Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007 say
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007 say
waktu servis pertama (1000km), saya diberitahu lebih baik pasang turbo timer utk menjaga turbo biar ga rusak. Apabila rusak, bisa kena 30juta. Nah gue bingung, kenapa inova jual mobil tanpa turbo timer kalo memang bisa rusak ? aneh bukan?
Saya adukan ke sales yg jual mobil ini, lalu ga lama die telpon dan menjelaskan bahwa sebenarnya ga perlu, tapi alangkah baiknya utk dipasang.
Saya lalu tlpon bengkel yg trkenal dgn ahli turbo (carmen). Dia malah dgn remeh bilang "gapain pasang? utk inova apaalgi. Nanti malah repot modif alarmnya tungguin turbo mati baru bisa pake alarm "... Nah tambah bingung deh gue.
Bagaimana bagusnya yah ?
Apa sih plus minus pake turbo timer utk inova diesel 2007 ini ?
thx sebelonnya
Saya adukan ke sales yg jual mobil ini, lalu ga lama die telpon dan menjelaskan bahwa sebenarnya ga perlu, tapi alangkah baiknya utk dipasang.
Saya lalu tlpon bengkel yg trkenal dgn ahli turbo (carmen). Dia malah dgn remeh bilang "gapain pasang? utk inova apaalgi. Nanti malah repot modif alarmnya tungguin turbo mati baru bisa pake alarm "... Nah tambah bingung deh gue.
Bagaimana bagusnya yah ?
Apa sih plus minus pake turbo timer utk inova diesel 2007 ini ?
thx sebelonnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007
Untuk jawaban pastinya coba tanya lewat email saja ... di websitenya toyota.co.id
Website tersebut kan resmi, poasti yang jawab juga tidak asal - asalan karena bisa dintuntut kalau jawabnya salah CMIIW
Setahu saya tidak perlu yah ... karena saya pemakai Diesel Panther TURBO sudah 2 thn jalan 30.000 KM tidak memakai TURBO TIMER.
Padahal mesin DIESEL kan dibuat dengan perkiraan kekuatan lebih dari 10 thn ... masak gak dipikirkan oleh enginer nya kalau tidak dipasangi itu bisa rusak ..
Memang Panther tahun 2003-2004 pernah ada juga TURBO TIMER ... tapi yang baru baru dari thn 2005-2007 ini semua tidak ada TURBO TIMER nya ...
HEHEHE SORRY Bro jadi gue ngomongin PANTHER ... karena gue pemakai PANTHER dan saya pikir kan sama sama turbo nya ... dan INOVA kaln lebih bagus kayaknya dari PANTHER ..
Website tersebut kan resmi, poasti yang jawab juga tidak asal - asalan karena bisa dintuntut kalau jawabnya salah CMIIW
Setahu saya tidak perlu yah ... karena saya pemakai Diesel Panther TURBO sudah 2 thn jalan 30.000 KM tidak memakai TURBO TIMER.
Padahal mesin DIESEL kan dibuat dengan perkiraan kekuatan lebih dari 10 thn ... masak gak dipikirkan oleh enginer nya kalau tidak dipasangi itu bisa rusak ..
Memang Panther tahun 2003-2004 pernah ada juga TURBO TIMER ... tapi yang baru baru dari thn 2005-2007 ini semua tidak ada TURBO TIMER nya ...
HEHEHE SORRY Bro jadi gue ngomongin PANTHER ... karena gue pemakai PANTHER dan saya pikir kan sama sama turbo nya ... dan INOVA kaln lebih bagus kayaknya dari PANTHER ..

HasanFenny wrote:waktu servis pertama (1000km), saya diberitahu lebih baik pasang turbo timer utk menjaga turbo biar ga rusak. Apabila rusak, bisa kena 30juta. Nah gue bingung, kenapa inova jual mobil tanpa turbo timer kalo memang bisa rusak ? aneh bukan?
Saya adukan ke sales yg jual mobil ini, lalu ga lama die telpon dan menjelaskan bahwa sebenarnya ga perlu, tapi alangkah baiknya utk dipasang.
Saya lalu tlpon bengkel yg trkenal dgn ahli turbo (carmen). Dia malah dgn remeh bilang "gapain pasang? utk inova apaalgi. Nanti malah repot modif alarmnya tungguin turbo mati baru bisa pake alarm "... Nah tambah bingung deh gue.
Bagaimana bagusnya yah ?
Apa sih plus minus pake turbo timer utk inova diesel 2007 ini ?
thx sebelonnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007
CMIIW, bukan ketakutan merusak mesin dieselnya bro, tapi turbonya yang takut rusak, karena panas yg berlebihanBudiDarmawan wrote:Setahu saya tidak perlu yah ... karena saya pemakai Diesel Panther TURBO sudah 2 thn jalan 30.000 KM tidak memakai TURBO TIMER.
Padahal mesin DIESEL kan dibuat dengan perkiraan kekuatan lebih dari 10 thn ... masak gak dipikirkan oleh enginer nya kalau tidak dipasangi itu bisa rusak ..
Memang Panther tahun 2003-2004 pernah ada juga TURBO TIMER ... tapi yang baru baru dari thn 2005-2007 ini semua tidak ada TURBO TIMER nya ...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
@budidarmawan
kalo ke web toyota sih, deh pasti sama jawabannya.....disarankan pasang timer...abis deh 1,3juta dgn mudahnya. toyota terkenal mahal bgt utk spare part.
@Risol1
maksudnye budidarmawan jg turbonya bos, tp diliatnya dr mesin dieselnya. Kalo turbonye kenapa2 kan, deh pasti mesin diesel nye ada ga beres, tp so far so good selama 30.000km
gitu kan bos budi ?
Kalo gitu mendingan ga usah dipasangin yah
Tapi saya suka injek gas lho...gimana yah abgusnya. Tolong donk yg pernah pake timer. Apa masih byk pengguna turbo yg ga pake timer ?
thx nih
kalo ke web toyota sih, deh pasti sama jawabannya.....disarankan pasang timer...abis deh 1,3juta dgn mudahnya. toyota terkenal mahal bgt utk spare part.
@Risol1
maksudnye budidarmawan jg turbonya bos, tp diliatnya dr mesin dieselnya. Kalo turbonye kenapa2 kan, deh pasti mesin diesel nye ada ga beres, tp so far so good selama 30.000km
gitu kan bos budi ?
Kalo gitu mendingan ga usah dipasangin yah
Tapi saya suka injek gas lho...gimana yah abgusnya. Tolong donk yg pernah pake timer. Apa masih byk pengguna turbo yg ga pake timer ?
thx nih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007
HasanFenny wrote:waktu servis pertama (1000km), saya diberitahu lebih baik pasang turbo timer utk menjaga turbo biar ga rusak. Apabila rusak, bisa kena 30juta. Nah gue bingung, kenapa inova jual mobil tanpa turbo timer kalo memang bisa rusak ? aneh bukan?
Saya adukan ke sales yg jual mobil ini, lalu ga lama die telpon dan menjelaskan bahwa sebenarnya ga perlu, tapi alangkah baiknya utk dipasang.
Saya lalu tlpon bengkel yg trkenal dgn ahli turbo (carmen). Dia malah dgn remeh bilang "gapain pasang? utk inova apaalgi. Nanti malah repot modif alarmnya tungguin turbo mati baru bisa pake alarm "... Nah tambah bingung deh gue.
Bagaimana bagusnya yah ?
Apa sih plus minus pake turbo timer utk inova diesel 2007 ini ?
thx sebelonnya
SOPIR pun bisa jadi TURBO TIMER ... paling banter beberapa menit (gak sampai 2 menit) ... dan gak perlu ngeluarin 30 jeti.
Generasi Pertama Turbocharge ... pendinginan shaft dan bearing turbo hanya dilakukan dengan oli yang diambil dari sistem pelumasan mesin. Masalahnya setelah turbo bekerja keras ... temperaturnya tinggi. Kalau mesin langsung dimatiin ... maka oli tidak bersirkulasi lagi dan yang terjebak di Shaft Housing pada turbo ada kemungkinan akan terbakar (teroksidasi) menjadi kerak karbon ... ini yang menyebabkan rusaknya turbocharger.
Generasi kedua Turbocharge ... pendinginan dilakukan dengan oli dan air. Oleh karena sifat air berbeda dengan oli ... dimana air bisa bergerak secara konveksi ... maka resiko terbakarnya oli dalam shaft housing akan minimal dikarenakan adanya sirkulasi pendinginan air masih berjalan walaupun mesin udah mati.
Kalau masih was-was rusak turbonya :
- Setelah jalan jauh atau jalan pada RPM tinggi dimana Turbo Bekerja ... 10 menit sebelum berhenti atau sebelum sampai tujuan ... jalankan boil pada RPM dimana Turbo gak bekerja (gak Spooling), hal ini bertujuan untuk membantu pendinginan turbo ... sampai tujuan langsung dimatiin mesinnya gak jadi masalah ... atau kalau mau lebih awet turbonya ... si SOPIR nunggu mesin IDLE selama 1 menit ke 2 menit ... lalu mesin dimatiin. Dalam hal ini si SOPIR ber-action sebagai TURBO TIMER ... gak perlu 30 jeti kan ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
Benernya turbo timer ga perlu2 amat ...Di ipah gw ada turbo timernya,cuman sampai skrg jarang sekali dipakai...Tergantung bro kalau bawa mobilnya sperti gimana..Kalo gw abiz bawa kenceng biasanya 5 menitan dulu jalan pelan dgn kecepatan tdk lebih dari 60km/h..Buktiya samapi skrg ga perna ada masalah dgn turbonya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Dari pada 30 jeti dibelanjakan untuk turbo timer ... lebih baik ambil sebagian ... (mungkin gak sampai 1 jeti) ... gati Down Pipe ke ukuran 3" ... dijamin putaran bawahnya GALAK BANGET .....HasanFenny wrote:hm...gitu yah? ga usah pasang deh kalo gitu.....tungguin semenit aja n pelan2 sblon ke tempat tujuan. beres dah
ok deh
thx semua yg sdh kontribusi opininya
saya menghargainya sekali

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ooops ... Sorry ... salah tangkep 30jetinya ... kirain turbo timernya. ... Turbo gak sampai 30 jeti ... palingan 12jeti ke 15jeti.HasanFenny wrote:@penyuturbo
anda salah baca nih. Yg saya maksud 30juta kalo turbo inovanya rusak. Bukan timernya 30juta
Heheheh timer 30juta,...mending gue simpen bini muda bos drpd beli timer hahahahah
downpipe letaknya dimana bos ? di lebarin 3" pengaruhnya kemana ? boros BBM atau apa ?
Down Pipe itu yang menghubungkan antara Turbo dengan Catalytic Converter ... saya rasa standardnya cuman 2-1/2" ... gedein ke 3" ... Kalau gak salah bung Turboman udah ganti Down Pipe nya.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Benar spt yg dikatakan pak Penyu
Lalu juga yg harus diperhatikan instead of TT (Turbo Timer) adalah pelumas mesin serta jadwal ganti pelumas yg teratur / wajar.
Utk mobil A/T sih sebetulnya TT perlu / nggak perlu karena ketika parkir kita ga perlu injak gas, mobil sudah jalan sendiri, nah itu at least 30 detik sih ada, cukup waktu utk spool down Turbo.
Kalau mobil M/T ya lebih perlu.
CMIIW
Lalu juga yg harus diperhatikan instead of TT (Turbo Timer) adalah pelumas mesin serta jadwal ganti pelumas yg teratur / wajar.
Utk mobil A/T sih sebetulnya TT perlu / nggak perlu karena ketika parkir kita ga perlu injak gas, mobil sudah jalan sendiri, nah itu at least 30 detik sih ada, cukup waktu utk spool down Turbo.
Kalau mobil M/T ya lebih perlu.
CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
WAH TS... Hati2... 2 Turbo dah ngomong neh.. wekeekekeke..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau bicara tentang Konsumsi BBM antara NA dengan Turbo ... tentunya berbeda ... terutama dari segi BSFC (Brake Specific Fule Consumption) ... Untuk mesin NA BSFC = 0.45 s/d 0.50 lb/(HP*Hour) ... sedang untuk turbo BSFC = 0.60 s/d 0.65 lb/(HP*Hour) atau kalau dalam satuan SIjohnlegend wrote:mulai oot deh.. huehuehuehue..
btw, pake turbo2 gt konsumsi bbm berubah kaga yah? turbo nya tuh bisa bikin tarik'an mobil lebi kenceng?
sorry nih pertanyaan basic banget..
Mesin NA --- dari 270 gram/(kW*H) s/d 300 gram/(kW*H)
Mesin Turbo --- dari 360 gram/(kW*H) s/d 400 gram/(kW*H)
Atau kalau mau dalam liter
Mesin NA --- dari 0.355 Liter/(kW*H) s/d 0.395 Liter/(kW*H)
Mesin Turbo --- dari 0.474 Liter/(kW*H) s/d 0.526 Liter/(kW*H)
Contohnya :
Anda berjalan pada putaran mesin 3000 RPM dan pada putaran tersebut tenaga mesin adalah 30 kW ... jika anda berjalan selama 1 jam maka konsumsi BBM :
Mesin NA --- antara 10.65 Liter s/d 11.85 Liter
Mesin Turbo --- antara 14.22 Liter s/d 15.78 Liter
Selanjutnya apabila pada tenaga 30 kW dan RPM 3000 itu ... Speedo anda manteng di 120 KM/H ... maka perjalanan satu jam akan menempuh jarak 120 KM ... ini berarti konsumsi BBM :
Mesin NA --- antara 120 km/10.65 liter = 11.27 km/L s/d 10.13 km/L
Mesin Turbo --- antara 8.44 km/L s/d 7.60 km/L.
Begitulah kira-kira perhitungannya ... ha3 ... rumit gak ?????

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
waahhh.. beda torque nya bedaaaaaaaa.. konsumsi bbm nya beda lumayan..PenyuTurbo wrote:Kalau bicara tentang Konsumsi BBM antara NA dengan Turbo ... tentunya berbeda ... terutama dari segi BSFC (Brake Specific Fule Consumption) ... Untuk mesin NA BSFC = 0.45 s/d 0.50 lb/(HP*Hour) ... sedang untuk turbo BSFC = 0.60 s/d 0.65 lb/(HP*Hour) atau kalau dalam satuan SIjohnlegend wrote:mulai oot deh.. huehuehuehue..
btw, pake turbo2 gt konsumsi bbm berubah kaga yah? turbo nya tuh bisa bikin tarik'an mobil lebi kenceng?
sorry nih pertanyaan basic banget..
Mesin NA --- dari 270 gram/(kW*H) s/d 300 gram/(kW*H)
Mesin Turbo --- dari 360 gram/(kW*H) s/d 400 gram/(kW*H)
Atau kalau mau dalam liter
Mesin NA --- dari 0.355 Liter/(kW*H) s/d 0.395 Liter/(kW*H)
Mesin Turbo --- dari 0.474 Liter/(kW*H) s/d 0.526 Liter/(kW*H)
Contohnya :
Anda berjalan pada putaran mesin 3000 RPM dan pada putaran tersebut tenaga mesin adalah 30 kW ... jika anda berjalan selama 1 jam maka konsumsi BBM :
Mesin NA --- antara 10.65 Liter s/d 11.85 Liter
Mesin Turbo --- antara 14.22 Liter s/d 15.78 Liter
Selanjutnya apabila pada tenaga 30 kW dan RPM 3000 itu ... Speedo anda manteng di 120 KM/H ... maka perjalanan satu jam akan menempuh jarak 120 KM ... ini berarti konsumsi BBM :
Mesin NA --- antara 120 km/10.65 liter = 11.27 km/L s/d 10.13 km/L
Mesin Turbo --- antara 8.44 km/L s/d 7.60 km/L.
Begitulah kira-kira perhitungannya ... ha3 ... rumit gak ?????
kl type turbo ada beda2? cari nya dimana yah?
btw ngerti ginian dari mana nih? hebat..

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
http://www.bankspower.com/tech_TD-fact-Fiction.cfm
MYTH #7
You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.
FACT
This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today’s turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels.
In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would “heat soakâ€Â. A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil “coking†in the bearing area.
Turbochargers haven’t used babbitt bearings for over 30 years, and today’s oils resist coking. Synthetic oils won’t coke, period. With a turbocharged gas engine, it’s still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.
Today’s turbo-diesels are a different story. There is really no reason to “cool down†a turbo-diesel these days, but you won’t hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.
MYTH #7
You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.
FACT
This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today’s turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels.
In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would “heat soakâ€Â. A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil “coking†in the bearing area.
Turbochargers haven’t used babbitt bearings for over 30 years, and today’s oils resist coking. Synthetic oils won’t coke, period. With a turbocharged gas engine, it’s still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.
Today’s turbo-diesels are a different story. There is really no reason to “cool down†a turbo-diesel these days, but you won’t hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
Re: Apa perlu saya gunakan Turbo Timer utk inova diesel 2007
Kalo mau ngomong plus/minus, lebih banyak plusnya dari minusnyaHasanFenny wrote:waktu servis pertama (1000km), saya diberitahu lebih baik pasang turbo timer utk menjaga turbo biar ga rusak. Apabila rusak, bisa kena 30juta. Nah gue bingung, kenapa inova jual mobil tanpa turbo timer kalo memang bisa rusak ? aneh bukan?
Saya adukan ke sales yg jual mobil ini, lalu ga lama die telpon dan menjelaskan bahwa sebenarnya ga perlu, tapi alangkah baiknya utk dipasang.
Saya lalu tlpon bengkel yg trkenal dgn ahli turbo (carmen). Dia malah dgn remeh bilang "gapain pasang? utk inova apaalgi. Nanti malah repot modif alarmnya tungguin turbo mati baru bisa pake alarm "... Nah tambah bingung deh gue.
Bagaimana bagusnya yah ?
Apa sih plus minus pake turbo timer utk inova diesel 2007 ini ?
thx sebelonnya


Mending sih pake, pemikirannya di gampangin aja, cuma karena 1jt, urusan mobil lu umurnya jadi lebih panjang dan lu udah pasti yakin mobil lu akan lebih bagus.
Bukan nge-gampangin uang 1jt yah, tapi sampe satu hari rusak itu pasti lebih dari 1jt.
Untuk alarm, itu mah bisa di atur, semustinya orang yang pinter buat alarm, mereka akan bisa adjustnya kok
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Menurut pengamatan seorang rekan pemilik bengkel di Samarinda, mobil2 Double Cab Turbo Diesel utk operasional perusahaan2 di sana jarang sekali terdengar yg ngalamin Turbonya rusak gara2 mobil tidak dilengkapi Turbo Timer, juga nggak sedikit yg supirnya nge-gas dulu mesin sebelum mematikan mesin, oli yg digunakan juga yg sedang2 saja, yg suka terdengar malah pompa injeksi / injector KO gara2 solar jelek.
So utk pemakaian di Jkt / kota besar, kalau kita mau buat urutan prioritas utk mesin TurboDiesel dlm kondisi standard :
1. Gunakan Oli bermutu
2. Turbo Timer, inipun lebih berguna utk mobil M/T
sebab mobil A/T ketika mau parkir khan kita nggak perlu tekan gas, mobil jalan sendiri dgn. putaran mesin stasioner.
Mungkin Turbo Timer akan dibutuhkan jika mobil anda :
1. Mesin nggak standard sehingga EGT (Exhaust Gas Temprature) cenderung tinggi
2. Digunakan dgn driving style yg aggressive, dimana mesin yg bekerja berat EGT nya cenderung jadi agak tinggi.
CMIIW
So utk pemakaian di Jkt / kota besar, kalau kita mau buat urutan prioritas utk mesin TurboDiesel dlm kondisi standard :
1. Gunakan Oli bermutu
2. Turbo Timer, inipun lebih berguna utk mobil M/T
sebab mobil A/T ketika mau parkir khan kita nggak perlu tekan gas, mobil jalan sendiri dgn. putaran mesin stasioner.
Mungkin Turbo Timer akan dibutuhkan jika mobil anda :
1. Mesin nggak standard sehingga EGT (Exhaust Gas Temprature) cenderung tinggi
2. Digunakan dgn driving style yg aggressive, dimana mesin yg bekerja berat EGT nya cenderung jadi agak tinggi.
CMIIW