Oktan Jenis BBM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
@pak penyu, mo ngrepotin juga, agak oot neh. Santa Fe saya (thn2001) juga mengalami gejala seperti CRV bro yusaku, kalo rpm masuk ke 4500 up, langsung ngelitik alus (seperti suara pasir terbang di kolong mobil). Saya blom cek busi dan blom coba terapi 125 tapi nanti pasti saya coba.
Saya cuma mo tanya BBM apa yg terbaik, pertamax or petamax plus. Saya lupa manual book-nya dimana, yg saya inget, compression ratio-nya 10:1.
Gimana sih nentuin BBM terbaik buat mobil (selain dari manual book)? Apa cukup diliat dari nilai compression ratio-nya saja?
Saya cuma mo tanya BBM apa yg terbaik, pertamax or petamax plus. Saya lupa manual book-nya dimana, yg saya inget, compression ratio-nya 10:1.
Gimana sih nentuin BBM terbaik buat mobil (selain dari manual book)? Apa cukup diliat dari nilai compression ratio-nya saja?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^
wuihh...santi wajib minum pertaplus neh...
(1 Liter = 5-8 Km =
=
)
apalagi minggu kemaren si pertaplus dah naik lagi tuh, kl ga salah Rp.6.600/L CMIIW,
kalo full tank 65x6600 = 430.000an
Yg saya masih penasaran, apakah persyaratan minimum ron bbm ini hanya mutlak karena faktor "compression ratio/rasio kompresi" saja?
Apakah bisa jika suatu mesin punya compression ratio 10:1 up, tapi entah bagaimana (mungkin dari setting mesinnya/mekanikalnya alias bukan menipu ECU) memungkinkan untuk minum ron88?
wuihh...santi wajib minum pertaplus neh...



apalagi minggu kemaren si pertaplus dah naik lagi tuh, kl ga salah Rp.6.600/L CMIIW,
kalo full tank 65x6600 = 430.000an

Yg saya masih penasaran, apakah persyaratan minimum ron bbm ini hanya mutlak karena faktor "compression ratio/rasio kompresi" saja?
Apakah bisa jika suatu mesin punya compression ratio 10:1 up, tapi entah bagaimana (mungkin dari setting mesinnya/mekanikalnya alias bukan menipu ECU) memungkinkan untuk minum ron88?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Banyak faktor yang mempengaruhi persyaratan oktan (Octane Requirement).imsus2c wrote:^^^
wuihh...santi wajib minum pertaplus neh...(1 Liter = 5-8 Km =
=
)
apalagi minggu kemaren si pertaplus dah naik lagi tuh, kl ga salah Rp.6.600/L CMIIW,
kalo full tank 65x6600 = 430.000an![]()
Yg saya masih penasaran, apakah persyaratan minimum ron bbm ini hanya mutlak karena faktor "compression ratio/rasio kompresi" saja?
Apakah bisa jika suatu mesin punya compression ratio 10:1 up, tapi entah bagaimana (mungkin dari setting mesinnya/mekanikalnya alias bukan menipu ECU) memungkinkan untuk minum ron88?
Kalau cuman ngelitik halus pada RPM tinggi ... itu memang disengaja oleh para designer mesin untuk mencapai EFISIENSI yang OPTIMUM pada kondisi NGELITIK HALUS (INCIPIENT KNOCKING). Kalau cuman ngelitik halus ... gak usah kuatir ... emang disengajain.
Masih banyak lagi parameter-parameter yang berpengaruh .... ditulis dan disusun dulu ... hehehehehehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bro ogud kemaren baca2 di forum motorcycle... Ga tau yg mana.. Pokonya kebaca aja,...tonie wrote:
pinjem gambar dari kang saftari (saft7.com)
Yang dari pabrik katanya Motor Plus itu kompresi statis...
Sedangkan yang di hadapi mesin sehari2 tuh kompresi dinamis, yang kalo masih standar kompresinya lebih kecil dari kompresi statis... Itu katanya...
Kalo menurut gw juga masuk akal, karena efisiensi volumetrik beberapa mobil kana memang kurang baik...
Jadi makanya beberapa mobil yang tulisannya 10:1 masih bisa minum premium..
Gmn bung penyu?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Lagi EDITING ... suaaaabaaar yaaa ...r1210g wrote:Bro ogud kemaren baca2 di forum motorcycle... Ga tau yg mana.. Pokonya kebaca aja,...tonie wrote:
pinjem gambar dari kang saftari (saft7.com)
Yang dari pabrik katanya Motor Plus itu kompresi statis...
Sedangkan yang di hadapi mesin sehari2 tuh kompresi dinamis, yang kalo masih standar kompresinya lebih kecil dari kompresi statis... Itu katanya...
Kalo menurut gw juga masuk akal, karena efisiensi volumetrik beberapa mobil kana memang kurang baik...
Jadi makanya beberapa mobil yang tulisannya 10:1 masih bisa minum premium..
Gmn bung penyu?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
klo mobilnya dah d lengkapi ama knock sensor mobil yg bertuliskan 10:1pun masih bisa minum pke premium cuman tenaga maksimal tdk bisa tercapai.... CMIIWr1210g wrote:Bro ogud kemaren baca2 di forum motorcycle... Ga tau yg mana.. Pokonya kebaca aja,...tonie wrote:
pinjem gambar dari kang saftari (saft7.com)
Yang dari pabrik katanya Motor Plus itu kompresi statis...
Sedangkan yang di hadapi mesin sehari2 tuh kompresi dinamis, yang kalo masih standar kompresinya lebih kecil dari kompresi statis... Itu katanya...
Kalo menurut gw juga masuk akal, karena efisiensi volumetrik beberapa mobil kana memang kurang baik...
Jadi makanya beberapa mobil yang tulisannya 10:1 masih bisa minum premium..
Gmn bung penyu?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sekalipun sudah dilengkapi dengan knock sensor ... namun ada MINIMUM OCTANE yang mesti diminumkan ke mesin ... Jika terlalu Rendah ... maka akan NGELITIK ... dan ngerusak mesin (piston dan ring).tonie wrote: klo mobilnya dah d lengkapi ama knock sensor mobil yg bertuliskan 10:1pun masih bisa minum pke premium cuman tenaga maksimal tdk bisa tercapai.... CMIIW

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
gmn bung penyu? Statement dari saya blum dikasih pendapat nih...
Kayaknya si bung penyu musti dibikinin satu forum kali ya... Biar pada konsultasi disana..
He3...

Kayaknya si bung penyu musti dibikinin satu forum kali ya... Biar pada konsultasi disana..
He3...


The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
Hallo,
Pembahasan mengenai Oktan bisa dilanjut disini
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6752
Oleh karena itu, topik ini saya tutup ya..
Thanks..
Pembahasan mengenai Oktan bisa dilanjut disini
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6752
Oleh karena itu, topik ini saya tutup ya..
Thanks..
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota