Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
1KR-GTEX mbah ud ganti motor fan belom ?? termostat jd ud ganti ? coolant ??
udah. sekitar 5 taunan lalu mbah...
jadi ceritanya itu mobil lagi jalan, mendadak indikator temperatur kedip² merah.
masih tetep dipake jalan, ahirnya melotot dia.
kita orang minggir lah sampe mesin dingin.
begitu terus sampe ahirnya berhasil selamat tiba di garasi.
ganti motor fan plus coolant abal² inisial M yang kependekan dari megacools warna merah.
tempo hari segalon 5 liter noban go.
sekitar 2 sampe 3 taun kemudian, kita orang ganti lagi coolant yang agak mahalan inisial W asal yerman.
nah, belum lama, kita orang ganti lagi itu coolant dengan merk sama inisial W alias wurth.
begitu ceritanya.
saya waktu itu ada bersihkan termostat juga..,test nya di rebus..
air kayaknya di 80-95 thermostatnya dah buka..
masih bagus kalo di lihat mbah..?
odo skrg 100an rebu, 5 taon lalu kira2 berarti di 50-60an rebu
pendek jg ya umur nya
itu pas ganti motor fan emg wajip copotin selang mbah ??
iya kali, owe nda inget pasti odo berapa.
lha kalo mau ngangkat fan komplit tanpa ngelepas selang musti panggil dapit coverpield mbah.... dia bisa jalan nembus tembok, pasti bisa ngangkat fan nembus selang.
Mbah
Radiator ud ganti ?
Ini barusan kta orang copotin, koq mulut radiator ud grepes gt ya, itu d patahin pake tangan jg bsa kayanya
Ini denso indo kayanya minta d kurung satu2 pekerja nya ama igun neh
gentongxz wrote: Sun Jul 17, 2022 2:31
saya waktu itu ada bersihkan termostat juga..,test nya di rebus..
air kayaknya di 80-95 thermostatnya dah buka..
masih bagus kalo di lihat mbah..?
di badan thermostat biasanya ada angka sekian dan sekian.
angka pertama untuk suhu mulai membuka, dan angka kedua suhu saat thermostat membuka penuh.
dan selama ini saya perhatikan cooling system yang tidak pernah tercampur air keran/air mineral/selain coolant kondisinya pasti bersih seperti baru.
gentongxz wrote: Sun Jul 17, 2022 2:31
saya waktu itu ada bersihkan termostat juga..,test nya di rebus..
air kayaknya di 80-95 thermostatnya dah buka..
masih bagus kalo di lihat mbah..?
di badan thermostat biasanya ada angka sekian dan sekian.
angka pertama untuk suhu mulai membuka, dan angka kedua suhu saat thermostat membuka penuh.
dan selama ini saya perhatikan cooling system yang tidak pernah tercampur air keran/air mineral/selain coolant kondisinya pasti bersih seperti baru.
Mbah, kl ada coolant yg jadi jernih itu kenapa ya?
Khan coolant dibuat berwarna tp mobil kantor ada yg samoe jernih kaya air biasa. Padahal km baru 40 ribuan.
Apakah coolant nya dpt palsu?
blloewy wrote: Sun Jul 17, 2022 6:40
Mbah, kl ada coolant yg jadi jernih itu kenapa ya?
Khan coolant dibuat berwarna tp mobil kantor ada yg samoe jernih kaya air biasa. Padahal km baru 40 ribuan.
Apakah coolant nya dpt palsu?
saya bukan ahli, jadi nggak tau jawabannya.
mari kita tanyaken kepada ahlinya, mungkin ada yang mau menjelaskan...
coba kita colek mbah
gentongxz wrote: Sun Jul 17, 2022 2:31
saya waktu itu ada bersihkan termostat juga..,test nya di rebus..
air kayaknya di 80-95 thermostatnya dah buka..
masih bagus kalo di lihat mbah..?
di badan thermostat biasanya ada angka sekian dan sekian.
angka pertama untuk suhu mulai membuka, dan angka kedua suhu saat thermostat membuka penuh.
dan selama ini saya perhatikan cooling system yang tidak pernah tercampur air keran/air mineral/selain coolant kondisinya pasti bersih seperti baru.
Mbah, kl ada coolant yg jadi jernih itu kenapa ya?
Khan coolant dibuat berwarna tp mobil kantor ada yg samoe jernih kaya air biasa. Padahal km baru 40 ribuan.
Apakah coolant nya dpt palsu?
itu coolant kualitet murahan namanya
saking murahan nya aj , pewarna nya bsa depleted
kl yg proper ga bakal brubah warna walaupun kadar anti rust nya ud ilang samsek
Inofa gen 1 mah worthed banget, cari yg bensin dan wajip type V dan wajip manual kaya kita orang punya dl
Kedap, nyaman, mau boyo bsa mau kenceng bsa
Ring piston nya masi belom yg low tension, dan dilapisin krom = lebi kuat d hajar gila2an dgn oli murah kentel dan bensin campur kentut pun jalan
Rawat super murah dan gampang
Ntuh mbah 69 ibarat nya btulin tu mobil 45 menit lgs klaar atau gratis
Beda nya euro ama non euro, yg euro ad CC dan charcoal canister ama injector nya 12 holes
Yg non euro knalpot ga pake CC sgala, pokoke plong resing, ga pake charcoal canister, injector 6 holes lobang gede2
Singkat kata, non euro = inofa bensin terkenceng spanjang sejarah
Japri ya mbah
dah d jawap mbah
pokok e , nanti kl ud d akuisisi
pas jalan pulang, lgs mampir ke atrium, atau dtmf, atau pasar gambreng atau sejenis nya, atau beres jg bole
beli smua sil di timing cover (2 sil oli line, 1 sil coolant, 1 sil kruk as) , lem tribond warna abu2, coolant 2 galon, ama pipa bypass coolant yg dari besi, ama oli 5.5 liter
trus lgs serahin ke mbah 69 buat di eksekusi , 45 menit klaar
kata2 itu, koq terdengar lazim ya di tempat kita orang
jangan2
mbah gentong itu diem2 alumni asemregez jg neh
.., biasa gitu mbah kalo service mesin chainsaw.., blok chainsaw aja ..,rasa kompresi dah ilang saya suruh ganti..( biasa gores dalam).. ,gak pernah saya suruh boring blok.. ..,gak guna dan gak tahan..
DOHC wrote: Sun Jul 17, 2022 8:29
sesuai janji kmaren
saat nya ganti motor fan si 1KR-JZGTE
pertama, ta copotin dulu selang2 radiator sperti yg ta lingkerin merah
20220717_083634.jpg
penampakan si fan shroud stelah di cpotin
20220717_083642.jpg
20220717_083650.jpg
si motor ta copotin dan si blade beserta ruma nya ta bersihin biar cakepan sikit
20220717_084916.jpg20220717_084925.jpg
20220717_084930.jpg
pasang ulang smua nya, coolant diisi, dan ga lupa, relay motor fan ganti yg baru, pake denso nihon punya (bawaan buatan denso minangsuang)
20220717_093333.jpg20220717_095045.jpg
gak dililit ulang aja mbah..?kasih tukang dinamo.. harga beti beti..?
DOHC wrote: Sun Jul 17, 2022 8:32
iseng ta bongkar motor fan nya, ternjata areng nya masi ckup tebel , tp knapa si fan blade kl di puter kaya berasa oblak yah
20220717_101523.jpg
oblak sama areng gaada hubungan mbah.... oblak ya ke bushing/bearing hubungannya.
kata2 itu, koq terdengar lazim ya di tempat kita orang
jangan2
mbah gentong itu diem2 alumni asemregez jg neh
.., biasa gitu mbah kalo service mesin chainsaw.., blok chainsaw aja ..,rasa kompresi dah ilang saya suruh ganti..( biasa gores dalam).. ,gak pernah saya suruh boring blok.. ..,gak guna dan gak tahan..
DOHC wrote: Sun Jul 17, 2022 8:29
sesuai janji kmaren
saat nya ganti motor fan si 1KR-JZGTE
pertama, ta copotin dulu selang2 radiator sperti yg ta lingkerin merah
20220717_083634.jpg
penampakan si fan shroud stelah di cpotin
20220717_083642.jpg
20220717_083650.jpg
si motor ta copotin dan si blade beserta ruma nya ta bersihin biar cakepan sikit
20220717_084916.jpg20220717_084925.jpg
20220717_084930.jpg
pasang ulang smua nya, coolant diisi, dan ga lupa, relay motor fan ganti yg baru, pake denso nihon punya (bawaan buatan denso minangsuang)
20220717_093333.jpg20220717_095045.jpg
gak dililit ulang aja mbah..?kasih tukang dinamo.. harga beti beti..?
DOHC wrote: Sun Jul 17, 2022 8:32
iseng ta bongkar motor fan nya, ternjata areng nya masi ckup tebel , tp knapa si fan blade kl di puter kaya berasa oblak yah
20220717_101523.jpg
oblak sama areng gaada hubungan mbah.... oblak ya ke bushing/bearing hubungannya.
Klaher kita orang liat masi bagus mbah
Oblak nya lebi ke maju mundur as motor nya mbah, kl yg baru malah anteng2 aj
Kl skrg seh pas motor fan nyala, suara nya lbi alus sikit
DOHC wrote: Sun Jul 17, 2022 8:32
iseng ta bongkar motor fan nya, ternjata areng nya masi ckup tebel , tp knapa si fan blade kl di puter kaya berasa oblak yah
20220717_101523.jpg
oblak sama areng gaada hubungan mbah.... oblak ya ke bushing/bearing hubungannya.
Klaher kita orang liat masi bagus mbah
Oblak nya lebi ke maju mundur as motor nya mbah, kl yg baru malah anteng2 aj
Kl skrg seh pas motor fan nyala, suara nya lbi alus sikit
cek as.. ada termakan..? cek ring spacer yha namanya? dah aus..? lilitan simple ,cek pakai multitester..,gak ada shoot..,kasih sirlak/varnish kawat..,saya waktu itu ada perbaiki dinamo mesin cuci..,ada yg putus karena korosi,solder--cek shoot--sirlak/vernish-- jadi.. gak ganti baru/ama pergi lilit lagi..
odo skrg 100an rebu, 5 taon lalu kira2 berarti di 50-60an rebu
pendek jg ya umur nya
itu pas ganti motor fan emg wajip copotin selang mbah ??
iya kali, owe nda inget pasti odo berapa.
lha kalo mau ngangkat fan komplit tanpa ngelepas selang musti panggil dapit coverpield mbah.... dia bisa jalan nembus tembok, pasti bisa ngangkat fan nembus selang.
Mbah
Radiator ud ganti ?
Ini barusan kta orang copotin, koq mulut radiator ud grepes gt ya, itu d patahin pake tangan jg bsa kayanya
Ini denso indo kayanya minta d kurung satu2 pekerja nya ama igun neh
nah bener kaaann. emang hrs dilepas sekalian lem biru itu radiator.