Izin menceritakan keresahan saya beberapa minggu ini untuk address suatu issue yang minor, tapi sangat mengganggu.

Mobil saya Mazda 2 Skyactiv tahun 2015, KM 50rb, tangan kedua. Untuk urusan mekanikal, mobil ini sangat terawat. Sebelum pindah tangan selalu servis record Mazda Puri. Saya yang pegang selalu garap di bengkel luar, tapi sangat rajin. Kondisi kaki-kaki mobil saya adalah standar kecuali penggunaan lowering kit TEIN S-TECH dan penggantian shock menggunakan JAMEX.
Ada suatu issue yang saya sangat geram karna bolak balik kesana kemari tidak dapat solusinya, yaitu mobil bergetar di kecepatan 25-35km/j KETIKA DIGAS. Mulai terasa di 25 km/j, memuncak di 30 km/j, dan memudar di 35 km/j dan menghilang di atas kecepatan itu. Oh ya hanya ketika digas ya, ketika lepas gas, perpindahan gigi, atau netral, getarannya memudar.
Ciri-ciri getarannya seperti berikut:
- Getarannya terletak di bodi, terasa di kaki (lantai) dan badan (jok). Getaran ini juga tidak ada bunyi, sunyi. Hanya getaran.
- Getaran ini bukanlah getaran seperti mesin bergetar (frekuensi tinggi: rrrrrrrr), tetapi getaran yang saya rasa berasal dari parts berputar yang mengikuti kecepatan mobil (frekuensi gradual: dug dug dug dug).
- Getaran ini hanya muncul di kecepatan 25-35km/j saja, di bawah itu atau di atas itu semuanya halus. Saya sering bawa topspeed 185++ pun juga sangat halus.
- Saya coba akselerasi secara santai (bertemu 30km/j di gigi 3, 1500RPM) atau akselerasi menyentak (bertemu 30km/j di gigi 1, 4300RPM) dengan RPM yang berbeda, dan keduanya terasa di kecepatan tersebut. Tapi memang getaranya terasa lebih lama dan banyak ketika di rpm bawah (1000 - 2000).
- Getaran ini jauh lebih terasa oleh driver ketika ada yang duduk di kursi penumpang. Kalau berkendara sendiri, lebih halus (tetapi tetap ada, saya sentuh jok kiri penumpang dan bisa merasakan ada getaran).

Saya sudah ke bengkel ke sana kemari dan mereka semua blum memberi solusi yang tepat, hal yang sudah saya lakukan adalah
1. Balancing velg dan ban, saya bahkan sudah gonta ganti tiga set velg yang berbeda (masing-masing dibalancing ulang sebelum dipasang) dan tetap ada masalahnya.
2. Ganti dua buah engine mounting kanan kiri, original Mazda punya (yang belakang masih bagus kata bengkel). Tetap ada.
3. Mobil saya baru berjarak 1000km dari ganti oli terakhir, 6000km dari full tune up terakhir, dan 7000km dari peremajaan kaki-kaki terakhir (ganti link stabil, bushing arm, bushing stabilizer, support shock baru, shock baru)
Jujur saya capek mondar-mandir kesana kemari dan jarang sekali yang bisa memahami maksud saya (yaiyalah orang engine mounting baru, kalo idle ya halus). Sudah disarankan ganti parts ini, parts itu, saya turutin juga masih ada.

Saya baca-baca SM katanya ada beberapa yang mengalami masalah yang sama, dan beberapa juga fixed dengan melakukan regreasing CV Joint dalam dan luar (saya blum pernah mengecek kondisi CV Joint / as, setiap kali saya sampaikan ke bengkel andalan saya, mereka bilang kalau blum ada bunyi saat akselerasi / bunyi tek-tek saat belok, sehingga menyimpulkan masih bagus. Tidak perlu buka boot as katanya, daripada nantinya menghancurkan boot). Tapi melihat masalah ini gak solve-solve, mungkin next step saya akan bawa ke bengkel yang mau buka dan regreasing ulang.
Mungkin itu saja curhatan saya. Saya buat topic ini untuk mencari teman-teman yang pernah mengalami masalah serupa, jadi lebih meyakinkan saya untuk part apa yang perlu saya perbaiki. Gak keluar duit habis untuk ini-itu tapi gak selesai-selesai. Capek juga bolak-balik bengkel, habis waktu.

Terima kasih!