Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
zzzprince wrote: Fri Jul 29, 2022 6:59Di kolong dashboard cuma ada relay foglamp om.. itupun kosong karna bawaan mobil belum ada
Jangan2 relaynya jadi 1 sama fuse block assy ya
Nah itu ga tau, aku belum sampe ubek2 kelistrikan pansah sih, soalnya masih ngeri2 sedap soal BCM.
Pernah nambah lampu kolong bawah jok 3 baris aku kasih, trus kabel aku mau ngikut lampu plafon jadi bisa di buat mode door/off/on ngikut selector lampu plafon. Enak2 ngerjain itu semua lampu tau2 mati semua, aku cek pakai avo ga ada listrik semua padahal fuse ga putus. Begitu di ACC normal lagi. Ternyata semua dikontrol ama BCM, misal kita lupa nyalakan lampu plafon atau radio tanpa mesin hidup, bbrp menit ama BCM dimatikan, mungkin mode biar ga tekor akinya dianggap kita kelupaan matiin.
Soal klakson, aku ganti pakai denso yang socket to socket ga otak atik relay. Socketnya sudah yang 2 kabel dan sudah ada 2 klakson, jadi tinggal cabut colok socket yang ada aja, klaksonnnya beli yang socketan / single terminal juga.
Nah itu ga tau, aku belum sampe ubek2 kelistrikan pansah sih, soalnya masih ngeri2 sedap soal BCM.
Pernah nambah lampu kolong bawah jok 3 baris aku kasih, trus kabel aku mau ngikut lampu plafon jadi bisa di buat mode door/off/on ngikut selector lampu plafon. Enak2 ngerjain itu semua lampu tau2 mati semua, aku cek pakai avo ga ada listrik semua padahal fuse ga putus. Begitu di ACC normal lagi. Ternyata semua dikontrol ama BCM, misal kita lupa nyalakan lampu plafon atau radio tanpa mesin hidup, bbrp menit ama BCM dimatikan, mungkin mode biar ga tekor akinya dianggap kita kelupaan matiin.
Soal klakson, aku ganti pakai denso yang socket to socket ga otak atik relay. Socketnya sudah yang 2 kabel dan sudah ada 2 klakson, jadi tinggal cabut colok socket yang ada aja, klaksonnnya beli yang socketan / single terminal juga.
ini suaranya :
regards,
singachu
sans mbah... bcm toyota lebih kéré dari masda. jik iso dibujuki gak koyok masda nggilani tenan.
kalo masalah setrum ilang beberapa menit setelah kontak off, waktu masih pake sienta, saya ngalamin gitu juga. jd memang buat ngirit setrum aki ben gak tekor ketok'e.
Nah itu ga tau, aku belum sampe ubek2 kelistrikan pansah sih, soalnya masih ngeri2 sedap soal BCM.
Pernah nambah lampu kolong bawah jok 3 baris aku kasih, trus kabel aku mau ngikut lampu plafon jadi bisa di buat mode door/off/on ngikut selector lampu plafon. Enak2 ngerjain itu semua lampu tau2 mati semua, aku cek pakai avo ga ada listrik semua padahal fuse ga putus. Begitu di ACC normal lagi. Ternyata semua dikontrol ama BCM, misal kita lupa nyalakan lampu plafon atau radio tanpa mesin hidup, bbrp menit ama BCM dimatikan, mungkin mode biar ga tekor akinya dianggap kita kelupaan matiin.
Soal klakson, aku ganti pakai denso yang socket to socket ga otak atik relay. Socketnya sudah yang 2 kabel dan sudah ada 2 klakson, jadi tinggal cabut colok socket yang ada aja, klaksonnnya beli yang socketan / single terminal juga.
ini suaranya :
regards,
singachu
sans mbah... bcm toyota lebih kéré dari masda. jik iso dibujuki gak koyok masda nggilani tenan.
kalo masalah setrum ilang beberapa menit setelah kontak off, waktu masih pake sienta, saya ngalamin gitu juga. jd memang buat ngirit setrum aki ben gak tekor ketok'e.
marmut wrote: Mon Aug 01, 2022 6:09
sans mbah... bcm toyota lebih kéré dari masda. jik iso dibujuki gak koyok masda nggilani tenan.
kalo masalah setrum ilang beberapa menit setelah kontak off, waktu masih pake sienta, saya ngalamin gitu juga. jd memang buat ngirit setrum aki ben gak tekor ketok'e.
ntap klaksoné....
dibujuki-e gmn mbah ?
Beberapa kali baca2 yang di forum ipah reborn, ant anr, pasang lampu led kedip2 (kayaknya bukan canbus) bikin check engine nyala dan keanehan macem2..... kuatir BCM kena aja sih pas modif2, harga mahal mending cari aman jadinya....
ini aja berencana pasang kipas otomatis juga pinginnya "indipendent" dari aki aja biar ga masuk ke system Can-Bus nya.
Pada ngomongin relay..
Ternyata di mobil saya dapet relay made in minangsuang jg mbah
Iyalah soalnya mobilnya CBU minangsuang
Btw kemarin lihat part number klakson ternyata sama dgn Denso Waterproof, tapi knp suaranya bisa beda ya sama yg kepasang di 2GD saya?
Yg di Altis ini suaranya lebih lantang dan galak. Apa bener karena beda relay
DrivingPotato wrote: Mon Aug 01, 2022 7:10
Pada ngomongin relay..
Ternyata di mobil saya dapet relay made in minangsuang jg mbah
Iyalah soalnya mobilnya CBU minangsuang
Btw kemarin lihat part number klakson ternyata sama dgn Denso Waterproof, tapi knp suaranya bisa beda ya sama yg kepasang di 2GD saya?
Yg di Altis ini suaranya lebih lantang dan galak. Apa bener karena beda relay
Tergantung bawaan mana dl
Kl bawaan afansa senia agya ayla calsig, itu sama plek kl kita beli klakson denso disc d luar, tp kl bawaan fortuner inofa, entah knapa emg pasti beda suaranya ama bawaan mobil
DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 8:21
Tergantung bawaan mana dl
Kl bawaan afansa senia agya ayla calsig, itu sama plek kl kita beli klakson denso disc d luar, tp kl bawaan fortuner inofa, entah knapa emg pasti beda suaranya ama bawaan mobil
klaksonnya sama2 denso keong mbah
yg altis bawaannya, yg di inofa kita beli sendiri di tokoijo
DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 8:21
Tergantung bawaan mana dl
Kl bawaan afansa senia agya ayla calsig, itu sama plek kl kita beli klakson denso disc d luar, tp kl bawaan fortuner inofa, entah knapa emg pasti beda suaranya ama bawaan mobil
klaksonnya sama2 denso keong mbah
yg altis bawaannya, yg di inofa kita beli sendiri di tokoijo
part number sama, suara beda
Itu mmg jd misteri mbah
Dulu sempet kirain gara2 denso yg model colokan klip bsa beda ama pake skun punya
Ternjata, beli yg model klip pun d luaran ga akan sama suara nya ama yg bawaan
relay denso jepun yg palsu ngana beli brp duit? 25rb? 31rb? pasti palsu lah mbah. relay asli mahal. contohnya ini, meskipun ini juga ga tau bener asli ga sesuai klaim nya
DrivingPotato wrote: Mon Aug 01, 2022 7:10
Pada ngomongin relay..
Ternyata di mobil saya dapet relay made in minangsuang jg mbah
Iyalah soalnya mobilnya CBU minangsuang
Btw kemarin lihat part number klakson ternyata sama dgn Denso Waterproof, tapi knp suaranya bisa beda ya sama yg kepasang di 2GD saya?
Yg di Altis ini suaranya lebih lantang dan galak. Apa bener karena beda relay
faktor yg mempengaruhi cuma ada:
- relay
- besarnya kabel (AWG)
- kualitas terminal (bersih, bahan konduktor bagus, bebas korosi)
- kondisi aki
sy pernah ngobrol sm temen yg emang hobi gonta ganti klakson, relay aftermarket aja beda2 hasilnya. dia pernah sebut merk tp sy lupa. hehe bagus lah nanti disebut malah naik harga lagi. cuma yg sy ingat relay tuh banyak yg boong juga, ngakunya rated brp ampere tp nyatanya ada yg ga sesuai. yg paling parah tuh yg telat, jd kita udah pencet eh bunyinya ada delay.
kl relay bawaan mobil, nah sy sih percaya kl harga ga boong ya. selama sama2 genuine (apple to apple genuine)
relay denso jepun yg palsu ngana beli brp duit? 25rb? 31rb? pasti palsu lah mbah. relay asli mahal. contohnya ini, meskipun ini juga ga tau bener asli ga sesuai klaim nya
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
relay denso jepun yg palsu ngana beli brp duit? 25rb? 31rb? pasti palsu lah mbah. relay asli mahal. contohnya ini, meskipun ini juga ga tau bener asli ga sesuai klaim nya
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
goban ya msh palsu kayanya org yg genuine di beres sapek ke atas kan. ga tau sih, itu buktinya di olshop aja udah deket2 sapek.
relay kan masuk kategori electrical tuh yg kata org2 ga ketauan kapan mokat nya. tp jangan lupa kl dia juga ada mekanikalnya yaitu bagian coil solenoid nya. dan yg paling sering itu internal corrosion yg ga keliatan mata. kl korosi di kaki2 nya kan keliatan tuh. tapiii korosi internal itu bisa diukur mbah. meskipun perlu wiring kit dan avo meter. jadi dirangkai kasih resistor dan disambung ke aki, disimulasikan spy ada arus yg lewat di load side nya (setelah control side di energize kan ada arus lewat di load side nya ke resistor). nah di kedua terminal load side itu diukur voltage drop nya. kl ada korosi internal itu voltage drop nya besar, misal di 1 kaki load side yg dekat ke power source terbaca 12.6V vs di 1 kaki load side yg dekat ke resistor drop, let's say, 8V berarti ada loss gede diantara 2 kaki itu artinya ada korosi.
menurut primbon nya cuma boleh drop 200 s/d 300mV (0.2-0.3V) diantara kedua kutub itu. jd kl kaki load side deket power source tadi 12.6V maka kaki satunya ga boleh kurang dr 12.3V.
relay denso jepun yg palsu ngana beli brp duit? 25rb? 31rb? pasti palsu lah mbah. relay asli mahal. contohnya ini, meskipun ini juga ga tau bener asli ga sesuai klaim nya
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
goban ya msh palsu kayanya org yg genuine di beres sapek ke atas kan. ga tau sih, itu buktinya di olshop aja udah deket2 sapek.
relay kan masuk kategori electrical tuh yg kata org2 ga ketauan kapan mokat nya. tp jangan lupa kl dia juga ada mekanikalnya yaitu bagian coil solenoid nya. dan yg paling sering itu internal corrosion yg ga keliatan mata. kl korosi di kaki2 nya kan keliatan tuh. tapiii korosi internal itu bisa diukur mbah. meskipun perlu wiring kit dan avo meter. jadi dirangkai kasih resistor dan disambung ke aki, disimulasikan spy ada arus yg lewat di load side nya (setelah control side di energize kan ada arus lewat di load side nya ke resistor). nah di kedua terminal load side itu diukur voltage drop nya. kl ada korosi internal itu voltage drop nya besar, misal di 1 kaki load side yg dekat ke power source terbaca 12.6V vs di 1 kaki load side yg dekat ke resistor drop, let's say, 8V berarti ada loss gede diantara 2 kaki itu artinya ada korosi.
menurut primbon nya cuma boleh drop 200 s/d 300mV (0.2-0.3V) diantara kedua kutub itu. jd kl kaki load side deket power source tadi 12.6V maka kaki satunya ga boleh kurang dr 12.3V.
semoga ngerti n ga skim read.
Ini ilmu agak ga lazim buat maling rangkap montir tembak depan asemregez musatek neh, tp kamsia mbah
Ntar maleman mo coba maen2 pake tu avometer praktekin, pengen tau si relay palsu bsa perform bagus ga
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
goban ya msh palsu kayanya org yg genuine di beres sapek ke atas kan. ga tau sih, itu buktinya di olshop aja udah deket2 sapek.
relay kan masuk kategori electrical tuh yg kata org2 ga ketauan kapan mokat nya. tp jangan lupa kl dia juga ada mekanikalnya yaitu bagian coil solenoid nya. dan yg paling sering itu internal corrosion yg ga keliatan mata. kl korosi di kaki2 nya kan keliatan tuh. tapiii korosi internal itu bisa diukur mbah. meskipun perlu wiring kit dan avo meter. jadi dirangkai kasih resistor dan disambung ke aki, disimulasikan spy ada arus yg lewat di load side nya (setelah control side di energize kan ada arus lewat di load side nya ke resistor). nah di kedua terminal load side itu diukur voltage drop nya. kl ada korosi internal itu voltage drop nya besar, misal di 1 kaki load side yg dekat ke power source terbaca 12.6V vs di 1 kaki load side yg dekat ke resistor drop, let's say, 8V berarti ada loss gede diantara 2 kaki itu artinya ada korosi.
menurut primbon nya cuma boleh drop 200 s/d 300mV (0.2-0.3V) diantara kedua kutub itu. jd kl kaki load side deket power source tadi 12.6V maka kaki satunya ga boleh kurang dr 12.3V.
semoga ngerti n ga skim read.
Ini ilmu agak ga lazim buat maling rangkap montir tembak depan asemregez musatek neh, tp kamsia mbah
Ntar maleman mo coba maen2 pake tu avometer praktekin, pengen tau si relay palsu bsa perform bagus ga
kl cuma ada kabel doang ama resistor juga bisa sih. make sure aja si kabel di solder ke kaki2 nya tuh spy ga touching sama kabel2 yg dirangkai ke kaki2 sebelahnya, kan mepet2 tuh bisa touching. nanti rusak kl touching.
aki boleh pake yg ada di mobil tp lepasin dulu terminalnya. jd kl jij bikin touching ga ngerusak sirkuit mobil. lbh bagus diturunin aja akinya dr mobil, di lantai aja kl mau.
goban ya msh palsu kayanya org yg genuine di beres sapek ke atas kan. ga tau sih, itu buktinya di olshop aja udah deket2 sapek.
relay kan masuk kategori electrical tuh yg kata org2 ga ketauan kapan mokat nya. tp jangan lupa kl dia juga ada mekanikalnya yaitu bagian coil solenoid nya. dan yg paling sering itu internal corrosion yg ga keliatan mata. kl korosi di kaki2 nya kan keliatan tuh. tapiii korosi internal itu bisa diukur mbah. meskipun perlu wiring kit dan avo meter. jadi dirangkai kasih resistor dan disambung ke aki, disimulasikan spy ada arus yg lewat di load side nya (setelah control side di energize kan ada arus lewat di load side nya ke resistor). nah di kedua terminal load side itu diukur voltage drop nya. kl ada korosi internal itu voltage drop nya besar, misal di 1 kaki load side yg dekat ke power source terbaca 12.6V vs di 1 kaki load side yg dekat ke resistor drop, let's say, 8V berarti ada loss gede diantara 2 kaki itu artinya ada korosi.
menurut primbon nya cuma boleh drop 200 s/d 300mV (0.2-0.3V) diantara kedua kutub itu. jd kl kaki load side deket power source tadi 12.6V maka kaki satunya ga boleh kurang dr 12.3V.
semoga ngerti n ga skim read.
Ini ilmu agak ga lazim buat maling rangkap montir tembak depan asemregez musatek neh, tp kamsia mbah
Ntar maleman mo coba maen2 pake tu avometer praktekin, pengen tau si relay palsu bsa perform bagus ga
kl cuma ada kabel doang ama resistor juga bisa sih. make sure aja si kabel di solder ke kaki2 nya tuh spy ga touching sama kabel2 yg dirangkai ke kaki2 sebelahnya, kan mepet2 tuh bisa touching. nanti rusak kl touching.
aki boleh pake yg ada di mobil tp lepasin dulu terminalnya. jd kl jij bikin touching ga ngerusak sirkuit mobil. lbh bagus diturunin aja akinya dr mobil, di lantai aja kl mau.
kok ai jd ngebayangin rambut jij jd kaya gini ya
Tangan kesetrum aki ?
Ud perna mbah, dl waktu jaman masi piara ferio, lg sotoy masang volt stabilizer (korban kemakan jualan bengkel variasi), salah megang kutub aki sembari kaki lg nempel ke pelek (posisi aki ferio emg rada bahlul)
Sakit nya bukan d rambut palagi di biji, tp di telapak tangan ampe berjem jem tuh
Ini ilmu agak ga lazim buat maling rangkap montir tembak depan asemregez musatek neh, tp kamsia mbah
Ntar maleman mo coba maen2 pake tu avometer praktekin, pengen tau si relay palsu bsa perform bagus ga
kl cuma ada kabel doang ama resistor juga bisa sih. make sure aja si kabel di solder ke kaki2 nya tuh spy ga touching sama kabel2 yg dirangkai ke kaki2 sebelahnya, kan mepet2 tuh bisa touching. nanti rusak kl touching.
aki boleh pake yg ada di mobil tp lepasin dulu terminalnya. jd kl jij bikin touching ga ngerusak sirkuit mobil. lbh bagus diturunin aja akinya dr mobil, di lantai aja kl mau.
kok ai jd ngebayangin rambut jij jd kaya gini ya
Tangan kesetrum aki ?
Ud perna mbah, dl waktu jaman masi piara ferio, lg sotoy masang volt stabilizer (korban kemakan jualan bengkel variasi), salah megang kutub aki sembari kaki lg nempel ke pelek (posisi aki ferio emg rada bahlul)
Sakit nya bukan d rambut palagi di biji, tp di telapak tangan ampe berjem jem tuh
itu berarti ada yg korslet si volt stabilizernya ya bikin spark n kena tangan. tapi kl cuma dipegang tangan aja aki mobil ga nyetrum mbah. pegang aja positif ma negatifnya bareng, ga nyetrum mbah.
cuma kl praktikum kaya tadi di atas, kl sampe touching ya either relay nya rusak atau akinya rusak (umurnya jd pendek) krn korslet.
kl cuma ada kabel doang ama resistor juga bisa sih. make sure aja si kabel di solder ke kaki2 nya tuh spy ga touching sama kabel2 yg dirangkai ke kaki2 sebelahnya, kan mepet2 tuh bisa touching. nanti rusak kl touching.
aki boleh pake yg ada di mobil tp lepasin dulu terminalnya. jd kl jij bikin touching ga ngerusak sirkuit mobil. lbh bagus diturunin aja akinya dr mobil, di lantai aja kl mau.
kok ai jd ngebayangin rambut jij jd kaya gini ya
Tangan kesetrum aki ?
Ud perna mbah, dl waktu jaman masi piara ferio, lg sotoy masang volt stabilizer (korban kemakan jualan bengkel variasi), salah megang kutub aki sembari kaki lg nempel ke pelek (posisi aki ferio emg rada bahlul)
Sakit nya bukan d rambut palagi di biji, tp di telapak tangan ampe berjem jem tuh
itu berarti ada yg korslet si volt stabilizernya ya bikin spark n kena tangan. tapi kl cuma dipegang tangan aja aki mobil ga nyetrum mbah. pegang aja positif ma negatifnya bareng, ga nyetrum mbah.
cuma kl praktikum kaya tadi di atas, kl sampe touching ya either relay nya rusak atau akinya rusak (umurnya jd pendek) krn korslet.
Neruga ya
Pantesan tu montir2 SnD kl ganti aki ga pake matiin mesin, lgs copot pasang megang kabel plus ama minus aj ga knapa2
Untung jg waktu itu ferio kta orang ga knapa2 jg ampe djual, bahlul tu alat
DrivingPotato wrote: Mon Aug 01, 2022 9:02
klaksonnya sama2 denso keong mbah
yg altis bawaannya, yg di inofa kita beli sendiri di tokoijo
part number sama, suara beda
jangan2 beli di toped palsu?
atau fisik sama tapi beda isi. karena Denso itu juga jualan barang sendiri, jadi fisik sama persis tapi part number beda. belum lagi Denso jual ke TAM sebagai aksesoris atau spare part. paling gampang filter udara mesin atau filter udara kabin. yang Denso jual sendiri, jual di Shop n Drive, jual via bengkel resmi, atau bawaan mobil itu bisa beda2 semua
Omnibus wrote: Mon Aug 01, 2022 9:25
sy pernah ngobrol sm temen yg emang hobi gonta ganti klakson, relay aftermarket aja beda2 hasilnya. dia pernah sebut merk tp sy lupa. hehe bagus lah nanti disebut malah naik harga lagi. cuma yg sy ingat relay tuh banyak yg boong juga, ngakunya rated brp ampere tp nyatanya ada yg ga sesuai. yg paling parah tuh yg telat, jd kita udah pencet eh bunyinya ada delay.
kl relay bawaan mobil, nah sy sih percaya kl harga ga boong ya. selama sama2 genuine (apple to apple genuine)
nah saya pernah cobain mbah, dulu pas masih rajin buat di klakson, penasaran saja. Hella tuker2an sama Bosch, beneran beda loh
beda kabel, beda skun ada beda dikit tapi ga signifikan. nah kalau relay itu bedanya selain "less-lag" juga langsung kenceng suaranya. ibaratnya sekali pencet langsung 110dB, nah relay lain sekian mili detik baru nyampe 110db. sudah gitu karena beli itu relay di bengkel umum terdekat (99% palsu) jadi tiap berapa lama iseng saja ganti, murah ini cuma 40 ribuan, biasanya jadi lebih instan atau berasa kenceng dikit
kalau buat bohlam H4 ga beda, dulu masih trend pake bohlam watt 80/100W buat H4, malah selalu kalah di dudukan bohlam H4, entah korosi atau kepanasan jadi pecah, sampe pake yang keramik, rakit ulang, skun di solder satu2, kasih grease, tetep getas. Relay ganti2 ga ada bedanya. mungkin beban konstan ya beda dengan klakson yang beban sesaat.
sampe sempet penasaran pengen relay set klakson pake relay Denso Jepang, tapi ga ada yang jual dudukannya yang rapih jadi males
Omnibus wrote: Mon Aug 01, 2022 9:25
sy pernah ngobrol sm temen yg emang hobi gonta ganti klakson, relay aftermarket aja beda2 hasilnya. dia pernah sebut merk tp sy lupa. hehe bagus lah nanti disebut malah naik harga lagi. cuma yg sy ingat relay tuh banyak yg boong juga, ngakunya rated brp ampere tp nyatanya ada yg ga sesuai. yg paling parah tuh yg telat, jd kita udah pencet eh bunyinya ada delay.
kl relay bawaan mobil, nah sy sih percaya kl harga ga boong ya. selama sama2 genuine (apple to apple genuine)
nah saya pernah cobain mbah, dulu pas masih rajin buat di klakson, penasaran saja. Hella tuker2an sama Bosch, beneran beda loh
beda kabel, beda skun ada beda dikit tapi ga signifikan. nah kalau relay itu bedanya selain "less-lag" juga langsung kenceng suaranya. ibaratnya sekali pencet langsung 110dB, nah relay lain sekian mili detik baru nyampe 110db. sudah gitu karena beli itu relay di bengkel umum terdekat (99% palsu) jadi tiap berapa lama iseng saja ganti, murah ini cuma 40 ribuan, biasanya jadi lebih instan atau berasa kenceng dikit
kalau buat bohlam H4 ga beda, dulu masih trend pake bohlam watt 80/100W buat H4, malah selalu kalah di dudukan bohlam H4, entah korosi atau kepanasan jadi pecah, sampe pake yang keramik, rakit ulang, skun di solder satu2, kasih grease, tetep getas. Relay ganti2 ga ada bedanya. mungkin beban konstan ya beda dengan klakson yang beban sesaat.
sampe sempet penasaran pengen relay set klakson pake relay Denso Jepang, tapi ga ada yang jual dudukannya yang rapih jadi males
naitu ... sy ama temen juga bahas itu knp di lampu ga beda. sebetulnya mungkin beda juga mbah cuma lampu itu bicara kecepatan cahaya (3x10^8 m/s) vs kecepatan suara (340 m/s) jadinya yg cahaya less noticeable, sementara kl yg suara kedengeran ke kuping kita.
gara2 itu relay utk klakson wajib yg bagusan punya (baca: paling bagus) terutama yg kupingnya ocd.
Nahh kl relay ke lampu efek nya emg ga lgs tp lama2 ad efek koq
Itu batok lampu inofa kita orang ud jd korban, lama2 yg bagian reflektor nya bsa timbul pelangi, trus d mika nya jd kuar retak alusss sikit2.. padahal bohlam nya tetep bawaan
Btw lg, krn penasaran, coba utek2, ternjata rata2 utk headlamp oleh fabriekan ud dikasi relay yg 24 volt, mungkin ini jg kl yg bkin relay tambahan utk headlamp jd sia2