Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Msh pake mbah... kemarin roap trip pake fortuner 1 bulan hampir 3 ribu KM ke bromo, malang, batu, surabaya, madura, solo, bandung, ciwidey kawah putih. Sebelum berangkat ganti oli dulu pake yg baru biar afdol krn AMS SS MD yg lama sdh 7 ribu-an KM/7 bulanan, msh sayang sih sebenarnya krn ada ceratecnya itu si AMS yg lama hahaha.
Paling berat itu ke kawah putih, off road 5 KM jalan nanjak parah + hancur lebur, mana mobil isi full 6 org + barang2... untung pakai lendir AMS SS MD 5W-30 baru jd gas poll aja dah hahahah, pulang check deep stick tdk ada penguapan sama sekali, padahal pergi gas pol terus 800 KM++ non stop.
Abis ini keknya iseng mau cobain FT8800 mbah, mau bandingin enakan mana ama AMS SS MD, secara harga lebih bersahabat FT8800 tp msh menunggu diskon akhir taon dr sahabat q8 nih buat warga SM hahahaha [emoji16]
Selama kondisi supply masih kyk gini jangan berharap diskon mbah.
Btw, si ama md di kasih ceratec efeknya jadi lebi apa?
Msh pake mbah... kemarin roap trip pake fortuner 1 bulan hampir 3 ribu KM ke bromo, malang, batu, surabaya, madura, solo, bandung, ciwidey kawah putih. Sebelum berangkat ganti oli dulu pake yg baru biar afdol krn AMS SS MD yg lama sdh 7 ribu-an KM/7 bulanan, msh sayang sih sebenarnya krn ada ceratecnya itu si AMS yg lama hahaha.
Paling berat itu ke kawah putih, off road 5 KM jalan nanjak parah + hancur lebur, mana mobil isi full 6 org + barang2... untung pakai lendir AMS SS MD 5W-30 baru jd gas poll aja dah hahahah, pulang check deep stick tdk ada penguapan sama sekali, padahal pergi gas pol terus 800 KM++ non stop.
Abis ini keknya iseng mau cobain FT8800 mbah, mau bandingin enakan mana ama AMS SS MD, secara harga lebih bersahabat FT8800 tp msh menunggu diskon akhir taon dr sahabat q8 nih buat warga SM hahahaha [emoji16]
Mantappp.
Penguapan itu salah satu gejala spt yg di vidio di YT di atas disebut.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.
Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" .
Nah emang klo ganti oli tiap 10rb miles (meaning 16rb KM) itu sih berlebihan.
Krn klo oli kotor, filter olinya gak sanggup nyaring kotoran dan dibypass jd unfiltered.
Apalagi klo olinya terlalu kental.
Tapi Komen nya soal test lab lucu, belum ngerti test lab kayanya tu org atau jgn2 belum pernah lihat hasil UOA, bisa diketawain seuniverse bitog tu orang.
Kondisi ring piston bener gak bisa dilihat,
Tp bisa dilihat dr wear result nya.
Krn di test lab kan ada batas maximal normal.
Dan bs juga dilihat ke dalam silinder liner pk tools endoscope camera, masuk dr lobang busi
Emg test lab gini perlu jg tiap 2-3 thn sekali misal.
Dilihat scr berkala dr mobil di KM 20rb Km 40rb KM dst.
Anggap aja part of maintenance cost.
Tapi anu mbah yg bikin heran misalkan oli nya kotor seperti yg mbah surya bilang, kenapa jeroan mesin nya di video itu bisa dibilang bersih paling hanya varnish ringan dikit saja bahkan tidak ada sludge disekitaran head, camshaft dan bagian bawah crankshaft nya.
Bukannya membela orang di video tsb, sepertinya orang itu tau ttg test lab tetapi hanya bilang analisa oli tidak bisa menunjukan kondisi actual real di bagian ring piston (kecuali mesin dibongkar dan piston nya dicabut).
Misalkan hasil test lab oli ada menunjukan wear result, tetapi apakah wear result tersebut berasal dari bagian ring piston dan cylinder wall saja?
Tentunya tidak, bisa juga ada wear result yang berasal dari komponen mesin lainnya yang bergerak, berputar dan bergesekan.
Misalkan bisa saja kan hasil test lab oli menunjukan adanya wear result tetapi ketika cylinder wall dilihat pakai camera endoscope mulus.
Berarti wear result tersebut bisa berasal dari komponen mesin lainnya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Nyimak pembahasan para Suhu mengenai Ikan Betog eh User Bitog vs real machine yg dibongkar
Btw, Om Turboman...TMO skrg sdh ganti ke Eneos kah?
Kayanya dulu Om Turbo pernah share list supplier oli Pabrikan itu u TMO masih Pertamina sampai Nov 2022 apa yaks?
Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.
Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" .
Nah emang klo ganti oli tiap 10rb miles (meaning 16rb KM) itu sih berlebihan.
Krn klo oli kotor, filter olinya gak sanggup nyaring kotoran dan dibypass jd unfiltered.
Apalagi klo olinya terlalu kental.
Tapi Komen nya soal test lab lucu, belum ngerti test lab kayanya tu org atau jgn2 belum pernah lihat hasil UOA, bisa diketawain seuniverse bitog tu orang.
Kondisi ring piston bener gak bisa dilihat,
Tp bisa dilihat dr wear result nya.
Krn di test lab kan ada batas maximal normal.
Dan bs juga dilihat ke dalam silinder liner pk tools endoscope camera, masuk dr lobang busi
Emg test lab gini perlu jg tiap 2-3 thn sekali misal.
Dilihat scr berkala dr mobil di KM 20rb Km 40rb KM dst.
Anggap aja part of maintenance cost.
Tapi anu mbah yg bikin heran misalkan oli nya kotor seperti yg mbah surya bilang, kenapa jeroan mesin nya di video itu bisa dibilang bersih paling hanya varnish ringan dikit saja bahkan tidak ada sludge disekitaran head, camshaft dan bagian bawah crankshaft nya.
Bukannya membela orang di video tsb, sepertinya orang itu tau ttg test lab tetapi hanya bilang analisa oli tidak bisa menunjukan kondisi actual real di bagian ring piston (kecuali mesin dibongkar dan piston nya dicabut).
Misalkan hasil test lab oli ada menunjukan wear result, tetapi apakah wear result tersebut berasal dari bagian ring piston dan cylinder wall saja?
Tentunya tidak, bisa juga ada wear result yang berasal dari komponen mesin lainnya yang bergerak, berputar dan bergesekan.
Misalkan bisa saja kan hasil test lab oli menunjukan adanya wear result tetapi ketika cylinder wall dilihat pakai camera endoscope mulus.
Berarti wear result tersebut bisa berasal dari komponen mesin lainnya.
Bongkar mesin spt itu gakda yang salah,
Tapi effort dan biayanya besar.
Initial indicator test lab dulu.
The least effort yg bisa dilakukan
Oli kotor gak berdampak secara langsung dgn varnish.
Varnish itu terjadi krn base oil atau aditif nya meninggalkan residu.
Oli kotor bisa karena wear metal nya berlebihan, dan ditampung di oil pan dan/ atau nyangkut di oil filter (atau menyumbat)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya
Oalah 5w30 iya paling ga jauh2 dari HX8.. btw bener om ganti oli = ganti filter juga ya.. jgn ga ganti, ibarat mandi ga ganti celana dalem itu...
Waduh 1,1jt 5L oli doang apa total service? Muahal amat.. bisa dapet sekelas Q8, PTT kembalian.. kalo gitu beli oli 4L aja cukup om gausah diisi 4,2.. kurang dikit mah gapapa, bisa tambah additif lagi kalo mau kyk mannol dkk
Di sby banyak pilihan sih kalo di tokped, kalo mau yg gampang diantara pilihan tadi saya rekomen 913d.. tp yakin asli ya, motul banyak palsu...
1.1jt udah total kalau ga salah om, oke siap om terima kasih sarannya. Tapi setelah baca2 lagi kayaknya jadi tertarik sekalian beli yang bisa tahan 1th , biar pas sama jadwal servis nya. Kalau buat setahun pilih yang mana ya kira2 om antara Amsoil OE atau Q8 special G/D1 atau Mobil1? Maaf kalau tanya2 terus om
Lho gapapa om disini emg tempatnya buat nimba ilmu..
Kalo saya pilih Mobil 1, bebas apa aja mau new formula / extended performance, ini oli enak bener.. bukan mobil super ya, dan pastiin asli
Agak kurang sreg sama Amsoil OE harga mahal rasanya biasa aja
Q8 terutama lineup 5w30 bensinnya.. berat2... V100 nya juga diatas 11
Drpd Q8 special / Amsoil OE sih saya lebih milih PTT Crdi 5w30 ACEA A5/B5...
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 10:38
Oalah 5w30 iya paling ga jauh2 dari HX8.. btw bener om ganti oli = ganti filter juga ya.. jgn ga ganti, ibarat mandi ga ganti celana dalem itu...
Waduh 1,1jt 5L oli doang apa total service? Muahal amat.. bisa dapet sekelas Q8, PTT kembalian.. kalo gitu beli oli 4L aja cukup om gausah diisi 4,2.. kurang dikit mah gapapa, bisa tambah additif lagi kalo mau kyk mannol dkk
Di sby banyak pilihan sih kalo di tokped, kalo mau yg gampang diantara pilihan tadi saya rekomen 913d.. tp yakin asli ya, motul banyak palsu...
1.1jt udah total kalau ga salah om, oke siap om terima kasih sarannya. Tapi setelah baca2 lagi kayaknya jadi tertarik sekalian beli yang bisa tahan 1th , biar pas sama jadwal servis nya. Kalau buat setahun pilih yang mana ya kira2 om antara Amsoil OE atau Q8 special G/D1 atau Mobil1? Maaf kalau tanya2 terus om
Lho gapapa om disini emg tempatnya buat nimba ilmu..
Kalo saya pilih Mobil 1, bebas apa aja mau new formula / extended performance, ini oli enak bener.. bukan mobil super ya, dan pastiin asli
Agak kurang sreg sama Amsoil OE harga mahal rasanya biasa aja
Q8 terutama lineup 5w30 bensinnya.. berat2... V100 nya juga diatas 11
Drpd Q8 special / Amsoil OE sih saya lebih milih PTT Crdi 5w30 ACEA A5/B5...
M1 ini banyak yg dikasi sedikit Ester dari pabriknya (walo gak semua type)
AbdulHakim wrote: Mon Aug 01, 2022 8:22
Which CVT Oil product is better? A or B?
CVT Oil.jpg
Kyknya kenal nih salah satu
Bagusan mana gak bisa diliat pds doang sih om. Dari PDS kita bisa liat normalnya oli tersebut, biasa suka ditulis
"The figures above are not a specification. They are typical figures obtained within production tolerances"
Jadi bukan kyk elektronik yang kita bisa bandingin speknya misalnya laptop, i3 vs i7 .
Johan21 wrote: Mon Aug 01, 2022 14:41
Yang baru dari PTT, PTT Performa Super Synthetic SAE 0W40. Mantab ga nihScreenshot_20220801_214007.jpgScreenshot_20220801_213611.jpg
Johan21 wrote: Mon Aug 01, 2022 14:41
Yang baru dari PTT, PTT Performa Super Synthetic SAE 0W40. Mantab ga nihScreenshot_20220801_214007.jpgScreenshot_20220801_213611.jpg