaya bisa dimaksimalin jadi lebih irit lagi ada beberapa trick nya.
Mungkin bisa membantu supaya tambah irit lagi
Ngomongin soal baterai hybrid, pernah nonton ada 2019 prius plug in udah 341rb mile (548rb km)
Masih ok baterainya dan malah belum perlu ganti brakepad juga karena dibantu regenerative braking system nya
Dulu pernah nonton ini, cara berkemudi toyota lexus hybrid supaya bisa dimaksimalin jadi lebih irit lagi ada beberapa trick nya.
Mungkin bisa membantu supaya tambah irit lagi

Ngomongin soal baterai hybrid, pernah nonton ada 2019 prius plug in udah 341rb mile (548rb km)
Masih ok baterainya dan malah belum perlu ganti brakepad juga karena dibantu regenerative braking system nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Buset odonya gila.arfs wrote: Wed Aug 10, 2022 8:24 Nice review Om,
Dulu pernah nonton ini, cara berkemudi toyota lexus hybrid supaya bisa dimaksimalin jadi lebih irit lagi ada beberapa trick nya.
Mungkin bisa membantu supaya tambah irit lagi![]()
Ngomongin soal baterai hybrid, pernah nonton ada 2019 prius plug in udah 341rb mile (548rb km)
Masih ok baterainya dan malah belum perlu ganti brakepad juga karena dibantu regenerative braking system nya
Reliability batrenya jempolan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Jun 27, 2018 13:35
Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid
Disc 25 dikala harga masih 524 (OTR Jakarta). Cruise control tadi siang jajal di tol, turun smp ke 20an sih bisa. Tapi saya masih keder hahahah.. jadi engga lama lgsg saya matiin cruise nyakorzlet wrote: Tue Aug 09, 2022 10:53Halo om, harga 499jt itu setelah dapat diskon berapa? Cruise controlnya ada Low Speed Follow nya jg kah?Sanasini wrote:Halo Om,
Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.
Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.
Rgds,